Jika Tante Ngajak Jalan-jalan

April 2, 2010 at 11:56 am 54 comments

Ketemu lagi ma sunflo bersama postingan kisah serunya di saudi… ^^

Hmm… tante?? Siapa tuh??!!

Tante adalah salah seorang pelanggan antar jemput kami… Seorang guru Tahfizh Qur’an. Aku yang menyebutnya dengan sebutan ‘tante’ karena dia masih muda…

Hehehe… dan tante ini, … sungguh royal kepada kami… :mrgreen:  Ga pake itung-itungan kalau menggunakan jasa antar jemput kami, entah urusan sekolah maupun urusan pribadinya…

Seneng juga siiiih… :-)  Sambil nyengir pada hubby, aku hanya bisa berharap padaNya… “Moga tante banyak rejekinya, sehingga kami jadi kecipratan…” Hehehe… dasar!!:mrgreen:

Nah ada apa dengan si tante ini??😕

***

Hari Kamis adalah hari liburnya segala aktivitas resmi di Saudi (kek minggu-nya Indonesia). Hubby juga libur dari kerjanya… Aku juga sudah bersiap-siap tuk mencoba membuat kue serabi solo dengan nekadnya… hehehe, biasaaaa… peralatan tak mendukung… :mrgreen:  … tapi aku PD ajah, barangkali beruntung, bisa sukses prakteknya…

Tapi hubby dapat telpon dari si tante tuk jalan-jalan ke pasar (mo belanja sayur n buah-buahan, ambil jahitan, beli rempah-rempah) dan mo beli kerikil…:mrgreen:

Jadilah aku siap-siap tuk dines… Pukul 9 pagi waktu sana, kami meluncur ke TKP (rumah si tante) tuk menjemputnya…

Dia minta diturunkan di suuq Nisaa’ untuk muter-muter dengan keperluannya yang lain, dan si tante ini minta tolong pada kami tuk belanjain sayur mayur kebutuhannya di suuq khudhaar (pasar sayur) biar ngirit waktu…

Apa saja barang belanjaannya??

***

Di Pasar Sayur

Aku hanya menguntit hubby dari belakang sewaktu melangkah ke dalam pasar ini, kebanyakan laki-laki yang ada di sana… Aku jadi malu… Tapi aku lega, ternyata aku juga melihat ada pula wanita yang berbelanja di sana…

Langsung hubby mengadakan transaksi dengan penjual yang ditemuinya… Hanya di satu tempat, soalnya hubby kagak suka muter-muter pasar, pinginnya dapat terus langsung beli… (Huh.. beda banget ma wanita, yang ngubek pasar buat dapat barang bagus n murah… :-(  )

Hehehe… dan aku juga kek hubby tipenya… Bukannya sok kaya, tapi aku lebih seneng belanja di mall yang harganya udah pas n ga bisa ditawar… ^^ Percaya ga?? Selama nikah ma hubby, aku jarang banget ke pasar, selama ini kalau belanja ke pasar selalu ma hubby, dia yang nawar dagangan… Bagaimana dengan aku?? Hihihi… aku ga bisa nawar bo’… !! Secara sungkan dan ga tega kalau nawar tuuh…:mrgreen: (Loh?? :-?  )

Nie dagangannya … Ada zucchini, biasanya orang arab suka ambil bunganya doang…, timun, tomat, paprika, cabe, buncis, kacang kapri… Pssttt… gambarnya ga jelas, karena aku malu-malu ambil gambar…:mrgreen:

nie gambar zucchini yang aku ambil dari sini… bunga yang warna kuning itulah yang diambil ma mereka, buahnya yaa… paling ntar dikasihkan ma aku… hehehe…

Pedagang di saudi semuanya adalah laki-laki… Ada ga pedagang yang perempuan?? Aku pernah lihat pedagang wanita di pasar loak, kebanyakan mereka adalah orang-orang Badui (pedalaman) atau di pasar khusus wanita serta di miqat…

Ciri khas jualan di sana dalam partai besar adalah diwadahi dalam sebuah ember kecil warna hitam, kek timba sumur tapi kecil, biasanya udah dipatok harga 5 realan… beda kalau belanja di mall, kita bisa beli beberapa biji dan tinggal ditimbang…

Nie dia belanjaan tante sebelum dimasukkan ke mobil… tomat, zucchini, terong, paprika hijau, timun, jeruk lemon…

Aku cuma mikir, kalau kita belanjaannya banyak, ada ga yaa buruh gendong kek di indo??😕

***

Di Pasar Buah

Lalu kami menuju pasar buah, sebelahan aja ma pasar sayur tuh… Sebelahan juga ga pake jalan kaki, tetep ajah naik mobil…:mrgreen: biar gampang angkut-angkutnya…

Belanja apaan ajah tuuh tante??

tuh lihat… suuq faakihah alias pasar buah… di sini dijual buah-buahan dengan partai besar, ga boleh beli eceran…

Tante pingin dibeliin jeruk satu karton dan buah kiwi satu karton dan… semangka 10 biji…🙄 gubraaakkkk… banyak amiiiirrr….

Hubby yang masuk ke dalam nie pasar, aku hanya nunggu di mobil sambil jeprat-jepret… Maluuuuu…. banyak laki-lakinyaaa…😆

ada juga siih yang perempuan… tuh yang duduk di kursi roda keknya pengemis dech…

tepat di hadapanku…

pemandangan seperti ini nie yang membuat aku sesaat termenung, memperhatikan dan… jatuh kasihan dan simpatiku padanya…😦

kasihan mereka… tukang sampah.. kebanyakan dari Bangladesh… Gimana kalau seandainya dia ayah, hubby atawa saudaraku yang lainnya… hik…😦

Aku hanya berharap, bila dia beriman dan bertakwa padaNya… semoga Dia berkenan tuk membukakan pintu rahmat dan rizki pada mereka.. aamiiin… Dia yang menciptakan mereka dan Dia pula yang kan memberikan rizki pada mereka…

***

Meluncur tuk beli semangka…. :mrgreen:

Tinggal muter haluan di sebelah suuq faakihah tuh tempat jualan semangka, tepatnya di area parkir mobil…

Tuuh kelihatan yang jualnya… Eh, selain jualan di sini, di pasar maksudnya… pedagang semangka juga suka jualan di pinggir jalan, di ruas-ruas jalan tertentu…

Hehehe… awalnya ga percaya dech… Di saudi ada pedagang kaki lima??!!! Mereka gelar dagangannya di mobil bak terbuka… Tidak boleh sembarangan jualan di sana, mereka harus mengantongi surat izin dari Baladiyah (semacam Pemda-nya Saudi)

nie dari dekat… masih sepi pengunjung…

Hubby ngadain transaksi dulu, seperti biasa aku nunggu di mobil sambil jeprat-jepret.

ada ibu-ibu lagi nawar labu kuning tuuh… dan ada yang pake pakaian biru sambil bawa kotak dorong… siapa tuuh??

inilah yang kupertanyakan tadi… ternyata di sana juga ada buruh angkut kek di indonesia, cuma bedanya, mereka ga menggendong dagangan, tapi pake kotak angkut kek trolly gtu…

Transaksi selesai, mobil meluncur mendekat ke si penjual semangka…

tuh semangkanya gede dan panjang… segede bayi, berat banget euy… 1 buah sekitar 20 real harganya… berarti tante menghabiskan 200 real untuk 10 buah semangka… ( Hah… Gak percaya dech, hampir setengah juta rupiah buat semangka doang?? :-?  ck..ck… masyaAllah… )

Ga cukup di bagasi… akhirnya ditaro di lantai jok belakang… gede kan??

***

Sekarang gantian jemput si tante di pasar nisaa’

nie salah satu toko yang jual mainan anak-anak di pasar nisaa’

banyak wanita pada belanja… walau kata pasar nisaa’ yang jual juga tetep para lelaki… :mrgreen:  dikatakan nisaa’ mungkin tempat itu aman bagi para wanita tuk bereksplorasi membeli barang yang mereka inginkan sendirian tanpa didampingi ma mahramnya …

Biasanya mereka diantar oleh sopir atau keluarganya dan ‘dilepas’ di sana tuk muter-muter cari barang… dan dijemput lagi kalau udah selesai keperluannya…

nunggu tante di daerah ini… pasar peralatan dapur… mataku jelalatan nyariin cetakan serabi atawa kue lumpur… ada ga ya??😕

di beberapa sudut pasar ini, disediakan tempat tunggu untuk para wanita… mereka menunggu jemputan pulang di sini… hehehe… laki-laki ga boleh duduk di sini looh…😛

***

Selesai belanja di pasar, kami meluncur ke tempat penjualan kerikil… Hmmm .. kerikil?? Buat apa?? Sebelum kujelaskan, aku beritahu pada temans, aku ga bisa kasih pics di tempat penjualan kerikil, secara tante ada di belakangku… Berbahaya kalau ada orang saudi kemudian kita terlihat jeprat-jepret… Kecurigaan mereka tinggi banget… Yaah.. dikarenakan adanya kasus siiih… ada yang iseng ambil pics para wanita saat di acara khusus wanita. Mereka kan buka abaya dan kerudung… kemudian fotonya disebarin… Huuufph… terkadang itu yang dilakukan oleh para pembantu-pembantu mereka yang bawa hape kamera…

Itulah sebabnya, di acara-acara mereka suka diadakan sweeping hape berkamera… Bukan kenapa-kenapa siih, kita hormati prinsip mereka tuk menjaga aurat dan kehormatannya…🙂

Nie depan rumah tante… di depan pintu itulah yang akan dikasih timbunan kerikil… untuk meminimalkan debu yang beterbangan… (sekarang gie musim angin kenceng di saudi… ) ditambah… dia gie ada konflik ma tetangganya..

Tetangganya ‘nakal’… suka cuci mobil di depan rumah si tante… airnya belalatan… baju si tante jadi kotor saat keluar dari rumah… pokonya nyusahin si tante dech… Gara-gara ulah tetangganya yang buang-buang air sembarang di depan rumah tante, tante jadi sering kena denda dari Baladiyah…

Di Saudi, bila kita ketahuan teledor, misalnya nyalain air hingga kepenuhan dan luber sampai di jalanan, maka akan kena denda oleh pemerintah daerah setempat…

Harga kerikil-kerikil satu dump truck kecil plus ongkos kirimnya sekitar 100 real… Setelah urusan selesai, pulanglah kami… Udah dhuhur saat itu…

***

Alhamdulillaah, tante itu emang baik hati… ^^ selain kasih kami fulus… dia juga kasih kami yang ini:

sebagian barang belanjaannya… plus salad zaitun dan cheese cream…

*garukz2 kepala juga: nie zaitun ma cheese cream mo dimasak apa ya?? :-?  secara masakan orang sana tuh rasanya asem dan asiin…😦

hehehe… meski aku memecahkan satu buah semangka miliknya sewaktu membantu memasukkan barang belanjaannya ke dalam rumahnya… Licin dan beratttt… (karena aku pake kaos tangan sih) … semangka itu dengan suksesnya jatuh di atas aspal…🙄 … alhamdulillaah, ga ada masalah, tante maklum banget… ^^

Kami mengucapkan terimakasih padanya dengan diiringi doa kebaikan untuknya dan keluarganya… dan si tante membalasnya dengan untaian doa kebaikan pula untuk kami… Subhanallaah… suatu interaksi yang indah… ^^

Barakallaahu fiik ya ukhty … ^^

***

ps. btw…. serabi soloku gagal dengan suksesnya…😦 bentuk dan rasanya berantakan… hiks… :-(  gapapalah.. namanya juga nyuba-nyuba…🙄

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

PR Again … Kutemukan Hatiku Di Sana …

54 Comments Add your own

  • 1. Dangstars  |  April 2, 2010 at 12:23 pm

    Makasih nih telah berbagi

    sama2 bang…

    Reply
  • 2. Dangstars  |  April 2, 2010 at 12:25 pm

    Salam sukses dan salam liburan moga ceria selalu

    makasih bang…^^

    Reply
  • 3. melly  |  April 2, 2010 at 12:35 pm

    ngeliat sayuran2 kek gitu, aku selalu ngiler
    hehhe

    dan paling seneng klo diajak ke pasar

    hooh mell… sayurannya seger2 loooh… tapi aq ga berani ambil gambarnya…😦

    Reply
  • 4. marisa  |  April 2, 2010 at 12:44 pm

    wah….
    jalan2 mbaku…bisa ilang donk sepinya..🙂
    tapi daritadi fotonya kok ada yang kurang ya…??
    tau knp??mba sunflo ga ada difoto itu..hehehehe..
    jadi penasaran nnih….tp gpp mba..saya paham kok..🙂

    nyariinn foto sunflo?? hihihi… tuh sandalnya doang di page about…😛

    Reply
  • 5. marisa  |  April 2, 2010 at 12:47 pm

    mba..status mba chat kok off??
    saya balasin chattnya kok…tpi kyanya ga keliatan ya??
    hiks sedih…😦

    muaap ris… tadi cuma nyapa ajah… gie ga enak badan nuuiii… radang tenggorokan… so ga bisa lama2 chat.. td cuma mo ngebersihin email ajah tuuh… ^^

    Reply
  • 6. marisa  |  April 2, 2010 at 1:06 pm

    sakit ya???
    semoga cepet sembuh ya mbaku…🙂
    sakitnya seorang muslim itu,penghapus dosa..gitu yak??
    atau salah kutip??
    jangan lupa minum obat,dan istirahat yang cukup…🙂

    aamiiin makasih ris… ^^ minum obat?? ga janji dech… hehehe…secara ga suka ubat kimia, paling ntar pake apa yang ada di rumah ajah… n bobo’ …

    Reply
  • 7. marisa  |  April 2, 2010 at 1:08 pm

    maksudnya bukan kutipannya yang salah..tp takutnya saya yang salah kutip…

    insyaAllah bener kok… ^^

    Reply
  • 8. Bee'J  |  April 2, 2010 at 1:30 pm

    semangkanya unik…..
    duuuh… kalo berkunjung kesini serasa berada di Arab…😀

    kan ini blognya org yg tinggal di arab…^^

    Reply
  • 9. Sugeng  |  April 2, 2010 at 2:13 pm

    padahal aku sudah siap2 mo liat kue serabinya, ternyata ……. gagal dengan sukses.
    salam kenal serta jabat erat selalu dari tabanan

    jangan, malu-maluin aq…:mrgreen:

    Reply
  • 10. ismi  |  April 2, 2010 at 2:38 pm

    mana surabinya??pengen liaat :mrgreen:

    maluuuuuu.. :-p

    Reply
  • 11. Abu Ghalib  |  April 2, 2010 at 3:07 pm

    wow, gambar2nya lengkap bgt
    saya juga kalo ke pasar paling malas muter2
    prinsipnya ya kalo pengen beli sesuatu beli yg ada di depan mata, ga pake ngukur luasnya pasar berapa meter kali berpa meter, hahahaha

    asal tahu aja, kalo istri sy minta antar ke manapun meski jauh sy turuti, yg paling berat buat saya kalo suruh ngantar ke pasar
    mesti siap2 muter ampe klenger, cape, deh…😀

    itulah perempuan, abu… tapi aku ga mo nyiksa suamiku kek gtu, kcuali kalo aq pergi ma sobatku hehehe… bebas mo milih2nya…^^

    Reply
  • 12. fanz  |  April 2, 2010 at 3:27 pm

    weh pasar di arab beda yah sama pasar di indo..

    sedikit bedanya… kok..

    Reply
  • 13. nakjaDimande  |  April 2, 2010 at 5:41 pm

    hwaa kira-kira bundo boleh ngga ya jadi aistennya kenek anggun.. ntar semangkanya biar bundo yang angkut deh.. asyik banget belanjanya😀

    hihihi… bundo mauuuu??:mrgreen:

    Reply
  • 14. areeavicenna  |  April 2, 2010 at 6:44 pm

    Wew! Semangkany panjang! HebAt!
    .
    Mbk flo sukses mbuatq mupeng k Saudi. .😉

    kek bayi malah besaran semangkanya keknya… hehehe..

    Reply
  • 15. wahyu  |  April 2, 2010 at 6:45 pm

    WOW!!!!!! SEMANGKA APA SEMANGKE ITU????? BISA BUAT ORANG SEKAMPUNG HUHAAAHAHAHHAA

    semangke kalee… btw, kemana ajah Rez, kok baru kliatan??😕

    Reply
  • 16. tyan's  |  April 2, 2010 at 7:00 pm

    ah serunya bisa jalan-jalan kesana..,

    hooh, alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 17. FiyaFiya  |  April 2, 2010 at 7:31 pm

    Mauuuuuuu~
    ah maunya kesaaannnaaa

    ayuuuu’ ikut…😉

    Reply
  • 18. Rudini Silaban  |  April 2, 2010 at 7:43 pm

    wah jadi pengen ke pasar…

    dah lama juga ga ke pasar..apalagi ama tante2..hehehe

    ngapain ke pasar, de?? kan secara lelaki gtu??😕

    Reply
  • 19. abrus  |  April 2, 2010 at 7:52 pm

    Woowww … lagi kurang sehat ya … tapi be happy … buktinya ‘apdettttt … (sunflo sakit? – kok laporannya jalan2 belanja) …🙂
    hahaha … saya juga sdh laporan ‘belanja kuliner dari pku …😉

    apdet mah jalan terus brus…

    Reply
  • 20. abrus  |  April 2, 2010 at 8:06 pm

    Sunflo, belanjaan si tante banyak amat utk sebulan ya?
    beli semangka 200 real untuk 10 buah semangka …🙂 …

    btw kasian si tante yang ‘sangat baik pd sunflo … kok tetangganya ‘nakal’ sih … ada juga orang iseng ya disana?😦

    dimana-mana mah org iseng mesti ada brus…

    Reply
  • 21. sunarnosahlan  |  April 2, 2010 at 8:31 pm

    ada yang jualan di pinggir jalan kaya di negeri kita ya

    iya pak…

    Reply
  • 22. abrus  |  April 2, 2010 at 9:52 pm

    Sunflo, pake kaos tangan … karena ‘kedinginan n sakit?
    ataw memang tradisi sana?

    emang aq suka make kalu keluar rumah, brus… dan kebanyakan di sana kek gtu juga…

    Reply
    • 23. abrus  |  April 3, 2010 at 12:15 am

      Tanteee yang baik hatiiiiii … 😉 … dikoww sudah baik bangeettttttttt sama mbak sofie .. makasih yaaa … (salam taqzim dari pinggir Jakarta Timur) … 😆

      doain si tante ya brus… makasih…

      Reply
  • 24. gusthy  |  April 3, 2010 at 5:00 am

    enaknya jalan2 sambil belanja…
    selalu hati2 ya

    yeaah… makasih gusthy… ^^

    Reply
  • 25. Kaka Akin  |  April 3, 2010 at 7:20 am

    Wah, pengalaman belanja yang seru🙂
    Subhanallah…
    Baik hati banget lag, mau ngasih sebagian belanjaannya🙂

    alhamdulillaah… ^^

    Reply
    • 26. Kakaakin  |  April 3, 2010 at 7:23 am

      Salad zaitun dan cheese cream-nya trus diapain🙂

      salad zaitun kubuat campuran tumis terong ma zucchini, cheese creamnya blom tau mo buat apa…😦

      Reply
  • 27. serdadoe tanpa markas  |  April 3, 2010 at 8:04 am

    Wah lajar tantjep Sunflo ttg pasar. djd ngiler pengin djalan, soealnya doeloe waktoe ketjil mbah tinggal di pasar, ortoe djoealan. Setelah toea soeka masak ndiri. ngiler bener liat sajuran mana mbah soeka ama sajuran, hobby.

    mekaten…

    Reply
  • 28. info kucrit  |  April 3, 2010 at 8:09 am

    duh.. enaknya kecipratan rejekinya si tante..😀

    hhehe…😆

    Reply
  • 29. arsumba  |  April 3, 2010 at 8:13 am

    kata pak yaiku dulu yang pernah ke arab, katanya para pedagang yang jaga tokonya itu rata-rata lebih banyak kaum adamnya, bener ndak mbak.. ?

    yuuupp.. bener bgt de’ yg perempuan tinggal shopping ajaahhh…:mrgreen:

    Reply
  • 30. ceuceu  |  April 3, 2010 at 8:59 am

    yang pasti.. enak tinggal di indonesiaaaaaaaa…… !! hehehe…

    (cerita jalan2nya lengkap banget mbak… seru..🙂 )

    hehehe juga… makasih ceuceu…

    Reply
  • 31. peri01  |  April 3, 2010 at 10:45 am

    semangkanya beda yah

    hooh peri… ^^

    Reply
  • 32. dian  |  April 3, 2010 at 11:28 am

    ih… itu gambar2 buahnya enak banget kayaknya yak…😉
    ngiler…

    hooh…

    Reply
  • 33. Hariez  |  April 3, 2010 at 12:19 pm

    hahh….itu mah muter-muter belanja kesana-kemarih yah Mbak..?? dan Subhanallah…itu beneran semangka arab ya ?? busyet segede gaban gituh mana puanjang ck..ck..ck.. hihihi

    well takdir manusia tidak semuanya sama kan Mbak..sekalipun mereka pengangkut sampah, saya rasa Mbak Sunflo juga berpkir inilah takdir bukan ?

    salam hangat

    hehehe gede bgt yaa… hooh, takdir manusia emang beda2… tapi seorg sunflo selalu tersentuh hatinya melihat keadaan sekelilingnya…😦

    Reply
  • 34. asepsaiba  |  April 3, 2010 at 12:27 pm

    Suasana pasarnya, apalagi di tempat yang jualan semangka itu.. Nyaman banget ya bun.. Beda ama disinih..😦

    yaah…. cukup bersih, rapi n tertib kang…😦

    Reply
  • 35. Yessi  |  April 3, 2010 at 2:09 pm

    semangkanya gede banget ya?🙂

    hehehe… hooh Yess…

    Reply
  • 36. Asop  |  April 3, 2010 at 2:11 pm

    Wah, Saudi Arabia seperti ini ya…

    sebagian kecilnya..😉

    Reply
  • 37. wi3nd  |  April 3, 2010 at 2:39 pm

    seman9kanya beda yah.

    9ede 9ituh kaya buah labu yan9 wats sayur he he

    woooo gede maning wi3nd…😉

    Reply
  • 38. farus  |  April 3, 2010 at 4:40 pm

    wah seger bener tuh buah-buahan dan sayurannn…boleh pesen ga nih..?

    jauuh farus…😦

    Reply
  • 39. setitikharapan  |  April 3, 2010 at 6:50 pm

    Pasarnya resik pisan euy. Gak kayak di Indo. Dah becek..sampah bertebaran lagi. Tapi bagaimanapun juga syukuri apa yang ada ya mbak..🙂

    yoooiiii.. lain padang lain belalang lain lubuk lain ikannya…

    Reply
  • 40. Nanang Abdullah  |  April 3, 2010 at 8:30 pm

    Hmm…jalan2 sampai komplit yang ditemuin dari buah2an, sayuran, makanan dll. Ini mbak, ada titipan award! mohon diterima ya! ambil disini
    http://nanang07.wordpress.com/2010/04/03/pr-dan-award-dari-sahabat

    segera ke tekape Nang… ^^

    Reply
  • 41. mikha_v  |  April 3, 2010 at 10:35 pm

    waaah wisata kuliner nya memang heboh mba sunflo ini😀

    Hmm kalo diizinkan, maaf agak OOT nih. Saya mau mengomentari tentang tanggapan anda pada http://www.rezafauzi.com/2010/04/sekilas-tentang-sejarah-april-mop.html

    Saran saya, jangan mudah terpengaruh sama berita provokatif yang bertujuan untuk mengadu domba umat beragama. Lebih baik check dulu sumber sejarah nya yang benar, karena kalau saya lihat wikipedia, sejarah april fool bukanlah begitu.

    Dan terbukti, berita april fool itu adalah hoax alias kabar bohong belaka: http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html

    Walau saya pribadi, tidak mendukung april mop, tapi saya lebih tidak mendukung lagi pihak2 tertentu yang menyebarkan artikel provokatif fiktif yang bertujuan mengadu domba.

    makasih mikh…
    dan makasih pula aq ucapkan atas apresiase mikh thd komen aq di blog tsb… yg jelas mikh, insyaAllah aq ga terprovokasi kok, insyaAllah aku bisa bersikap adil terhadap kondisi2 yg terjadi di sekitarku… tenang ajah…🙂

    entah mana yg benar ttg sejarah april mop tersebut, aq pribadi ga ikutan dan ga dukung tuh acara… secara mang ga ada tuntunannya dalam keyakinanku…

    mikh, sejarah akan agama2 kita telah tertoreh dengan tinta waktu, meski itu adalah sejarah kelam antara keyakinan kita, pernah terjadi pertempuran kala itu, namun… aq juga melihat dan membaca sejarah tersebut, bahwa pernah tertoreh pula sikap sportif dari para pemimpin2 pertempuran antar umat itu di masa lalu… dan aku suka membaca sejarah untuk berkaca, bukan untuk menuruti emosi… Aku salut akan sikap sportif mereka, dan mereka berperang karena suatu keyakinan… keyakinan adalah HAM, tak boleh dipaksakan…

    untuk masa sekarang, dan udah jadi prinsip hidupku, aq berusaha untuk bersikap adil terhadap apa2 yg terjadi di sekitarku, intinya pisss gtu mikh, yg kuharapkan…

    ok, aq akan lihat link yg kamu tunjukkan, makasih yaa… sekali lagi, trust me, aq ga terprovokasi kok… dan masih seneng jadi temen mikh atawa yg lainnya meski on the blog… ^^v

    Reply
  • 42. mikha_v  |  April 3, 2010 at 10:35 pm

    waduh, komentar saya masuk spam mbak flo. Tolong dibaca yah kalo sempat. Hehehe😛

    yup… udah kuambil dr tangkapan si aki… ^^

    Reply
  • 43. Desri Susilawani  |  April 4, 2010 at 6:25 am

    interaksi yang indah……..ternyata zuccini tanpa bunga itu jadi hadir di rumahmu yo mbak..hehehe

    hooh Des, alhamdulillaah… ^^, btw si tante sekarang gie sakit…😦

    Reply
  • 44. mikha_v  |  April 4, 2010 at 8:49 am

    Di Saudi ada keju juga ya? Saya pikir keju cuma produk barat saja haha. Saya mau saja makan keju kok, tapi memang kurang terlalu suka. Rasanya, makanan agak kurang fresh, dan cepat kenyang.

    aja ngece sampeyan, Mikh…🙄 … di saudi tuh hampir semua produk makanan barat tersedia di sana, kiblat saudi kan ke negara2 eropa… hehehe… Hooh, aq juga ga terlalu seneng banget, takut jadi ndut…😛

    Reply
  • 45. melianaaryuni  |  April 4, 2010 at 1:34 pm

    Jangan putus asa,Mbak….Dicoba lagi buat serabinya…Ntar kirim ke Meli ya….
    Btw, tuh tante belanja banyak banget buat apa ya?

    hehehe… buat persediaan dia …😛 entar dulu ah Mell ttg serabinya…😦

    Reply
  • 46. kikakirana  |  April 4, 2010 at 4:45 pm

    senengnya mbak sunFlo mau berbagi cerita….
    laen kali dibagi lagi ccerita” sama foto”nya ya mbak…😀
    tapi ati” berarti yak kalo harus ambil gambar heheh😛

    HIDUP!!! ^_^

    yee… ini kan udah ma picsnya…😛

    Reply
    • 47. kikakirana  |  April 6, 2010 at 9:00 pm

      yaaaa maksud nya kalo posting lagi jangan lupa sama foto”nya sekalian… gitu loh mbak snfLo…:mrgreen:

      HIDUP!!! ^_^

      hmmm sama foto sunflo kamsudna Kik??😕 dooh masih bingung… hehehe

      Reply
  • 48. bintangtimur  |  April 4, 2010 at 11:01 pm

    Eh, kayaknya hobby saya belanja di pasar tradisional nggak berlaku ya kalo di Saudi…hihihi…nggak ngerti ngomongnya😛
    Ck..ck…tante itu beli semangkanya banyak amat, Sunflo, jangan-jangan dia jualan rujak kayak tukang rujak di Indnesia…itu tuh…semangka yang dikupas, dipotong-potong dan diplastikin…hehehe, suudzon nih…maaf ya tante😦
    Serabi Solo gagal?
    Ditunggu posting keberhasilannya ya, secara Sunflo kan selalu pantang menyerah…😀

    masih trauma mo bikinnya jeng..😦 hehehe… sekarang kan mulai musim panas, mereka doyan bgt semangka

    Reply
  • 49. Tanti  |  April 5, 2010 at 12:43 pm

    serruu belanjanya…
    alhamdulillah dapet oleh2 juga. Kirain semangka yg pecah dibawa jd oleh2 juga…. segerrrr yah semangka apalagi gede kayak gituh

    hehehe.. udah habiiiiiiizzzzzzz…😛

    Reply
  • 50. muhammad zakariah  |  April 5, 2010 at 3:35 pm

    oww..pasarnya gt yah.. btw semangkanya gede amat.. panjang2 lg.. beda dgn yg disini.. ckck..😀

    semangka di sana jumbo2 Zack… ^^

    Reply
  • 51. fety  |  April 6, 2010 at 10:03 am

    he..he..enaknya jalan-jalan mbak. dan yang salutnya, selalu terdokumentasikan dengan baik dan benar. jadi tahu tentang arab saudi.

    alhamdulilllah, buat nambah wawasan pembaca, Fet… ^^

    Reply
  • 52. bidansmart  |  April 6, 2010 at 6:07 pm

    wew..telat nie…baca wisata pasar arab…..
    kenalan ma guru tahfidz….muantappppss dunks mbak..sekalian muroja’ah….

    weeh… blom bisa ngomong basa arab e.. ngisin-ngisini kie…😦

    Reply
  • 53. sandal  |  April 23, 2010 at 10:57 pm

    duh duh duh.. lama gak maen kesini, ternyata banyak cerita2nya…

    iyaaa kemana ajah kamu sand? kucariin di maya ini jeh..🙂

    Reply
  • 54. ahsanfile  |  October 6, 2010 at 9:03 am

    Kapan yah aku ke sana….😥

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: