Kutemukan Hatiku Di Sana …

April 4, 2010 at 3:04 am 55 comments

Kutemukan hatiku di sana…
tempat disebutkan namaNya
tempat diagungkan DzatNya
tempat direnungi ayat-ayatNya
semua membuat aku terpana
ya…
kutemukan hatiku di sana…

***

Aku emang ga pernah mengenyam pendidikan agama secara formal, namun aku mulai mempelajari Islam lebih jauh, mulai memperbaiki bacaan Al Qur’anku dan shalatku dan menuntut ilmu di forum-forum pengajian sejak aku kelas 1 SMA.

Bahasa Arab?? Baca kitab gundul ?? Huuupfhh… jangan tanya ma sunflo dach… (hehehe… siapa juga yang mo nanya??!! :-Pย  )ย  Kagak bisa, temans… :-(ย  Padahal hubby jago bahasa arab… (alhamdulillaah) … huh, dasar sunflonya ajah yang malas…๐Ÿ™„

Hampir setahun tinggal di Saudi, bahasa Arab pasaran ajah aku belum menguasainya… Terus, gimana kalau ngobrol ma orang arab?? Hehehe… paling cuma diam, pake bahasa isyarat, kalau dianya bisa ya pake bahasa inggris dikit-dikit… seringnya cengar-cengir kek gini nieee…:mrgreen:

***

Sejak bulan September 2009, aku diminta ikut menyemarakkan dakwah di Saudi untuk para mbak-mbak TKW di bawah naungan Jaliyat (Islamic Centre) Busur, Buraidah. Kisah pertama kali aku ditodong jadi pembicara, bisa temans baca di sini.

Meski yang datang cuma 1-2 orang, namun kegiatan saling nasehat menasehati tetap berjalan…

Aku coba berdakwah sesuai dengan kemampuanku, tak ingin aku disebut sebagai seorang da’iyah, karena aku juga perlu untuk selalu diingatkan…

Sekarang ini aku rutin mengisi pengajian di Dar Al Dhiya’ dekat dengan tempat tinggalku. Setiap Jumat sore, pukul 16.30 – 19.00. Di sana diselenggarakan pengajian untuk wanita-wanita Saudi…ย  mereka kan ada yang bawa pembantu. Nah, untuk setiap negara, disediakan da’iyah khusus untuk para pembantu. Yang kutahu baru ada 2 orang yang mengisi pengajian untuk para pembantu di sana, yaitu aku dan seorang da’iyah dari India.

Awalnya yang datang 4-5 orang untuk pembantu Indonesia, namun 2 orang ‘murid’ku tersebut pulang, dan 1 orang entah kemana kok ga muncul-muncul… Hingga sekarang, tinggallah 2 orang murid setia, meski yang satu orang ini 1,5 bulan lagi akan pulang ke Indonesia…

Meski di sana ada ratusan ribu para TKI/TKW, sangat sedikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttt banget yang berminat ikut kajian keislaman…๐Ÿ˜ฆ

Ahh… pikir aku…, udah jauh-jauh ke negeri orang, eh… biar lebih berarti apa yang sedang diperjuangkan ini dengan cara mendekatkan diri padaNya… Tapi emang ga 100% salah mereka sih, ada juga para majikan yang ogah ma Islamic Centre…๐Ÿ˜ฆ

***

Selain berkumpul untuk mengkaji ilmu agama, yang sering aku lakukan dengan para mbak-mbak pembantu itu adalah sharing tentang pengalaman dan masalah mereka. Saling menguatkan satu sama lain… Meski ga banyak membantu, setidaknya mereka selalu diingatkan untuk senantiasa berpegang padaNya… Minta pertolongan dan perlindunga kepada Allah selama perantauannya di negeri orang…

Ini adalah dua kitab yang tengah kubahas bersama mereka

Yang warna putih itu tentang tafsir Qur’an Juz 28,29 dan 30… untuk session 1 hingga waktu maghrib tiba, selain belajar tafsir, kami juga belajar baca qur’an dengan tajwid yang benar, sedang yang buku biru itu untuk session 2…setelah shalat maghrib hingga isya’ menjelang…

***

Sungguh temans… kurasakan damai yang luar biasa kala aku bacakan ayat-ayatNya, kucoba menelaah artinya… mengabarkan pada mereka tentang berita-berita dariNya… mengingatkan akan surga dan nerakaNya…

Nasehat yang aku sampaikan pada mereka, seringkali menohok lubuk hatiku sendiri, untuk menetapi apa yang aku ucapkan…. Sungguh aku takut dengan bunyi ayat pada Surat Ash Shaff ayat 3 yang artinya:

Sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan…

Sungguh kutemukan hatiku di sana…

tempat disebutkan namaNya… tempat diagungkan DzatNya… tempat direnungi ayat-ayatNya….

***

Meski hanya sedikit peserta yang hadir, namun selalu ditekankan dalam hati kami, bahwasanya niatan kami adalah menuntut ilmu… mengagungkanNya dan merenungi ayat-ayatNya… Sehingga kami bayangkan, malaikat menaungkan sayap-sayapnyaย  dan memohonkan ampunan atas kami kepada Rabb semesta alam…

Sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Abu Daud, Imam Tirmidzi dari Abu Darda’ menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุณูŽู„ูŽูƒูŽ ุทูŽุฑููŠู‚ู‹ุง ูŠูŽุทู’ู„ูุจู ูููŠู‡ู ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ุณูŽู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู‡ู ุทูŽุฑููŠู‚ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุทูุฑูู‚ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉูŽ ู„ูŽุชูŽุถูŽุนู ุฃูŽุฌู’ู†ูุญูŽุชูŽู‡ูŽุง ุฑูุถู‹ุง ู„ูุทูŽุงู„ูุจู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูู…ูŽ ู„ูŽูŠูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู ู„ูŽู‡ู ู…ูŽู†ู’ ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ู’ุญููŠุชูŽุงู†ู ูููŠ ุฌูŽูˆู’ูู ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ููŽุถู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูŽุงุจูุฏู ูƒูŽููŽุถู’ู„ู ุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุจูŽุฏู’ุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู’ูƒูŽูˆูŽุงูƒูุจู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกูŽ ูˆูŽุฑูŽุซูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุจููŠูŽุงุกู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุจููŠูŽุงุกูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠููˆูŽุฑู‘ูุซููˆุง ุฏููŠู†ูŽุงุฑู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุฏูุฑู’ู‡ูŽู…ู‹ุง ูˆูŽุฑู‘ูŽุซููˆุง ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูŽ ููŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฎูŽุฐูŽู‡ู ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุจูุญูŽุธู‘ู ูˆูŽุงููุฑู

“Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, niscaya Allah subhanahu wataโ€™ala menyediakan jalan untuknya menuju surga. Sesungguhnya para malaikat melebarkan sayapnya karena ridha kepada orang yang menuntut ilmu. Sesungguhnya ulama dimintakan ampun oleh makhluk yang berada di langit dan di bumi sampai paus yang di dalam laut. Keutamaan seorang alim atas seorang abidseperti keutamaan bulan atas segala bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, tetapi mereka hanya mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh dia telah mengambil keberuntungan yang banyak.”

Allah subhanahu wataโ€™ala berfirman,

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan), ‘Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang bertaobat dan mengikuti jalan-Mu serta peliharalah mereka dari siksa neraka yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Aden yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Dan peliharalah mereka dari balasan kejahatan. Orang-orang yang Engkau pelihara dari pembalasan kejahatan hari itu, maka sesungguhnya Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar.” (al-Ghaafir: 7-9)

Cukuplah itu yang jadi penyemangat bagi kami tuk selalu hadir dalam majelis ilmu, meski hanya sedikit peserta yang menghadirinya…

Ini pula yang membuat sakitku jadi ringan kala menghadiri acara tersebut untuk memberikan arti dan warna pada mereka meski sedikit saja…

Ada lagi yang menarik perhatianku, … wanita-wanita saudi yang hadir di sana ramah-ramah pada kami, dan selalu hormat dan memuji kami saat mengetahui kami sedang duduk bermajelis untuk ‘belajar’… meski dengan pembantu, mereka akan hormat jika para pembantu itu rajin menuntut ilmu…

Sungguh di sana, orang-orang berilmu dan yang menuntut ilmu, masih mendapatkan tempat di hati masyarakatnya… meski hanya berstatus seorang pembantu rumah tangga…

Inilah dua orang muridku yang selalu rajin hadir di majelis ilmu tersebut… Mbak Siti dari Demak (kiri) dan Mbak Anik dari Madura (kanan, yang mau pulang ke Indonesia, 1,5 bulan lagi)

Barakallaahufiihunnaa…

***

Carilah hatimu di tiga tempat:

Pada saat mendengarkan Al-Qurโ€™an;

di majelis dzikir (baโ€™da shalat, menuntut ilmu syarโ€™i dan lain-lain),

ketika sedang menyendiri.

….

( Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)

Entry filed under: kisahku di saudi, renungan dan curhatku. Tags: .

Jika Tante Ngajak Jalan-jalan Arem-arem Arab ala Sunflo

55 Comments Add your own

  • 1. Abu Ghalib  |  April 4, 2010 at 4:50 am

    assalamu alaikum mba sunflo
    kaifa khaaluk?๐Ÿ˜€

    saya sangat tertarik belajar bahasa Aarab
    sayang di indo masih sulit menemukan tempat kursus Arab yang terbuka untuk umum, hiks…

    kebanyakan kursus inggris, mandarin, jerman dll

    wa’alaikumussalam warahmatullah, abu… alhamdulillaah ana bikhairin… ^^ weeeh… hubby biasanya kasih pelajaran bahasa arab gratis bagi siapa saja yang mau beajar bahasa arab… andai abu deket ma hubby yaa… cuma ini nie, si istri mualeessnya puooolll… jadinya kagak bisa2…๐Ÿ˜†

    Reply
  • 2. Desri Susilawani  |  April 4, 2010 at 6:16 am

    mbak…aku datang untuk ikut menemukan hatiku di sini

    silahkan Desri, mari kita sama2 menemukan hati kita di 3 tempat…

    Reply
  • 3. makngah lena  |  April 4, 2010 at 8:43 am

    ternyata masih kutemukan sunflo disini…
    duh senangnya ya , flo..bisa berbagi dengan hati yang ikhlas…
    teruskan , flo…semangat !!!

    mak ngaaaahhhhh… *big hugs* lama ga keliatan di jagad perngebloggan… ^^ welkam makngah…

    Reply
  • 4. Asop  |  April 4, 2010 at 10:30 am

    Alhamdulillah… semoga Mbak SUnflo bisa terus berdakwah ya.๐Ÿ™‚

    makasih Sop… ^^

    Reply
  • 5. wahyu  |  April 4, 2010 at 10:32 am

    jadi introspeksi diri nih >_<

    yuuuuu’… ^^

    Reply
  • 6. fanz  |  April 4, 2010 at 11:25 am

    OOT nih mbak.. saya punya award buat mbak di blog saya. silahkan di cek yah๐Ÿ™‚

    haha… tnyata kita simpangan jalan ya, ga ketemu… barusan ke rumah fanz… hooh fanz, makasih … ^^

    Reply
  • 7. jun  |  April 4, 2010 at 12:20 pm

    gimana sih masukin huruf arabnya?

    muph, jadi nanya hal gag penting๐Ÿ˜‰

    hehehe… tinggal copas dr words atawa dr blog lain… ^^

    Reply
  • 8. Pesona Muslim  |  April 4, 2010 at 12:37 pm

    Subhanallah,,,,,,,,,,

    alhamdulillaah…

    Reply
  • 9. M Mursyid PW  |  April 4, 2010 at 12:44 pm

    Puisinya simple but mengena.
    Have a nice Sunday.

    makasih pak…

    Reply
  • 10. Didienยฎ  |  April 4, 2010 at 1:10 pm

    mungkin tidak semua TKW disana ada waktu dan kesempatan buat ikut pengajiannya mbak..
    kalo saya liat di berita kan sepertinya mereka terkekang oleh majikannya..

    salam, ^_^

    emang Dien… tapi ada juga yang ga mau Dien…๐Ÿ˜ฆ diajak ngaji bilangnya, “Makasih Banyak, mbak… “…

    Reply
  • 11. andipeace  |  April 4, 2010 at 1:37 pm

    difikir-fikir kenapa mereka jadi TKW..? apa untung dan kerugian ynag dipeoleh..? merubah hidup memang perlu,tapi setidaknya berfikir berkali-kali tentang nasib yang akan didapat.

    slama sejahterah

    setidaknya itu pilihan mereka de’… dan harus konsekwen atasnya… baiknya sih ada mahram yang mendampinginya.. agar lebih barakah…

    Reply
  • 12. melianaaryuni  |  April 4, 2010 at 1:42 pm

    Sampaikanlah wlo 1 ayat meski dengan segelintir orang,Mbak….Ayo, mungkin dari yang kecil, yang bisa kita berikan membuat dampak besar di kemudian hari….

    yooiii mell, benar sekali… ^^

    Reply
  • 13. sahabatblogger  |  April 4, 2010 at 2:02 pm

    semoga mendapatkan rihdo dari Allah atas amal baik, saling berbagi ilmu dan terus menyebarkannya..

    aamiin, terimakasih sahabat… ^^

    Reply
  • 14. khatulistiwa  |  April 4, 2010 at 2:06 pm

    menuntuk ilmu bisa dimana saja..bisa sambil bekerja, bisa juga sambil dirantau orang. biarpun hanya sedikit orang, tapi yang jelas kesediaan sunflo memberikan ilmu sangat bermanfaat bagi yang mengikuti..dan juga bagi sunflo sendiri..menambah ketebalan keimanan

    terimakasih atas komen yang menyejukkan ini mas… ^^

    Reply
  • 15. dedekusn  |  April 4, 2010 at 2:51 pm

    Subhanallah.. sungguh kegiatan mulya berbagi ilmu dinegeri orang, semoga istiqomah, walau mustaminya tinggal 2 orang, yg penting istiqomah.
    Insya Allah kebaikan akan selalu menyertaimu sunflo.. sukses terus

    aaamiin…. terimakasih de’… ^^

    Reply
  • 16. gerhanacoklat  |  April 4, 2010 at 3:01 pm

    owhhh quotesnya membuat merinding flo
    aku ingin menemukan hatiku juga di situ

    mari sama2 menemukan hati yuuu’ jul… ^^

    Reply
  • 17. kikakirana  |  April 4, 2010 at 4:35 pm

    kalo Ahlan wa sahlan artinya apa ya mbak…
    itu juga gtau tulisannya bener apa kagak kekeke….
    yg QK tau hadza kursiyuun…
    hadzihi kitabbun.. wkkwkwkw

    doch ngawornya…. disini kagak ada orang arab kan ya mbak??
    *clingak clinguk takut disambit ehhe*

    semangadh mbak… sebarkan walau hanya satu ayat๐Ÿ˜‰

    org arab? banyaaakkk… ^^ itu artinya selamat datang… oke kika, makasih yaa…

    HIDUP!!! ^_^

    Reply
  • 18. elmoudy  |  April 4, 2010 at 4:41 pm

    kutemukan hatiku di sana.
    terasa sangat dekat maknanya.. ya ada di sini.. di dalam hati ini.
    lantunan ayat-ayat itu menggugah hati yang telah lama terbenam dalam riuhnya ibukota.
    dan dia slalu hadir di kala malam menjelang.
    ๐Ÿ™‚

    mari kita temukan hati kita masing2 moudy… ^^

    Reply
    • 19. elmoudy  |  April 5, 2010 at 10:05 am

      iya.. ayuuuk… seneng kalau adayg menemani =)

      hehehe… ^^

      Reply
  • 20. nakjaDimande  |  April 4, 2010 at 4:45 pm

    sunflo akan temukan hatinya dimanapun, karena cinta-Nya juga menyelimuti satu bulatan bumi.

    indah sekali nouf, kebersamaan dgn saudara kita itu.

    iya bundo, asal mau berkaca diri… indah sekali bersama mereka, bundo… ^^

    Reply
  • 21. akhta  |  April 4, 2010 at 5:13 pm

    Dimana kita menghadap, disitulah kita menghadap dzat illahi. Semoga ridho Allah yang mbak dapatkan meski hanya 2 orang. Ridho Allah tidak berdasarkan jumlah.

    Semoga Ikhlas

    aamiiin… ya semoga ikhlas…

    Reply
  • 22. abrus  |  April 4, 2010 at 5:43 pm

    Subhanallah … postingan ini sungguh jadi penyemangat bagiku untuk selalu ‘mendekat pada-Mu Ya Rab, senantiasa berada dalam Sap-Mu Ya Aziiz. Amin!

    Truzz … Alahmdulillah, Sunflo sudah sembuh dan selalu happy ๐Ÿ˜› (tanda or buktinya sudah apdet lagi … hehehe)

    alhamdulillaah dah baikan brus… apdet mah tetep jalan… ^^

    Reply
  • 23. TKB  |  April 4, 2010 at 6:24 pm

    Kaifa haaluki yaa ukhty?๐Ÿ™„

    alhamdulillaah, ana bikhairin ya akhy…

    Reply
  • 24. darahbiroe  |  April 4, 2010 at 6:36 pm

    hikz hikz
    jadi ikutan pingin menemukan hatiku juga hehhe
    ayoo lanjutkan kegiatan positif ini mbakkk

    lanjutkaaannn… makasih de’…

    Reply
  • 25. cizkah  |  April 4, 2010 at 6:57 pm

    di jogja banyak tempat belajar umum utk belajar bahasa arab ^^
    di online silakan juga alhamdulillah udah banyak yang ngasih materi bahasa arab secara gratis dan bertahap.

    semoga kita bisa ketemu di madinah ya mba someday. ^^

    aamiiin… kapan yaa?? ^^

    Reply
  • 26. setitikharapan  |  April 4, 2010 at 7:13 pm

    Semangat terus mbak, yang penting kan pandangan Allah. Bukan pandangan manusia. Tafsir juz 28,29,30 nya adek juga punya. dapet dari sumbangan sebuah pesantren.

    iya de’ makasih, buku itu umum ada di sana utk org2 indonesia…buku wajib di jaliyat2

    Reply
  • 27. FiyaFiya  |  April 4, 2010 at 9:23 pm

    kak…
    Ajakkkkk daku kesanaaa

    huhuhu

    ayuuuuuu’… ^^

    Reply
  • 28. agoenk70  |  April 4, 2010 at 9:38 pm

    subhanllah.. serasa mendapat pencerahan neh…
    aku ikut dunk kesana…

    alhamdulillaah..ayuuu’

    Reply
  • 29. danny  |  April 4, 2010 at 9:41 pm

    SMA kelas 1?
    pas sama aku dong ya….
    nice to be your friend…

    hehehe… smester 2 kan Dan… *.^ so sweet with u ..

    Reply
  • 30. catatan hakim  |  April 4, 2010 at 11:05 pm

    asslamu`alaikum… salam kenal mba…

    wa’alaikumussalam… kenal juga hakim…^^

    Reply
  • 31. bintangtimur  |  April 4, 2010 at 11:06 pm

    Posting yang tertuju kepada diri saya juga…๐Ÿ™‚
    Sangatlah dibenci disisi Allah, jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan…
    Saya lagi belajar untuk nggak jarkoni juga, bisa ngajar tapi nggak bisa nglakoni…hehehe…susah ya, kaena memang berbicara selalu lebih mudah daripada melakukan apa-apa yang kita bicarakan๐Ÿ™‚
    Thanks Sunflo, buat posting yang mengingatkan ini…

    sama2 jeng… tugas kita adalah saling menasehati dan saling mengingatkan… ^^

    Reply
  • 32. elistadyon  |  April 4, 2010 at 11:26 pm

    assalamualaikum mbak salam kenal dari saya..

    wa’alaikumussalam dyon, kenal juga… ^^

    Reply
  • 33. masnur  |  April 4, 2010 at 11:59 pm

    Nilai suatu amal tergantung niat….
    semoga barokah Mbak………

    iya de’.. aamiiin makasih yaa…

    Reply
  • 34. delia4ever  |  April 5, 2010 at 12:27 am

    dimana saja, siapa saja dan kapan saja wajib bagi kita menuntut ilmu.. dan berbahagialah bagi siapa saja yang mau berbagi๐Ÿ™‚

    salut buat mbak ku๐Ÿ™‚

    betul bgt delia… makasih yaaa… ^^

    Reply
  • 35. faizmizu  |  April 5, 2010 at 5:51 am

    Wah ada di arab yach..

    huo’oh…:mrgreen:

    Reply
  • 36. serdadoe tanpa markas  |  April 5, 2010 at 8:22 am

    “sieun pisan jeung puja-puji teh
    komoh meun muji-muji nyorangan”

    muga2 bisa jadi cermin yg bening bagi semuanya. Amiin YRA.

    aamiin…

    Reply
  • 37. wawansri  |  April 5, 2010 at 10:18 am

    jd tambah semangat belajar biar tak kalah semangat dgn 2 orang murid mbak yg rajin blajar..

    ayooo semangaaaatttt… ^^ …. yeaah, mereka juga sebagai pemicu semangatku juga…

    Reply
  • 38. Oyen  |  April 5, 2010 at 12:20 pm

    saya juga lagi semangat2nya lagi nih belajar basa arab, kemaren mo ikutan training AFLAT eh malah dicancel trainingnya….nyesel dulu ada guru malah gak sungguh2 balajarnya, sekarang susah deh nyari guru di kampung halaman…

    semangat ya mbak…orang sukses adalah orang yang bisa melahirkan orang-orang sukses baru, InsyaAllah ilmu yang mbak ajarkan akan menjadi amal jariyah yang tak terputus walaupun sudah menghadapNya..amin

    aamiiiin… maksih de’… ayoo semangat tuk menuntut ilmu buat kebaikan diri yaaa… ^^

    Reply
  • 39. marisa  |  April 5, 2010 at 12:56 pm

    pengen ikut deh pengajian sama mba….
    boleh kan ya??๐Ÿ™‚

    hehehe… via blog ajah yaa… *.^

    Reply
  • 40. nuun  |  April 5, 2010 at 3:48 pm

    jadi, seandainya di tiga tempat itu, belum ketemu, gimana mba?๐Ÿ™‚ maaf, guyon. Doakan saya supaya bisa menemukan hati saya di ketiga tempat itu…

    berarti kita ga punya hati nuun… ada terusannya kok coba baca di sini kalu sempat :
    https://ilikesunflower.wordpress.com/2010/01/31/find-your-heart-in/

    Reply
  • 41. muhammad zakariah  |  April 5, 2010 at 4:03 pm

    menuntut ilmu emank sangat dianjurkan,.. ilmu selain penerang cahaya kehidupan, dapat jg sebagai ladang amal jariah buat kita apabila ilmu yg kita sebarkan diamalkan dan bermanfaat bagi orng lain..
    kadang jg klo banyak ilmu yg kita ajarkan takut gak bisa tanggung jawab pd diri sendiri.

    Sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakanโ€ฆ

    takut dibenci Allah klo gak bisa mengerjakan apa yg kita katakan..
    semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah untuk memegang apa yg kita katakan agar tidak dibenci Allah…

    aamiiin… makasih Zack atas komen yang oke ini… ^^

    Reply
  • 42. sapta  |  April 5, 2010 at 4:20 pm

    โ€œmanusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfat (bagi orang lain).โ€

    untuk mencapai orng yg bermanfaat buat orng lain, biasannya orng itu mempunnyai keahlian. orng yg mempunnyai keahlian, biasannya ilmunya banyak. oleh krn itu dalam islam kita dituntut untuk memiliki banyak ilmu krn selain baik buat hidup kita sebagai penerang hidup, ilmu jg dapat menjadi amal jariah yg pahalanya tidak terputus.
    ada pepatah gak tau jg pepatah dari mana.. hihi..
    tuntutlah ilmu sampai kenegeri cina..
    itu membuktikan bahwa ilmu sangat penting bagi kehidupan, sangat dianjurkan bagi kita untuk memilikinya.. krn tanpa ilmu, kita akan tersesat dan jauh dariNya.. (naudzubilah)..

    senang bgt baca postingan ini, semoga kita tak henti2nya menuntut ilmu, dan tentunya ilmu itu diamalkan…
    thanks postnya mbak… udh mau berbagi ilmu.๐Ÿ˜€

    dan terimakasih atas apresiasinya ya de’… mari kita bersemangat membekali diri ini dengan ilmu yg bermanfaat terutama ilmu agama… ^^

    Reply
  • 43. achoey  |  April 5, 2010 at 5:38 pm

    Allah tinggikan derajat orang2 yg berilmu

    Ummi, biasanya kan orang Cirebon pintar baca kitab gundul๐Ÿ˜€

    sunflo ma ruaaarrr biasaaaa choey…๐Ÿ˜›

    Reply
  • 44. Jauhari  |  April 5, 2010 at 8:50 pm

    Mantap bener tulisannya

    alhamdulillaah..

    Reply
  • 45. Hariez  |  April 5, 2010 at 11:57 pm

    hmm…memang gampang-gampang susah Mbak untuk mengajak seseorang mendalami kajian ilmu Islam..apalagi jika menilik dari kemauan dan izin dari majikan, saya masih sedikit sanksi untuk mengomentari merekanya. Namun saya sangat senang JIKA Mbak Sunflo saja sudah berbaik hati mau membagikan ilmu Islamiyah disana walau dengan minim nya murid Mbak, saya rasa akan terasa lebih optimal dalam berbagi, bukan begitu Mbak ? :nrgren:

    salam hangat

    iya de’… sedikit itu lebih mengena di dalam hati mereka… ^^ makasih yaaa…

    Reply
  • 46. Hariez  |  April 5, 2010 at 11:59 pm

    ๐Ÿ˜ฏ Astagfirullah….komen sayah masuk spam Mbak๐Ÿ˜ฅ

    weeh… aki rose ma sunflo sentimen ma hariez nieee…๐Ÿ™„

    Reply
  • 47. abrus  |  April 6, 2010 at 12:21 am

    Sunflo mampir dong :
    http://abrus.blogdetik.com/2010/04/05/bibiti-ikut-idol/

    oke brus… tapi inetku kok gie lemot yaa…๐Ÿ˜ฆ segera setelah inetnya sembuh, aq meluncur ke sana…

    Reply
  • 48. funky fun-T mimi allegra  |  April 6, 2010 at 8:08 am

    Barakallah, mba sunflo…๐Ÿ™‚
    terima kasih sudah mengingatkan si mimi…

    senang ya, mba… punya teman-temans baru di sana… Insya Allah mba sunflo akan lancar bahasa Arab dalam waktu dekat inih… amiiinnnn…

    hugz from mimi n allz๐Ÿ™‚

    terimakasih mimi atas supportnya… insyaAllah dalam waktu dekat ini ya…aamiin

    Reply
  • 49. bidansmart  |  April 6, 2010 at 6:03 pm

    Carilah hatimu di tiga tempat:

    Pada saat mendengarkan Al-Qurโ€™an;

    di majelis dzikir (baโ€™da shalat, menuntut ilmu syarโ€™i dan lain-lain),

    ketika sedang menyendiri.

    โ€ฆ.

    ( Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)

    Aku suka 3 hal yang mba tulis itu…….sungguh share yang sangat bermanfaat …

    aq juga pernah posting nasehat ibnul qayyim ini dind… judulnya Find Your Heart In … ^^

    Reply
  • 50. mahesapandu  |  April 7, 2010 at 11:17 am

    Tentu bahagia bisa belajar untuk dekat dan menemukan hati pada yang seharusnya..

    betul, mahesa..

    Reply
  • 51. wi3nd  |  April 7, 2010 at 1:17 pm

    senan9 yah bisa berba9i ilmu

    dan sistah sunflo tetap jadi 9uru meski beda apa yan9 diajarinnya๐Ÿ™‚

    suksess yaaaa๐Ÿ™‚

    terimaksih wi3nd… take care… ^^

    Reply
  • 52. ruhindo  |  April 7, 2010 at 9:18 pm

    Tertaut pada-Nya….Aamiin…

    alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 53. ummumarwa  |  April 8, 2010 at 12:43 pm

    Assalamu’alaikum, mba sunflo

    Beruntung sekali bisa berbagi ilmu dengan sesama muslim di sana,
    Semoga tetap istiqiomah๐Ÿ™‚

    wa’alaikumussalamwarahmatullaah… aamiiin, terimaksih ummu.. ^^

    Reply
  • 54. didot  |  April 9, 2010 at 5:35 pm

    assalamualaikum ,menurut ustad saya ,setiap dari kita punya kewajiban dakwah. jadi predikat dai adalah sesuatu yg melekat kepada setiap umat muslim,bahkan sebelum pekerjaan aslinya.

    apapun pekerjaannya dakwah harus jadi yg utama buatnya.
    karena agama adalah nasehat ,jadi harus saling menasehati satu sama lainnya.

    masalah jumlah,tidak perlu khawatir dengan jumlah yg sedikit, yg benar belum tentu banyak dari ukuran jumlahnya

    wallahualam

    wa’alaikumussalam… setuju ma didot, emang begitulah adanya… agree with u dah… ^^

    Reply
  • 55. Triunt  |  April 10, 2010 at 2:14 pm

    saya agak takut pas baca yg berwarna hijau itu.
    sudahkah saya melakukannya :S

    dicoba yunt… ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

โ€amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: