Sekilas Kehidupan Di Sana …

March 23, 2010 at 10:18 pm 55 comments

Sudah 11 bulan aku menjalani kehidupan di Saudi, dan selama itu pula, aku tidak full berinteraksi dengan orang-orang Saudi. Secara aku tidak bekerja di luar rumah, kecuali hanya ngenek … hehehe…:mrgreen:

Pingin banget aku masuk ke rumah orang saudi tuk mengetahui kek apa siiih dalam rumahnya… Hmmm… apakah aku harus menyamar duluu jadi PRT beneran?? Oh noooo … Ga’ ahh…🙄

Dan aku dah menemukan sedikit gambarannya di sini… Pingin tahu?? Intip yuuuu’… ^^

***

Ini adalah video yang menggambarkan kehidupan masyarakat Saudi kelas menengah…

Suzan Zawawi adalah seorang jurnalis… Dia jelaskan tentang beberapa adat istiadat kehidupan sosial di sana, dan memang itu semua bersumber dari ajaran Islam…

Sungguh, temans akan melihat, walau mereka terkurung dengan baju yang sangat asing di tengah peradaban manusia modern ini, namun gerak langkah mereka tidaklah terkekang… Mereka menikmati kehidupannya di bawah naungan syari’at Islam…

Akulah salah seorang saksi dan pelaku hidup di sana… Sungguh aku begitu menikmati kehidupan di sana dengan ciri khasnya tersendiri…^^

Mungkin kehidupanku di sana lebih beruntung dibanding para TKW maupun TKI yang bekerja di perumahan-perumahan… (walhamdulillaah atas segala nikmat ini), namun bukan ini yang ingin kuekspos… namun… inilah sekilas kehidupan masyarakat di sana… ^^

Meski di dalam satu keluarga besar, tetap pemisahan antara yang bukan mahram diterapkan di sana…

Hehe… ngliat TV … ingat waktu pertama kali tiba di Saudi, ngelihat TV di rumah teman dengan channel ampe ratusaaaaaannnn… Aku lebih seneng ngelihat Al ‘Afasy TV, isinya murattal Qur’an dan channel-channel yang menayangkan tentang budaya masyarakat Timur Tengah…

***

Video di bawah ini lanjutan dari video di atas plus tayangan tentang seorang dokter kandungan, seorang wanita Saudi…

Namun di Buraida, aku belum pernah menjumpai dokter wanita Saudi. Kebanyakan tenaga kesehatan di sana berasal dari Mesir, Syiria, Filipina dan India… ada juga Bangladesh..

How about Indonesian Women Workers?? … hikzz… :-(  Citra wanita Indonesia di sana … memiriskaaaaannnnn… Mereka kenal wanita Indonesia hanya sebagai sagolah (pembantu rumah tangga) doaaang…😦

Kami … para istri yang tidak bekerja di luar rumah, bila berada dalam suatu perkumpulan orang-orang Saudi suka ditanya… “Anda pembantu??” Huuh…!!

Ini berkaitan ma citra pemerintah kita dech… yang khusus mengedrop TKW ke Timur Tengah sebagai pembantu rumah tangga, bukan sebagai tenaga terampil…😦

***

Begitulah temans, sekilas kehidupan di sana… Perlu temans tahu, tidak semua orang Saudi itu paham akan ajaran agama Islam yang sebenar-benarnya… Mungkin mereka jalani aturan-aturan Islam yang ada karena kebiasaan yang telah turun temurun…

Banyak orang Saudi yang kukatakan (maaf) … brengsek, suka menzhalimi orang lain… gak patuh aturan lalin yang ada … (hehehe… maklum, kenek… suka merhatiin pemandangan di jalanan… :lol:  ) Namun masih banyak pula mereka-mereka yang bernurani lembut dengan sentuhan ilmu yang mendalam…

Dari sini bisa kuambil suatu kesimpulan… Bahwasanya ilmu agama itu harus dicari tidak hanya oleh orang-orang non Arab, namun oleh semua muslimin di dunia ini… tak terkecuali…

Sehingga mungkin ada baiknya kita bersikap adil dalam menilai suatu hal…barangkali suatu waktu nanti kalian menjumpai kejanggalan kelakuan masyarakat Timur Tengah yang tidak sesuai dengan Islam … Hehe… mereka juga manusia, sama kek kita …😆

Dan sungguh … ada suatu alasan dan karakteristik tersendiri, kenapa Allah turunkan Islam di tanah Saudi ini dan kenapa pula Timur Tengah adalah negerinya para Nabi dan RasulNya… Sunflo perlu mengkaji lebih mendalam tuk mengungkapkan alasan-alasan ini kepada temans semua… Semoga sunflo bisa mengulasnya untuk temans suatu hari nanti yaa…^^

***

Entry filed under: kisahku di saudi, Saudi Arabia. Tags: .

Jika Sunflo Bermain Hati Jika Sunflo Bikin Sosis Solo

55 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  March 23, 2010 at 10:58 pm

    hehhhe, pembantu yang ini topbgt.. masakannya aduhai..! jadi asistennya hubby kan gpp ya sunflo😀

    ternyata dimana-mana itu sama ya, ada yang paham dan ada juga yang tidak paham ttg Islam meskipun itu di negerinya para nabi..

    ditunggu artikel anjutan ttg negeri para nabi itu ya sunflo..

    hahaha… bundo bisa ajah… *.^

    Reply
  • 2. arsumba  |  March 23, 2010 at 11:10 pm

    begitu indahnya kehidupan di bawah naungan islam.. 😀
    saya seneng baca kesimpulan mbak sunflo bahwa ilmu agama harus dicari oleh semua umat manusia tanpa terkecuali…
    “tolabul ilma minal mahdi ilallahdi”….
    semoga bisa melaksanakan hadist ini.. insyaallah..
    makasih ya mbak..

    betuul.. hrs semangat tuk cari ilmu yg bermanfaat tuk dunia dan akhirat

    Reply
  • 3. abrus  |  March 24, 2010 at 2:42 am

    Waduhhh duhh postingan Sunflo unik dan menarik … komplit lit, kita jadi tahu kehidupan ‘orang sana.🙂
    Tapi ikut sebel ‘nyamain perempuan Imdo … sagolah (pembantu rumah tangga) doaaang…😦

    yeaah… gmandra lagi, brus…😦

    Reply
  • 4. abrus  |  March 24, 2010 at 2:47 am

    Se7 banget dgn kalimat …. terkait dgn citra pemerintah kita yg meng eksport TKW ke Timur Tengah sebagai pembantu rumah tangga, bukan sebagai tenaga terampil…😦

    Yg di drop ke Saudi bukan saja anak gadis, tapi juga janda dan ibu yang beranak … Gimana ayo?

    kebutuhan ekonomi yg mendesak, Brus….😦

    Reply
  • 5. abrus  |  March 24, 2010 at 2:49 am

    Sunflo mampir ya :
    http://abrus.blogdetik.com/2010/03/24/kalau/

    udah diampiri..^^

    Reply
  • 6. delia4ever  |  March 24, 2010 at 3:33 am

    mbak masih disana kan ? bingung juga pas baca judulnya kok disana bukan disini.. heheheh…
    Setuju mbak.. daku mengenal beberapa wanita arab.. tidak seperti yg kubayangkan sebelumnya…
    kita bisa belajar islam dari mana saja… tapi kenapa Bermula dari sana.. itu yg emang harus kita ketahui..

    mengenai sagolah…sama mbak dengan disini..😦 … Mereka langsung mikir nya pembantu.. padahal lebih dari 10ribu mahasiswa skolah disini.. hikss hikss.. Susah untuk membetulkan paradigma krn kesalahan pemerintah juga yg tidak cekap…(Lahhhh kok ujung2nya curhat.. hehehe)

    yuuui… masih de’… alhamdulillaah..^^ iya nie.. gmana cara tuk hapus image itu yaa??

    nice posting mbak sunflo

    Reply
  • 7. bintangtimur  |  March 24, 2010 at 5:31 am

    Baru tau deh itu ruangan kok bersiiiiiiih bener🙂
    Ikut prihatin juga denger wanita Indonesia yang identik dengan PRT, biarpun mereka disebut pahlawan devisa…
    Saya melihat, kehidupan di belahan dunia manapun hampir sama, yang baik atau kurang baik, adalah manusianya bukan negaranya. Posting ini menambah wawasan saya, Sunflo, thanks ya!!!!

    sama2 jeng, moga bermanfaat yaaa… ^^

    Reply
  • 8. M Mursyid PW  |  March 24, 2010 at 5:45 am

    Kulihat mpe habis filmnya.
    Tq…!!!

    makasih juga atas apresiasinya…^^

    Reply
  • 9. alamendah  |  March 24, 2010 at 6:23 am

    Wuih, jadi bisa mengintip kehidupan para berhidung panjang itu…

    asal jangan yg berhidung belang…😛

    Reply
  • 10. bidansmart  |  March 24, 2010 at 6:30 am

    wew…mbak sunflo…aq mauuu kerja di saudi’s hospital……..gimana dunks tcara-na,

    …hiksshikss…moso indonesia kesannya pembokat duanks ci…kitakan juga banyak orang berilmu……

    bisaaaa… cari inpo dunk… iya nuiiii… hapus kesan kek gtu yuuu’

    Reply
  • 11. bidansmart  |  March 24, 2010 at 6:31 am

    ngelamar mbak…jadi tenaga medis di saudi…xixixixi….

    ocreeee… b*.^

    Reply
  • 12. bidansmart  |  March 24, 2010 at 6:31 am

    bilangin ya..ke dokter kandungannya..aq mau jadi asistennya..hehehe

    dindaQ mo ke saudi?? ayuuuu’ ^^

    Reply
  • 13. harto  |  March 24, 2010 at 6:33 am

    waaaah kasian beneer yaaa kita cuma dikenal sebagai sagolah…

    Pelayan-pelayanmu adalah saudara-saudaramu. Allah menjadikan mereka bernaung di bawah kekuasaanmu. Barangsiapa saudaranya yang berada di bawah naungan kekuasaannya hendaklah mereka diberi makan serupa dengan yang dia makan dan diberi pakaian serupa dengan yang dia pakai. Janganlah membebani mereka dengan pekerjaan yang tidak dapat mereka tunaikan. Jika kamu memaksakan suatu pekerjaan hendaklah kamu ikut membantu mereka. (HR. Bukhari)

    Jangan memukul budak perempuanmu hanya karena dia memecahkan barang pecah-belahmu. Sesungguhnya barang pecah-belah itu ada waktu ajalnya seperti ajalnya manusia. (HR. Abu Na’im dan Ath-Thabrani)

    terima kasih telah menyertakan hadits2 di atas… ^^ jadi lengkap nie

    Reply
  • 14. uni  |  March 24, 2010 at 7:58 am

    begitu indah, dibumi mana pun bila syariatnya ditegakkan, hidup jadi luar biasa berarti🙂

    alhamdulillaah.. bgtulah , Uni…^^

    Reply
  • 15. dasir  |  March 24, 2010 at 8:26 am

    Tapi kemarin denger cerita dari tema yang baru pulang dari saudi bahwa kota Ryadh adalah kota yang ancur moralnya, banyak homo berjanggut dan bergamis..mereka paling seneng lihat lelaki Indonesia dan Filiphina, apalagi yang tak berjanggut, Betul ga sih mbak?

    ya mungkn sisi lain yg dlihat teman adek pas bagian yg kek gtu… tapi secara umum, kota2 besar emang ancur moralnya, kek di indo ajah laah, riyadh, jeddah, dammam, dll … dan kebanyakan yang bikin ancur orang saudi adalah para pendatang… misal dari India, Pakistan dan Bangladesh serta Mesir… mereka yg bawa virus2 kejelekan di saudi… homo, pemerkosaan, narkoba dan musik2 ataupun bentuk2 yg lainnya… wallaahu’alam

    Reply
  • 16. bidansmart  |  March 24, 2010 at 9:44 am

    mmhhh…

    …hhhmm

    Reply
  • 17. peri01  |  March 24, 2010 at 10:00 am

    nice info & post sunflo
    kunjungan pagi
    salam

    makasih peri…^^

    Reply
  • 18. Abu Ghalib  |  March 24, 2010 at 10:20 am

    wah, filmnya berat buat koneksi sy yg lambat

    salam buat org arab di sana ya

    hehehe… ^^

    Reply
  • 19. Caride™  |  March 24, 2010 at 10:43 am

    saya punya bayangan kalo orang sana jahad², mungkin akibat berita di TV seringnya TKI/TKW yg teraniaya di sana…
    ya Allah lindungilah sodara² kami di sana dari orang² yg mendzalimi mereka…amin

    aamiin… terkadang juga malah para TKI/TKW juga bikin masalah de’…😦 semua tergantung pada person2nya…😦

    Reply
  • 20. darahbiroe  |  March 24, 2010 at 11:15 am

    wah mau dunt diajak jalan2 ke saudi heheh
    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya..
    salam blogger
    makasih😀

    lewat blog aja yaa… ^^

    Reply
  • 21. fansmaniac  |  March 24, 2010 at 11:25 am

    wah jauhnya dikau sekarang ampe di saudi hehe.. cerita yang menarik, dan ditunggu cerita berikutnya…
    Salam Kenal

    kenal juga… iya ni…:mrgreen:

    Reply
  • 22. Abula  |  March 24, 2010 at 1:11 pm

    sungguh menarik ….
    videonya lengkap juga …
    cukup untuk memberikan gambaran tentang sekilas kehidupan di sana …

    Salam Hangat Selalu

    makasihhh… ^^ saya berharap bisa bermanfaat…

    Reply
  • 23. fanz  |  March 24, 2010 at 2:11 pm

    khaifa haaluk ya ukhti?? bi khair?? hehehe

    alhamdulillaah, ana bikhair, fanz… ^^

    Reply
  • 24. fanz  |  March 24, 2010 at 2:12 pm

    khaifa haaluk ya ukhti?? bi khair??🙂

    yuuiii, bikhair alhamdulillaah..

    Reply
  • 25. Rindu  |  March 24, 2010 at 2:41 pm

    mereka memandang rendah kepada perempuan yah, padahal agama kita meninggikan derajat permepuan

    mereka?? saudian?? tidak… mereka sangat menghargai wanita… aq merasa sangat dimuliakan di sana… dijaga kehormatanku… demikian pula wanita-wanita di sana…
    hanya saja, di setiap kolong dunia ini pasti pula ada org2 yg brengsek… yg agama hanya dijadikan sebagai kulitnya saja… dan kurasa tak hanya di saudi hal ini kan terjadi, right?? … ^^

    batasan2 yg dikenakan kepada wanita2 di sana justru disebabkan karena wanita di sana dimuliakan… ^^

    terus berkaitan ma kesan Indonesia=pembantu … *hela nafas* itu kan imej yg secara tak langsung dibentuk ma pemerintah kita, Bangladesh ajah ga ngizinin para wanitanya jadi pembantu…😦 wanita2 bangladesh di sana hidup enak, bisa jadi nyonya… punya keluarga dan kehidupan sendiri, ga kek para TKW kita…😦

    Reply
  • 26. nietha  |  March 24, 2010 at 3:09 pm

    salam kenal mbak, aku pernah baca buku tentang perempuan2 arab, tapi lupa sapa yang nulis, yang nulisnya dokter yang lama besar diamerika. aku jadi banyak tau soal bagaimana kehidupan perempuan2 arab disaudi

    Princess Sultana-kah?? tapi kalau aq sih ya de’… ga mo percaya gtu ajah seperti yg dituliskan oleh jurnalis2 barat… mereka hanya ingin menyudutkan islam dengan mengambil objek saudi… kesan yg ditangkap publik adalah: wanita direndahkan, ga boleh gini ga boleh gtu, hanya dijadikan pemuas nafsu belaka, wuuuuaaahhh… pokoknya terkekang laaahhh…

    sebatas yg kulalui dan kurasakan secara langsung, non sense kata org2 barat tuuh… aq menikmati hidup di sana, bgtu pula wanita2 arab, mereka enjoy their life, malah dienakin keknya… lha urusan2 keluar para pria yg ambil peranan, kek beli gas aja… harus laki2 yg keluar kok… hehehe…🙂

    btw, kalau ada jurnalis barat yang menulis ttg saudi sesuai fakta bukan karena suatu misi…hmmm… aku acungi 2 jempolku dech… b*.^d

    Reply
    • 27. bidansmart  |  March 24, 2010 at 5:13 pm

      betul2 …aqu juga pernah baca buku itu mbak….jangan percaya…boikot tuh buku.

      setoedjoeeeee… ^^

      Reply
  • 28. wawansri  |  March 24, 2010 at 3:23 pm

    Bahwasanya ilmu agama itu harus dicari tidak hanya oleh orang-orang non Arab, namun oleh semua muslimin di dunia ini… tak terkecuali…
    setuju…..

    makasih pak wawan… ^^ aq tahu anda pasti kan setuju…. b*.^

    Reply
  • 29. wi3nd  |  March 24, 2010 at 4:11 pm

    *nun99uin lanjutannya*

    iyah nda smua oran9 arab dan stay disanah paham yah ama isi dari ajaran islam itu sendiri?

    sehin99a mreka bisa semena mena menzolimi * paraah..!

    Reply
  • 30. engkaudanaku  |  March 24, 2010 at 4:14 pm

    Alhamdulillah,
    terasa indahnya bisa menyaksikan sebagian aktivitas kaum muslimin di Arab Saudi, rapih… (walau baru lewat video…)🙂

    Syukron telah berbagi,

    Reply
  • 31. Djarums Cigarette  |  March 24, 2010 at 4:14 pm

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 09:14

    Reply
  • 32. sauskecap  |  March 24, 2010 at 8:07 pm

    namanya juga manusia mbak… ada yang baik ada yang jahat… dari ujung timur dunia atau ujung barat dunia (padahal bumi bulat tak berujung)

    betul Ri… ^^

    Reply
  • 33. Bibi Titi Teliti  |  March 24, 2010 at 8:37 pm

    waduh…
    perempuan Indonesia = pembantu ya?

    Pastilah bakalan ada segelintir orang di Arab sekalipun yang gak bener mah…namanya juga manusia…

    emang betah disono mba?

    betah banget Err… hehehe alhamdulillaah… meski 4 bulan pertama selalu termehek-mehek n ingin kembali ke indonesia…^^

    Reply
  • 34. melly  |  March 24, 2010 at 9:12 pm

    satu lagi, jadi tau kehidupan disana seperti apa,
    klo di Indonesia hidup bertetangga seperti saudara, kita bisa saling mengunjungi yah, tp dsana bener2 ketat yh?

    yaa gbtulah … tuk menghindari celah-celah fitnah…^^ ada hikmahnya di balik itu semua, dan itu semua berasal dari ajaran islam itu sendiri, namun sayang… kebanyakan kita tak mengetahuinya…😦

    Reply
  • 35. andipeace  |  March 24, 2010 at 10:18 pm

    saya rasa hal ini sangat penting untuk bapak SBY memperhatikan ini.selain itu juga para masyarakat indonesia tentunya.

    salam hangat

    untuk mengubah imej kan??

    Reply
  • 36. Nanang Abdullah  |  March 25, 2010 at 12:05 am

    Walaupun terlahir di dan besar ditanah Arab tapi bukan penentu Faham tidaknya Syariat Islam yan mendasar yang mbak? Hmmm…ada TV Al-Afasy? isinya murotal semua? mungkin itu pemiliknya Syaikh Mishary Rasyid Al-Afasy ya?

    iya de’… begitulah, penampilan islami namun kadang akhlak dan perilakunya ga sesuai… namun sejelek-jeleknya orang-orang sana, mereka masih ada rasa takut ma Allah dan RasulNya… masih takut thd makan makanan yg haram, kesyirikan diusahakan tuk dipangkas, meski aku yakin ada juga di sana… sehingga dengan ini Allah masih berkenan menurunkan berkah di negeri ini…^^

    Al Afasy channel?? iyaa… milik klan Al Afasy, ada lagi al majid.. yg menayangkan ttg kalam2 Ilahi, pokoknya kita harus selektif milih acara TV di sana…

    Reply
  • 37. fikrie  |  March 25, 2010 at 1:23 am

    terima kasih mbak jadi tau kehidupan di arab 😀
    mudah-mudahan saya bisa ke arab *naik haji AMinnn
    salam kenal mbak😀

    kenal juga, fikrie… aamiiin, semoga Allah mudahkan jalan bagimu tuk ke sana yaa…^^

    Reply
  • 38. ruang hati  |  March 25, 2010 at 6:35 am

    Nice info, nambah wawasan dan pengetahuan ttg negeri lain

    terimakasih ruang hati…^^

    Reply
  • 39. marisa  |  March 25, 2010 at 7:13 am

    wah….
    gitu ya??
    berarti saya ga salah donk mba tetep pake jilbab dirumah?
    walaupun tetep sepupu….
    (saya masih bingung,yang bener2 mahram itu yang gimana,siapa tau mba mau ngasih tau silsilahnya…hehehehe)
    berat lo mba saya gitu…habisnya dibilang kya ibu2….
    apa ga panas lah…atau…ga ketombean tu rambut ditutup mulu??
    ya…saya jawab aja…alhamdulillah,gpp dibilang tua atau ibu2…
    keteombean dan panas itu biasa kali ya…..namanya juga daerah tropis..hehehe…

    okey mba..ditunggu postingannya ya…^_^
    nice info….

    hehehe… aq dulu juga kek gtu, bahkan sepupuku tinggal di rumahku, sebelah kamar ma aku, tapi dia juga paham kok ma sikapku… tentang mahram?? di al qur’an kan ada surat An nuur tuuh…^^

    Reply
  • 40. Rizki Aji  |  March 25, 2010 at 9:01 am

    assalamu’alaikum, istrinya ustadz yang lagi dars di saudi yak ?? kalo acara tv masyayikh ada khusus ndak ?

    wa’alaikumussalam … istri org biasa kok… yg berusaha tuk menetapi al haq meski terseok sangat… acara TV masyayikh??? buanyaaaakkk sekali, alhamdulillaah… di sana ibarat ladang laga, ada yg lurus dan banyak yg ‘mencang-menceng’ jadi harus selektif tuk memilih tayangan…

    Reply
  • 41. Mamah Aline  |  March 25, 2010 at 9:21 am

    gara-gara TKW dan TKI sunflo suka ditanya pembantu ato bukan, hwuaaa… kalo aku yang ditanya gitu, keknya asem kecut sis….

    hehehe… tapi sunflo ga berinteraksi full ma mereka sis… dan biasanya ngomongnya pake basa inggris, kalau ditanya, “Andan kerja dimana?” aq bilang, “gak kerja, di rumah saja…” mereka bilang, “masyaAllah…” keknya heran n takjub kali…^^

    Reply
  • 42. desicandra  |  March 25, 2010 at 11:49 am

    Nice. Ulasan mbak sunflo semoga bisa membuang citra negatif tentang saudi, wanita arab..wanita islam yang kolot, udik, terkekang dsb.

    terimakasih desi… ^^

    Reply
  • 43. Miftahur  |  March 25, 2010 at 1:15 pm

    Kapan-kapan pengen kesanaaaa
    Umrah dan Haji🙂

    aamiiiin…

    Reply
  • 44. tary Sonora  |  March 25, 2010 at 1:28 pm

    wahhh pengalaman yang menyenangkan pastinya flo 11 bulan di saudi gak kebayang dech, gimana. pati banyakhal yg udah didapet ya. nice post flo, jadi bisa tau ttg kehidupan disana.

    dulu termehek-mehek… sekarang suka-suka Ry… hehehe… makasih yaa atas kunjungannya, semoga ini semua bermanfaat dech..

    Reply
  • 45. cobaberbagi  |  March 25, 2010 at 5:34 pm

    Kunjungan balik sunflo
    Di Saudi rupanya dengan blog jarak memang bukan halangan, silaturahmipun lancar

    iya de’… ^^ alhamdulillaah

    Reply
  • 46. annsilva  |  March 25, 2010 at 7:37 pm

    berkunjung ke tempatnya Sunflo..

    welkam ann…^^

    Reply
  • 47. kikakirana  |  March 25, 2010 at 7:49 pm

    hehehe,,, bener mbak…
    nggak semua yg di sono bener” ngerti dan mendalami tentang islam.
    itu yang dikatakan temennya QK yang menimba ilmu disana.

    HIDUP!!! ^_^

    haha… namanya juga manusia, kika… ^^

    Reply
  • 48. dindaagustriyana  |  March 25, 2010 at 7:54 pm

    pengen ke arab saudi … kuliah di kairo …😥

    laah… pinginnya ke saudi kok kuliahnya di mesir??😕

    Reply
  • 49. d.e.q  |  March 25, 2010 at 8:13 pm

    Jadi inget pas nonton sinetron Muslimah. Saat dia jadi sagolah n suka dibantai dan didzolimi. Yang jadi Muslimah itu Titi Kamal! Bu sunflo tau kan? hehe, dg muka melankolisnya berbahasa arab dg lancar dan fasih. Oia, di tipi Ayas juga ada channel tipi berbahasa arab. Tak kira dari Arab Saudi, ternyata dari Libya. Salah sambung

    gubraakk… jadi aq kalah ma titi kamal yuaa’?? hooh deq.. para TKW mah pada pinter2 bahasa arabnyaa… tapi yg arab gaul ga sesuai ma grammar gtu…^^

    Reply
  • 50. fety  |  March 26, 2010 at 9:47 am

    mbak, jadi pengetahuan baru dengan menonton kedua video di atas🙂

    semoga bermanfaat yaa

    Reply
  • 51. Djarums Cigarette  |  March 26, 2010 at 10:50 am

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 03:50

    Reply
  • 52. achoey  |  March 26, 2010 at 9:51 pm

    ummi tinggal di sana benar2 berkah ya
    nambah ilmu nambah amal🙂

    alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 53. ch0c0  |  March 28, 2010 at 7:52 pm

    semoga ulasan mbak sanfol mendapatkan jalan yang baik….

    🙂

    Reply
  • 54. Tanti  |  March 29, 2010 at 2:41 am

    Miris banget yah dimana2 Indonesia terkenal dengan PRTnya. Ada supplierku dari Philipine bisa bahasa Indonesia, aku ampe kaget dengernya pas ditelpon, dari ceritanya itu karena blio punya PRT orang Indonesia. Hehehe berkat dia (PRT) hubungan kita tambah deket.

    yup.. kita kalah pamor ma filipino, mereka lebih dikenal sebagai nurse…😦 n mereka ada yg bisa bahasa indonesia looh… ^^

    Reply
  • 55. anna  |  March 30, 2010 at 11:33 am

    oooh… miris sekali ‘image’ orang indonesia di sana teh…

    bahkan pernah saya denger dari seorang teman, ketika sedang ada keperluan ke Saudi (teman saya ini pinter, cantik, berjilbab, dan santun), selalu orang mengira dia orang Malaysia atau brunei.

    ketika dia bilang orang Indonesia, pada gak percaya…
    emang orang Indonesia gak boleh cakep, pinter, dan santun yaaa….

    menyedihkan….

    gubraaakkkk… kacian banget kita manusia indonesia… huh!! iyaa… aq dikiranya org filipino…🙄

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: