Blekutak … Oh … Blekutak

April 17, 2010 at 2:12 pm 62 comments

Hohoho… Alhamdulillaah… jalan-jalan ke Hyperpanda lagi… Kali ini ma tante juga… doi mo nyari pesawat telpon, sedangkan aku mo nyari minyak goreng n tepung…

Hmmm… dasar wanita… maunya mo beli dua barang, tapi yang kesabet DLL (dan lain-lain) juga akhirnya…😛

Pssttt… aku menemukan 2 barang yang menarik… Dan yang aku share pada kalian adalah yang satu ini… Apaan tuuuh??😕

***

Masuk ke area belanja… Ngambil pisang, terus daun bawang, n then nyomot buah jenis baru yang aku juga belum tahu apa dan gimana rasanya… nyabet jus mangga dan jambu biji… ambil daging giling… daaannn… hubby belok ke stand ikan … Biasa, doi seneng banget ma masakan sea food…

Sambil kuberlalu membiarkannya melihat-lihat ikan-ikan yang gie mejeng di sana, aku mengeluarkan rengekan memelasku, “Cumi-cumiiiiiii… !!!”😦

Hehehe… kuberlalu tanpa menimbang rasa… langsung memisahkan diri dari hubby menuju stand keju …:mrgreen:

Tak berapa lama kulihat hubby udah transaksi dengan penjaga stand dan memasukkan sebungkus besar ‘gebetan’nya di sana… Lalu kami jalan lagi tuk mencari barang lainnya…

***

Ketika sampe di depan kasir dan menaikkan barang belanjaan ke meja jalan… pandanganku terpaku pada ini …

whattt??!!! :shock:  muahaaallll aaamiiirrr… ??

“Kok mahal, Kak?” tanyaku pada hubby… “Iya … emang mahal..”, jawab hubby.. “Terus … kenapa kok dibeli??”, tanyaku lagi… “Loh… katanya pingin, ya udah gapapa…”, jawab hubby…dengan pandangan dan nada yang gimanaaaa gtu…🙄

Tapi kami berpikir… nie bahan makanan yang mewah menurut ukuran kami…

Wah… ternyata rengekan memelasku menimbulkan efek yang dahsyat niee… :mrgreen:

Dengan nada pasrah, hubby bilang, “Nanti dimasak, dan kita makan makanan mewah sekali makan…”😦

Kubilang, “Weiitzz… ntar dulu, masak sekali makan…??!! Percayakan padaku, kita bisa meminimalisir kemewahannya untuk 3 kali makan” Hehehe…😆

***

Akhirnya keesokan harinya, aku mulai menggarap nie binatang laut … setelah sebelumnya kumasukkan ke dalam freezer…

nie tampangnya…. gede banget kan??:mrgreen:

beratnya 2 kg, harga perkilonya hampir 15 real, jadi harga seluruhnya 30 real …

***

Siapa sih sebenernya doi tuuh???😕

Okeii… dia bernama …

white cuttle fish atau yang disebut dengan cuttlefish ajah… Nama bekennya di kampungku adalah…

… b l e k u t a k

:mrgreen:

nie blekutak yang kecil-kecil…

di tempat kalian ada kan binatang kek gini nie?? itu loooh cumi-cumi yang punggungnya ada batok atau cangkang pelindungnya atau istilah kerennya cuttlebone

Meski nama bekennya di kampungku katrok banget… hehehe… blekutak … , namun si cuttlefish ini punya nama keren dalam bahasa latin yaitu Sepia atau dalam bahasa Italianya adalah Seppia(halah!! cuma beda tipis ajah di huruf p – nya… :mrgreen:  )

Kalau di Indonesia bentuk blekutak ini kecil-kecil… dan untuk yang ukuran besar-besar kek gini, sangat populer di Italia untuk dijadikan suatu masakan terkenal di sana yaitu Risotto al Nero de Seppia … atau sotong beras hitam… hehehe… keren yaa… tapi kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kok jadi gmanaaa gtu… sotong a.k.a blekutak … hehehe …😆

Oh ya… jenis binatang laut ini juga dikenal banget n terkenal sebagai menu hidangan di daerah Mediterania, Asia Timur, Selat Inggris dan beberapaa belahan dunia lainnya termasuk Indonesia, tentunya dengan jenis yang lain dari ini…

***

Kembali pada balada blekutakku …

dia akhirnya kurebus untuk menghindari pembusukan dan biar gampang aku iris-iris … dan aku ingin tahu, seberapa besar penyusutannya…

Eh… ternyata doi masih tetep gede… ga banyak menyusut kek golongan moluska lainnya bila dimasak… ^^

nie dia si blekutak rebus yang udah kuambil cangkangnya…

nie cangkangnya … gede banget yaa…

Hmmm … bagi konsumen kek aku gini.. cangkang doi begitu menggangguku … secara mengurangi timbangan dan volume tubuhnya… Namun… bagi si blekutak ini, cangkang (cuttlebone) ini berguna bagi dia tuk keperluan navigasinya, yaitu mengapung dan berenang di air …

***

Akhirnya aku potong-potong si blekutak itu menjadi 3 bagian, yaitu kepala, dan badannya kubelah dua…

bagian badan kupotong-potong lagi menjadi 4 bagian dan kusimpan di freezer… hehehe… untuk meminimalisir efek ‘mewah’nya … :mrgreen:  buat lauk pada waktu yang akan datang… ngiriiiiiittt gtu loh…

dan bagian kepala serta ‘jeroan’nya aku masak untuk menu makan siang hari ini…

Hihihi… tuh tampak ‘berdarah-darah’ … maklum…bagian tintanya kusertakan untuk diolah pada kloter pertama ini…:mrgreen:

Aku dan hubby paling doyan makan cumi atau blekutak ini dengan tinta hitam masih ada padanya… Kan ada yang ga suka n jijay ma tintanya ini, kan?? Padahal, kupikir gurih banget nie tinta… Dan kudengar-dengar, pembuatan petis, aslinya pake tinta cumi-cumi yaa…?? Bener ga siiih??

Dan kuolahlah doi jadiiiiii …

tumis blekutak sunflo merengeeekkkk:mrgreen:

dengan bumbu: bawang merah-putih, irisan cabe yang pedes, tomat serta merica… diungkeb jadi satu, kasih air, kasih rasa, dan sebelum diangkat, kasih minyak goreng dikit….

Ini merupakan salah satu masakan kesukaan kami…

Hehehe… biarin hitam… yang penting enak…. dan selama makan, kami dibuat cengar-cengir saat melihat satu sama lain…

Kenapa cobaaaaa????😕

hehehe…

Dijamin… mulut dan bibir kami jadi iteeeeeemmmm kek bibirnya mak lampir dech…  😆

***

Hubby… insyaAllah aku ga lagi-lagi merengek-rengek iseng-iseng dech… soalnya betapa rengekanku dahsyat banget efeknya… hehehe… membuat hatimu ga kuku… dan ingin memenuhinya, bagaimanapun caranya… berapapun mahalnya selagi itu bisa kau jangkau…

Dah dua kali kejadian rengekan ‘maut’ku membuat hubby jadi ga tega… meski dalam diamnya… Pssttt… pelajaran berharga bagi para istri… untuk tidak membebani pikiran para suami dengan rengekan ‘maut’nya itu yaa…:mrgreen:

sumber gambar: wikipedia.org dan petitchef.com

Entry filed under: kisahku di saudi, kuliner. Tags: , , , , .

Tawaran Berpahala Siapa Sebenarnya Dirimu, Escadonia??

62 Comments Add your own

  • 1. Masdin  |  April 17, 2010 at 3:11 pm

    Saya sering juga makan yang beginian, tetapi biasanya hitamnya dibersihkan dulu biar gak blepotan…..

    hubby sukanya malah item2nya ini… hehehe…

    Reply
  • 2. farus  |  April 17, 2010 at 3:19 pm

    wah mantap banget boleh dicoba nih…

    silahkan… ^^

    Reply
    • 3. andipeace  |  April 18, 2010 at 4:54 am

      makan bareng-bareng ya sob😀

      Reply
  • 4. monda  |  April 17, 2010 at 3:42 pm

    sama dong orang rumah or hubby juga maunya cumi item gitu ,masaknya juga sama, cuma ditambah air asem dikit biar lebih segar

    horeee ada temennya… alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 5. yanrmhd  |  April 17, 2010 at 3:45 pm

    heu,heu…
    selalu asik dah ceritanya…:mrgreen:
    slamat menikmati,, hehe..

    hehehe.. terimaksih yan… ^^

    Reply
  • 6. ismi  |  April 17, 2010 at 4:10 pm

    qt juga suka cumi……😀
    tapi…………………
    knp cumi dijakartaa (wlopun ada embel2 cumi seger) ttp ajah kek udah busuk baunya pas dimasak😦
    kita jadi kapok!!!!!!! “pokona g usah beli lagi.(titik)” kata Biy…..

    weeh jangan menyerah tuk mencari yang seger… ^^

    Reply
  • 7. ismi  |  April 17, 2010 at 4:11 pm

    blekutak….. namanya katrok abiiiiiiiiiiiiiiis…….😆
    baru pernah denger …..
    ckckckckck…..

    asline sih balakutak… hheehee…

    Reply
    • 8. Shaquille  |  April 18, 2010 at 9:08 am

      Wah ndesooo, blekutak aja ga ngerti. Katrok😆

      Reply
      • 9. ismi  |  April 19, 2010 at 7:24 am

        gw taunya cumi, biasa dikota tuh nyebutnya cumi…🙄

        cumi blekutak wis podo wae…

  • 10. cizkah  |  April 17, 2010 at 4:12 pm

    mba aku kok bingung ya…awalannya jalan sama tante…tapi akhir2 cerita ternyata jalan sama suami..yang namanya tante tuh yang mana? hehehe

    kan tintanya itu bermanfaat untuk ngobatin kanker kalo gak salah mba. Aku pernah nonton pas ke tempat adik ipar, ada acara apaa gitu, pokoknya njelasin tentang cumi2 (sefamily kan ya?)

    Aku juga sukanya malah pas banyak tinta gitu….enak….cuma caranya gimana ya mba biar tetep banyak…kadang kalo kecuci kok jadi ilang deh tintanya.

    hehehe.. bacalah postingan sebelumnya… hmmm, keknya nyucinya jangan terlalu bersemangat deh… ^^ biar ga luntur tuh tinta… pake air yang mengucur

    Reply
  • 11. ismi  |  April 17, 2010 at 4:14 pm

    seneng ya klu pas belanja gtu bsa srobot ini itu…
    kl aq blnja ma Biy….huft….bingung…
    “biy, beli ini ya??” “gak!!” jawabnya.
    “beli ini ya??” “gak”

    padahal kl msal aq beli2 tanpa sepengetahuannya dan tiba2 sudah tersedia dirumah dengan manisnya, ya yg ngabisin do’i😦

    xixixiiiii… beda banget ma hubby ku… ^^

    Reply
  • 12. aurora  |  April 17, 2010 at 5:14 pm

    suami yang baik… tetap sayang pada istri yang suka merengek… hihihi(ditabok kak sunflo)…
    BTW, aku kurang suka sama cumi yang dimasak pake tinta kak… kesannya gimanaaa gitu…. gurih sih emang… cuma yaaa… bikin ilfil lho item-itemnya itu…. ahhh… andai saja tinta itu warnanya bening….

    weeh justru tinta yang berwarna bening kesannya kek gimandraaa gtu… :p

    Reply
  • 13. abrus  |  April 17, 2010 at 5:56 pm

    Sunflo dari zaman baheula usiaku sampai kini, saya takut makan ‘binatang laut karena pengalaman masa kecil ‘mulut dan bibirku dibuat jadi … ‘jontor alias bengkak2 … karena … ‘alergi berat.
    Waktu itu penyebabnya ‘udang kala … jadilah, sampai kini saya anti sama cumi, kerang, kepiting … apalagi tuh sotong …😦

    aq dulu juga suka alergi… tapi alhamdulillaah sekarang dah ilang

    Reply
  • 14. Thomas  |  April 17, 2010 at 6:06 pm

    Dasar perempuan ya….emang suka “terusik” kalo ngelihat barang yang menarik dan bagus. rencana belanja satu pulang bawa beberapa kantung plastik….tapi itulah…..memang seperti itu adanya.

    salam.

    bener sekali jeng… hehehe… ^^ eh, jeng apa mas siih??

    Reply
  • 15. setitikharapan  |  April 17, 2010 at 6:48 pm

    itu lah sifat laki-laki mbak, gak tegaan lihat orang yang disayangi merengek-rengek..😀
    tumis blekutak sunflo merengeeekkkk nya kok hitam legam gitu mbak, tapi mengundang selera banget.

    iya tintanya kebanyakan de’…

    Reply
  • 16. nanangrusmana  |  April 17, 2010 at 8:00 pm

    hihihi…..balakutak kalau orang kuningan bilang..
    jadi mau…

    yup … balakutak keknya, nanang… ^^

    Reply
  • 17. abrus  |  April 17, 2010 at 9:07 pm

    Ehm .. ehm … ada ‘istri ngerengeekkkk ama miswanya … sang miswa tetap sayanggggggggg … utulah tipe miswa ideallll …😀

    yup… alhamdulillah hubby ideal tuuh

    Reply
  • 18. mahesapandu  |  April 17, 2010 at 9:16 pm

    referensi baru nih, blekutak, tahunya cuman cumi2..

    weeh… ini pakdhenya cumi-cumi… :p

    Reply
  • 19. fey  |  April 17, 2010 at 9:42 pm

    namanya aneh…
    bLekutak…!!??
    kLu Sotong..???

    yeeee.. emang fey blom pernah makan???😕

    Reply
  • 20. Asop  |  April 17, 2010 at 10:24 pm

    Wah, hebat,… bisa masak yang seperti itu….😮
    SAya kira cumi lho… mirip banget ama cumi…😀

    yeeee.. emang cumi2 sop…😕

    Reply
  • 21. yangputri  |  April 18, 2010 at 6:27 am

    Mbak itumah hobbyku banget kalo disuruh makan ikan cumi apalagi lobster hmmm

    Reply
  • 22. Fikar  |  April 18, 2010 at 8:31 am

    Wah,,, seafood bikin lapar….
    mau dong

    Reply
  • 23. Shaquille  |  April 18, 2010 at 9:11 am

    sotong tuh bukannya beda sama blekuthak? sotong klo di daerahku namanya cumi2. Klo blekuthak ya blekuthak

    Terakhir kali makan cumi2 tuh lebih dari 1 thn yg lalu, abis itu badan gatel semua… Obat buat nyembuhinnya jauh lebih mahal daripada harga cumi2nya😦

    wikipedia bilang e sotong e… weeh, bisanya alergi gtu, emang pake obat apa kok muahal amiir…😕

    Reply
  • 24. Ruang Hati Blog  |  April 18, 2010 at 12:23 pm

    itu aneh ya sotongnya, gede banget

    ada yang gedenya 2 kali ini de…

    Reply
  • 25. dafiDRiau  |  April 18, 2010 at 12:30 pm

    tapi kok kayak lumpur gitu y…

    hehehe… asal ga lumpur lapindo ajah…

    Reply
  • 26. bintangtimur  |  April 18, 2010 at 12:35 pm

    Siang Sunfloooo…
    Apa kabar?
    Udah banyak posting baru disini…waaaah, satu-satu dulu deh saya baca. Saya punya ‘hutang’ kunjungan juga ke beberapa teman😛
    Kalo Sunflo bilang blekutak, saya nyebutnya balakutak (bahasa Sunda gitu…), dan kisah sedihnya, di rumah cuma saya yang doyan masakan ini…suami dan anak, waduh, pada nggak suka😦
    Jadi, kalo saya pengen ini, biasanya saya bilang ke temen saya yang tinggal di Malang (duh, jauh amat!), karena dia paling jago buat masakan item dari balakutak ini.
    Bikin yang pedes, dan balakutaknya harus kecil-kecil, biar sekali suap bisa pas dengan ukuran sendok makan…hehehe😛

    duplikat komen nieee….🙄

    Reply
  • 27. bintangtimur  |  April 18, 2010 at 12:37 pm

    Siang Sunfloooo…
    Apa kabar?
    Udah banyak posting baru disini…waaaah, satu-satu dulu deh saya baca. Saya punya ‘hutang’ kunjungan juga ke beberapa teman😛
    Kalo Sunflo bilang blekutak, saya nyebutnya balakutak (bahasa Sunda gitu…), dan kisah sedihnya, di rumah cuma saya yang doyan masakan ini…suami dan anak, waduh, pada nggak suka😦
    Jadi, kalo saya pengen ini, biasanya saya bilang ke temen saya yang tinggal di Malang (duh, jauh amat!), karena dia paling jago buat masakan item dari balakutak ini.
    Bikin yang pedes, dan balakutaknya harus kecil-kecil, biar sekali suap bisa pas dengan ukuran sendok makan…hehehe😛

    eh udah pulang yaaa… selamat datang kembali sis… iya emang nie namanya balakutak… tapi lidah saya ngucapinnya blekutak… sama dunk kita suka yg kek ginian yaaa..😛

    Reply
  • 28. Bee'J  |  April 18, 2010 at 12:43 pm

    waduuuh… kalo saya belom pernah makan itu tuh… apa namanya… Blekutak? (bingung coz baru tau namanya.. )🙂

    …:::salam semangan:::…

    emang di jakarta istilahnya apa bee??

    Reply
  • 29. Mbah Jiwo  |  April 18, 2010 at 2:13 pm

    mentahnya the NGGI and the LA and the NI, NGGILANI…ga tau kalau matengnya…

    waah… si mbah ga dodoyan ya…😕

    Reply
  • 30. Ifan Jayadi  |  April 18, 2010 at 2:17 pm

    Nyam…nyam….nyam…. Sepertinya mengundang selera makan. Tapi jangan terlalu banyak. Ingat kesehatan diri🙂

    yup… kebanyakan juga ga OKE… hehehe

    Reply
  • 31. sahabat blogger  |  April 18, 2010 at 2:45 pm

    tak kuasa aku melihatnya….begitu ngiler saya…hehe..jadi pengen makan sari laut neh..

    yyuuuuuuuuuu””…. ^^

    Reply
  • 32. zuawi  |  April 18, 2010 at 3:20 pm

    baru denger namanya blekutak lucu ya namanya
    tapi kalu dilihat2 kaya rumput laut ya

    😆 lucu yaa… jiaah kok rumput laut siih.. kegedean atuh de’

    Reply
  • 33. fety  |  April 18, 2010 at 3:34 pm

    bikin ngiler mbak novi🙂
    sayangnya di sini gak ada he..he..

    hehe.. suka juga yaaa..

    Reply
  • 34. anna  |  April 18, 2010 at 3:51 pm

    hm… masih ada item2nya ya.. apakah itu tintanya teh? apa gak pahit?

    itu sama gak ya dengan cumi yang biasa aku beli.. karena biasanya gak ada cangkangnya tuh…

    btw, suamiku juga penggemar seafood. kalo cumi paling suka dimasak cha.. pake sawi dan campuran telur teh..

    kalo tumis.. bisa juga.. tapi gak item2 gitu…

    gurih jeh ann, kek rasa petis tuh… hehehe… krn kami suka siih… kalau tintanya diilangin, pasti ga bakalan item dech..

    Reply
  • 35. Enutd  |  April 18, 2010 at 4:15 pm

    kirain tuh …ubur2….wkwkwk…
    tp ane jg doyan cing ma tuh blekutak…asik banget…xixixi…doyan ma laper…..

    Reply
  • 36. darahbiroe  |  April 18, 2010 at 5:44 pm

    aku kurang suka dengan blekutak heh
    puzink kepala lo maem itu
    hmmm

    Reply
  • 37. kikakirana  |  April 18, 2010 at 7:02 pm

    wah ini cumi jenis lain kah?
    yg QK tau sich cumi yang nggak ada cangkangnya gitu:mrgreen:

    kalo yg satu ini nggak tau dech… lagian juga dirumah jarang sich bikin seafood… gag ada yg suka. Paling kalo ada cumi cuman masakin buat QK aja:mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

    Reply
  • 38. orange float  |  April 18, 2010 at 7:09 pm

    kalo ukurannya segede gitu, saya ngak berani mbak. takut makannya. ngak tega gede banget. yang kecil-kecil aja lah

    Reply
  • 39. bundadontworry  |  April 18, 2010 at 8:55 pm

    si blekutak itu memang tambah gurih kalau dimasak pakai item2nya itu ya Mbak Flo.
    dinegeri kita kayaknya gak ada tuh yg ukurannya sak guedde gitu, adanya yg kecil2 dan manis banget kalau dah dimakan.
    salam

    Reply
  • 40. Nanang  |  April 18, 2010 at 9:42 pm

    Mbak Sunflo jalan-jalan terus nih…kalau kata orang sunda mah balakutak..he..he..
    Sambil ngenalin blog baru saya walaupun isinya masih sama karena diimpor dari blog yang kemarin

    yup… yg bener keknya balakutak dech.. hehehe… aq udah ke sana de’… selamat yaa…

    Reply
  • 41. marisa  |  April 19, 2010 at 6:41 am

    wah…
    senengnya…^^
    saya kok sama ya mba??
    klo merengek2 tuh paling muales…
    krn pasti buat orang berat hati membelikannya..
    klo saya sih cukup diam dan terpaku sama tu barang…tinggal pergi deh..
    tp liat aja..ntar dibelikan..huahehehehee…😀

    hayooo ngrengek ke siapa..??😛

    Reply
    • 42. marisa  |  April 20, 2010 at 7:26 am

      sama siapa ya???
      sama ortu lah mba..😀
      dulu banget tapinya mba..
      sekarang udah ga lagi..udah kerja sih..yg ada malah saya yang direngek..huehehehe…😀
      tapi ini jadi ajang berbagi..insya allah bermakna..🙂

      yuuii bermakna sekali pastinya, insyaAllah… ^^

      Reply
  • 43. Kakaakin  |  April 19, 2010 at 8:10 am

    Aku…aku…aku… *acungkan tangan*
    Suka banget deh sama cumi dkk yang dimasak plus tintanya… hmmm… uenak buanget🙂
    Hehe… cangkangnya mberat2in timbangan ya…🙂

    sama kek aq duong… ^^

    Reply
  • 44. serdadoe tanpa markas  |  April 19, 2010 at 8:21 am

    cieee blekoetaq nie,
    emang toe si saoes item paling top lah
    gak asjik djika makan blekoetaq moeloes sih
    paling asjik jang banjak saoes itemnja
    pas kajak makan doerian
    jang dagingnja meleleh
    tjoema beda warna dan aroma

    betul mbah… mantabz

    Reply
  • 45. yuniarinukti  |  April 19, 2010 at 11:59 am

    mba Sunflo rajin banget ya postingnya.. hampir tiap hari lho! ckck… dan lagi yang dipostingin isinya aneh-aneh.. Salut banget! Tapi sayang makanan yg disajikan hanya puas aku nikmatin di dunia maya *berasa ngiler deh! coba klo makanan itu mampir di rumahku pasti aq tambah suka banget ngunjungi blog ini hahaha😀😀

    alhamdulillaah makasih yun… eh aq blom sempet ke blog yuni nuiii…

    Reply
  • 46. cewek-cewek  |  April 19, 2010 at 12:51 pm

    wawa,,,, aq gk doyan banget ma cumii, gk taw knapa,, tp kadang pengen siiih…. duh,,, ngiler doank,,

    looh ga doyan kok ngiler sihh??

    Reply
  • 47. serdadoe tanpa markas  |  April 20, 2010 at 8:02 am

    palagi balakoetaq jang ada telornja tambah muuuuaaantaaaaaabzzzzzzzzz……………. deh

    ga kebayang rasanya…😕 telor ma balakutak?

    Reply
  • 48. serdadoe tanpa markas  |  April 20, 2010 at 12:49 pm

    Floooooooooo bikin pizza dong
    dengan topping si saus item
    kayaknya asyik tuh
    he …he…hee…..

    buat mbah aja nanti ya..

    Reply
  • 49. serdadoe tanpa markas  |  April 20, 2010 at 2:05 pm

    buleh-buleh !!!

    Reply
  • 50. serdadoe tanpa markas  |  April 20, 2010 at 2:06 pm

    kamsoed mbah balakoetaq yang bertelor

    blom pernah bersua dengan balakutak yg bertelor tuh

    Reply
  • 51. Penghuni Gubug  |  April 21, 2010 at 2:32 pm

    wah, besok minggu niat cobain masak blekutakk!! Semangat!!

    oh iya mbak, sampeyan aseli mana to? kok bahasanya unik, blekutak… hehehehe….

    aq org wngiri, besar di semarang tinggaldi cirebon dan terdampar di saudi…😛

    Reply
  • 52. Ria  |  April 21, 2010 at 9:00 pm

    huhehehehe percaya gak? oleh temen smu dan kuliah aku di panggil dengan sebutan jumi-jumi *itu pelesetan dari namaku karena aku doyan banget sama cumi-cumi* hihihihi…

    masakannya enak deh…mau dunk, lain kali kirim kesini ya😀

    hehehe.. lucu ya sebutannya… kalu aq chocky-chocky…. secara suka cokelat… ^^

    Reply
  • 53. serdadoe tanpa markas  |  April 22, 2010 at 3:01 pm

    wuih paling asyik tuh kaluw telur si balakutaq diaduk ame saus item di cekungan daging balakutaq moooaaaantaaaaaaaaaaaaaaaabzzzzzzzzzzzzzzzz

    hidiiiiih… ga iso bayangke…🙄

    Reply
  • 54. sandal  |  April 23, 2010 at 11:29 pm

    baru tau…. kalao dibatam namanya sotong kali ya ?😛

    iya keknya….🙂 btw, kemana ajah nie sand?? gak liat2 di maya ini…😕

    Reply
  • 55. mamaray  |  April 30, 2010 at 1:15 pm

    Mbak… aku ga suka cumi… geli lihat tentakelnya itu… hiiiii… (kebanyakan nonton film aneh)😀

    wuuah…tentakelnya malah enak o…🙄

    Reply
  • 56. kang ian  |  May 25, 2010 at 8:56 pm

    saya paling g suka makanan ginian..mau dikasih gratisan juga tetap g mau haha apalagi dipaksa makan😛

    wuenak kok ga seneng tho ian??😕

    Reply
    • 57. kang ian  |  May 26, 2010 at 12:48 am

      kaga..oeeek afwan ya hihi selera orang berbeda beda hihi

      ya udah..🙄

      Reply
  • 58. veetha  |  December 19, 2010 at 9:04 pm

    nHa, akhiRx ktemU cUmi jenis niE
    wakTu makAn di warUng paDang, aQ pesen niE laUk
    d’biKin gULai gtU tp gk taU ap naMax
    eH, gk taUx naMax ‘bLekUtak’,,,wK wK lUcu bgt

    Reply
  • 59. muhammad sirajul ghoni  |  July 28, 2014 at 2:21 pm

    blekutakk… pasti orang Cerbon nie… 🙂

    Reply
  • 60. muhammad sirajul ghoni  |  July 28, 2014 at 2:22 pm

    biasanya orang Cirebon bilang “blekutak’ untuk cumi-cumi…

    Reply
  • 61. Martabak Jakarta  |  June 23, 2015 at 8:35 pm

    enak kaga toe , kaga pernah cuba aku

    Reply
    • 62. sunflo  |  June 24, 2015 at 7:53 pm

      Bagi yg suka, enak bgt de..

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: