Siapa Sebenarnya Dirimu, Escadonia??

April 18, 2010 at 9:59 pm 55 comments

Aneh banget dech… Aku penasaran ma mahluk ini… Kucari-cari di mana-mana tak ada yang memuat identitas doi … Google yang katanya lengkap memuat apa yang terjadi di dunia ini juga belum mampu melacak eksistensinya… Hanya ada satu situs yang memuat, itu saja cuma menampilkan gambaran secara umum…

Bener-bener aku dibuat puyeng dan geleng-geleng kepala… Siapa dia sebenarnya?? Atau barangkali ada temans yang tahu tentang dia?? 😕

***

Escadonia

Kutemukan buah ini dideretan stand buah Hyperpanda barengan sewaktu beli si balakutak itu …

Mataku langsung idjo lihat buah baru… “Hmm, bisa di share ke para readers nie…”, pikirku saat itu. Masalah apa dan bagaimana nie buah… kan ada si google yang dimintai bantuan tuk melacaknya… Lalu kutarolah dia ke dalam trolly …

namanya Escadonia … sekilonya hampir 13 real …

kupikir… ini buah apaaaaan nie… kucari melalui googling kok ga dapat...😕


penampakannya kek gini nie…

kulitnya seperti buah markisa … namun berbulu halus…

ujung buahnya seperti ini … berkelopak 4 …

saat dibelah… kek gini nie penampakannya:

ada 4 ruangan biji… daging buahnya lunak dan berair…

bijinya kek gini …

kulitnya bisa dikupas pake tangan

rasanya??? rasanya manis banget… lunaknya kek mangga tapi rasanya kek buah plum… atau kalau belum tahu plum… ini, kek buah sawo (tapi lebih manisan sawo daripada buah ini)  atau kesemek tepatnya… (hehehe… bingung ga tuh… :mrgreen:   )

***

Aku bener-bener penasaran sama buah ini… Aneh banget, belum ada keterangan ilmiah satupun tentangnya … paling aku hanya menemukan di sini nie …

ini pohonnya … dimuat di blog pribadi milik orang malaysia .

Nah.. dugaanku… escadonia adalah salah satu jenis buah tropis, mungkin dia adalah buah langka … atauuuu … mungkinkah hanya tumbuh di Malaysia saja?? Ah… ga mungkin, pasti penyebarannya tak hanya di negara tersebut… Mungkin di Indonesia buah ini ada juga, namun dikemas dengan nama daerah yang lain…

Hmm…, btw… temans ada yang kenal ga?? Bantuin Sunflo dunk kalau punya info …😦

***

Tambahan :

Alhamdulillaah… Masdin udah kasih info yang lumayan melegakan buat sunflo … dah ketemu jawabannyaaa… :-)  dan sunflo akan tuliskan dalam postingan tersendiri insyaAllah…

Entry filed under: kuliner, pertama kali. Tags: .

Blekutak … Oh … Blekutak Risotto al Nero di Seppia ala Sunflo – The Balakutak Continues …

55 Comments Add your own

  • 1. tary Sonora  |  April 18, 2010 at 11:01 pm

    kirain itu buah kesemek heheheheh dari luarnya mirip banget flo

    tapi kalau dideketin nggak mirip kok ry… lain.. malah mirip markisa

    Reply
    • 2. asepsaiba  |  April 19, 2010 at 10:12 am

      Iya,, bener kata tary.. Aku kira juga itu kesemek.. Mungkin turunan kesemek kali.. Kawin sama puun arab sono, jadi hasilnya ya gitu…🙂

      kang asep bisa saja…😆

      Reply
  • 3. aldy  |  April 18, 2010 at 11:04 pm

    Maaf Sunflo, saya juga tidak tahu ini buah apaan. Apakah buah tropis atau bukan.
    Tapi halal dan manis toh ?

    yup… halal, ardi… ^^ muanis tenaaannn..

    Reply
  • 4. didot  |  April 18, 2010 at 11:49 pm

    mungkinkah escadonia ini dari macedonia?? *teori bodoh tidak berdalil😀

    bukan… deket macedonia, mishri.. didot… ^^

    Reply
  • 5. abrus  |  April 19, 2010 at 1:25 am

    Sunflo … dikampungku ada buah kyk gitu nama ‘Cupak … (warna dan isinya mirip sama namun tangkainya beda …

    Mampir ya … hehehe …
    http://abrus.blogdetik.com/2010/04/19/urat-tuk-ofie/

    hmmm namanya lucuu… ^^

    Reply
  • 6. abrus  |  April 19, 2010 at 1:30 am

    Sunflo, dikampung saya ada yg kyk gitu – namanya buah ‘ Cupak … (warna buah dan isinya mirip) – namun pohonnya sebesar pohon duku …🙂

    Kalo sempat mampir …
    http://abrus.blogdetik.com/2010/04/19/urat-tuk-ofie/

    yup dah mampir n gie dipikirkan… ^^

    Reply
  • 7. abrus  |  April 19, 2010 at 1:35 am

    Sunflo, dikampung saya ada yg kyk gitu – namanya buah ‘ Cupak … (warna buah dan isinya mirip) – pohonnya ada yg rendah ada yg besar sebesar pohon duku …🙂

    diterima infonya brus, makasih…

    Reply
  • 8. abrus  |  April 19, 2010 at 1:39 am

    Sunflo, oo iya … kalo di Malingsia eh, Malaysia ada kemungkinan ada di daerah Riau.😛

    Kalo sempat mampir …
    http://abrus.blogdetik.com/2010/04/19/urat-tuk-ofie/

    yuuu’..

    Reply
  • 9. abrus  |  April 19, 2010 at 1:39 am

    Sunflo, oo iya … kalo di Malaysia ada kemungkinan ada di daerah Riau.😛

    Kalo sempat mampir …
    http://abrus.blogdetik.com/2010/04/19/urat-tuk-ofie/

    Reply
  • 10. abrus  |  April 19, 2010 at 2:10 am

    sunflo, inetku ‘lelet …😦 … kepencet 2x … tolong DEL komen yg double … plisss / makasih …

    ga ku DEl…😛 buat banyak2in komen hehehe…

    Reply
    • 11. abrus  |  April 19, 2010 at 9:37 pm

      Yeeeeee … komennn gituannn – bikin isin aq aja …😦

      ga fafa laah…😆

      Reply
  • 12. bintangtimur  |  April 19, 2010 at 6:39 am

    Pagiiii…maksa berkunjung nih, Sunflo, kangeeeen!
    Menurut saya buah itu mirip sama kesemek ya, hanya mungkin ukurannya agak lebih kecil…data escadonia masih terbatas? Waduh, saya juga nggak bisa nambahin informasi nih, apalagi di Indonesia juga kayaknya nggak ada…😀
    Sunflo, blekutaknya udah abis kah?
    Jadi pengeeeeen😦

    doohhh kesemek…😦 hehehe… balakutak is fine ntar ada lanjutannya nuiii jeng…😉

    Reply
  • 13. marisa  |  April 19, 2010 at 6:46 am

    ga tau juga mba…😀
    klo dari luar mirip markisa ya….
    pas dibelah mirip sawo..
    jangan2 hasil penyilangan nih…??? :S

    hehehe salah tuuh jawaban yang bener yang di bawah nieee…

    Reply
    • 14. marisa  |  April 20, 2010 at 7:24 am

      hehehe….
      jadi malu nih..^^

      wikikiki….

      Reply
  • 15. Masdin  |  April 19, 2010 at 7:02 am

    Hehehe… foto pohon di atas settingnya bukan di Malaysia tetapi di Mesir, pemiliki blog orang Malaysia itu tinggal di Mesir Sunflo. Dan buah Escadonia dan beberapa buah lainnya hanya tumbuh di Mesir, tidak ada di tempat lain di manapun di dunia ini. Ini sumbernya => http://baheyeldin.com/egypt/cuisine/fruits.html/

    Jadi gak bakalan ada di Indonesia, hehehe….

    makasih masdin atas infonya…berharga banget… ^^

    Reply
    • 16. Kakaakin  |  April 19, 2010 at 8:18 am

      Oo… ternyata buah khas Mesir ya…🙂

      keknya ga di mesir ajah dech kin.. ada penjelasan lebih lanjut… ^^

      Reply
    • 17. Masdin  |  April 19, 2010 at 4:18 pm

      Mau koreksi nih mbak Sunflo. Waktu membaca informasi di url diatas saya kurang teliti, kirain semua buah disitu hanya ada di Mesir ternyata cuma sebagian dan Escadonia tidak termasuk karena Escadonia juga ditemukan tumbuh di negara-negara Mediterania lainnya seperti Yunani, Perancis, Israel, Italia, Albania, Lebanon, Malta, Spanyol, Maroko, ALgeria, Portugal, Syria, and Turkey dan bahkan di Jepang dan Cina.

      Pantas aja mbak Sunflo gak bisa menemukan informasi di Google karena buah ini punya banyak nama dan hampir berlainan di tiap negara: pipa (Cina), biwa (Jepang), nespera (Portugis), nefliers du Japon (Perancis), nispero (Spanyol), lokaat (India), Akkadeneh atau Akka Dhuniya (Libanon/ini yang mirip2 dengan escadonia :D), escadonia atau bashmalah (Arab). Dan nama bahasa Inggrisnya adalah “loquat”. Nah coba mbak sunflo cari kembali dengan mengetik kata kunci “loquat”, terdapat lebih 300.000 hasil pencarian lengkap dengan gambar-gambarnya🙂

      Ini klasifikasinya:

      Kingdom: Plantae
      Divisi: Magnoliophyta
      Kelas: Magnoliopsida
      Ordo: Rosales
      Famili: Rosaceae
      Genus: Eriobotrya
      Spesies: Eriobotrya japonica

      Info selengkapnya baca di sini aja (bahasa Inggris tapi, kalau mau diterjemahkan bilang yah :D)

      Oh iya mbak, tambahan di postingan di atas diedit yah habis takutnya nanti menyesatkan informasinya🙂

      ok masdin, makasiiih banget… ntar sunflo postingkan tersendiri… mashaAllah, barakallaahu fiik syukran katsiran

      Reply
  • 18. ismi  |  April 19, 2010 at 7:22 am

    pas ngliat luarnya kecil2 bulet gtu jadi mengira itu kek duku..
    dan aku berteriak DUKU itu maaaah……… (sotoooy)

    eh, pas ngliat dalemnya beda jauh ma duku sernytah😆 , malahan kek sawo ya??

    hooh nuiiii…

    Reply
  • 19. Kakaakin  |  April 19, 2010 at 8:21 am

    Mahal juga ya… hampir nyamain harga blekutak:mrgreen:
    Alhamdulillah… nambah lagi perbendaharaan buah2 luar negri nih🙂

    yup… mahal juga nuiii…😦

    Reply
  • 20. serdadoe tanpa markas  |  April 19, 2010 at 8:32 am

    Mbah sih tjoema taoe boeah batoe
    di kota bandoeng

    apaan tuh?😕

    Reply
  • 21. yangputri  |  April 19, 2010 at 9:29 am

    Bener kata tary kek buah kesemek tuh…

    wah… sgtu kerennya kek kesemek??

    Reply
  • 22. adelay  |  April 19, 2010 at 9:37 am

    Kesemek tuhh… gogling kesemek aja coba…

    ogaaaah…🙄

    Reply
  • 23. peri01  |  April 19, 2010 at 9:39 am

    aku baru liat tuh kaya kesemek yah

    kesemek lagi … kesemek lagi…😦

    Reply
  • 24. yanrmhd  |  April 19, 2010 at 10:33 am

    baru liat,,tapi dari info Masdin,
    kayaknya hanya tumbuh di timteng..
    yg pasti itu buah enak buat dinikmati…
    betulkan sunflo??? :mrgreen:

    wuiih enak banget ry… hehe

    Reply
    • 25. yanrmhd  |  April 20, 2010 at 10:46 pm

      hehe, jadi pengen nyobain *ngiler***:mrgreen:

      yo jangan ngiler o…🙄

      Reply
  • 26. serdadoe tanpa markas  |  April 19, 2010 at 1:52 pm

    Flo, si Sofie tuh pake gambar Escadonia ajah
    jangan KS ( kembang srengenge )
    jadi saru dengan Sunflo.

    ga keren mbah

    Reply
  • 27. Estafet Award dan Selintas Kabar « C.E.R.I.T.A  |  April 19, 2010 at 3:31 pm

    […] Sunflo (menyapa 4 Maret ‘10), […]

    thx yani… ^^

    Reply
  • 28. Mamah Aline  |  April 19, 2010 at 5:24 pm

    escadonia…, tadinya aku kira nama negara tetangga macedonia hehehe… ternyata buah mesir, mirip kesemek memang bentuknya

    bukannya kek markisa sis….^^

    Reply
  • 29. d.e.q  |  April 19, 2010 at 6:35 pm

    Uhoooo―― Coba aja diajukan jadi Karya Ilmiah. Mungkin aja bisa dapet award gitu. Kan bangga jadi olang Indonesia!😀 Yupzzz, ciri tumbuhan yang hidup di tanah kering yaitu berair dan lunak. Kaktus misalnya

    si deq ini calonnya… hehehe…

    Reply
  • 30. Ifan Jayadi  |  April 19, 2010 at 7:55 pm

    Mirip kaya buah langsat di Samarinda Kaltim.

    iya tapi ini muaniiisss banget… ^^

    Reply
  • 31. setitikharapan  |  April 19, 2010 at 10:03 pm

    Saya kira juga buah kesemak mbak, tapi bukan ya..
    Buah apa ya….?😀
    kalau mbak google gak kasih jawaban tanya ama kak yahoo atau abang bing aja mbak.

    hehehe alhamdulillaah dah ditunjukin ma masdin de’

    Reply
  • 32. mahesapandu  |  April 19, 2010 at 11:23 pm

    Pa buah bludru ya…(ragu-ragu), tapi kok berair???
    Eh lempar ae ke mahesapandu ntr tak bantuin nyicipin..

    alhamdulillah dah ketemu mahesa…^^

    Reply
  • 33. celoteh  |  April 20, 2010 at 12:43 am

    mba sunflo …
    dikira teh nama orang … hehe …

    tadinya mau nanya no hp nya ,…😀

    halah… halah… si dinda…😉

    Reply
  • 34. arsumba  |  April 20, 2010 at 1:10 am

    Wah.. saya baru tahu nih mbak ama buah ini…

    iya de’.. khas org sono.. ^^

    Reply
  • 35. serdadoe tanpa markas  |  April 20, 2010 at 7:51 am

    jangan2 ntu buah yang melarikan diri
    dari negara macedonia
    maka namanya escadonia, xixixi……………..

    udah ketemu, mbah… ntar aq bikin postingannya…

    Reply
  • 36. serdadoe tanpa markas  |  April 20, 2010 at 7:58 am

    boeah batoe ntoe nama djalan / wilajah di kota bandoeng,xixixi………

    oh gtu…

    Reply
  • 37. hellgalicious  |  April 20, 2010 at 9:29 am

    baru denger buah escadonia
    dalemnya mirip markisa ya?
    tapi luarnya mirip duku

    kebalik atuh hellga…

    Reply
  • 38. Didien®  |  April 20, 2010 at 10:48 am

    sebenarnya saya sendiri pengen bantu carikan infonya, tapi setelah luat buahnya malah kepengen juga..tlg cariin infonya dunk mbak sekilo berapa? heheheheheeheh….
    pakabar mbak Novie?

    salam, ^_^

    baik dien.. alhamdulillaah.. ntar aq postingin dech siapa sebenernya dia… ^^

    Reply
  • 39. Asop  |  April 20, 2010 at 11:48 am

    Huaaaa,,.. baru denger ada buah “Escadonia”….
    Saya pikir itu nama negara.😀

    lucu n cantik ya namanya….😉

    Reply
  • 40. delia4ever  |  April 20, 2010 at 1:23 pm

    diriku sudah ketinggalan berita disini😦

    informasi yang bermanfaat banget mbak .. kok sodara lia dimesir gak pernah bawaain buah ini ya.. ehhehehe…

    ntar kapan2 minta bawain ah.. jadi penasaran ama rasanya…🙂

    minta dibawain nanti yaa… enak loh…😛

    Reply
  • 41. cempaka  |  April 20, 2010 at 1:42 pm

    mba.. mirip buah rambai yang ada dikampungku huahhahahha

    buah rambai? blom pernah tau niiiee…

    Reply
    • 42. monda  |  April 20, 2010 at 3:01 pm

      rambai itu nama lainnya menteng, asem….tenan

      weeeh…. ini ga asem o’ malah manis…🙄

      Reply
  • 43. Tanti  |  April 20, 2010 at 3:07 pm

    biking ngeces ih liat buah yang dikupas itu…. wwuuuuu pingiiinnn escadoniaaaaa

    yuhuuuuuuiiiii impor yuuuu’…:mrgreen:

    Reply
  • 44. Free Blog  |  April 21, 2010 at 10:33 am

    saya juga gak tau mba hehe…
    tp pengen coba escadoniaa😀

    udah ketemu o’ ntar aq posting dech insyaAllah

    Reply
  • 45. tomi  |  April 21, 2010 at 10:34 am

    di indonesia ada gak ya mba ?

    blom ada keknya de’…

    Reply
  • 46. Thomas  |  April 21, 2010 at 1:43 pm

    Buahnya kalo dibelah mengingatkan saya akan sesuatu….

    salam

    apaan tuuuuh…😕

    Reply
  • 47. fansmaniac  |  April 21, 2010 at 3:20 pm

    Jadi pengen juga ngerasainnya seperti apa sih..?
    Ternyata didunia ini banyak sekali ya buah2an ciptaan Allah..subhanallah.. tentu rasanya enak kalo harganya lumayan mahal..

    Salam blogger

    wah ga juga fans.. rasanya sih biasa.. ga tau knapa mahal…🙄

    Reply
  • 48. Ria  |  April 21, 2010 at 9:03 pm

    jadi itu buah apa toh mbak?
    itu mirip2 sama kesemek dan buah yg coklat2 bulat2 *aku juga lupa namanya apa:D*

    ntar habis ini aq postingin dech…😉

    Reply
  • 49. achoey  |  April 21, 2010 at 11:02 pm

    rasanya sepertinya lezat ya ummi?🙂

    manis choey… ^^

    Reply
  • 50. haris ahmad  |  April 22, 2010 at 11:07 am

    mirip kesemek bu
    apa kabar bu ?

    alhamdulillaah baik Gut… huh kok kesemek siiih….😦

    Reply
  • 51. kikakirana  |  April 23, 2010 at 7:46 pm

    Owalah… QK kira kesemek mbak…
    tapi bener juga… pas di buka koq malah jadi kek sawo…😆 tapi ternyata memang buahnya ada yg kek gini ya… si escadonia itu hehe…

    Wah inponya berguna sangat nie…

    HIDUP!!! ^_^

    Reply
  • 52. Aisyah  |  May 24, 2011 at 8:21 pm

    Pas coba cari di google gambar, semuanya gambar dari blog mbak Novi, udah terkenal rupanya…

    Reply
  • 53. antiana  |  December 1, 2011 at 8:35 pm

    eehhhhmmm bingung ma buah itu ya,,buah itu banyak di temukan di turkey,,itu adalah buah favorit saya,,tp ada juga yang asam,,

    Reply
  • 54. antiana  |  December 1, 2011 at 8:36 pm

    kalau disini di sebut dunia

    Reply
  • 55. vina  |  September 28, 2016 at 1:43 pm

    buah biwa atau loquat, lagi di kembangkan di taman semalem resort brastagi sumatera utara

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: