Jika Sunflo Bikin Kwaci by Accident

March 8, 2010 at 3:11 pm 71 comments

Hi temans… jumpa lagi ma sunflo di blog infotainmentnya yang lain dari pada yang sama lain ini… halaahh!! :mrgreen:

Kali ini sunflo mo ngrumpiin tentang kwaci… Suka makan kwaci?? Yaa… camilan mungil ini walaupun bikin bibir jadi memble karena banyak kena garam, namun nikmat rasanya… selalu bikin penasaran.. lagi… dan lagiiii….

Aku paling seneng ma kwaci cap Gadjah, sekarang masih ada gak ya? Apa udah punah?? Soalnya aku ga pernah lihat dia di pasaran Cirebon. Selain itu, aku juga senang ma kwaci biji bunga matahari yang dari jepang itu keknya… yang per bungkus kecilnya Rp 500,00 itu tuuuh, gak tahu kalau sekarang naik gak harganya…😆

***

Kwaci merupakan cemilan sehat, mengandung vitamin E, asam folat, vitamin B, selenium, magnesium dan tembaga. Tahu kan fungsi vitamin E? Vitamin ini berfungsi sebagai anti oksidan dan melindungi sel dari radikal bebas  untuk memperbaiki struktur DNA yang rusak. Asam folat penting untuk ibu hamil, yang digunakan untuk pembentukan dan perkembangan sel-sel darah merah dan sel-sel otak pada janin yang mulai terbentuk pada minggu ke 3-4 kehamilan.

Selenium, bersama vitamin E, membantu menjaga kesehatan kulit, juga rambut dan mata. Selain itu juga dipercayai dapat meningkatkan detoksifikasi tubuh dan membantu mencegah kanker. Magnesium membantu fungsi saraf dan otot, juga mencegah pengeroposan tulang. Tembaga dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, produksi pigmen melanin dari kulit dan rambut, dan pelepasan energi dari makanan.

Waaah … ternyata kwaci yang mungil itu ternyata manfaatnya se-Gajah yaaa??  *mungkin karena ini merk kwacinya jadi Cap GADJAH?* hihihi..:mrgreen:

Emang apakah kwaci itu cuma ada di indonesia??

***

Ternyata gak hanya di indonesia ajah, kwaci juga terkenal banget di saudi… Bahkan mereka demen banget ma kwaci… Bahkan ada yang dimakan sekulit-kulitnya… (hah??!!!)

Tentunya kwaci di indon dengan di saudi agak beda-beda dikit rasanya… Asin sih asin … tapi ada sensasi rasa yang lain….

ini kwaci biji bunga matahari di sana, asin-asin asem gtu rasanya… karena orang arab tuh suka makanan yang ada unsur cukanya… jadi kwaci pun ditambahi dengan cuka dalam pembuatannya tuk konsumsi orang-orang sono…

ini kwaci dari labu apa yaa?? gede banget soalnya…😆

nah ini die kwaci yang bikin aku sutris… udah kuecil, bijinya kueras, isinya guosong… rasanya pedes-pedes asin asem gtu… biasanya ini dimakan sekulit-kulitnya… *nyengir dech… *

***

Sewaktu belanja di Hyperpanda kemarin, aku melihat di salah satu stand, sebungkus besar kwaci dengan harga murah… Kupikir,lumayan-laah… bisa menikmati kwaci ini dengan harga yang murah banget, gak kek yang dijual di counter mukasyarat (snack) yang nimbang langsung…😦

Sesampai di rumah, langsung aku cicipi tuh makanan …

tapi….

kok mentah gniiii….???!!!😦

Ahhhh.. ternyata aku salah baca… tertulis di bungkusnya “sunflower sheed” … biji bunga matahari doang… alias masih mentaaaahhhh…. huhuhuhu….😥 kuciwa…kuciwa… hatiqyuuu… hiks…

emangnya aku si doi ini.. ??  …. yang suka banget ma biji sunflower mentah… gak laaah… !!!

***

Akhirnya aku surfing di net, tuk nyari resep gmandra cara bikin kwaci… Haiyyyaaahh… mana yang ada cuma resep bikin kwaci dari bijilabu kuning dan semangka lagiii..😦

Dulu aku pernah diajari ma salah seorang mbak-mbka TKW gimana cara bikin kwaci… tapi aku lupaaaa….😥

tapi….

bukan sunflo namanya kalau nyerah….😉

hehheehe…. utak-atik sendiri ajah!!!:mrgreen:

kwaci itu kan asin… jadi bahan bikinnya musti pake garam…:mrgreen:

Aku sediakan air di panci yang dicampur ma garam secukupnya..

Lalu aku rebus sebagian besar biji kwaci itu dalam panci yang  berisi air garam itu.

awalnya sih pingin kusisakan segini buat ditanam di indo… secara suka ma sunflower sih… bijinya ajah gede-gede kek gini, apalagi bunganya…:mrgreen:

Tapi yen tapikir-pikir… kapan juga aku pulangnya… daripada nunggu kelamaan, aku masukin ajah sisaan biji itu semua ke panci…

nie gambarnya…. direbus sampai garam meresap, dengan terus diicipi…

lalu setelah mantaabzzz ngrebusnya… saring airnya dan tiriskan, terus kuangin-anginkan…

keknya seringnya buat bikin kwaci tuh pake penjemuran atawa dioven yaa??

Masalahnya… aku susah tuk keluar rumah untuk njemur tuh biji, soalnya harus bersaing ma burung-burung… ya gak mau dong aku nungguin kwaci segitu seharian di bawah terik matahari gurun…😦

Ditambah, aku belum punya oven…

***

Ahaaaa…. ada ideeee…. !!!:mrgreen:

kusangrai ajah tuh kwaci yang udah diangin-anginkan… ^^

agak lama juga nyangrainya…. soalnya … biar garing… riiiiiing gtu…

nie dia … kwaci biji bunga matahari ala sunfloooo….:mrgreen:

renyah loh, frens…. beneran!!! nie.. buktinya…. percaya kan?? gurih lagi… :mrgreen:

nie kalau masih gak percaya…😆

***

Alhamdulillaah… aku dapat pengalaman baru bikin kwaci… by accident, hehehe… salah sangka yang membawa hikmah…:mrgreen:

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Kisah Burger dan Pekerjaan Baruku Inikah Rasanya….???

71 Comments Add your own

  • 1. nDa  |  March 8, 2010 at 3:15 pm

    hehehehe…bisa aja neh, saia terakhirmkn kwaci jmn masih SMP mbak, lama bnget yach…😀

    hooh … udah lama…^^

    Reply
  • 2. ismi  |  March 8, 2010 at 3:17 pm

    i luv kwaci sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!!!

    cap gadjah ‘kan??

    Reply
    • 3. ismi  |  March 8, 2010 at 10:27 pm

      pokona kwaci bunga matahari yg murahan dagh, entah merknya apa …:mrgreen:

      sip deh

      Reply
  • 4. ismi  |  March 8, 2010 at 3:18 pm

    hiks, kirain pertamax😦

    gpp lah, yg penting masi pejwan😀

    apa sih pejwan tuh?

    Reply
    • 5. ismi  |  March 8, 2010 at 10:29 pm

      ckakak, mosok g teu mbak??halaman satu kan bhs inggrisnya pejwan mbok??

      ooohh page one thoooo… suwe mikire…😛

      Reply
  • 6. ismi  |  March 8, 2010 at 3:20 pm

    keren niy mbakku yg satu ini, idenya always ngaliiiiiiiiiiiir ajah….

    owya, kwaci cap Gajah masih looh smpai sekarang…😆

    ntar kalu kopdaran disuguhin kwaci cap gadjah yaa… ^^

    Reply
    • 7. ismi  |  March 8, 2010 at 10:28 pm

      xixixixixi, ntu nyang cap gajah adanya di banyumas, klu di jakarta nteu ngertos ada ataw gak😆

      harus ada!!

      Reply
  • 8. poetra pantoera  |  March 8, 2010 at 3:28 pm

    Teng Pasar Plered maksih wonten Neng.
    Wah bikin kwaci rasa pecel mawaon Neng? Asin2 Pedes.

    bibire mangke tambah ndower, mbah…

    Reply
  • 9. Kakaakin  |  March 8, 2010 at 3:48 pm

    Kuaci bunga matahari itu kusuka banget🙂 yang biji labu juga asyik…
    Tapi biji semangka tuh nge-bete-in… asinnya lebay, isinya imut2 banget🙂
    Keren nih kuaci buatan mba sunflo… memble juga nggak bibirnya pas makanin kuacinya ??🙂

    memble banget, Kin…😦

    Reply
  • 10. Tanti  |  March 8, 2010 at 3:48 pm

    wah di tempatku dah jarang banget kwaci. Paling2 oleh2 dari Batam ajah…
    kalo makan ini gak bisa brenti kalo belon abiss en bibir belon dower

    iya… ga bakalan brenti sampe pegel n cape’ dech yaa…^^

    Reply
  • 11. arsumba  |  March 8, 2010 at 4:13 pm

    La kwaci itu kan ada di dalamnya sunflo ya..
    saya ndak telaten makan kwaci.. gampang kesliliten.. hehehe..

    ya di dalam biji sunflower … ^^ padahal enak loh…

    Reply
  • 12. bidansmart  |  March 8, 2010 at 4:25 pm

    kalo di didaerahku…kwaci itu makanan orang-orang rajin..coz udah kecil imut masuk kelidah ga kerasa di gigit ma gigi langsung ketelen glek…glek…tu kwaci langsung ngilang….siing!!!…trus musti dibuka atu-atu, aloooooooottt de’….
    saya kaga betah makan kwaci…….ribeeeetttttt……kalo ada yang super gueeeedeee…..mau..mau..mau..!

    wah kalau kegedean ya nggilani tuuh… enaknya kalau udah ada yang kupasan… ^^

    Reply
    • 13. ismi  |  March 8, 2010 at 10:30 pm

      klu yg kupasan malah aq ga suka, ga ngerasain bagaimana susahnya buka ntu kulit sih…:mrgreen:

      ini kan ngayal nyaa….😛

      Reply
  • 14. wahyurez  |  March 8, 2010 at 4:40 pm

    Wawawa…kwaci udh lama g makan huhuhu

    ga suka ya Rez?

    Reply
  • 15. idiotnesia  |  March 8, 2010 at 4:53 pm

    dulu ada makanan kwaci dibungkus ama Coklat, buatan China enak banget.. gak perlu ngekupas kulitnya.. sudah dikupasin.. enak banget..

    Salam kenal

    wah keknya enak tuuh

    Reply
    • 16. abrus  |  March 8, 2010 at 5:34 pm

      Ide Sunflo segudang deh …🙂 … tak terbantah …
      lihat tuh – kisah kwaci aja – jadi posting yg menarik …
      Saluttttttttttttttttttttttttt bangettttttt 😛

      alhamdulillaah, makasih Brus..

      Reply
  • 17. abrus  |  March 8, 2010 at 5:31 pm

    i luv kwaci Sunflooooooooooooooooooooooo …😀
    (sstttt … Sunflo yg mukim di saudi jangan geer dulu) …😉 … @brus juga mo posting Kwaci Sunflo Asli … hehehe😛

    oh, suka kwasi sunflower juga ya brus???

    Reply
  • 18. abrus  |  March 8, 2010 at 5:39 pm

    Asli – maksudnya pada bungkus kwaci tercantum merk Kuaci Sunflower … hahaha

    iya tau… sunflower kan terkenal…

    Reply
  • 19. melly  |  March 8, 2010 at 6:18 pm

    wah, aku dah lama gak makan kwaci neh, tp klo cara buatnya seperti itu gampang jg.
    tp aku suka pusing kepala klo abis makan kwaci, secara kan mulut ga berenti ngunyah.😀

    pusingnya tuh krn garam n pegel ngunyah n nyisili trus ga brenti2 yaa??

    Reply
  • 20. nakjaDimande  |  March 8, 2010 at 7:31 pm

    sunfloo.. sunfloo..! ada ajah🙂
    bundo paling suka kuaci biji labu yang ukurannya gede2 itu.
    klo kuaci biji semangka masih suka beli yang merk mickey mouse

    hahaha… makasih bundooo… sunflo suka yg merk cap Gadjah…^^

    Reply
  • 21. kikakirana  |  March 8, 2010 at 7:41 pm

    wow,,, bisa di coba iki mbak sunflo… hahaha…
    keren… mbak…😉
    lhooo mbak sunflo nya ada dimana toh sekarang ney,,,
    hmmm baca” blog na mbak sunflo dulu ah biar kenal kebih deket😉

    HIDUP!!! ^_^

    hohoho… cuba tebak, ada dimandrakah diriQ??

    Reply
  • 22. vany  |  March 8, 2010 at 7:41 pm

    aku udah lama bgt gak makan kwaci, mbak…
    jd udah lupa rasanya…hehehe

    dooh sama garam kok lupa loh rasanya… ??😕

    Reply
  • 23. bidansmart  |  March 8, 2010 at 8:10 pm

    ehhh iya..ada trik ni bagi yang kaga mau mikirin ribet makan kwaci….sebelum makan, tu kwaci di zoom in…pake kaca pembesar mpe ukuran kaya’ piring….wuiiih…baru enyak–nyak….kwaci raksasa…..

    mbak sunflo…da ide ga,,,biar kwaci ditambahin permivant, pengembang atau apa gitchu bikin segendut burger…biar rada kenyang kalo makan atu…..tuing..tuing..tuing!!!! aneh…kaga nyambung…

    kalu biji kwacinya digedein… entar semangka, sunflowernya atau labunya mo segede apa?? keknya ntar manusianya juga musti kudu digedein dech… hada-hada sahaja nui bu bidan…😆

    Reply
  • 24. d.e.q  |  March 8, 2010 at 8:24 pm

    berkunjung .. waw , kebanyakan tokoferol a.k.a vit e berikatan dg asam folat

    apaan tuuh?? ngefeknya ke apa??

    Reply
  • 25. fey  |  March 8, 2010 at 11:00 pm

    haa..
    mudah2 makan kwaci buatan mbak sunflo gak bikin memble..:mrgreen:

    tetep aja bikin memble nie..😦

    Reply
  • 26. rose  |  March 8, 2010 at 11:11 pm

    saya juga suka makan kwaci mbak…. kreatif sekali bikin kwaci sendiri…
    ^^

    makasih de’

    Reply
  • 27. abrus  |  March 8, 2010 at 11:18 pm

    Sunflo … mampir yyyyyyyaaaaaaa …
    http://abrus.blogdetik.com/2010/03/08/kuaci-sunflo

    😦

    Reply
  • 28. riripunyakisah  |  March 9, 2010 at 1:35 am

    aku sukanya kwaci biji labu mba…berisi..xixixixii.cap gajah teh meni asa asinnn..pisan….sii..sin..sinnnnnnnnn…mirip maem garemmmm………..

    pokokna aq nyari kwaci yg isinya gede, asinnya dikit muantaabz n eunaakkk… ^^

    Reply
  • 29. sunarnosahlan  |  March 9, 2010 at 5:36 am

    mau dong kwacinya

    beli sendiri dong di warung terdekat… susah nie ngirimnya…:P

    Reply
  • 30. Vulkanis  |  March 9, 2010 at 5:49 am

    Asik tuh kwaci,,alias nak enak

    mantaabzz…

    Reply
  • 31. AndrikPrastiyono.Net  |  March 9, 2010 at 7:41 am

    kwaci ? lama ngupasnya… tapi asyik..🙂 salam kenal smuanya..

    kenal juga…

    Reply
  • 32. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 8:43 am

    Ja oedah bikin kwaci rasa koerma adja? kan di arab banyak koerma.He…he…he……

    boten purun mbah… mbah punika wonten2 kemawon.. boten sekalian raos unta mawon??

    Reply
  • 33. catatanpelangi  |  March 9, 2010 at 9:00 am

    Wah mbak sunflo … kalo anakku udah minta kuaci harus siap2 ngupasin sampe bibir memble hihihihi …

    Reply
  • 34. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 9:04 am

    Boeat Bidansmart bikinin aja kwaci dari biji kurma ya Nov.

    doooohh kok kawula dados mumet saking kathahipun saran kaliyan ide kang ‘menyesatkan’ nggih??😦

    Reply
  • 35. Bibi Titi Teliti  |  March 9, 2010 at 10:10 am

    mbaaaa…maafkanlah diriku baru berkunjung,…
    Fathir sakiiiit….

    hihihi…postingan nya mirip ama Abrus….
    gampang ditebak siapa yang nyontek…hihihi

    syafahullaah… udah baikan kan err?? jelas bisa ditebak siapa yg nyontek tuuh… huh…

    Reply
  • 36. peri01  |  March 9, 2010 at 11:01 am

    aku gak bisa makan kwaci mba padahal suka juga
    coba ada kwaci yg sudah dikupas hehehehe jadi ga repot

    nah … itu yg kuharapkan juga… ^^

    Reply
  • 37. Anggara  |  March 9, 2010 at 11:23 am

    Salam kenal.
    Tanya mbak, kwaci dari biji salak apa duren bisa nggak ya?🙂

    mendadak aq jadi pusing nieee… @#$%@#… kenal juga de’

    Reply
  • 38. Mamah Aline  |  March 9, 2010 at 11:25 am

    sunflo selalu kreatif… kalo kesini ada aja makanan baru… kwaci aku suka karena katanya cara ngemil aman tanpa takut gemuk tuh….🙂

    iyaaa tapi cuapeeee’ olehe nyisili jeng….😥 makanya ga bikin gemuk… malah sutris… hehehe.

    Reply
  • 39. alisnaik  |  March 9, 2010 at 11:26 am

    selamat pagi

    asyik. Kwaci emang enak buat camilan. yam yam yam nyam nyam.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    roel suka juga??

    Reply
  • 40. fety  |  March 9, 2010 at 1:01 pm

    owalah, keren mbak bikin kuaci sendiri🙂

    alhamdulillaah.. makasih fety… ^^

    Reply
  • 41. senyumanpagi  |  March 9, 2010 at 1:31 pm

    kwaci…kwaci…
    jadi pengen juga neh…?emang Flo kreatif bgt…^_^

    alhamdulillaah..makasiih… ^^

    Reply
  • 42. Oyen  |  March 9, 2010 at 1:38 pm

    wahaaaa….iya, jajanan jaman jadul, kwaci cap gajah, yang bungkusnya kotak kardus kecil itu kan yah, dulu suka beli gituan juga…

    hmmm, sayang disini gak da biji mataharinya

    utk dapetin biji bunga matahari harus nanam dulu di kebon yang luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassss bngt!!

    Reply
  • 43. setitikharapan  |  March 9, 2010 at 1:53 pm

    Wew emang mbak sunflo serba bisa. Keren-keren idenya.

    alhamdulillaah… makasih de’

    Reply
  • 44. yuniarinukti  |  March 9, 2010 at 2:52 pm

    Wow… Canggih banget mba yang satu ini, bikin apa aja bisa, klo sudah sukses bikin franchise aja Mba… kan di Indonesia blm ada tuh..

    aaaamiiiin… peluang bisnis sehabis dari gurun nie…^.*

    Reply
  • 45. Gema  |  March 9, 2010 at 3:16 pm

    emang kagak ada matinya, salut buat semangatnya

    amal jariah

    alhamdulillaah… makasiih

    Reply
  • 46. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 3:36 pm

    Btw….apapoen kwacinya merk-nya SUNFLOWER kan?

    nggih tergantung bahannipun tho mbah… labu kuning, semangka utawi kembang srengenge.

    Reply
  • 47. ossy  |  March 9, 2010 at 4:10 pm

    klo makanan lain kan biasanya, bikinnya berjam2 makannya semenit. Kalo kwacinya sunflo ni bikinnya ga lama, tp makannya bikin memble.. hehe

    memble.. sutris tapi penasaran.. akhirnya dimakan sekulit-kulitnya….😆

    Reply
  • 48. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 4:21 pm

    Boe Haji pesan kwaci 2 kg adja, dibawa nti klow poelang ke Crb. u/ camilan Idoel Fitri.

    nyuwun pangapunten, boten nampi pesenan mbah… cape’ dech…😦

    Reply
  • 49. idana  |  March 9, 2010 at 4:23 pm

    halloo…sunfloo sehat2 aja kan ??

    terakhir aku makan kwaci kapan ya ?? dooh lama banget ampe lupa deh😀

    alhamdulillaah sehat da… ^^ kemandra ajah?? hehehe sampe lupa makan kwaci terakhir kapan…

    Reply
  • 50. idana  |  March 9, 2010 at 4:25 pm

    jiaaaahhh…poetra, ada disini juga ??

    Reply
  • 51. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 4:27 pm

    Pada oelang tahoenmoe jang terachir.

    Reply
  • 52. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 4:31 pm

    Mana nih Bu Haji……………. Assalamu’alaikum. Wah habis makan siang ya.

    wa’alaikumussalam… ya mbah, trus mau ngenek…^^

    Reply
  • 53. poetra pantoera  |  March 9, 2010 at 4:38 pm

    Djadi sales kwaci adja dah.

    boten purun mbah… dados kenek mawon

    Reply
  • 54. UsupSupriyadi  |  March 9, 2010 at 5:00 pm

    Alhamdulillah, selalu ada ide ditengah kegentingan….😉😆

    wah, ikutan nyoba bikin ah…..

    salam

    tetaplah pada Aqidah Shalimah, Akhlak Karimah, dan Ukhuwah Islamiyah, serta toleransi beragama yang benar
    damai, dan aman negeri kita
    merdeka dan salam mesra selalu
    😆😆😆

    alhamdulillaah.. pisss

    Reply
  • 55. wi3nd  |  March 9, 2010 at 5:10 pm

    kereeeeeeeeeeeenn..!

    eman9 sistah aku yan9 satu ini T O P B G T deecch lu sual makanan & ahli dlm perkulineran
    *jempollllllllllllllll!

    uda lama nda makan kwacii

    woot btw matahari MAKAN maTahari😀

    kata joshua kcil… JERUK MINUM JERUK….:mrgreen:

    Reply
  • 56. julie  |  March 9, 2010 at 5:39 pm

    wahahha ternyata kesalahan membuahkan kreatifitas ya flo
    aku dulu sering lomba makan kuaci sama alm ayah sampe bibirku tebeeeel banged

    hehehe…. membele bin dower coz of kwaci… :p

    Reply
  • 57. Triunt  |  March 9, 2010 at 8:00 pm

    Mbak, Kwaci itu keluarganya mbak Sunflow loh.
    jangan dimakan wkwk..😆

    hehehe..😆

    Reply
  • 58. achoey  |  March 9, 2010 at 11:16 pm

    Makan kwaci sambil nunggu bedug maghrib enak tuh ummi
    tapi gak boleh ya hehe

    ya kalu ga shoum ya gpp choey

    Reply
  • 59. wong cilik  |  March 10, 2010 at 11:25 pm

    hebat…. bisa2nya dapat resep bikin kuaci.. padahal percobaan pertama khan ? hebat hebat…🙂

    iya … ngarang nui… ^^

    Reply
  • 60. monda  |  March 11, 2010 at 10:15 pm

    dari mana sih asal mula kwaci?
    kl aku lebih demen somboy, atau buah garam buah kering yang asam asin itu loh

    apaan tuh kak??😕

    Reply
  • 61. bundadontworry  |  March 12, 2010 at 3:22 pm

    lagi2 bukan Sunflo namanya kalau nyerah,
    akhirnya berhasil……….berhasil…………. 😀😀
    kalau bunda suka kuaci biji bunga matahari gini, kalau yg cap gajah terlalu asin, bibir bener2 bisa jontor deh makannya.
    salam

    hehehe… kwaci is bikin kita memble beraaattt… ^^

    Reply
  • 62. melianaaryuni  |  March 14, 2010 at 9:18 am

    Salut deh sama,Mbak…Serba bisa….

    alhamdulillaah… makasih mell^^

    Reply
  • 63. Desri Susilawani  |  March 16, 2010 at 11:41 pm

    sistaqw ini emang Tjap Djempol dueh…hehehe…salut banget. sekedar info nih, di soreang masih banyak yang dagang kwaci dengan berbagai merk, tapi harga teteeep…gopek. sekarang malah ada variant baru, kwaci milk….lebih gurih dan ga terlalu bikin memble

    nah yg ga bikin memble n gurih lah yg kucari Des.. ^^

    Reply
  • 64. mikha_v  |  March 21, 2010 at 3:57 am

    oh kalo sunflower seed itu artinya mentah ya?😀

    iya… btw bahasa inggrisnya kwaci apa Mikh??

    Reply
  • 65. Djarums Cigarette  |  March 23, 2010 at 10:26 am

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 03:26

    Reply
  • 66. Griya Utama  |  May 19, 2010 at 2:21 pm

    Asswrwb,
    Mengenai Bunga Matahari ini kami mempunyai Produk Olahannya, selengkapnya ada di http://sunflowerproduct.wordpress.com

    Salam Kenal dari Kami
    Griya Utama
    Pemasaran Produk Bunga Matahari
    di Jakarta utk Seluruh Indonesia
    021-84994277

    wa’alaikumussalam… kenal juga dan makasih info serta kunjungannya…

    Reply
  • 67. tika  |  November 24, 2011 at 5:25 pm

    Saya punya stok kuaci biji semangka, ada yang mau? e-mail ke kartikamaharani2011@gmail.com makasih

    Reply
  • 68. Ivonne  |  November 18, 2013 at 6:27 pm

    kwaci cap gajah masih ada ga ya? makin susah carinya hehe

    Reply
  • 69. atyq  |  July 27, 2014 at 2:27 pm

    kalo sekarang 2014 harga kuaci semangka perkilonya berapa yaaa???

    Reply
  • 70. Anton Sugiarto  |  January 28, 2016 at 3:19 pm

    Mau nostalgia sama Kwaci Tjap Gadjah ?

    Kami melayani pembelian retail dan grosir. Tangan pertama dari Pabrik Kwaci Firma Gadjah – Semarang

    Mau jadi Agen di kota Anda ?

    Hubungi :
    SNACK CENTER ID SEMARANG
    0817 0369 0330

    Reply
  • 71. Ariana Dewi  |  February 15, 2016 at 12:23 am

    aduh, aku mah lagi butuh sun flower seed yang masih mentah itu. beli dimana??? minta alamatnya dooong, plisss… :} mau buat penelitian nih, bales ya… makasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: