Provinsi Jizan

March 27, 2010 at 11:32 pm 37 comments

Yuuu’ kembali menelusuri Saudi Arabia… ^^ Kali ini sunflo ajak kalian mengenal provinsi Jizan… Ikuti yaaaa…   :mrgreen:

Jizan adalah sebuah provinsi yang terletak di barat daya Saudi yang memiliki luas wilayah 40.000 km² dan populasi 1.186.139 jiwa (2004). Ibu kotanya ialah Jizan City.

Jizan atau Jazan pada zaman kuno dikenal dengan sebutan Al Mikhlaf Al Sulimani. Daerah Jizan terdiri dari dataran yang subur, hutan dan pegunungan, rawa dan pantai.

Jizan juga merupakan daerah pertanian terbesar di Saudi Arabia. Hasil pertanian pentingnya antara lain: biji kopi, biji-bijian tanaman pangan (jagung, padi-padian dan gandum) dan buah (apel, pisang, anggur, jeruk, mangga, jeruk, pepaya, plum dan asam).

Kota Jizan terletak di pantai Laut Merah. Padanya terdapat 100 pulau, termasuk pulau penting, Farasan. Jizan adalah pelabuhan ketiga yang terpenting di Laut Merah.

Daerah wisata yang terdapat di Jizan antara lain : Buqa’at Al Farar, Buqa’at Marouh, Buqa’at Heran, Al Meriah dan Al Makhafa selain Al Absiyah Benteng barang antik dan daerah plato pertanian Shat Al Sabaya.

***

Pelabuhan Jizan

Pelabuhan Jizan merupakan salah satu dari 7 pelabuhan yang ada di Saudi Arabia. Terletak di tepi laut Merah.

meskipun sebagai pelabuhan utama di Saudi bagian selatan, pelabuhan Jizan bukanlah pelabuhan yang sibuk…

dermaga dan mercusuar di pelabuhan Jizan

Pelabuhan Jizan melayanani pelayaran gratis ke Pulau Farasan dua kali sehari… tampak sebuah kapal penumpang yang sedang menunggu penumpang di dermaga… Untukmendapatkan tiket, kita hanya disuruh untuk menunjukkan KTP/iqamah..

***

Pulau Farasan

Pulau Farasan (Jaza’ir Farasan) adalah salah satu pulau dari 84 kepulauan di wilayah kerajaan Saudi Arabia. Terletak 50 km di lepas pantai Jizan dengan kota utamanya yaitu Farasan itu sendiri. Sejumlah pulau tak berpenghuni di sekitarnya digunakan sebagai habitat bagi populasi sejumlah spesies burung yang melakukan migrasi, selain itu juga digunakan sebagai cagar alam bagi kehidupan populasi Rusa Arab, dapat kita jumpai 500 ekor rusa yang berkeliaran bebas di sana.

Meski bukan pantai hijau, namun laut Farasan menyimpan keanekaragaman hayati laut yang akan memukau para penyelam.

Fauna di Farasan meliputi 231 jenis ikan, 49 spesies terumbu karang, 3 jenis lumba-lumba, keanekaragaman moluska, krustase dan sebagian besar populasi burung laut.

kerang raksasa yang masih hidup

salah satu sisi terumbu karang di Farasan

salah satu sisi pulau Farasan yang menyimpan kekayaan akan keindahan terumbu karangnya

cagar alam di pulau Farasan, tampak burung-burung bertebaran di sana…

***

Jejak Peninggalan Dinasti Utsmani (Ottoman) di Pulau Farasan

sebuah pintu gerbang dengan dekorasi ukiran yang rumit, merupakan salah satu bagian dari situs arkeologi di pulau Farasan

benteng peninggalan turki di pulau Farasan

***

Pegunungan Faifa

Pegunungan Faifa adalah daerah pegunungan yang memiliki banyak tempat-tempat indah seperti Lembah Qaa, Karthah, Thwayei Mountain, Hakamy Mountain, dan al Abseyah (puncak tertinggi pegunungan Faifa).

Lembah Qaa adalah lembah yang hijau selalu tertutup karena ketebalan dan keragaman pohon. Hal ini ditandai dengan formasi batu dan air mengalir selama hampir sepanjang tahun. Air terjun unik muncul selama masa hujan. Daerah adalah 30 km ke arah selatan dari Kota Faifa.

pemandangan desa di pegunungan Faifa

pegunungan Khasher dekat dengan pegunungan Faifa

gak nyangka di sana juga ada yang kek ginian…:mrgreen:

***

Kehidupan Sosial Masyarakat di Provinsi Jizan

para wanitanya sedang berbelanja di pasar tradisional di Jizan

salah satu toko emasnya…

jualan jamu n rempah-rempah…:mrgreen:

turis-turis wanita asing sedang menikmati pemandangan dari puncak pegunungan Faifa… Masuk ke Saudi juga harus pake pakaian sopan tuuh…:mrgreen:

di daerah Tihama, pesisir pantai yang udik banget, masih bisa dijumpai rumah penduduk yang supeeeeerrrrr sederhana kek gini… kontras banget sama yang ada di kota-kota Saudi lainnya…

untanya gie makan apaan tuuuh…🙄

***

Oh yaa, ada yang ketinggalan untuk cirikhas provinsi ‘Asir…

Saudi Arabia Flower Man

di sepanjang perjalanan dari Abha ke Jizan, akan dijumpai ciri khas pakaian penduduknya yang menyematkan rangkaian bunga pada topi penutup kepala mereka… ^^

***

source: splendidarabia.com, http://www.the-saudi.net, americabedu.com, gambar diambil dari sini dan situ .

Entry filed under: Saudi Arabia. Tags: .

Jika Sunflo Bikin Sosis Solo Kasihan Sunflo … :(

37 Comments Add your own

  • 1. asepsaiba  |  March 27, 2010 at 11:54 pm

    Subhanallah.. Indah nian pemandangannya ya Bun.. Sy suka sama pemandangan desa di pegunungan Faifa itu.. Keknya seru kalo mo maen ke tetangga mesti panjat tebing dulu.. hehe..

    Disana nggak ikutan Earth Hour Bun?🙂

    di kotaku ga ada kang… entah di kota2 besar kek riyadh or jeddah…

    Reply
  • 2. marisa  |  March 28, 2010 at 7:35 am

    pengen ikut mba…^_^
    ajak2 donk..hehehehe

    😆 jugaaa…

    Reply
  • 3. abrus  |  March 28, 2010 at 8:08 am

    Negeri yg indah indah,
    semua serba mempersona,
    pemilik bog ini … serba wah dan wah …😛

    alhamdulillah terimakasih brus…

    Reply
  • 4. abrus  |  March 28, 2010 at 8:42 am

    Tiada hari tanpa ‘postingan … itukah seorang Sunflo..?
    hehehe … jujur, itu hanya canda …🙂

    serius nih,
    Tiada hari tanpa aktifitas,
    tiada hari tanpa mencoba memberikan ‘arti & makna pada orang lain, itulah sosok asli seorang Sunflo …😛

    thx brus… ^^ krn keadaan lah yg membuatku demikian, namun aq coba tuk selalu berbagi yang bermanfaat buat sesama…

    Reply
    • 5. abrus  |  March 28, 2010 at 8:44 am

      Itu dulu, disela acara di pku … salam🙂

      Reply
  • 6. mikha_v  |  March 28, 2010 at 8:42 am

    ikutan menyelam ke bawah air ngga?😀

    nyelam?? renang aja ga bisa jeh Mikh… priben tho??😕

    Reply
  • 7. achoey  |  March 28, 2010 at 10:16 am

    ummi
    selalu mengajak kami jalan2🙂

    yup choey… ^^

    Reply
  • 8. Halaman Putih  |  March 28, 2010 at 10:31 am

    Para penjual di pasar maupun toko2 sini rata2 kaum lelaki ya???
    Saya perhatikan di foto kok gak ada yang wanitanya.

    yup…. kullu rijaalin.. semuanya laki2… ^^ yang perempuan di tempat khusus perempuan, kek mall khusus wanita atawa di miqat…

    Reply
  • 9. diazhandsome  |  March 28, 2010 at 12:10 pm

    bagus juga ya provinsi Jizan. beda sama kota-kota lain yang cuma ada pasir pasir pasir dan pasir😀

    *sok tau*

    emang bener kok Diaz… hehehe…

    Reply
  • 10. bintangtimur  |  March 28, 2010 at 12:13 pm

    Kereeeeeen🙂
    Propinsi ini saya nggak bakalan tau kalo nggak ditulis Sunflo di posting kali ini…duuuh, gubuk yang hampir rubuh itu bener-bener unik deh…😀
    Ternyata salah semua nih bayangan saya tentang Saudi, disana juga banyak ijo-ijo bukan padang pasir melulu…

    makasiiiiih sis… ^^ hooh, nie daerah deket ma khatulistiwa siih.. jadi ya kek indonesia gtu…

    Reply
  • 11. tary Sonora  |  March 28, 2010 at 12:52 pm

    Subhanaullah, flo poto2nya aku copy save di lippy ku, boleh ya???

    boleh tary… silahkan… ^^

    Reply
  • 12. ruang hati blog  |  March 28, 2010 at 1:26 pm

    Indah view bawah lautnya, masih ada rumah suku tradisional yah…. Trims sharenya

    yup… makasih juga ruanghati.com… ^^ salut ma kamu deh…

    Reply
  • 13. arsumba  |  March 28, 2010 at 2:26 pm

    subhanallah.. begitu indah dan unik propinsi jizan ini mbak…
    kapan ya bisa kesana..😀
    btw, ini jauh ga dari tempat mbak sunflo.. ?

    semoga Allah mudahkan nanang tuk ke sana kelak… ^^ hmmm jauuuuuuuuuhhh banget Nang, belasan jam perjalanan darat…😦

    Reply
  • 14. Dangstars  |  March 28, 2010 at 2:41 pm

    Entar saya nabung dulu biar bisa kesana
    Do’ain yah

    insyaAllah bang… semoga dimudahkan utk ke sana…^^

    Reply
  • 15. idana  |  March 28, 2010 at 2:54 pm

    huaaaa…pemandangannya bikin aku jatuh hati😀

    waduuuhh kaget ada ida yg langsung tereak.. hehehe..

    Reply
  • 16. marisa  |  March 28, 2010 at 3:23 pm

    wah….
    peduli juga ya pemerintahan saudi nya..
    sampe2 turisnya dipinjamkan pakaian yang sopan..
    salut deh..
    semoga indonesia bisa gitu juga..amin..:)

    weeeh org itu mereka juga beli sendiri keknya kok..😕

    Reply
  • 17. kikakirana  |  March 28, 2010 at 3:24 pm

    Wuiiiiiiiihh,, lembahnya mbak…..
    bikin pengen kesana😀

    yup… bagus ya Kik… ^^

    Reply
  • 18. nurprasetia  |  March 28, 2010 at 5:59 pm

    klo aku dermaganya…
    kyaknya tempat enak buat menyendiri…

    hooh…

    Reply
  • 19. TaxParadiseByDewis  |  March 28, 2010 at 6:00 pm

    jadi pengen punya banyak pengetahuan..hiks..
    btw maaf nitip info bagi sesama blogger🙂
    temen2 pecinta pajak, pemerduli pajak..ada lomba blog nie…hadiahnya lumayan kok..
    cuman ini tentang pajak..
    info lebih lanjut dikemas dalam acara Tax paradise dan bisa dilihat di web klami di http://www.pajak-stan.com
    btw..tolong sebarin ke temen2 ya..siapa tahu ada yang pengen dan seneng pajak, tapi gak dapat info ini..terimakasih🙂
    sebenarnya gak hanya lomba blog sih, ada lomba pajak tingkat universitas dan sma, ada seminar, workshop dan tax expo..bener2 surganya pajak dah.hehe trims 4 all..

    silahkan..

    Reply
  • 20. andipeace  |  March 28, 2010 at 6:42 pm

    inilah yang saya maksud dengan melalui blog,kita bisa keliling dunia😀

    salam adem ayem

    hooh Ndi… setuju bgt dech… ^^

    Reply
  • 21. isil  |  March 28, 2010 at 6:46 pm

    whoho…maaf mbak ku..
    lagi – lagi adik mu ini selalu telat berkunjung ke sini…
    lagi dapat gejala penyakit akut para blogger…hehe

    provinsi jizan…
    keren pisan mbak…
    selalu dengan penyajian gambar yang lengkap, dan uniknya ternyata turis yang kesna harus berpakaian sopan ya??
    andaikan indonesia seprti itu..

    iyaa harusnya indonesia kek gtu juga, jangan asal pake pakean mereka yg ga sopan tuh dibawa masuk ke negara kita yaa…😦

    Reply
  • 22. Fikar  |  March 28, 2010 at 7:21 pm

    belajar geografi kayak sma dulu. Proponsinya paling bawah ya gan.

    yup… ya masih ada yang lainnya siih kek asir n abha…^^

    Reply
  • 23. banny  |  March 28, 2010 at 7:51 pm

    Jadi ingin berpetualang disana dweh….

    hehehe… ^^

    Reply
  • 24. julie  |  March 28, 2010 at 8:54 pm

    duuuh terumbu karangnya flooo sukaa banget aku

    yuhuuuu Jul… ^^

    Reply
  • 25. Sahabat Blogger  |  March 28, 2010 at 9:20 pm

    wow..indah banget ya. enak banget kapalnya gratis..

    hooh:mrgreen:

    Reply
  • 26. Khatulistiwa  |  March 28, 2010 at 9:25 pm

    Di Indonesia sebenarnya banyak pantai yang elok, tapi mungkin belum dikembangkan untuk tujuan pariwisata..dan malah terkesan tidak terpelihara..sayang banget ya

    hooh…🙄

    Reply
  • 27. muhammad zakariah  |  March 28, 2010 at 9:57 pm

    wew. indah bgt pemandangannya.. apalagi pegununganya terlihat sejuk dan indah. hmm.. kapan yah bisa kesana.. hihi..😀

    semoga Zack bisa k sana kelak … ^^ aamiin

    Reply
  • 28. nakjaDimande  |  March 28, 2010 at 10:25 pm

    sunflo ngajak jalan-jalan lagi, bawa bekal apa yaa? sosis solo aja deh😀

    unik!.. dan memang semua bagian bumi Allah itu punya keistimewaan masing-masing.

    makasi atas jalan2nya ya nouf..🙂

    na’am benar banget bundo…. ^^ sama2…

    Reply
  • 29. FiyaFiya  |  March 28, 2010 at 10:35 pm

    Ajak saia kesana.. Ajak saia kesana… Huhuhuw

    hayuuuu’… ^^

    Reply
  • 30. sakurata  |  March 28, 2010 at 10:57 pm

    Kangen negeri onta..🙂

    oh ya? kesana lagi yuu’..

    Reply
  • 31. delia4ever  |  March 28, 2010 at 11:21 pm

    mau kesana🙂 ..hikss hikss
    minggu depan kakak lia umrah mbak🙂
    InsyaALLAH tahun depan lia nyusul…
    mudah2an bisa menginjakkan kaki dibuminya rasul..Aminnnnnn

    masyaAllah.. barakalaahu fiikum… welkam delia… ^^

    Reply
  • 32. sunarnosahlan  |  March 29, 2010 at 4:26 am

    sampai 100 pulau? saya kira tidak ada pulau hanya semenanjung saja, ternyata

    100 pulau2 kecil tuh pak… kaya juga akan keindahan alam tuh saudi …

    Reply
  • 33. wawansri  |  March 29, 2010 at 10:12 am

    tuh..buah yg kayak punya Indonesia rasanya sama tdk ya..?? jd penasaran..
    kapan bisa kesana ????

    jiiaaah.. sama lah pak, semoga Allah mudahkan jalan bagi bapak sekeluarga tuk ke tanah arab kelak yaa… aaamiiin… ^^

    Reply
  • 34. Asop  |  March 29, 2010 at 8:06 pm

    Eh, saya kira Jizan itu di Cina..:mrgreen:
    Pertama liat judulnya saya kira ini di Cina..😀

    salah duga yaa…😛

    Reply
  • 35. Triunt  |  April 10, 2010 at 2:07 pm

    termasuk daerah yg hijau ya mbak.
    kirain Arab gurun semua🙄

    hehehe… ga semuanya yunt…😛

    Reply
  • 36. adi  |  August 25, 2010 at 4:56 pm

    mumtaz……………

    Reply
  • 37. agung41042087  |  April 14, 2012 at 7:31 am

    Alhamdulillah….thks infox…InsyaAlloh sy mau ksana

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: