My 3rd Umrah: Parkir Lagi … – Part 3 (Habis)

March 1, 2010 at 2:38 pm 31 comments

Madinah… am kamiiiiiiiing… ^^

Huuhhh… cape’ dech… bikin reportase umrah ampe 3 seri xixixi…😆

Jumpa lagi ma aku di sini, nie seri terakhir perjalanan umrahku kemarin… masih dengan tema yang sama, … parkir again…:mrgreen:

Ikut yuuuuu’…. lanjuuutttt…

***

Pukul 9.15 kami meluncur menuju kota Madinah… diperkirakan waktu yang akan kami tempuh adalah sekitar 5-6 jam… hmmmm, persiapan mental nie dengan perjalanan panjang, hanya gurun gersang, ga banyak orang lalu-lalang apa lagi penjual makanan di pinggir-pinggir jalan kek di indo… pluuuss… mata yang kek serasa digayuti ma tarzan plus bala kurawanya (monyet-monyetnya-maksudku) …alias ngantux beraaatt… hehehe…😆

ini adalah masjid ‘Aisyah atau yang dikenal dengan Tan’im… sebagai tempat miqat bagi penduduk Mekkah yang ingin umrah atawa hajian…

***

On the way to Madinah city…. A long trip is begin… ^^

masih deket-deket ma Makkah, kita masih bisa melihat banyak ijo-ijo di atas gurun plus ‘para’ mbeeekkk yang sedang merumput di atasnya… berulang kali kujumpai sekawanan kambing sedang giat-giatnya dan tekun-tekunnya merumput….:mrgreen:

dan mobilpun melajuuuuuuuu… lanjuuuuuutt..!!

dari kejauhan kulihat mendung memayungi pegunungan, kontras banget dengan jalanan yang sedang kami lalui, setelah dekat… ternyata mendung itu membawa debu padang pasir… sandstorm was happened, frens..!! jarak pandang sempat tertutup nie… anginnya kenceng banget…

namun mobil tetap melajuuuuu….🙂

***

Beneran dech… ini merupakan perjalanan panjang… dengan mata yang super ngantuk, akhirnya kami berhenti di tengah gurun, di tepi jalan tuk terlelap sejenak… mengusir kantuk yang menyergap… hari itu hari jumat, jalanan mulai lengang…

Gunung-gunung batu tinggi menjulang, bebatuan hitam yang berserak di atas gurunnya, satu dua perkampungan, area monyet yang entah kemana monyetnya di siang bolong itu… kami lalui dengan berusaha sabar di atas kondisi safar yang merupakan suatu ‘siksaan’ itu…. enaknya kalau udah nyampe tempat ‘kan??

Alhamdulillaah sekitar pukul 14.00 kami tiba di pinggiran kota Madinah…

memasuki kota Madinah (tanah haram) pengendara mobil mulai dipisah, yang sebelah kiri itu untuk jalur non muslim, jadi yang memasuki haramain (Mekkah-Madinah) adalah para muslimin saja…

Di bawah papan nama biru itu adalah tanda batas tanah haram untuk kota Madinah…

Madinah…. i’m comiiiiing…. ^^

satu sudut Madinah yang menyambut kedatangan kami

termasuk gedung megah ini… entah apa namanya dan untuk apa.. tapi keknya kantor resmi pemerintah…

***

Naaahhh… kalau di Madinah mah beda… Ini baru parkirrrr…:mrgreen:

Tempat parkir tuk masjid Nabawi lebih rapi dan canggih, mungkin Mekkah nanti akan dibuat seperti ini kelak…

Kami menuju tempat parkir bawah tanah… aku lupa mo motoin gerbang parkirnya… mata ini udah sayup-sayup siih… jadi yang kejepret ini niee..

saat memasuki ruang bawah tanah tuk mencari tempat parkir yang nyaman… tinggal pilih mana yang disuka…

ambil tiket secara otomatis, dan palang pintupun kan terbuka dengan sendirinya…

nie tempat parkirnya masih kosong … lagi ga banyak pemakai nih..🙂

lalu kami berjalan menuju masjid Nabawi melalui pintu yang khusus disediakan untuk keluarga… Disana, antara tempat keluar masuk untuk keluarga dengan single (men) dipisah…

kami naik eskalator tuk menuju ke pelataran masjid Nabawi…

***

Tuuuh masjidnyaaa…:mrgreen:

payungnya lagi dibuka… habis dipake shalat jum’at siiih…🙂

ini bagian masjid yang khusus untuk wanita… aku masuk di pintu paling kiri tuuh… di depan toilet no 7, yang aku gunakan untuk berwudhu…

waahh… toilet dan tempat wudhunya bersih banget, frens… beda ma di masjidil haram…. lebih elegant di sini… (sabaaarrr… entar Mekkah juga bakalan OK, kalau renovasi udah selesai…^^ )

***

Seperti biasa… sebelum masuk masjid bagian wanita selalu diadakan razia hape kamera… dan seperti biasa, aku gunakan kantong gamis tuk menyimpan hape kameraku… alhamdulillaah lolos dech…:mrgreen:

so… aku bisa ambil pics di dalam masjid bagian wanita…

nie sebagian kecil jama’ah wanita yang sedang menunggu shalat ashar… Aku sendiri melaksanakan shalat dhuhur qashar… kemudian menanti shalat ashar di sana…

***

Setelah selesai shalat ashar…. dengan pedenya kumelangkah keluar masjid..sempat lihat n motret yang ini nie…

atap masjid dibuka secara otomatis…., jadi seger n terang dech…🙂

Kemudian aku melangkah ke pintu dan mencari sepatuku… tapi…

“Kok ga ada… ??!!”

Celingak-celinguk diriku mencari sepatuku… Ah, ternyata aku salah pintu!!! Aku tengah berada di pintu 9, harusnya di pintu 7!!

Mana aku udah terlanjur melangkahkan kaki keluar pintu lagiiii!!! Huhhh!! Bakalan melewati razia lagi nieee…

***

Ada petugas razia wanita yang nanyain aku pake bahasa Arab, plus dia curiga ma kantong bajuku… diraba-rabalah kantongku dan dia bilang, “Mobile mamnuu’!!” (hape kamera dilarang)

Jreeeeng!!!

Tapi aku membela diri, sambil bilang dalam bahasa inggris padanya, “Aku hanya mo nyari sepatuku, nie lihat sepatuku ga ada…” sambil kutunjukkan kakiku yang cuma pakai kaos kaki doang…

Ga nyambung dech, dia ga bisa bahasa inggris.. aku ga bisa bahasa Arab…

Akhirnya aku cari akal, pergi darinya dan menuju pintu 7… hehehe…

Serasa kek Mr. Bean, kalau lagi beraksi agar lolos dari pemeriksaan, aku menyelinap masuk ke dalam masjid lagi, sambil berlagak PD plus celingak-celinguk kek mencari sesuatu…

hahaha… lolooooooossss !!! alhamdulillaah… dan akupun berjumpa dengan sepatu kesayanganku lagi…😆

***

Sebenarnya aku ingin banget mengelilingi kompleks masjid Nabawi, pingin ambil gambar kubah ijo, tapi hubby pingin segera makan, lapeeerrr….

Akhirnya kami cari warung makan indonesia milik seorang kenalan…

Waahhh… ini juga kena plonco… mau makan masakan indo aja kok susah banget… kami muter-muter kota madinah hanya untuk mencari tempat yang dituju selama hampir 1 jam!! Habisnya… hubby belom hafal bener seluk beluk kota Madinah siihh…😦

***

Tapi Alhamdulillaah ketemu juga… Nie tempatnya…

Aku pesen nasgor dan bakso, sedang hubby pesen nasi rames… plus teh hangat 2 gelas…

Lihat tuuh temans, bakso kek gini nie… harganya 6 real!!! Rasanya jauh banget dengan bakso di indo… mienya aja dari indomie… hehehe… keknya masih enak bakso bikinanku dech…. Sunflo hanya ingin kasih tahu, kalau mau usaha dagang makanan indo di Mekkah dan Madinah… hmmm … bakalan bisa ngumpulin RpRpRp banyak decchh…:mrgreen:

***

Selesai makan kami melanjutkan perjalanan menuju Al Qasim… Go Home gtu… Pas waktu maghrib…

Jabal Uhud ada di depanku… Entah kenapa, aku selalu jatuh hati ma gunung ini bila melihatnya…

Teringat kisah perang Uhud… dan teringat sabda Nabi Shalallahu’alaihi wa sallam..

Gunung Uhud mencintai Rasulullah Shallaahu’alaihi wa sallam  dan begitu juga sebaliknya.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallaahu’alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami dan kami juga mencintainya.””

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Gunung Uhud berguncang ketika Rasulullah Shallaahu’alaihi wa sallam  beserta para sahabat beliau ketika berdiri di atasnya

Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah mendaki gunung Uhud bersama dengan Abu Bakar r.a, Umar r.a dan Utsman r.a. Ketika itu gunung Uhud berguncang. Kemudian Rasulullah Shallaahu’alaihi wa sallam  menghentakkan kakinya dan bersabda :

“Diamlah kamu wahai Uhud, karena sesungguhnya yang berada di atas kamu adalah seorang Nabi, seorang Siddiq dan dua orang syahid”

(Diriwayatkan oleh Bukhari)

Dan gunung Uhud adalah salah satu dari gunung-gunung di Surga

Dia melepas kepergianku dari Madinah dengan rembulan di atasnya…. see you again, Uhud…😦

***

Huuuupfhhh… track perjalanan panjang dimulai lagiiiii…. 6-7 jam, frens…!!

Hanya gelap malam, bayangan gunung-gunung batu yang hitam kelam, beberapa rombongan kendaraan yang juga habis pulang umrah, adalah teman perjalanan kami…

sesekali kami lihat sederetan lampu oranye di horizon, itu tandanya ‘ada tanda-tanda kehidupan’ di sana… sebuah kota atau perkampungan…

Mobil sempat sedikit oleng ke pinggir jalan, sehingga hubby putuskan tuk berhenti sejenak buat tidur…

***

Aku juga ngantuk beraaaatt… Serasa kesabaranku kek ada di ujung tanduk… kapan nyampenya yaaa…??

Akhirnya pada pukul 2 dini hari… kami melihat kota-kota tetangga Buraidah…

Riyadhul Kubra…

Kubra… dan Bukairiyyah..

dan terakhir adalah…

Buraidah…!!!!!!!!!!

Alhamdulillaah, nyampe juga dengan selamat hingga di rumah lagi…^^

(untuk teman-teman mayaku : Bintang Timur,Ismi, Riri, Abrus dan Adelay…, makasih atas semuanya…:mrgreen: )

Entry filed under: umrah dan haji. Tags: .

My 3rd Umrah: Parkir…Oh…Parkir – Part 2 Jika Sunflo Nekad Bikin Pastel Goreng

31 Comments Add your own

  • 1. wi3nd  |  March 1, 2010 at 3:45 pm

    akhirnyaaa..sampe ju9a heheh

    hemm..sekaran9 baru bisa liat liat tempatnya dari sistah,insya allah someday kakiku sampai disanah
    dan bisa melaukan seperti yan9 sistah alukan,amiinnnn..🙂

    hihihi..makan bakso..🙂

    makasi banyak sist,atas liputannya🙂

    aamiin sama-sama wi3nd…^^

    Reply
  • 2. ismi  |  March 1, 2010 at 3:49 pm

    mbayangin pas mbak kena razia **thinking** si mbak ngemeng ape, si ptugas ngomong ape……..
    tp kok mpe bs lolos ya??pinter ngeles juga niy berarti mbakq :p

    pokokna sepatuQ harus ketemu …!! itu semangatQ…hehehe

    Reply
  • 3. ismi  |  March 1, 2010 at 3:50 pm

    qrain aq pertamax😦

    hehehe…

    Reply
  • 4. bintangtimur  |  March 1, 2010 at 4:09 pm

    Ah…speechless dan nahan nafas lagi nih…!
    Saya sampe bingung mau komen apa duluan…yang jelas, Sunfo harus bersyukur banget memiliki kesempatan seindah dan semudah itu.
    Saya ikut deg-degan nih waktu baca razia hp…duh, kalo saya yang digituin, udah pingsan kali…hehehe, saya orangnya penakut banget, gampang keder…😉
    Trus trima kasihnya buat apa nih?
    Buat persahabatan kita selama ini?
    Atau buat ‘kecerewetan’ saya yang suka nasihatin macem-macem…hihihi…maklum, makin tua kok jadi makin banyak pesen yaaa😛
    Thanks juga Sunflo, buat perhatiannya terhadap saya…Insya Allah, suatu saat nanti kita bisa ketemu di dunia nyata, Di Saudi atau di Indonesia, gimana takdir membawa kita aja deh…🙂
    Sip…ditunggu posting berikutnya, komen saya udah kayak surat saking panjangnya…😛

    alhamdulillaah, iya jeng…. hehehe.. trimakasih buat semuanya, telah bikin saya hepi, bikin saya bersemangat, bikin saya tersenyum pokokna semua dech…^^…
    aamiiin… semoga Allah kabulkan…

    Reply
    • 5. abrus  |  March 1, 2010 at 5:33 pm

      Wowww … saya juga nahan napas nihh … sammmaaa kita Bu Komandan … kompak niyeeeee …😀

      … ikut deg-degan nih waktu baca razia hp …
      Yeee … BintangTi penakut, hahaha …🙂 … Bu Komandan macam apa nih … malu2in Bpk Komandan (asli) … hiksss😦 … kini kita ‘beda BintangTi … eh Budan …😛

      sesama blogdetikers dilarang saling mengece… *.*

      Reply
      • 6. abrus  |  March 1, 2010 at 5:36 pm

        Lho tadi saya komen apa ya … maap – maap, bu komandan – ayee salah katee lagi nehhh … (ma’afin ya, Bu BintangTi – baik deh … makaciihhh)😛

  • 7. wahyu  |  March 1, 2010 at 4:26 pm

    amazing trip bu. g bisa berkata2 hehe. sayangnya cuma satu, kita2 g diajak sih haha

    iya neh…😆

    Reply
  • 8. muhammad zakariah  |  March 1, 2010 at 4:29 pm

    waaww.. ayik bgt.. apalagi bisa main petak umpet ma petugasnnya.. hehe..😆 ada gambarnya jg serasa disana aja aq bacanya.. keren dah..😉 thankyu.🙂

    alhamdulillaah… u r welcome

    Reply
  • 9. HarisAhmad  |  March 1, 2010 at 4:49 pm

    ajak ajak Ogut dong bu kalo pergi umrah he he
    Ogut di doain nggak?

    ogut kan udah kemarin waktu hajian, sekarang gantian temens yg lain… ntar dech inshaAllah kalau umrah lagi…^^

    Reply
  • 10. abrus  |  March 1, 2010 at 5:26 pm

    ccchHhaahhh … ‘napas dari tadi ditahan … lepas dehh, dgn sampainya Sunflo dan sang hubby di rumahnya …. Alhamdulillah!! … (kok gak pernah cerita anak2 ya?)😉

    Btw … payungnya lagi dibuka… habis dipake shalat jum’at siiih…
    …🙂 … dan atap masjid dibuka secara otomatis …

    *Jadi teringat, waktu saya disana itu – juga sempat shalat Jum’at) …🙂 … karena gak tahu, ketika shalat Jum’at – ternyata saya berada dibawah ‘payung itu … pas rakaat 1 – payung ‘nutup apa muter? … yg jelas, serasa shalat diluar masjid, puanass-nya auuzubillah – rakaat 2 baru payung ‘kembang, adem lagi deh … Subhanallah … benar, Masjid Nabawi beda segala-galanya …😛

    hehehe.. kids?? Allah still keep them from me, Brus… He will give them to me in the right n beautiful time, inshaAllah, plz pray for me…^^

    Reply
  • 11. yangputri  |  March 1, 2010 at 5:39 pm

    pastinya perjalanan yg melelahkan bgt ya mbak, tapi menyenangkan juga pastinya, btw di sana ada jual bakso juga ya ??

    iya put, yg melelahkan tuh perjalanannya… enaknya kalau udah nyampe… iya ada yg jual makanan indo…^^

    Reply
  • 12. Kakaakin  |  March 1, 2010 at 6:29 pm

    Subhanallah… Pernah nonton juga sih sepintas tentang betapa kerennya Masjid Nabawi…
    Ckckck… rupanya tuh sepatu masih jodoh ya sama Mbak Sunflo… meskipun udah butut juga, hehe…:mrgreen:
    Sekarang sih Mbak Sunflo masih pake bahasa ngenglish di saudi… tapi tunggu deh, nggak lama lagi palingan udah ngarab dianya:mrgreen:
    *ngomong apa sih*

    enak ajah!! itu sepatu bagus n baruuuuuu akiiiiiiiin….😦

    Reply
  • 13. annosmile  |  March 1, 2010 at 9:45 pm

    perjalanan yang menyenangkan
    seuatu saat saya akan berkunjung kesana

    aamiin…^^

    Reply
  • 14. Bibi Titi Teliti  |  March 1, 2010 at 10:36 pm

    Waaah …..seru banget ya mba….
    ngeliat mie baso nya…gak banget deh…hihihi…

    Mudah2an aku bisa kesono dehhhh…..

    amiin.. mending bakso bikinan sunflo yaa’??

    Reply
  • 15. sauskecap  |  March 1, 2010 at 10:38 pm

    Wah ada juga bakso sama soto di Arab….. @_@

    iya tuuuuh…

    Reply
  • 16. Beranda Jiwa  |  March 1, 2010 at 11:20 pm

    wakh betapa indahnya tempat itu, kapan yah aku bisa berkunjung ke tempat itu…hmmmm apakah mimpi ini bisa menjadi kenyataan…..

    inshaAllah bisa atas kehendakNya… aamiin

    Reply
  • 17. Beranda Jiwa  |  March 2, 2010 at 12:06 am

    iyah mba…..langsung kena awardnya…silahkan di ambil yah mba…makasih loh, dah mampir

    makasih juga de

    Reply
  • 18. adelays  |  March 2, 2010 at 12:23 am

    Assalamualaikum… Sunflo..
    Thanks banget liputan Umrahnya..
    Berasa ikut dalam perjalanan Umrah bersama Sunflo..
    Itu kesan pertama…
    Kesan selanjutanya….
    Tunggu dulu.. hehehe…

    wa’alaikumussalam ,makasih de

    Reply
  • 19. nakjaDimande  |  March 2, 2010 at 12:55 pm

    makasi sunflo.. Le Grand Voyage-nya sangat menyentuh rinduku. Bundo selalu tunggu laporan perjalananmu yang berikutnya

    sama2 bundo…^^ nantikan cerita sunflo berikutna yaa…^^

    Reply
  • 20. bidansmart  |  March 2, 2010 at 2:36 pm

    jadi kepicut hati ma gunung uhud setelah baca hadist yang dibawa mba sunflo…pa lagi ia kepilih sebagai salah satu gunung du syurga…semoga saya juga kepilih ya…amiiinnn..ikutan aminin dunks..

    aamiinn… beneran jatuh cinta nie de’ aq pada sebuah gunung…^^

    Reply
    • 21. bidansmart  |  March 3, 2010 at 9:45 am

      hihihi…..cintaku pada-mu uhud sebesar gunung uhuuuuddd…
      Yahuuuddd…

      duh jadi ga sabaran pengen lihat dan menginjakkan kaki di gunung uhud yang dicintai rasul, para sahabat…nnn sama ehemmm.. mba’e s-u-n-f-l-o…

      Btw…di gunung uhud ada “SUN FLOWERS” juga ya…???crinx…!!!

      sayangnya kagak ada… ntar kalau dari indo bawa bijina yaaa…^^

      Reply
  • 22. sunubiz  |  March 3, 2010 at 10:57 am

    Subhanallah…indahnya bisa melakukan umrah…membaca pengalaman ukhti saja saya jadi terharu,bahagia….semoga suatu hari nanti saya dan keluarga juga bisa menginjakkan kaki di Makkah dan Madinah….Aamiin…

    aamiin… sya juga berharap tman2 blogger yg ada di indo juga dapat merasakan apa yg aq rasakan ini jeng…^^ aaamiin ya Rabb

    Reply
  • 23. Dan (Tlsn Khdpn)  |  March 4, 2010 at 12:15 pm

    alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah, subhanallah..
    indahnya.. indahnya.. indahnya…

    walillaahilamd

    Reply
  • 24. achoey  |  March 4, 2010 at 1:03 pm

    kapan ya saya bisa ke sana🙂

    ada yg anget lho
    http://cucuharis.wordpress.com/2010/03/04/puisi-rindu-sepasang-puisi-satu/

    Reply
  • 25. ossy  |  March 5, 2010 at 3:54 pm

    saking bertanggungjawabnya sunflo sebagai seorang jurnalis kepada para fansnya, nekat juga buat main kucing2an sm petugasnya, hehe

    hehehe… iya dunk…^^

    Reply
  • 26. hilda widyastuti  |  March 8, 2010 at 8:56 pm

    fotonya keren2, dan penuh perjuangan pada saat memotretnya

    iiyyyaaa… ^^

    Reply
  • 27. Triunt  |  March 9, 2010 at 7:40 pm

    Kalo liat payung2 di masjid Nabawi itu, jadi keinget Masjid Agung Jawa Tengah.
    kata arsiteknya emang terinspirasi dari payung masjid Nabawi, ternyata mirip juga yah.

    masjid nabawi yang jadi pionirnya… ^^

    Reply
  • 28. wong cilik  |  March 10, 2010 at 11:12 pm

    Alhamdulillah, sampai dengan selamat ya di rumah…🙂

    iya … alhamdulillaah

    Reply
  • 29. nor  |  March 29, 2010 at 10:29 am

    subhanallah..terharu sama melihat gambar tersebut membuat hati saya tidak sabar ke mekah dan madinah..

    Insya allah saya akan kena mekah pada bulan Mei 2010.. t.kasih atas penerangan dan memberi gambar2 tersebut

    masyaAllah…barakallaahu fiikum.. semoga menjadi perjalanan yg mengesankan hati ya… dan diridhai olehNya… aamiiin…^^

    Reply
  • 30. ardee  |  April 8, 2010 at 6:18 am

    bukannya restoran si doel anak sekolahan cuma beberap meter dari salah satu pintu masjid nabawi, mbak? koq mutar2….
    jadi merinding, pas baca bagian jabal uhud…

    overall, very good and informative articles, mbak….

    kan belom tau n kenal banget daerah itu de’… ^^

    Reply
  • 31. Abu Umamah  |  June 24, 2014 at 1:26 pm

    Alhamdulillah, nemu di sini… Lagi dengerin ceraham Ustadz Arifin Badri di sini katanya, di jalan menuju makkah dan madinah ada rambu-rambu untuk memisahkan antara orang-orang islam dan non muslim. Ternyata bener, ketemu disini gambarnya… makasih mbak..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: