Tawaran Berpahala

April 16, 2010 at 4:39 am 53 comments

Entah kenapa, kamis siang kemarin udara begitu panas kurasakan di luar rumah…

Hari itu hari libur, seperti biasa … tante ngajakin jalan-jalan lagi… Kali ini si tante bikin aku bete banget dech…meski masih tetep baik ma aku n hubby… Apa pasal?? Simak yuu’ ceritanya…

***

Masalahnya si tante mengganggu acara masakku di hari libur itu dan ngajakin belanja buah n sayuran pas siang bolong yang panas, menjelang dhuhur… Sementara hubby nyariin sayur… aku dan tante ditinggal di mobil secara aku duduk di depan dan kepanggang ma matahari yang panas itu…berasa kek kerufuk bin kerifik ajah nie aku …😦

ggrrhhhh… kepala dan otakku serasa berasap…!!!

Sepanjang perjalanan nganter tante dan pulang ke rumah… aku pasang tampang kek gini … :-(  lagi … :-(  dan lagi… :-(  Nie muka serasa jadi berlipat-lipat dan mulut semakin cekung ditekuk ke bawah …😦

Meski tante kasih jajanan aneka rupa… aku masih aja gini … :-(  Kepalaku kek serasa masih berasap ajah… :-(  Seble rasanya…

tuuh.. banyak banget kan.. alhamdulillaah, ada coklat, keripik orang sono, kacang atomnya orang sono dan…

snek kerupuk kentang bentuk paha ayam … hehehe:mrgreen:

xixixi… persis paha ayam kan??:mrgreen:

coklatnya lucu-lucuuu…:mrgreen:

***

Kepalaku serasa masih aja berasap saat bunyi telpon berdering di hapeku… Hmm, nomor saudi ga dikenal... Karena berulangkali nelpon tapi ga kuangkat… n dari pada bikin aku tambah gini …😦 lalu aku serahan ke hubby untuk menjawabnya …

Ternyata telpon dari Ummu Sulaiman … wanita Saudi yang kukenal saat ada acara di istirahat (villa). Dia menawari aku untuk mengisi pengajian TKW di istirahat dalam acara keluarga besarnya di daerah Busur…

Acaranya sehabis maghrib hingga pukul 9 malam untuk pengajian TKW-nya … Setelah reda manyunku… akhirnya aku setujui untuk mendatanginya…

***

Kubawa peralatan yang diperlukan selain persiapan mental tuk menjelajah medan baru …

tafsir qur’an, mushaf kecil dan kitab TAUHID karya syaikh Muhammad Attamimi…

***

Aku dijemput oleh pihak jaliyat Busur setelah shalat maghrib… sedangkan hubby ikut kajian ilmu di ‘Unaizah bersama menantu syaikh Al ‘Utsaimin…

Aku sendirian di mobil itu sebagai penumpang… Di depan ada sopir dan istrinya, yang juga merupakan kawanku… Sepanjang perjalanan malam itu, aku hanya menatap langit malam dan pemandangan di luar sana…

Aku dibawa keluar masuk kampung Busur… melalui perkebunan kurma,… jalan belak-belok… dan mulai menanjak ke arah puncak bukit…

dari bawah kulihat ada bangunan terang di atas bukit… aku menduga itu adalah tempat acara keluarga tersebut … dan ternyata benar…

ini pintu depan untuk para wanita…

Di dalam bangunan itu terhampar lapangan rumput nan hijau… dan taman yang tertata rapi serta ruangan-ruangan indah untuk pertemuan…

Ada sebuah tenda dengan ukuran sedang… dan di situlah tempat dilaksanakan pengajian para TKW yang dibawa oleh majikannya..

ini bagian dalam tenda yang kuambil gambar dengan buramnya…

Menandakan aku tak nyaman mengambil gambarnya ya?? Soalnya aku takut ketahuan ambil gambar, secara wanita-wanitanya pakai pakaian biasa dan berhias…

sambil menunggu mbak-mbak TKW, aku dan kawanku itu diajak ngobrol ma seorang nenek sesepuh keluarga mereka… Seperti biasa, cengar-cengir adalah jurusku kalau tak mudeng apa yang dibicarakannya… :mrgreen:

***

Setelah nunggu para pembantu kumpul, akhirnya kajian dimulai… Yang hadir ada 8 orang…

Melihat medan yang ada, maka kuputuskan untuk mengajarkan al qur’an beserta arti dan tafsir ringkasnya…secara pukul 9  malam aku masih ada keperluan keluar dengan hubby…

Alhamdulillaah mereka sangat antusias mengikuti penjelasanku… Aku bahas tentang QS. Al Fatihaah … Meski diselingi canda tawa mereka, yang suka memotong penjelasanku… dan aku hanya tersenyum menanggapi tingkah mereka…

***

Aku begitu terharu saat selesai pengajian … mereka berapresiasi terhadap diriku dan merasa sangat berterimakasih karena adanya forum nasehat ini…

Bila ada acara keluarga besar orang saudi, maka para pembantunya diajak serta… Seringnya para TKW itu ngobrol ngalor ngidul, nganggur sambil nungguin majikan, bahkan sering ngomongin majikannya…

Alhamdulillah ummu Sulaiman baik dan bijak banget… Daripada waktu para pembantu digunakan buat bercakap-cakap yang tak bermanfaat, maka diisilah dengan kajian ilmu…

Dan kau diundang tuk mengisinya secara rutin sebulan sekali…

***

Ada kabar menyedihkan pula…😦 … 2 minggu ini acara keagamaan di islamic centre diliburkan… seiring dengan libur sekolah di Saudi untuk jeda waktu belajar yang padat…

Mereka (siswa dan guru)  senang… aku yang sedih… :-(  Momen berbagiku di sana tertunda… dan setidaknya juga kugunakan sebagai ajang untuk menegakkan nasehat atas diriku bila sedang menjelaskan suatu materi pada mereka, murid-muridku…

Namun… sedihku agak terobati dengan adanya tawaran baru tuk ikut belajar mengkaji kitab Ushuluts Tsalatsah bersama dengan da’iyah yang lainnya… nanti hari sabtu… 3 kali dalam seminggu … ^^

Aku ingin coba ikut meski tak begitu paham bahasanya… namun setidaknya, ampunan yang dimohonkan oleh para malaikat untuk para pencari ilmu kepada Rabb semesta alam ingin kuraih dengan mengikuti majelis ilmu…

bersemangat untuk menuntut ilmu yuuuu’ …. ^^

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

Hari Ini, Setahun yang Lalu … Blekutak … Oh … Blekutak

53 Comments Add your own

  • 1. bidansmart  |  April 16, 2010 at 6:21 am

    assalamualaikum mba’

    wa’alaikumussalam warahmatullah dindaQ

    Reply
  • 2. Nanang Abdullah  |  April 16, 2010 at 6:24 am

    Ternyata mbak Sunflo disanah sebagai Da’iyah juga.

    ah, setiap muslim adalah penyeru (da’i), nanang… sebisa dia dengan ilmu yang telah sampe padanya… ^^

    Reply
  • 3. bidansmart  |  April 16, 2010 at 6:26 am

    indahnya mba bisa hadir di majelis untuk belajar dan mengajarkan….aq acung tangan daftar jadi jmurid…hehehe..

    sama2 jadi murid ajah yuuu’…😉

    Reply
  • 4. didot  |  April 16, 2010 at 6:31 am

    sering juga keknya dipanggil buat ngisi pengajian ya mbak??😛

    emm itu yg faha ayam snacknya enak gak ya? tolong kalau pulang ke indonesia dibawain ya,jadi kepengen coba itu faha ayam wkwkwkwkwk

    hehe… ga juga de’… nie aja kalu ada yang tertarik dan punya semangat dakwah yang tinggi bagi para pembantunya… hooh nie, fahanya eunak tenaaannn…. b*.^ di indonesia belum ada ya?

    Reply
    • 5. didot  |  April 16, 2010 at 1:14 pm

      ehem iya belum ada,dan insya Allah berfahala juga lho bawain itu faha ayam buat ane hehehehehehehehehehe😀 *ngareup dot com

      kekeke…buat bisnis ekspor impor nieee…😛

      Reply
      • 6. anna  |  April 18, 2010 at 3:57 pm

        yaaaa… yang lain komen kalo si teteh pinter ngasih pengajian kenapa didot malah ngebahas pahanya yaaaa…
        tapi boleh lah teh.. kirim 1 kontainer ke jogja…hehehe

  • 7. ekopras  |  April 16, 2010 at 6:37 am

    luar biasa…proses belajar dan mengajar yang penuh perjuangan

    so suiittt, eko…^^

    Reply
  • 8. Undangan « sunflower | ujian paket b  |  April 16, 2010 at 7:19 am

    […] See the original post: Undangan « sunflower […]

    Reply
  • 9. asepsaiba  |  April 16, 2010 at 7:24 am

    Ayo dong.. yang rajin blajar ngomong arabnya.. Biar gak cengar-cengir lagi…😀
    Saya punya banyak saudara yg jadi TKW di Saudi bun.. Salam hangat dari saya untuk para pahlawan devisa negara itu ya bun… Terutama buat TKW asal Indramayu.. (pasti banyak kan?)🙂, secara saya kan wong Indramayu juga…🙂

    iya neh kang… cengar bin cengir… iya TKW yang dari indramayu atau yang dari jabar tuh buanyaaaak banget…🙂

    Reply
  • 10. serdadoe tanpa markas  |  April 16, 2010 at 7:25 am

    kita bisa karena belajar
    mbah jadi malu
    udah kolot masih kurang belajar !!!

    mari belajar hingga ajal menjemput, mbah..

    Reply
  • 11. Masdin  |  April 16, 2010 at 7:25 am

    Salut sama mba ini… terus berdakwah!

    terimaksih masdin… ^^

    Reply
  • 12. koplak  |  April 16, 2010 at 7:58 am

    ternyata di saudi berat juga ya?

    wah ndak juga… cuma cuaca ajah kok yang bikin kurang sabar, dan aq harus meningkatkan ksabaran nieee…🙂

    Reply
  • 13. soewoeng  |  April 16, 2010 at 8:00 am

    kirain kalo di arab itu maju pengetahuan dan penyebaran islamnya

    perlu soewoeng tahu, tetap pengetahuan dan penyebaran islam di arab itu selangkah lebih maju dari kita, apakah kemajuan cuma dilihat dari satu sisi kesusahpayahan ini?? semua tergantung manusianya, soewoeng… tak semua muslim mau diajak utk menuntut ilmu, inilah bukti hadits bahwasanya ilmu itu harus dicari, tidak hanya utk org non arab… orang2 arabpun harus menuntut ilmu juga, krn banyak org2 arab yang bodohh akan ilmu dien… hanya penampilannya saja yang islami, namun ilmu itu blom sampe ke sanubari… sehingga sering kita dengar banyak terjadi kezhaliman di sana.. meski kebaikan pun juga banyak bertebaran di sana… wallahu a’lam..

    Reply
  • 14. Wong Jalur  |  April 16, 2010 at 8:18 am

    “bersemangat untuk menuntut ilmu yuuuu’ …. ^^ ”
    YUUUUU…kkk

    yyyuuuuuuuuu’…:mrgreen:

    Reply
  • 15. wawansri  |  April 16, 2010 at 8:22 am

    ikutan..mbak…dlm :
    ” bersemangat untuk menuntut ilmu ”
    Alhamdulillah smoga menambah smagat belajar.Amiin

    yu’ de’… kita emang kudu bersemangat tuk mengusir kejahilan dari dalam diri yaa,… biar mendapatkan kselamatan di dunia dan akhirat, aamiin…^^

    Reply
  • 16. akhta  |  April 16, 2010 at 9:41 am

    Semoga segala kegiatan dan dakwah Ibu mendapat kelancaran dan berkah yang tak terhingga dari Allah SWT. Amin.

    aamiiiin… terimakasih akhta… ^^

    Reply
  • 17. Siti Fatimah Ahmad  |  April 16, 2010 at 10:28 am

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar Mbak SunFlowerku.. lama sudah tidak berkunjung ke Saudi menemui Mbak di sana. Mudahan aktivitas yang mbak hadiri itu mendapat barakah dan rahmat dari Allah. selain belajar ilmu kita juga dapat menyambung silaturahmi sesama insan walau budaya dan bahasa berbeda, ia bukan halangan untuk bersatu dan bersama.

    Semoga Allah merahmati mbak Sunflowerku juga keluarga di sana. Salam sayang dan manis selalu dari saya di Sarawak, Malaysia.

    wa’alaikumussalam warahmatullah, lama tak sua sista, semoga sehat dan bahagia selalu yang dirasa… aamiin, terimaksih atas doanya dan demikian pula yang saya harapkan juga menyerta pada sista… ^^

    Reply
  • 18. nakjaDimande  |  April 16, 2010 at 10:49 am

    ayo dong nouf jangan cemberut terus.. Allah pasti kasih jalan untuk semangat belajarmu yang menggebu-gebu itu.

    semangat sunflo mengagumkan.

    cemberutnya udah ilang bundo… kan sekarang udah adem lagi udaranya… hehe, makasih bundo.. *.^

    Reply
  • 19. deny marisa  |  April 16, 2010 at 11:04 am

    Sepanjang perjalanan nganter tante dan pulang ke rumah… aku pasang tampang kek gini …😦 lagi …😦 dan lagi…😦 Nie muka serasa jadi berlipat-lipat dan mulut semakin cekung ditekuk ke bawah …😦 <—————-bisa juga mba ngambek??jangan atuh mba..ntar ilang cantiknya dibalik hijab yang anggun..🙂

    kalau pada libur..saya aja yang jadi muridnya..
    dengan senang hati..😀
    mungkin mba yg stress dapat murid saya..hihihi

    ayuuuu’ belajar bareng… ^^ soalnya fanas banget sih de’… jadinya bikin aq cemberut…😦

    Reply
  • 20. deny marisa  |  April 16, 2010 at 11:50 am

    hehehe….kan udah dikasih snek…
    hehehe

    enak kyanya tuh mba..mau nah..kirim ke indonesia..hehehe

    ah, aq kalu ngambek cuma sementara waktu kok de…. ga bisa lama2… soalnya ga enak kalu lama2 cemberut tuh… hehehe

    Reply
  • 21. ismi  |  April 16, 2010 at 12:36 pm

    hehehe, ntu pas ditinggal suami belanja, mbak sama si tante diem2an aja gtu di dalem mobil??

    itulah yang bikin aq rada sutris kelas bantam junior….😦

    Reply
  • 22. fansmaniac  |  April 16, 2010 at 1:23 pm

    Wah Sunflo, kalo berasap awas kebakaran lho kepalanya he.. cocok juga nih jadi Ustazah… Subhanallah.. Jadi pengen juga ke arab saudi😀

    hehehe.. hampir kebakaran, atinya jugaa…😛 insyaAllah.. semoga kelak fans bisa ke sana yaa…

    Reply
  • 23. kakve-santi  |  April 16, 2010 at 3:07 pm

    kokk rada menyeramkan ya..

    serem ya????😕 apanya yang serem? gtu ajah kok takut?? sante ajah lagiiiiii…😛

    Reply
  • 24. melly  |  April 16, 2010 at 3:22 pm

    sejuk bgt klo masuk sini, apalagi klo udah ngomongin tafsir2 gitu, walaupun aku gk ngerti dengan ilmu2 seperti itu, tapi kepengen bgt bisa ikutan pengajian seperti di mba sunflo🙂

    alhamdulillah… sunflo usahakan tuk mengisi materi berat dengan bahasa yang mudah dipahami, mell… ingin rasanya berkumpul bersama di majelis ilmu ya… ^^

    Reply
  • 25. abrus  |  April 16, 2010 at 3:56 pm

    Sunflo, mukamu kek kerufuk bin kerifik ini?? …😦 … ada 10 kali … n kepala & otakmu serasa berasap, …😦 lagi …😦 lagi…😦 idem …😦 … idem 😦 podo …😦 … 10 kali juga …

    hihihi @brus … ketawa-ketiwi, ngebayangin wajah sunflo 😦 … 10 kali

    sualnya udaranya fanas banget sih brus…😦

    Reply
  • 26. abrus  |  April 16, 2010 at 4:08 pm

    Alhamdulillah … akhirnya si doi … tersenyum 🙂 lagi …😀 … lagi …😛 … podo …😛 … hatipun puas …

    akupun ikut tersenyum …😉 … mariii …😀 … kita menuntut ilmu yuuuu’ …😛 … ^^

    aq kalu marah, ngambek n cemberut ga bakalan tahan lama..😛

    Reply
  • 27. arsumba  |  April 16, 2010 at 4:28 pm

    saat mbak sunflo😦 diriku jadi ikut2an pengen😦 juga..

    ternyata perjalanan mbak sunflo di negeri arab sana sangat mengasyikkan ya.. bisa berdakwah sekaligus menuntut ilmu..
    haduh.. jadi kepingin juga nih.. hehe..😀

    alhamdulillaah, nanang… aq bahagia di sana…🙂

    Reply
  • 28. mahesapandu  |  April 16, 2010 at 4:41 pm

    Salut buat perjalanan dan aktifitasnya. Tidak banyak orang yang punya kesempatan dan spririt kyk sunflo..

    terimaksaih mahesa, alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 29. fara  |  April 16, 2010 at 5:56 pm

    salam kenal mbak flo,,,,,
    wahhhh di saudi yaaa, jadi kangen pengen kesana lagi,,
    sekali saya kesana tahun lalu, menyompan doa supaya bisa kembali lagi..
    kalo lagi kesana mampir tempat mbak flo ya….😀

    kenal juga fara… pernah ke saudi yaa… enak kan??😉 silahkan… ^^

    Reply
  • 30. matanaga  |  April 16, 2010 at 6:33 pm

    emang kalo telpon ngga di kenal males angkat ye?
    padahal takut sama hubby tu khan..?🙂
    slamat menggapai ilmu setinggi langit dah!

    dari sejak di indonesia, sunflo paling males angkat telp dr nomor ga dikenal…. pinginnya dikirimin sms dulu ini no siapa gtu…😛 makasih mata…. ^^

    Reply
  • 31. d.e.q  |  April 16, 2010 at 7:01 pm

    Gyaaaa ―― Yang biasa di Saudi aja cengar-cengir apalagi Ayas yang baru belajar bahasa Arab? Cengar-cengor kali yak? Hemm, terusin aja tawarannya. Nanti jadi ustadzah yg sukses, amienn

    deq… sunplo ga ingin jaid usadzah yg terkenal kek gtuan.. pngin jadi org biasa yang bisa mengamalkan ilmu dan berusaha menyebarkannya…🙂

    Reply
  • 32. abrus  |  April 16, 2010 at 7:12 pm

    Pertama kali kenal ‘dblger Sunflo yg mukim di Saudi, saya duga ia TKW … dugaan itu lamaaaaaaa … baru terjawab dgn PASTI ..!!
    Paragraf kalimat dibawah ini dari salah satu postingannya … yg memberikan jawaban itu!!! …🙂

    “Tadi sore sehabis ashar adalah jadwalku untuk mengisi siraman rohani di Busur, namun karena tak ada mbak-mbak TKW yang datang…akhirnya aku pulang dengan diantar oleh mobil dinas Jaliyat Busur. Sepanjang perjalanan pulang, melalui kaca jendela mobil, kubuka mataku lebar-lebar…untuk memaknai diriku saat itu…”

    Waktu itu gak ada mbak tkw yg datang, sekarang ada 8 orang … Alhamdulillah …😉 … itulah SOSOK seorang Sunflo, daiyah bagi para mbak2 pahlawan devisa bangsa kita …😛

    makasih abrus… aku mencintai mereka kek saudara sendiri…🙂

    Reply
  • 33. Asop  |  April 16, 2010 at 7:14 pm

    Wah, di sana masih panas ya, Mbak?😀

    hooh nie sop…

    Reply
  • 34. setitikharapan  |  April 16, 2010 at 7:37 pm

    Subhanallah, fastabiqul khairat ya mbak. Mudah-mudahan semakin banyak orang-orang yang mengikuti jejak mbak nouf.🙂

    Jempol deh untuk ngisi pengajiannya. Jangan cemberut lagi ya.😀

    udah senyum lagi kok… alhamdulillaah, makasih ya de…

    Reply
  • 35. hanyanulis  |  April 16, 2010 at 8:58 pm

    Wah, cemilannya bikin ngiler ya..🙂

    hehehe… efeknya bgtu dahsyat….😛

    Reply
  • 36. Aldy  |  April 16, 2010 at 9:00 pm

    Dibalik sebuah peristiwa selalu saja ada nikmat yang petik.

    yup… that’s right

    Reply
  • 37. idana  |  April 16, 2010 at 10:35 pm

    coklatnya itu lho…bikin termehek2 juga hehhee

    ida kefingin rufanya…:mrgreen:

    Reply
  • 38. sunarnosahlan  |  April 17, 2010 at 2:47 am

    bentuk makanannya unik-unik

    hooh pak… ^^

    Reply
  • 39. Ifan Jayadi  |  April 17, 2010 at 4:50 am

    Selalu semangat untuk belajar. Karena dengan belajar kita bisa menjadi pribadi yang peka dengan lingkungan sekitar. Seperti majikan yang peka terhadap apa yang seharusnya diberikan kepada pembantu mereka dengan mengisinya berupa pemahaman keilmuwan

    yup ifan… makasih atas komen penyemangatnya ini… ^^

    Reply
  • 40. yoriyuliandra  |  April 17, 2010 at 7:51 am

    Awesome, what a great activity

    Btw, jadi mikir. Pas pengajian wajah yang tadi siangnya udah diganti kan…? hehe… Masak iya guru ngajinya berwajah😦 dan😦 melulu…

    Sedangkan pasang wajah🙂 aja para pendengarnya belum tentu welcome, apalagi pake wajah😦

    Hehe.. kidding.🙂

    udah dunk… sunflo ga bakalan tahan lama kalu cemberut…😛

    Reply
  • 41. Mas arif  |  April 17, 2010 at 8:42 am

    Subhanallah. . . .
    Jd pengen ke saudi nh hehe. . .
    Jgn lpa mampir di blog nya orang indo asli😀

    yoi… ntar aq kunjungi makasih atas kunjungannya… walillahilhamd… ^^

    Reply
  • 42. yanrmhd  |  April 17, 2010 at 8:45 am

    semangat, semangat!!!
    selamat berjuang, teriring doa, smoga menjadi sebuah perjuangan yang indah dan menyenangkan…

    “Seperti biasa, cengar-cengir adalah jurusku kalau tak mudeng apa yang dibicarakannya…” hehe,,,trik jitu…:mrgreen:

    semangat sunflo!!!😀

    nice…nice.. makasih yan… ^^

    Reply
  • 43. mayasari  |  April 17, 2010 at 8:49 am

    terpesona sama bentuk coklatnya…😀

    hmmm… ga tersepona ma aq??😕

    Reply
  • 44. achoey  |  April 17, 2010 at 9:36 am

    ummi mah hidupnya senantiasa indah
    penuh berkah🙂

    alhamdulillaah… makasih choey… aaamiin… ^^

    Reply
  • 45. Ruang Hati Blog  |  April 17, 2010 at 11:21 am

    Sukses selalu buat sobatku nun jauh di perantauan, sukses menggapai semua harapan

    terimakasih de’… salut buatmu dech… b*.^

    Reply
  • 46. Den Hanafi  |  April 17, 2010 at 12:58 pm

    terus semangat mbak…🙂

    yup… makasih de’… ^^

    Reply
  • 47. monda  |  April 17, 2010 at 5:11 pm

    semoga makin banyak majikan yang seperti ummu Sulaiman itu ya spy nasib bangsa kita di sana jadi lebih baik dan tidak teraniaya

    salut nof, terus belajar dan bagi2 ilmu ya
    semoga dilimpahkan pahala dari sang Khalik Allah SWT, amin

    aamiiin… makasih mba atas doanya… ^^

    Reply
  • 48. kikakirana  |  April 18, 2010 at 8:27 pm

    Kalo mbak sunfLo ini sudh bukan tuntutlah ilmu sampe ke negeri china lagi… tapi
    tuntutlah ilmu meskipun ada di saudi qkqkqkq😛
    kagak nyambung yakz:lol:

    HIDUP!!! ^_^

    Reply
  • 49. bundadontworry  |  April 18, 2010 at 9:01 pm

    duh hebatnya Mbak Flo, bisa menjadi daiyah dinegeri orang, semoga Allah swt memudahkan dan memberikan pahala utk Mbak Flo,
    berbagi dan belajar memang selalu menyenangkan.
    salam.

    NB: mau dong coklatnya yg lucu2 itu……….. *ngiler*

    Reply
  • 50. Kakaakin  |  April 19, 2010 at 8:00 am

    Ternyata majikan disana banyak yang baik juga ya, membawa pembantu tuk menimba ilmu🙂
    Mari kita sama2 menimba ilmu 🙂

    iya kin… alhamdulillaah.. ^^

    Reply
  • 51. rainbroccoli  |  April 19, 2010 at 12:01 pm

    Salam kenal Mbak… Ikutan baca… Mampir2 ke blog saya yah…🙂

    kenal juga.. ok insyaAllah aq kunjungi… ^^

    Reply
  • 52. Tanti  |  April 20, 2010 at 2:45 pm

    Mbak nouf emang gak ngobrol2 ama si tante, pas ditinggal suami belanja..?

    ga bisa ngomong arab tant…. hikz…😥

    Reply
  • 53. tutorial hijab paris  |  September 12, 2014 at 1:35 am

    What’s up, its fastidious piece of writing
    concerning media print, we all be aware of media is a enormous source of information.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: