Martabak Manis … Martabak Meringis …

March 20, 2010 at 2:24 am 45 comments

Sudah kangen ma kisah seru kuliner sunplooo??? Jumpa lagi sekarang nieee…

Kali ini sunflo mo berkreasi bikin martabak manis…

Entahlah… dulu sewaktu masih berkarir, … betapa aku tuh ga berkutik ma dapur… paling bikin nasi goreng, oreg tempe, sayur sop dan makanan standar lainnya… Namun, saat ini … kala jadi PRT sejati, aku kok jadi ‘gila’ tuk bikin berbagai macam makanan cemilan yang gampang dijangkau yaa… Hehehe… kek macam martabak manis ini niee….

Dulu sunflo pernah bikin martabak manis, hasilnya sungguh mengenaskan… :-(  …  apaan tuuh?? Yaitu adonan yang belom mateng banget plus pantat yang menghitam kek pantat wajan a.k.a gosooooong … :mrgreen:    Lagi-lagi… hubby yang jadi ‘kelinci’ percobaan tuk menghabiskan hasil trial ‘n errorku …😆

Nah… sekarang gimana cerita martabak manis sunflo kali ini?? Intip atuuuuh… ^^

***

By googling, kudapatkan resep martabak kek gini nie:

Bahan :
250 gr tepung terigu
375 cc santan (santan kaleng)
150 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdt ragi instant ( yeast)
1/4 sdt soda kue

tepung, gula, ragi, dicampur, lalu pecahin telor di dalamnya, diaduk sampai rata, terus tuangin ma santan hangat… diamin 20 menit… tambah soda kue, kocok hingga mantaafff… ambil 2 sendok sayur adonan, cetak di atas teflon panas… ^^

tunggu adonan matang dan berlubang-lubang … sambil ditutup tuuh.. biar panasnya merata … katanya…. :mrgreen:

Sewaktu masih di teflon, aku kasih topping, berupa mentega, gula, kacang, coklat dan keju … ga ada susu kental manisnya… 😦

alhamdulillaah… berhasil juga sunflo bikin martabak manis… ^^

Martabak Manis Kacang Keju Coklat ala Sunfloooo…:mrgreen:

Satu resep ini bisa dibuat menjadi 3 martabak mungil dengan diameter 15 cm.

Lalu aku buat adonan satu lagi … nyala kompor kubesarin dikiiittt… lupa ngecilin… lalu sambil … sambiiil ….

***

Sambil nungguin hubby browsing, kami makan martabak bersama, … Bangga dan seneeeeng banget rasanya aku akhirnya bisa bikin martabak manis, freeen…🙂

But…

Hidungku …. Hidungku…

bau apa nieeee… ???!!!

Whaattttt????!!

Kontan aku lari ke dapur….. ” MartabakQyuuuuuuu…. !!!!! ”😥

Dooohhh… alamat gosong nuuuiiiii…😦

………….

hiks… beneran frens…. gosoooong …😥 huhuhu…

Sambil gini niee… :-(  aku kerjain tuh martabak gosong …

***

Sambil meringis pula aku bilang ke hubby, “Bantuin nghabisin yaaa…”

Hubby nganggukin kepala sambil gini niee… :-(  garuks-garuks kepala lalu bilang, “Jadi kelinci percobaan lagi ya??”

“Hooh”, jawabku …:mrgreen:

***

Aku kembali berkutat di dapur, membiarkan hubby tenggelam sendiri menikmati martabak gosongku sambil browsing … *escape from the reality nie si sunflo…:mrgreen: *

Tiba-tiba hubby nyeletuk dengan riangnya, “Cara makannya gini nie… pake sendok, jadinya ga kemakan yang gosongnya….” Hihihi… cerdas juga si hubby …:mrgreen:

dan inilah wajah martabak meringisku… :mrgreen:  xixixi… udah habiiiiiissss… tinggal sisaan ajah… ^^

***

Seminggu kemudian, aku ingin membuat martabak lagi… Kali ini judulnya: martabak manis pisang keju kacang coklat … *borong tuuh semuaaa*

Udah kusiapin adonannya tepat 20 menit, giliran mau dibentuk… Eh, hubby ngajak survey lokasi calon pelanggan antar jemput …

Aturan didiemkannya selama 20 menit, adonan martabakku sekarang terpaksa dicuekin selama 1,5 jam … :-(   Apa jadinya???

xixixii… mengembang supeeeerrrrrr banget… karena aktivitas yeast-nya… ^^

nie topping borongannya… kelihatan pisangnya kan?? Itu pisang biasa, fren… bukan pisang raja… seadanya ajah laah…😦

Alhamdulillaah… jadi juga martabak borongan sunflo… meski dicueki lama banget, akhirnya kami makan sambil meringis puaaassssss… ^^

***

Nah… sekarang bandingkan martabak sunflo ama yang di bawah ini :

Jiaaah… Ternyata kek gini cara bikin martabak manis tuh yaa??

hmm… secara peralatan, sunflo cuma modal loyang teflon ma garpu ajah…:mrgreen:

Hewdeww… ternyata dipotong dulu baru ditaburi topping yaa… hihihi… mana menteganya banyak lagi… terus, sunflo ga modal susu kental nuuiii… ngubek di Hyperpanda ga ketemu siih…😦

Dan…pantesaaan… kenapa kurang kerasa gurih, karena habis dipotong langsung dimakaaannn …:mrgreen: … ga diolesin mentega dulu… hehehe…

*Huuushhhh… itu anak siapa yang tereak-tereak nyanyi tuuuuh…😦 *

udahan dulu yaaa…:mrgreen:

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Pengumuman: SUNFLO Ngantor… :) Jika Sunflo Bermain Hati

45 Comments Add your own

  • 1. wahyurez  |  March 20, 2010 at 2:28 am

    buset… kok gosong lagi bu??? haha untung yg kedua tidak seperti keledai, jatuh di lubang yang sama😀

    iya Rez…😦 keasyikan ngobrol ma menikmati hasil siih…^^

    Reply
  • 2. Asop  |  March 20, 2010 at 4:38 am

    Ooooo… martabak itu pake yeast ya?? Kalo gak gimana jadinya?

    keknya bisa siih… tapi ya ga ada bolong2nya keknya… cuma kek dadar ajah.

    Reply
  • 3. gusthy  |  March 20, 2010 at 5:07 am

    hahahaha….
    kok bisa gosong ya…
    tapi selslu mantap…
    semangat

    kelupaan sih Gus.. ^^

    Reply
  • 4. abrus  |  March 20, 2010 at 7:55 am

    Sunflo bukan main … kuliner lagi … kulinernnnnn 😀
    martabak dalah kesukaan diriku, saking senangnya, yg gosongpun Q lahap juga … hihihi😆

    gud..gud..gud…^^

    Reply
  • 5. abrus  |  March 20, 2010 at 7:59 am

    Hmmmm … nyam nyam … picsnya bikin ngiler – ngetes tes nih😦 wowww … martabak manis pisang keju kacang coklat …gmn rasanya? Pasti mantapppp🙂
    Q baru nyoba martabak plus ketan hitam … sippp kalo disantap anget2 … (Sunflo RAAA, … Sunflo Ratu Apa2 Aja …)😆

    keknya masih enakan yang dijual di pinggir2 jalan tuh brus… tapi secara di arab kagak ada org arab yg mo jualan martabak siih…😦

    Reply
  • 6. abrus  |  March 20, 2010 at 8:03 am

    maksudQ (Sunflo RAAB, … Sunflo Ratu Apa2 Aja Bisa …)😆

    thx brus… ^^

    Reply
  • 7. Namaku SURONO  |  March 20, 2010 at 8:11 am

    Pagi-pagi rame banget nih. Ada apa ya ? Laki, prempuan, anak2, kakek2, nenek2, mantri hutan. pa guru, pa ustad, bandar jengkol dll. pada antri. Ha Ada apa ya?
    Ooohhhh trnyata sunflo jualan martabak, pake karcis sgala saking larisnya.
    Hidup Ratu Kuliner !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

    knape ada bandar jengkol segala, mbah?? dah namamu diganti ajah mbah, jangan poetra pantoera … kedawan, mending pake nama SURONO, njawani lan medhok gtu…😆 … jadi inget ma temenQ waktu SD ada yg namanya surono…😦

    Reply
  • 8. idana  |  March 20, 2010 at 8:35 am

    huaaaa…martabakkk
    tapi aku ngak suka yang pake kacang sunfloo…sukanya yang coklat keju aja😀

    ntar bilang ke mamang tukang martabak yaa… ^^

    Reply
  • 9. peri01  |  March 20, 2010 at 8:47 am

    hem kayanya enak tuh sunflo
    mana testernya ni

    udah habiiiiisss…:mrgreen:

    Reply
  • 10. wawansri  |  March 20, 2010 at 10:17 am

    buat sarapan enak tdk ya….???

    waah ini mah menu sarapan ma makan malam, pak.. cobain dech sama sang Nyonya di rumah…

    Reply
  • 11. Ossy  |  March 20, 2010 at 10:32 am

    Berhasil..berhasil..berhasil.. horee
    Sunflo.. itu keliatannya enak banget… (bukan yg warnanya item ya, :mrgreem:)… mau..mau..mau..

    bikin..bikin…bikin sendiriiii… ^^

    Reply
  • 12. wong cilik  |  March 20, 2010 at 10:52 am

    hebat!! berhasil bikin martabak🙂
    ternyata cukup gampang juga ya? bisa dicobain dirumah nih.. tapi harus lengkapi dulu deh perlengkapan dapurnya😛

    eh gak nyoba2 nyambi jualan makanan indo disana ?

    bisa aja sand, ini kan lagi training di luar negeri gtu…😛

    Reply
  • 13. bintangtimur  |  March 20, 2010 at 12:03 pm

    Halo…halo…saya datang nih, martabak manisnya masih ada nggak?
    Sunflo, kuangen nih, kangen berat…
    Bgitu datang kesini, eh, ada martabak manis…itu kan salah satu (ada seribu soalnya…hihihi) makanan favorit saya…apalagi yang keju, coklat dan pisang…wuuuiiih, mantap😛
    Komen di posting ini dulu ya, saya mau nengokin Abrus, Erry, dan lain-lain…😉

    welkam siiissss… udah kangen ngeblog yaaa… selamat datang kembali, alhamdulillaah semoga semua baik2 saja yaaa…^^

    Reply
  • 14. M Mursyid PW  |  March 20, 2010 at 1:32 pm

    Wui…h. Aroma sedap Martabaknya sampai di sini.

    iya.. krn bapak deket ma penjual martabak…😛

    Reply
  • 15. kakaakin  |  March 20, 2010 at 1:51 pm

    Keren…keren…
    Bisa bikin martabak manis euy…
    Say pesan satu yang keju aja! Kejunya dobel ya…
    Harganya 10 rebu rupiah juga nggak papa:mrgreen:

    harganya 10 rebu doang, ngirimnya 90 SR …😦

    Reply
  • 16. orange float  |  March 20, 2010 at 2:24 pm

    ntar kalo dah mahir, bisa buat usaha sampingan tuh mbak…. tapi ingat jangan sampe gosong lagi ntar pelanggan pada kabur loh😀

    insyaAllah .. hehehe… dijaga semulus mungkin…^^

    Reply
  • 17. bayuputra  |  March 20, 2010 at 3:08 pm

    waw walaupun hangus sepertinya enak juga…
    walaupun hangus yang pentingkan hasil karya sendiri ….
    hebat…

    betuul… makasih, bayu…

    Reply
  • 18. bayuputra  |  March 20, 2010 at 3:09 pm

    selamat hari Sabtu, Selamat Berakhir Pekan Bersama Keluarga Tercinta dan Salam Hangat Dari Bayu Di Kalimantan Tengah.

    thx

    Reply
  • 19. SURONO  |  March 20, 2010 at 3:21 pm

    Hore dapat nama anyar dikasih sunflo

    😆 hehe… mbah bergumbira ria… seneng tah mbah ama nama barunya …:mrgreen:

    Reply
  • 20. achoey  |  March 20, 2010 at 4:20 pm

    wah, ummi emang bisa bikin martabak hitam gak hanya dalamnya🙂

    weeh… ngece sampeyan choey…😦

    Reply
  • 21. abrus  |  March 20, 2010 at 4:50 pm

    Sunflo … mampir ke rumahku ya …
    http://abrus.blogdetik.com/2010/03/20/bagimana/

    ok brus…^^

    Reply
  • 22. sakurata  |  March 20, 2010 at 5:49 pm

    Mbak..mumpung masih di negeri Onta, cobain martabak (atau apa namanya) Turki🙂 enak..dan mengenyangkan…dan biasanya juga murah, hehehe

    kebab kah itu?? inshaAllah aq cobain ntar… makasih yaa…

    Reply
  • 23. melianaaryuni  |  March 20, 2010 at 6:09 pm

    Emang klo kreatif, semua bisa jadi…ga usah liat gosongnya tapi rasakan pahitnya😆
    Nggak ding, mbak mang T.O.P.

    xexexexe…😆

    Reply
  • 24. ismi  |  March 20, 2010 at 6:24 pm

    hihihhi, klu pas aq bikin martabak manis tuh ragi instannya kebanyakan😦 jadi rasanya agak aneh….
    trs karena dibawahnya uda gosong, kubalik lah itu martabak biar mateng merata😀
    sotoy!!padahal kan g getho kalee…

    weleh… iki semakin runyam kalau bgondro…😦

    Reply
  • 25. delia4ever  |  March 20, 2010 at 6:51 pm

    wah wah.. begini ya asyiknya kalo ada hubby.. bisa jadi pelampiasan.. mantapppppppppppp

    mbak sunflo… kirim kemari dong martabak nya .. anak kos2an neh…hikss hiksss….

    Keren abis deh….. (pengennnnnnnnnnn)

    aiih… masih ngkos taah??? hehehe.. kirimnya gmandra de??

    Reply
  • 26. areeavicenna  |  March 20, 2010 at 7:51 pm

    Mau dunk kapan2 dmasakin mbk flow. . Tp kapan yak?😕

    hooh nuiii… ^^

    Reply
  • 27. kikakirana  |  March 20, 2010 at 9:12 pm

    wah wah… pulang ketanah air ganti jualan martabak niech mbak sunfLo hahaha…
    eh eh Qk coba juga ah… tar klo jadi… mbak sunFlo QK kasih tau…
    tapi klo gag jadi…. hmmm pikir” dulu dech wkkwkw apalagi klo gag jadi bikin kekekeke…..

    HIDUP!!! ^_^

    ayuuuuu’ dicobaaa… ^^

    Reply
  • 28. nakjaDimande  |  March 20, 2010 at 10:08 pm

    aduh sunflooo, lain kali jangan nyambi dong.. sayang klo ampe gosong lagi.

    acung jempol buat sunflo dan hubby, bundo suka banget gaya kalian bedua saling mendukung dalam percobaan kuliner sunflo😀

    kelupaan bundoooo… muaaappp…😦

    Reply
  • 29. Bibi Titi Teliti  |  March 20, 2010 at 10:21 pm

    huahahah!!!
    Gosooooong…..

    gak papa laaahhh…
    yang penting masih ada yang mau nge makan kan???..hihihi…

    alhamdulillaah… kita pantang buang makanan sualnya…^^

    Reply
  • 30. bidansmart  |  March 20, 2010 at 10:44 pm

    wakkkakakak…
    ntu..yang lutcu…huahuahua…yang gotsong…xixixixi..huahua
    mirip pantat-na teflon…..

    iiiih si bidan semaret malah ngledekin… awas yaa…😦

    Reply
  • 31. Roi Lukman Saputra  |  March 21, 2010 at 12:22 am

    Wah… wah… wah… Sayang amat gosong begitu….😀
    Masaknya sambil browsing sih….

    BTW, malam2 gini baca martabak manis koq jadi laper ya? …. Cari-cari cemilan dulu ah…..🙂

    iya… kelupaan ma adonan yg gi nangkring di kompor…^^

    Reply
  • 32. Eka JaHe  |  March 21, 2010 at 1:44 am

    hmmmm…..yummmiiieeee……..

    yeaa..

    Reply
  • 33. mikha_v  |  March 21, 2010 at 4:32 am

    kirim ke sini dooonngggggg….di sini tak ada martabak manis😛

    bikin sendiri Mikh.. kan udah aq kasih contekan…😛

    Reply
  • 34. nina  |  March 21, 2010 at 12:07 pm

    kayaknya bisa dicoba nih resepnya
    kebetulan saya sm temen2 mau bikin acara masak2

    siiip… ditunggu kabarnya yaa…

    Reply
  • 35. Halaman Putih  |  March 21, 2010 at 12:23 pm

    Makanan kesukaan saya nih.
    Mau dong…??? tapi jangan yang gosong….

    boleeh… pesen ma mamang penjualnya tuh di bawah…

    Reply
  • 36. setitikharapan  |  March 21, 2010 at 2:24 pm

    Mintaaaaa…yang ada kacang dan coklatnya ya mbak..😉

    boleh… ^^

    Reply
  • 37. Ruang Hati Blog  |  March 21, 2010 at 4:36 pm

    datang menyapa sahabatku di akhir pekan yang indah ini semoga liburannya indah buat sobat sekeluarga

    salam hangat selalu,semoga sukses meraih segala harapan di pekan depan !!!

    dari ruanghati yang terdalam

    mkasih ruanghati.com… doooohhh kamu emang org yg komitmen yaaa… makasih banget… ^^

    Reply
  • 38. Fathia  |  March 21, 2010 at 5:56 pm

    weeeww…. fath mau dunk kak!! ^^

    bikin sendiri atuuuhh nenk… ^^

    Reply
  • 39. darahbiroe  |  March 21, 2010 at 5:57 pm

    wakwkakwka
    martabakna kematengan apa yakkk kok begitu hehehhe
    tapi gmn rasanya nuyy jawab jujur hayooo hahhaha

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasihh😀

    bagian atas sih enak, bagian bawah ga dimakan …😛

    Reply
  • 40. muhammad zakariah  |  March 21, 2010 at 6:53 pm

    haha…martabak yg hitam keren amat…:mrgreen:
    sy jg penggemar martabak lho. tp bukan yg item..:mrgreen:

    kok bilangnya keren???😕 untung n nya ditulis… hehehe..

    Reply
  • 41. bocahbancar  |  March 21, 2010 at 8:16 pm

    Ga saalah tuwh,,,>>> Gosong ya…😀

    iyaa… :shy:

    Reply
  • 42. Ompoer  |  March 21, 2010 at 9:49 pm

    hmmhmm “sambil nelan air liur…””
    jadi ngiler nih

    jiaah… jgn sampe ngiler…😦

    Reply
  • 43. dedekusn  |  March 21, 2010 at 10:22 pm

    Foto yg ga gosong bikin ngiler…

    kok aneh??😕 yg lain pada ga suka yg gosong…kok??

    Reply
  • 44. wi3nd  |  March 22, 2010 at 2:12 pm

    man9kin kereen ajah neeh..

    beneran neeh pas balik ke indonesia buka restoran serba ada🙂

    kolaborasi ma wi3nd…^^

    Reply
  • 45. nd4hpus  |  March 28, 2010 at 4:06 pm

    Mbk sunfloooo…martabaknya enak kayanya…. aku pengen coba ahhh kapan2… btw, klo dipotong dr fotonya jd mirip kue dorayakinya doraemon yah?? hehehehe…😀

    yoooiiii silahkan dicubaaaa… dorayaki yaaa ?? hhehehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: