Arem-arem Arab ala Sunflo

April 6, 2010 at 2:10 am 76 comments

Emang Arab punya arem-arem a.k.a buras juga??😕

Temans pasti tahu apa itu arem-arem atawa buras, ‘kan? Yup… nasi yang dikasih lauk n dibungkus ma daun pisang ( kecuali buras ala sunflo… ;)    )  lalu dikukus…

Ternyata, arem-arem ga monopoli Indonesia punya looh… Di Arab juga ada arem-arem a.k.a buras… Iyaaa siih, namanya emang lebih keren…🙄

Stuffed grape/vine leaves atau yang disebut dengan Dolma (dalam bahasa Turki artinya ‘boneka’ ), adapula yang menyebutnya Sarma … itu adalah nama arem-arem arab… Dan di Saudi sendiri namanya adalah… Waraq ‘Inab … (artinya: daun anggur)

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbungkus oleh daun anggur, isinya bisa berupa nasi bumbu, daging atau campuran keduanya… Cita rasa khasnya adalah uaseeeemmm banget khas buah lemon… karena menggunakan lemon sebagai salah satu bahan utamanya…

Makanan ini banyak dijumpai di daerah Mediterania, Balkan, Timur Tengah dan sebagian Asia Selatan… namun lebih khas banget terutama di daerah Yunani dan Turki…

Pingin tahu, kek apa siiiih penampakan si Waraq ‘Inab itu?? Intip yuuuuu’…:mrgreen:

***

Pertama kali mencicipi nie makanan kala aku bertamu ke rumah salah seorang teman. Kesan pertamaku adalah… Hiyeeeekzzzzz !!!!!!!!!!!!! Aseeeemmm banget…!!!  makan aja sambil nyengir…😦

Tapi … ternyata aku kangen juga ma daun anggurnya yang dimakan kek urab itu… so, waktu ada acara bazaar di Jaliyat, aku beli pulalah si waraq ‘inab itu…

Kek gini nieee… bedanya ma arem-arem di Indo, daun anggurnya ikutan dimakan… Hehehe… kebayang ga kalau makan arem-arem Indonesia sekalian ma daun pisangnya…😆

Huh… tapi arem-arem arab ini rasanya asem banget, temans… :-(  Hubby ajah ga doyan… Tau kenapa ya? Selera makanan orang timur tengah dan mediterania tuh selalu asem n agak asin…😕

Aku merasa tertantang untuk membuat arem-arem arab versi Indonesia Raya nieee… ^^

***

Dan biasalah si Sunflo itu… Rasa penasaran selalu menggelitiknya…

“Pokoknya, harus bikin tuh arem-arem… secara daun anggurnya begitu menggoda selera… !”  :mrgreen:

Akhirnya, kubelilah sebotol daun anggur yang telah diasin dan diasemkan… segini nie harganya 11,95 SR  …

isinya 3 gulungan kek gini… masing-masing gulungan berisi kurang lebih 40 embar daun anggur … yaaach, seperti biasa… rasanya asem n asin nie olahan daun …😦

***

Lalu … kususunlah bahan dan bumbu-bumbunya:

beras yang telah dicuci 2 genggam tangan, paprika hijau dan merah isir halus, tomat iris halus, bawang bombay dan bawang putih juga diiris halus, dagingnya terserah… kalau aku pake udang yang kucincang, jeruk lemon, gula-garam dan minyak zaitun untuk menumis….

Kalau aslinya sih pake kayu manis, daun parsley, plus lemon yang buanyaak… Kataku sih, “Ogah aahh… pokoknya ga mau asem-asem banget…” 😦

***

Langkah 1 : Bikin isinya …

tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak zaitun…, masukkan daging, kemudian kasih air dikit, baru masukkan beras ke dalamnya… setelah itu menyusul tomat dan paprika… aku tambahin lemon dikiiiit ajah… terus dikasih rasa… setelah setengah empuk, baru diangkat…

***

Langkah 2 : Persiapan daun dan penataan … hehehe…

Sebelum digunakan, daun direbus dulu dalam air mendidih, untuk semakin melunakkan, dan kutujukan untuk mengurangi rasa asin dan asem… Setelah mantabz godokannya, baru ditiriskan…

tata daun anggur di atas alas, dengan permukaan yang kasar menghadap ke arah kita…

masukkan satu sendok teh isi dan tata seperti cara membuat sosis solo…

lipat daun kek cara melipat kulit sosis solo… lalu digulung….

kek gini hasil akhirnya….

***

Langkah 3 : Perebusan …

Tata gulungan waraq ‘inab tadi dalam sebuah panci… dengan terlebih dulu diberi alas di dasarnya…

alas bisa pake wortel atau daun anggur itu sendiri…

kalau aku pake kentang … dan aku lupa ambil gambarnya waktu penataan di dalam panci… :-(  muaaap yaaa…

Setelah itu tindihin susunan waraq ‘inab tersebut dengan piring keramik yang berat… yang lebernya lebih kecil dikit dari mulut panci, hmmm… pokoknya dikasih pemberat dech agar saat direbus, waraq ‘inabnya ga berlarian dan amburadul… ^^

Terus kasih air setinggi susunan waraq ‘inab di dalam panci tersebut ….

Rebus dengan api sedang selama 30-45 menit … tergantung kematangan isi sebelum perebusan ini..

***

Langkah 4: Menikmati hasil…:mrgreen:

Nie hasilnyaaaaaa ….

Arem-arem Arab ala Sunfloooo… ^^

pose lebih dekat lagi…

yuuuuiii… lebih dekeeeetttt lagiiii….

Dan ….

kek gini nie penampakannya luebbbiiihh duekkkeeettt lagiiiii …:mrgreen:

***

Alhamdulillaah uji coba dapur lagaku tuk menggarap Stuffed Grape Leaves berhasil… Rasa daunnya masih ada nuansa asemnya dikit, namun rasanya udah Indonesia punya…

Lain kali, aku akan coba meminimalisir lagi rasa asem pada asinan daun anggur itu kalau mo bikin lagi… Psstttt… masih ada 2 gulung lagi looh…:mrgreen:

***

Demikian temans… uji coba resep asing di dapur laga sunflo… moga bisa nambah wawasan temans semua yaaaa… ^^

Hehehe… yang punya tanaman anggur di rumah bisa nyuba tuuuuh…:mrgreen:

***

Entry filed under: kuliner. Tags: , , , , .

Kutemukan Hatiku Di Sana … Kreasi Kain Flanel Mawar Merah ala Sunflo (A Red Rose Felt Craft Tutorial)

76 Comments Add your own

  • 1. Kakaakin  |  April 6, 2010 at 2:20 am

    Wah…. kayaknya enak banget🙂
    Hehe, rupanya ada arem-arem juga di arab…😆
    Daun anggurnya itu seperti acar ya, asem dan asin… kalo dipraktekin di Indonesia, kira2 cocoknya pake daun apa ya??
    Apa pake daun singkong?

    daun singkong?? bisa juga KIn, tapi daun singkong jari2nya terlalu kurus, kalu daun anggur kan gede-gede… ^^

    Reply
  • 2. Kaka Akin  |  April 6, 2010 at 2:27 am

    Hmm… sedang membayangkan rasa asem dan asinnya arem2 arab yang telah di-Indonesiakan Sunflo:mrgreen:
    Gak bisa nyobain deh, karena gak punya kebun anggur…😦

    aaiihh… katanya mo pake daun singkong??😕 hmmm daun jambu monyet kali juga bisa yaa.. kan katanya enak juga buat lalab, jadi kalu dimakan aman gtu… ^^

    Reply
  • 3. Ruang Hati Blog  |  April 6, 2010 at 5:36 am

    pagi2 gini enak sekali bila untuk sarapan

    kecut loh de’…😕

    Reply
  • 4. ismi  |  April 6, 2010 at 6:41 am

    khereeeeeeeeeeeeeeeeeeen,

    blom baca😛
    komengnya segini ajah dolo, ngejar pejwan😀
    tar kesini lagiiii

    urutan kapapat nyah… ^^

    Reply
  • 5. isil  |  April 6, 2010 at 6:58 am

    sil malah baru dengar istilah arem – arem ni mbak…
    mungkin ga ada di padang makanan kayak gini…atau namanya berbeda..
    apalagi arem2 arab..hehe

    mungkin namanya aja yang beda Sil… ^^

    Reply
  • 6. andipeace  |  April 6, 2010 at 7:01 am

    kreatif idenya…mantab.

    alhamdulillaah, thx andie..

    Reply
  • 7. arsumba  |  April 6, 2010 at 7:15 am

    weh… jadi kepingin nyicipin arem-arem ala mbak sunflo nih…

    btw, ini beda sama lemper ya mbak?😀

    lemper??? hmmm… ada ide nie… beli beras ketan trus diisiiin di dalamnya, jadi kek lemper euy… makasih arsumba atas inspirasinya nuiii…. beda banget ma lemper, tapi bentuknya hampir sama… ^^

    Reply
  • 8. serdadoe tanpa markas  |  April 6, 2010 at 8:18 am

    Flo kira2 kalo pake daoen pepaja gimana ja, tentoe ga dimakan ama daoennja, soealnya di tempat tinggal mbah banjak pepaja.
    Soeal isi mbah variasi sendiri.

    bisa aja, pak… pake daun pepaya diilangin pahitnya… kayak buntil

    Reply
  • 9. nakjaDimande  |  April 6, 2010 at 8:18 am

    hehhe seperti sawi yg diasinkan itu ya nouf😀

    klo pake daun anggur segar gmn nouf? apa kurang enak..?

    harus dilayukan dulu bundo… malah mantebzz keknya, kan ga asem banget ntar… ^^

    Reply
  • 10. marisa  |  April 6, 2010 at 8:28 am

    mba…postingannya sungguh menggoda
    aduh..godaan puasa nih…
    hehehehe….

    puasa apa nieeee??😕

    Reply
    • 11. marisa  |  April 6, 2010 at 3:52 pm

      puasa bayar utang puasa Ramadhan tahun lalu mbaku…🙂
      soalnya takut lupa…
      lumayan eh,.drpd lupa,mending berturut2..

      barakallaahu fiik… ayoo lanjutkaaannn… ^^

      Reply
  • 12. nuun  |  April 6, 2010 at 8:40 am

    Mba, bikin banyak, en pake pengawet ya!! ada planing impor arem-arem Arab versi Sunflo nich! Supaya nyampe Indonesia ga basi🙂

    weeehh… ada loh nuun yang udah jadinya, diawetin gtu n dipak di dalam kaleng.. tapi katanya ga enak…😦

    Reply
  • 13. delia4ever  |  April 6, 2010 at 9:13 am

    Boleh tahan susunan nya mbak…Udah seperti senior chef….🙂
    aq gak pernah makan arem2…😦 … jadi gak bisa bayangin gimana rasanya…..

    jadi pengen… heheheheheh

    belum pernah de? di malaysia ada ga makanan jenis kek gini??

    Reply
    • 14. delia4ever  |  April 7, 2010 at 2:53 am

      nggak ada mbak…lia juga gak tau…🙂

      ntar kalo main2 ke jogja lagi lia mau cari arem2 deh..🙂

      yaah… sayang sekali…😦

      Reply
  • 15. ImUmPh  |  April 6, 2010 at 9:29 am

    Waduh kayaknya asem banget tuch!! nyam nyam nyam…
    Saya pengen buahnya aja!!!

    ini udah diminimalisir ma aq asemnya tuuh… ^^

    Reply
  • 16. dedekusn  |  April 6, 2010 at 9:41 am

    Selalu ada sesuatu yg baru khas timur tengah disini, sy suka. Terima kasih Sunfo, ditunggu postingan2 berikutnya

    terimakasih juga dede atas kunjungannya… nantikan yaa… ^^

    Reply
  • 17. funky fun-T mimi allegra  |  April 6, 2010 at 9:42 am

    mba sunflooooo…. nampag enyak thenaaannnnnn😀

    huooohhh… ^^

    Reply
  • 18. fety  |  April 6, 2010 at 9:57 am

    he..he..akhirnya arem-aremnya menemukan bungkusnya🙂

    hooh Fet… alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 19. wawansri  |  April 6, 2010 at 10:27 am

    bener nggak tuh… daun anggur bisa dimakan ???
    baru tahu skarang ato aku aja yg kuper..
    h.h.h.h..h
    skalian bikin ca kangkung..eh salah ca anggur…

    jiaaaahhh… wawan ga percaya… huh!!! beneran … tuh buktinyaa… alhamdulillaah Oke2 ajah nie kami yang makan, amaaannnn…🙄 ca anggur?? daun anggur kali?😕

    Reply
  • 20. ismi  |  April 6, 2010 at 10:46 am

    why kudu ada acara wortel ma kentangnyah ikood dikukus?????😕

    pake apa aja… biar daunnya ga nempel di panci.. ^^

    Reply
  • 21. ismi  |  April 6, 2010 at 10:50 am

    ntu jadinya banyak boneeeng??mang abis wat dua orang??
    kok gak nyiprat sampe indon yooo:mrgreen:

    yaa habiiizzz dunk … wong cuma 2 genggam nasi e…:mrgreen:

    Reply
  • 22. Afif logicprobe10  |  April 6, 2010 at 11:15 am

    begitu ternyata cara bikinnya ya…🙂

    hooh…

    Reply
  • 23. Asop  |  April 6, 2010 at 11:30 am

    Hmmm… jangan2 pake minyak samin…😆
    Saya pikir berasnya diganti dengan gandum. ENak gak ya?😀

    minyak zaitun, Sop… gandum?? yg sereal itu? bisa ajah, bisa juga spagetti gtu… ^^

    Reply
  • 24. Bee'J  |  April 6, 2010 at 11:50 am

    kurang deket lagi gambarnya😀

    hehehe… sekalian dimakan ya Bee?

    Reply
  • 25. funky fun-T mimi allegra  |  April 6, 2010 at 12:30 pm

    aku udah lama penasaran sama si daun anggur inih… liat resep kek gini udah dari 5 taon yang lalu… mo nyubain ga jadi2… ketemu2 di blog mba…

    kalo dikirim ke jakarta biar ga basi pek ape yeeee… hehehe…😀

    di sana udah ada yg jdijual dalam kalengan mimi, tapi rasanya kurang enak… enak bikin sendiri, lebih fresh… ^^

    Reply
    • 26. funky fun-T mimi allegra  |  April 10, 2010 at 8:52 am

      o gitu ya, say, kalo yang di indonesah kurang enak yaa… mmm kapan2 pengen brosing cara bikin asinan daun anggur ah…🙂
      thx for sharing yaaa

      bukan pickle daun anggurnya yg ga enak mimi, tapi stuffed grape leaves instannya yang ga enak… ^^

      Reply
  • 27. inung gunarba  |  April 6, 2010 at 1:26 pm

    ga bisa bayangin dah. telanjur py persepsi arem2 yang gurih tapi ini produk Arab berasa asem😀

    yang bikin asem daunnya tuuh…😦

    Reply
  • 28. peri01  |  April 6, 2010 at 1:27 pm

    wew kayanya enak bgt tuh sun

    yup Peri… enak tenaaann… ^^

    Reply
  • 29. sedjatee  |  April 6, 2010 at 1:33 pm

    masih tentang makanan…
    kreatif juga, kalo gak ada daun anggur, pake apa?
    pake kain sarung juga bisa kan?
    hehehe… kayak sunatan masal aja,

    sedj

    bisa… ^^ yang makan pake sarung terus beli daun pepaya atawa singkong, atau daun lompong … minta dibikin nyonyah mr.. ^^

    Reply
  • 30. anfit  |  April 6, 2010 at 2:26 pm

    mm..jadi lapar melihat foto2nya..😀

    segera ke meja makan atawa ke dapur, … gerliyaaa…:mrgreen:

    Reply
  • 31. indra1082  |  April 6, 2010 at 2:47 pm

    kalau di Indonesia dimakan sama daun2nya *daun pisang* Kaya Embe donk😆

    hooh…😆

    Reply
  • 32. fanz  |  April 6, 2010 at 3:29 pm

    jadi laper sayanya..

    ayooo gerilya ke dapur… ^^

    Reply
  • 33. marisa  |  April 6, 2010 at 3:53 pm

    puasa bayar utang puasa Ramadhan tahun lalu mbaku…🙂
    soalnya takut lupa…
    lumayan eh,.drpd lupa,mending berturut2..

    hooh… lanjutkannnn… ^^

    Reply
  • 34. abrus  |  April 6, 2010 at 4:04 pm

    Arem-arem ala sunflo … pasti sedappp … ngilerr.com …
    aneka rupa kuliner sunflo, muncul lagi … mantap dehhh …😀

    alhamdulillaah… makasih brus… ^^

    Reply
  • 35. gerhanacoklat  |  April 6, 2010 at 4:09 pm

    keknya pedes itu ya flo?
    aku udah huhah duluan

    ga kok Jul.. cuma uasyeeemmm ajah… ^^

    Reply
  • 36. bintangtimur  |  April 6, 2010 at 5:14 pm

    Duuuh, sedihnya nggak dikomentarin lagi sama Sunflo…😦

    weeh… udah posting baru ya jeng… muaap nieee… inetnya gi lemot, ga bisa buka blogdetik, bisanya malam hari waktu saudi… ntar malam dech, sunflo gerilya ke bintang timur… hehehheee… kemarin seharian internetna lembon banget jeng..😦

    Reply
  • 37. bintangtimur  |  April 6, 2010 at 5:18 pm

    Sunflo…baru tau kalo arem-arem dibikin pake daun anggur😛
    Kebayang aja kalo daunnya kecil-kecil, pasti ngebungkusnya ribet banget kan?
    Saya nggak pernah nyoba bikin arem-arem sendiri karena dimanjakan oleh penjual arem-arem di Indonesia yang buuannyaak banget itu…hehehe…sukses membuat saya males dan nggak kreatif😛

    hooh … lama banget… sampe tangannya keriting…😆

    Reply
  • 38. bidansmart  |  April 6, 2010 at 5:58 pm

    Kunjungan rapelan lagi nih…..
    mmmmhh…..kalo soal makanan…..mmmmhhhh aja deh……
    Nunggu ada yang mau bikinin buat aq…..mmmhhhhh…..
    Mo buat sendiri……mmmhhhhhh…..aktivitas lain menunggu….
    mmmhhhh…ntar aja ah..prakteknya kalo dah punya….ehm…
    ato kalo ibu sempet bikinin….xixixixi….

    xexexe… kalu bidan smart komeng kek gini, aq cuma bisa bales kek gini nieee… hhmmmm … hhmmmm…. hhmmmm………… ^^

    Reply
  • 39. kikakirana  |  April 6, 2010 at 9:06 pm

    Duch kali ini QK nggak pengen ah,,,,
    daun anggurnya koq kek nya gimana gitu…:mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

    tapi OK kan penampakannya…😉

    Reply
  • 40. masnur  |  April 6, 2010 at 10:18 pm

    Pertama kenal arem2 di Semarang. Tadinya aneh kok kayak lemper tapi isi nasi? Tapi lama2 ketagihan. Sayangnya nggak bisa ngincipin yang dibungkus daun anggur di pic itu……😦

    Penasaran.

    yup.. sewaktu aq di semarang, ibu juga suka dapat pesenan arem2 dr temen2nya…. enak tenaaann.. sekarang aq kangen ma arem2 niee..😦

    Reply
  • 41. Didien®  |  April 6, 2010 at 10:23 pm

    lama rasanya saya ga makan arem²..
    boleh deh mbak kirimin arem²nya ke tempat saya hehehe…
    kunjungan silaturrahmi…

    salam, ^_^

    hehehe.. tempat didien mah adanya buras kan?? sama kek cirebon… ^^

    Reply
  • 42. fauza  |  April 6, 2010 at 10:25 pm

    waduwh…… kayag.e uenag ui….. kecut2an…heheheheh
    salam kenal… bleh tukeran link ea….. link.e pean dah tak psang… monggo dicek

    bener lama kelamaan enak juga dirasa… boleh silahkan..

    Reply
  • 43. joresan freedom  |  April 6, 2010 at 11:18 pm

    hmmm menggugah selera..hehe

    hehe juga… emang menggugah selera de’..

    Reply
  • 44. sunarnosahlan  |  April 7, 2010 at 5:24 am

    jadi pingin tau rasanya

    enak loh pak…^^

    Reply
  • 45. Ruang Hati Blog  |  April 7, 2010 at 7:08 am

    sarapan pagi buras disini

    silahkan de’..

    Reply
  • 46. mahesapandu  |  April 7, 2010 at 11:21 am

    Kalau tempatku namanya Nasi Gegog.
    Kayaknya buatan Flo menggoda juga…

    iya mahesa, enak loh..

    Reply
  • 47. newbiedika  |  April 7, 2010 at 11:32 am

    Arem2??hehe..kek nya saya gag pernah makan it..kalo nasi yg dbungkus daon mah,plg cm lontong yg prnah saya mkn.hagz

    masak belom pernah ada di daerah sekitar dika??😕

    Reply
  • 48. haris ahmad  |  April 7, 2010 at 11:37 am

    pastinya enak
    wah kalo ke sini selalu ada makanan yang enak
    minta donk

    hehehe… minta dibikin ma ceu cocom…😛

    Reply
  • 49. abang haris  |  April 7, 2010 at 11:38 am

    hik hik hik jadi kanegn lontong isi oncom bikinan emak Ogut

    nah itu buras namanya Gut…

    Reply
  • 50. abang haris  |  April 7, 2010 at 11:38 am

    hik hik hik jadi kangen lontong isi oncom bikinan emak Ogut🙂

    Reply
  • 51. nh18  |  April 7, 2010 at 12:11 pm

    Beuh …
    arem-arem yang bikin marem inih …
    jhehehe

    iya Om… ^^

    Reply
  • 52. wi3nd  |  April 7, 2010 at 1:14 pm

    pake dau an99ur yah?
    daun psian9 disanah nda ada sistah ?

    baru tahu rasa daun an99ur asam..

    eman9 sistah sunflomah T O P daacch.. !

    see yuuu sistaahh🙂

    daun anggurnya diasemin wi3nd.. di sana ga ada daun pisang..😦

    Reply
  • 53. omiyan  |  April 7, 2010 at 3:03 pm

    jadi kepengen mudik yeuh hehehehe

    emang omiyan ada dimana sekarang?😕

    Reply
  • 54. melly  |  April 7, 2010 at 3:21 pm

    sepertinya mantab tuh makan yang asem2 :ngiler:

    huooh… mell… eh,mell maap blom bsa ke blog mell, akses blogdetiknya gi susah niee…😦

    Reply
  • 55. Tanti  |  April 7, 2010 at 4:28 pm

    aku nda’ suka yang kecuuutt..
    tapi menggiurkan sangat lah.. versi Indonesia emang selalu tob, hehe emang lidahnye gak bisa di switch sih…

    itu diaaa, kita ilangin kecutnyaaa… :-p

    Reply
  • 56. bintangtimur  |  April 7, 2010 at 6:48 pm

    Lapor Sunflo…saya udah berkunjung ke adik Rose dan Nouf, mereka baik-baik…kangen kakak Sunflo katanya…😛

    terimakasih jeng.. ^^

    Reply
  • 57. Abu Ghalib  |  April 7, 2010 at 7:01 pm

    wow, enaaak..
    sy minumnya jus alpukat ya mba…!?
    dua gelas ga pake lama😀

    weeehh… secara alpukat di sana muahaalll banget…😦

    Reply
  • 58. fansmaniac  |  April 7, 2010 at 7:38 pm

    Srrrrpp uenak kayaknya, boleh pesan gak??
    Mau nyampaikan undangan nih, monggo mampir di blog sy ya? ada kado spesial😀

    http://fansmania.wordpress.com/2010/04/07/special-award-for-my-friend/

    Salam Blogger

    terimaksih bgt fans, udah ditinjau… ^^

    Reply
  • 59. ruhindo  |  April 7, 2010 at 9:16 pm

    Makan…makan !

    yu..yu..yuuu’…

    Reply
  • 60. setitikharapan  |  April 7, 2010 at 9:24 pm

    slrrp..jadi lapar lagi mbak, padahal udah makan malam, tapi lihat arem-arem ala mbak sunflo jadi selera lagi mbak.🙂

    hehehe… biar ndut ntar…😛

    Reply
  • 61. Caride™  |  April 7, 2010 at 10:15 pm

    arem²nya unik juga ya kalo di buat disana? heuheu…
    pake daun anggur, rasanya jadi kek h\gimana ya…???
    kunjungan malam mbak…

    eunak banget de’… hehee… makasih yaaa… ^^

    Reply
  • 62. Oyen  |  April 8, 2010 at 11:26 am

    whoaaaa…Oyen ngileerrrrr, uenak ya sedaonnya bisa dimakan, heuheu…sayang kagak ada daun anggur kek getu disini, jadi puengen…hiks…hiks..oleh2in duong kalo pulang ke Indo…*ngarep.mode.on*

    mosok?? cuba ngubek mall, barangkali ada…😛

    Reply
  • 63. anny  |  April 8, 2010 at 11:36 am

    Pingin nyoba ih , daun anggurnya cantik😀

    silahkan anny… ^^

    Reply
  • 64. aisyah muna  |  April 8, 2010 at 1:25 pm

    wew..jadi pengen coba….
    hmmmm….cuma diindonesia ada yg jual daun anggur ga ya???..hi..^____^

    salam kenal.

    silahkan… ^^ nyari yang nanem daun anggur … kenal juga…

    Reply
  • 65. idisuwardi  |  April 8, 2010 at 1:47 pm

    wah belum pernah saya makan nih makanan. Ini makanan khas daerah mana yah?

    daerah mediterania dan timur tengah..

    Reply
  • 66. sapta  |  April 9, 2010 at 9:08 am

    wahh..bikin ngiler nih.. heheh.. jadi pengen coba..😀😀

    hohoho…

    Reply
  • 67. muhammad zakariah  |  April 9, 2010 at 9:11 am

    hmmm… bikin ngiler cuy.. saya pernah makan tp yg biasa.. bukan yg kek gini deh.. bis daunnya beda sama yg ini..😀

    pake daun apa Zack??

    Reply
  • 68. Triunt  |  April 10, 2010 at 2:15 pm

    daun anggur rasanya kayak gimana yah🙄

    kek godong telo yunt… ^^ tapi emfuk..

    Reply
  • 69. Desri  |  April 12, 2010 at 8:26 am

    kalo dah di indonesia lagi, kita bikin arem2 arab pake daun talas ya mbak…..ga kalah mantep keknya

    yuuuuuuuu’… daun pace juga enak keknya des… ^^

    Reply
  • 70. Dariku « Try 2B cool 'n smart…  |  April 12, 2010 at 10:25 am

    […] kita menyantap hidangan sederhana yang […]

    makasih Kin…

    Reply
  • 71. yanrmhd  |  April 14, 2010 at 10:20 pm

    Mmmm, wah jadi laper nih,,,
    malem2 pas ujan lagih waduh…, hehe..

    entah gimana rasanya,
    tapi kayaknya enak tuh..
    bismillah,,,cuman liatin gambarnya doang:mrgreen:

    salam,, 🙂

    weeh… ujan tho?😕

    Reply
  • 72. sandal  |  April 23, 2010 at 11:01 pm

    mantap !!🙂

    gud… b*.^

    Reply
  • 73. oline  |  May 17, 2010 at 11:30 am

    kenapa waktu d kukus, d kasih alas wortel atau kentang sis??

    biar ga lengket di panci jeng.. cobain dech… dan lebih harum keknya… apalagi sama kentang… ^^

    Reply
  • 74. winda  |  September 22, 2015 at 7:06 pm

    Emmm…jadi kepingin,dulu q gak doyan uasem gak ketulungan ternyata lemonnya 5,6 buah….tapi lama kelamaan jd ketagihan,sering q bikin,tgn ampe pedih krn rempah2nya….q pakai daging dan nasi setengah matang jd gak trllu lsma msknya….myk zaitun yg byk so jd mengkilap ky lipgloss…oya pakai kol,kubis jg bisa namanya jadi malfuf bukan waragah inab lagi….klo png murah dan gak asem q beli di pasar kakia dpt mentah,tawar dan harus merebus sendiri,klo supermaket dptnya yg udah di awetkan,ditoples.oya klo di malang jatim beli daun anggurnya dimana ya….?mkn tmn2 bs bantu thanks…

    Reply
    • 75. sunflo  |  September 22, 2015 at 7:37 pm

      Waah.. nostalgia ya mba.. coba cari di mall besar level internasional kek kerfur atau hipermart. Aq jg ga bgtu paham. Lo pke daun anggur yg biasa ditnam di sini bs ga yah?:/

      Reply
  • 76. Rani  |  May 17, 2016 at 11:21 am

    Assalamu’alaikum mbak novi….lagi browsing malah nyangkut ke sini, hehehe. Kalau saya, waraq ‘inabnya saya tuang lagi bagian atasnya dengan jus tomat atau tomat cincang yang sudah dicampur sedikit dengan bumbu kabsah (atau nggak pake bumbu kabsah juga nggak apa sih), biar tambah sedep (menurut saya lho). Pertama kali makan saya juga ngerasa asem banget….tapi lama kelamaan enak hihi….seperti ketika saya pertama kali nyicip laban, kok rasanya aneh gitu tapi kelamaan malah seneng (apalagi yang rasa tobeli)

    hmm ngomong-ngomong…pakai daun anggur yang segar yang ditanam di Indonesia juga bisa kok…tapi pilih yang masih muda dan bersih (nggak ada bercak-bercaknya begitu) pastinya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: