My 4th Umrah: Menyusuri Madinah

April 25, 2010 at 1:25 am 62 comments

Jumpa lagi dengan sunflo di postingan liputan khusus umrah sunflo kemarin … (halah…halah… sok keren n sok penting nuuiiii … :mrgreen:  )

Inilah oleh-oleh sunflo buat kalian, temans… Meski temanya sama, yaitu ‘umrah’… namun kisah yang menyertainya selalu berbeda dan alhamdulillaah menarik… ^^

Suatu kenikmatan dan rizqi tersendiri yang Allah limpahkan kepada sunflo, yaitu dapat mengunjungi haramain dengan mudahnya dibandingkan dengan saudara-saudara yang lainnya di tanah air, alhamdulillahiladzi bi ni’matihi tatimush sholihaat … ^^

Masih teringat jelas dulu semasa kuliah, aku hanya bisa bermimpi tentang 2 kota suci ini…. Hanya bisa melihatnya di layar TV dengan perasaan menggebu tuk ke sana… Dan aku hanya bisa menulis sebuah kalimat tanya di bawah gambar masjid nabawi yang kupunya, “Dapatkah ini menjadi nyata?”

Dan takdir serta ketentuanNya membawaku ke dua tanah suci itu pada akhirnya… walhamdulillaah…

***

Umrah kali ini, kami lakukan dengan mengambil rute Buraidah-Madinah-Makkah-Madinah-Buraidah dengan 11 jam perjalanan darat lamanya. Kali ini kami berangkat bersama teman dan juga murid hubby di jaliyat, yaitu pak Sholeh dan pak Syamsudin. Beliau berdua adalah para TKI yang berprofesi sebagai sopir di KSA.

Kami berangkat hari rabu, 21 April 2010, selepas shalat ‘Isya … dengan mengendarai mobil pribadi.

***

Kami berangkat pukul 9 malam, dan setelah 2 jam perjalanan, kami beristirahat untuk makan malam dan minum teh penghangat tubuh malam itu ….

kami beristirahat dekat POM bensin (mahathah) yang berdekatan dengan tempat wisata berupa gunung batu yang disinari lampu di malam hari

Banyak orang di sana, rata-rata adalah mereka yang ingin bersantai menikmati malam bersama keluarga …

ini dia Pom bensinnya… khasnya adalah lampu yang bergemerlapan… tempat ini adalah laksana oase di gurun bagi para musafir yang melakukan perjalanan di malam hari … hehehe… menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan di tengah pekatnya pemandangan gurun di malam hari…

***

Kembali perjalanan dilanjutkan… Buraidah-Madinah kami tempuh selama 5 jam perjalanan. Pukul 3 dini hari kami tiba di kota Madinah… dan mampir ke rumah salah seorang rekan untuk menikmati sop ayam buatannya, sebelum perjalanan dilanjutkan ke masjid Nabawi…

memasuki area parkir kompleks masjid nabawi ….

***

Sesampai di lantai pelataran masjid, suara adzan dikumandangkan… Aku bergegas menuju tempat wudhu untuk bersuci… Aku pisah ma hubby, karena area untuk jama’ah pria dan wanitanya terpisah.

Kulihat banyak sekali jamaah yang sudah bloking tempat shalat di pelataran… membuat nyaliku sedikit ciut tuk mendapatkan tempat shalat di dalam masjid.

Namun setelah wudhu, aku coba menuju ke dalam masjid… Alhamdulillaah, masih ada tempat meskipun di area pintu masuk… Adem dech rasanya… Khusyuk dan syahdu shalat shubuh di masjid nabawi… Alhamdulillaah…

***

Selesai shalat, aku telpon ke hubby untuk minta izin jalan-jalan sendiri mengelilingi kompleks masjid nabawi ini, dan hubby mengizinkan … Jadilah aku berpetualang sendiri waktu itu … ^^

Pintu masuk tempat aku shalat tadi udah ditutup …

kuawali petualanganku mengitari masjid nabawi dengan mengambil langkah ke arah selatan …

Pada satu sisi… kulongok menara masjid yang tinggi banget… subhanallah, indahnya … ^^

Aturan di Madinah, tinggi bangunan-bangunan di sana, tak boleh melewati tinggi menara masjid nabawi …

Kuucapkan puji syukur ke hadiratNya… Terimakasih ya Allah … telah memperkenankan saya di sini… Dekat dengan jasad Nabi Shalallaahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabat radhiyallahu ‘anhum yang bersemayam di sini …

Aku ingin mencari kubah hijau …

di bawah kubah hijau itu bersemayam Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersama 2 orang sahabat beliau, Abu Bakar dan Umar bin Khatthab radhiyallahu ‘anhumaa…

Aku terpekur sejenak tuk memaknai keadaan…. sambil memperbanyak shalawat di sana…

Ya Rasulullaah… sekarang aku begitu dekat denganmu… suatu kenikmatan tersendiri, namun… seberapa banyak sunnahmu yang belum aku laksanakan atau aku abaikan dikarenakan kebodohan diri dan belenggu hawa nafsu …

sedih rasanya …😦

Kata hubby, “Berapa banyak orang yang berkunjung ke sini, dan berapa banyak pula sunnah beliau yang dikhianati… “

***

Ada pemandangan yang tak lazim menurutku… beda banget saat aku pertama kali berkunjung ke masjid nabawi ini, pada Mei 2009. Di gerbang depan kubah hijau banyak terdapat tentara dengan peralatan lengkap… Ada apa ya??

Baru aku tahu, ternyata … tentara itu dikerahkan untuk berjaga-jaga dari ulah kaum Syi’ah yang suka berbuat onar di masjid nabawi terutama kompleks makam nabi… Mereka pernah menginjak-injak makam Abu Bakar dan Umar Rhadhiyallahu ‘anhumaa dikarenakan kebencian mereka pada kedua sahabat beliau Shalallaahu’alaihi wasallam… dan sempat pula terjadi konfrontasi dengan aparat yang ada.

pagar di depan itu adalah kompleks makam Baqi’ … makam para shahabat yang tinggal di Madinah, termasuk di sana ada makam ‘Aisyah Radhiyallaahu ‘anha…

***

Setelah mengelilingi masjid, selama 30 menit, hubby nelpon, karena temannya mengundang sarapan…

Akupun menuju tempat yang dimana hubby dan temannya berkumpul, hehehe… ada pula ustadz Zainal Abidin, Lc., narasumber kajian di Radio Rodja, Jakarta… Beliau sedang membimbing jama’ah umrahnya…

masjid nabawi tampak depan sebelum aku beranjak pergi meninggalkannya …

Kutelpon keluarga dan beberapa temanku di sini… seneng banget, apalagi mereka adalah sobat blogger yang baru kukenal… belum pernah ketemu, cuma dengar suaranya saja…:mrgreen:

***

Kami diundang sarapan di hotel Taibah tepat di depan masjid Nabawi bersama rombongan jama’ah umrah Ust. Zainal Abidin, Lc.

ini sebagian jama’ah umrah dari indonesia, ada di depan hotel …

ini menu sarapannya: nasi goreng, lauk telur ceplok, sosis daging sapi, dan ayam goreng, dan kupilih minum berupa jus jeruk …

sambil menunggu hubby yang ada keperluan dengan temannya… aku berjalan-jalan di sekitar hotel… kujumpai banyak toko yang menjual cinderamata…

Hehehe… ketemu ma ibu-ibu dari Indonesia yang nawar barang dengan bahasa seadanya dengan penjualnya …😆

***

Setelah sarapan, akhirnya kami bersilaturahmi ke beberapa kawan di sana, termasuk bertemu dengan keluarga Ust. Abdullah Roy. Dilanjutkan kemudian ke rumah sobat dan juga adik kelasku selama SMA dan kuliah, yaitu istri Ust. Muhammad Arifin Badri, MA (beliau tengah menyelesaikan kuliah doktoralnya yang tinggal maju ujian saja, beberapa minggu lagi).

Tapi sebelumnya, kami harus mengambil beberapa dus kitab dulu ke Sakan Thulab Jami’ah Islamiyah…. Hubby ingin bertemu dengan putra Ust. Ainur Rafiq Ghufran, pengasuh ma’had Al Furqan, Gresik.

nie sakan (pondokan) mahasiswa Universitas Islam Madinah … karena wanita kagak boleh masuk, akhirnya aku n hubby nunggu di seberang jalan… sementara Rifaq, putra Ust. Ainur Rafiq mengambilkan kitab di sana …

***

Dan kami, terutama aku beristirahat di sakan Ust. M. Arifin Badri. Kepalaku terasa pusing banget sebelah kanan, hehehe… keracunan gas karbon monoksida nuiii… :mrgreen:  Biasanya akan hilang bila dibuat tidur yang cukup …

Setelah Ashar, kami akan melanjutkan perjalanan menuju Makkah al Mukarramah untuk melaksanakan umrah.

Namun sebelum menuju ke Makkah, kami sempatkan untuk mengunjungi beberapa tempat penting di Madinah, yaitu:

kompleks makam para syuhada di gunung Uhud

Entah kenapa… aku gak pernah bosan ke sini, tuk bertemu ma pujaan hatiku, gunung Uhud:mrgreen:

Hubby (kanan) bersama dua orang temannya menuju makam syuhada Uhud

Aku di mana?? hehehe… ya menguntit di belakangnya atuuh…:mrgreen:

bila ingin sedikit tahu tentang sunflo, klik ajah link di bawah ini, bagi yang takut … jangan nge-klik yaa… sualnya itu cuma bayangan ajah… ngeriiii ntar :

sunflo jalan-jalan

itu ‘penampakan’ ku… jalan-jalan sambil megangi kamera… hehehe…:mrgreen:

nie adalah pic gunung Rumaat (gunung para pemanah) … dulu pasukan nabi Shalallahu’alaihi wa sallam di tempatkan di sini… namun karena tidak memathi perintah beliau, dan langsung turun ke bawah untuk mengambil ghanimah, maka gugurlah 70 shahabat beliau radhiyallahu’anhum di sana… 😦

Sungguh kisah perang Uhud adalah kisah yang membuat aku sedih, serasa tak ingin membacanya karena saking sedihnya…😦

hubby (tengah) dan temansnya sedang berziarah ke makam para syuhada’ Uhud …

nie dalamnya kompleks makam tersebut, makam yang ada batunya, diklaim sebagai makam paman nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, yaitu Hamzah radhiyalallahu ‘anhu …

makam syuhada’ Uhud dari kejauhan …

Uhud… I love you …

***

Masjid Quba’

Perjalanan kamai lanjutkan ke masjid Quba’ dan menunaikan shalat sunnah 2 raka’at di sana…

masjid Quba’ tampak dari depan …

salah satu sisi masjid Quba’ tempat shalat para pria

ini adalah tempat shalat buat wanita…

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian dia mendatangi masjid Quba dan shalat di dalamnya, maka ganjarannya seperti pahala umrah.” (HR. Ahmad, An-Nasai, dan Ibnu Majah).

Itulah keutamaan shalat di masjid Quba’ … mendapatkan pahala umrah …🙂

pelataran masjid yang rindang dengan pepohonan…. terutama pohon kurma

***

Miqat Bir ‘Ali

Tempat terakhir yang kami kunjungi di Madinah adalah Bir ‘Ali… yaitu tempat miqat untuk berihram bagi penduduk Madinah dan orang-orang yang datang melewatinya. Dulu tempat ini bernama Dzul Hulaifah, terletak tepat di batas tanah haram untuk Madinah. Bir ‘Ali adalah miqat terjauh dengan jarak 450 km dari Makkah…

banyak pedagang di sana…

ini masjid untuk pria

di depan adalah masjid untuk wanita dan kamar mandi untuk wanita ada di depan masjid…

Tempatnya rindang banget … ^^

***

Untuk umrah kali ini, kami mengikuti jejak Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, yang berihram dari tanah suci ke tanah suci lagi… Subhanallah… perjalanan yang mengesankan… dan kami lanjutkan perjalanan menuju ke Makkah selama 5 jam…

Ya Allah.. Aku penuhi panggilanMu …

***

(bersambung)

Entry filed under: kisahku di saudi, umrah dan haji. Tags: .

Hehehe… Aku Dah Datang … :D My 4th Umrah: Nostalgia… Oh … Nostalgi(L)a

62 Comments Add your own

  • 1. wrp  |  April 25, 2010 at 2:10 am

    rasa2nya kl udh di sana,berasa aura wktu perjuangan nabi dulu ya, subhanallah. btw, tinggi menara masjid nabawi berapa bu?😀

    iya reza… syahdu bgt… tingginya? blom tau nih ntar nyari di gugel dech insyaAllah

    Reply
  • 2. asfan  |  April 25, 2010 at 3:10 am

    hmmm…jadi pengen ke sana…tapi pengennya ..ngeberangkatin kedua ortu dulu…sebagai hadiah buat mereka berdua….
    …hmmmm kapan yach..bisa terlaksana…..

    aaamiinn semoga niatan sucinya terlaksana ya asfan…

    Reply
  • 3. sunarnosahlan  |  April 25, 2010 at 4:12 am

    semoga suatu saat nanti akupun bisa ke sana

    aamiin semoga ya pak.. ^^

    Reply
  • 4. nanangrusmana  |  April 25, 2010 at 4:46 am

    selamat ya sunflo…aku doakan semoga ibadah umrahmu diridhai Allah…..terima kasih oleh oleh foto2nya…doakan aku bisa ke sana juga…oh..rindunya…aminnn.

    aamiin terimakasih nanang… semoga kelak bisa ke sana jua ya

    Reply
  • 5. serdadoe tanpa markas  |  April 25, 2010 at 6:06 am

    Syukron Flo, mo liat-2 dulu.

    silahkan mbah

    Reply
  • 6. rizki  |  April 25, 2010 at 6:47 am

    salam
    wah.. subhanallah, luar biasa teh
    saya juga pengen kesana
    semoga
    hehehe

    aamiiin… semoga Allah mudahkan ya de’

    Reply
  • 7. hanif  |  April 25, 2010 at 7:02 am

    Kapan ya aku bisa kesana? mendapatkan 1000 pahala dengan sholat di masjid nabawi

    masyaAllah… semoga Allahmudahkan saudara2ku yang lainnya termasuk hanif tuk mengn=unjungi haramain aamiin

    Reply
  • 8. Den Hanafi  |  April 25, 2010 at 7:19 am

    Subhanallah. saat baca dan liat2 fotonya, ko saya jadi sedih ya?? kapan ya giliran saya mengunjungi makam Rasullulah dan para sahabatnya?

    postingan yang benar2 menggugah ni mbak. membuat kita jadi ingin kesana juga.

    sedihnya karena ingin bisa ke sana ya de… insyaAllah semoga Allah mudahkan langkahmu ke sana kelak aaamiiin

    Reply
  • 9. Ifan Jayadi  |  April 25, 2010 at 7:24 am

    Enak mbak ya kalau menetap di Arab Saudi. Bisa umrah kapan saja kita mau. Pasti biaya umrahnya lebih murah dibandingkan harus berangkat dari Indonesia baru menuju kesana. Ibaratnya kalau kita menetap di Arab Saudi, sambil menyelam minum air😛

    iya fan alhamdulillah suatu nikmat tersendiri , meski udara menyengat namun adem kurasa di hati ^^

    Reply
  • 10. nakjaDimande  |  April 25, 2010 at 7:28 am

    Berapa kalipun sunflo menyuguhkan ini tetap kulahap sepenuh hati.

    Subhanallah, makasi nouf.

    sama2 bundo.. terimalah persembahan sunflo ini

    Reply
  • 11. serdadoe tanpa markas  |  April 25, 2010 at 8:28 am

    Wonderfuuuuuuuuuuullllllllllllllllllllllllllllllllllll !!!
    story and pic’s-na
    kallee-2 mbah ditelpun djuga dong !!!
    buleh kan ???????

    nggak buleh mbah… mamnu’ … not allowed .. just for ladies only… kecuali kalau mbah adalah seorang ferempuan…😛

    Reply
  • 12. hanyanulis  |  April 25, 2010 at 9:09 am

    Setelah membaca postingan di atas, jadi makin kangen euy, untuk mengunjungi rumah Allah, bumi para rosul…. Pingin belajar dari sejarah masa lalu, betapa dasyatnya perjuangan rosululah mengek kan agama islam mulai dari nol🙂

    benar de’.. semoga kelak juga bisa ke sana ya.. aamiin

    Reply
  • 13. abrus  |  April 25, 2010 at 9:20 am

    Sunflo : Alhamdulillah … alangkah besar nikmat yg dikoww peroleh dan alangkah ‘berat plus indah perjalanan 11 jam ke Medinah. Saya takjud membaca postingan itu, apalagi lihat foto2nya … semakin besar rindu utk dapat berkunjung kesana … hikss

    semoga Allah menjawab kerinduanmu brus..aamiiin

    Reply
  • 14. abrus  |  April 25, 2010 at 9:37 am

    Sunflo, semua yg dikoww tempat sebut2 dlm postingan diatas (kecuali parkiran), Alhamdulillah – waktu saya umrah dulu juga dapatkami kunjungi dan alami.
    Waktu usai shalat sunnah & berdoa di Rawdoh, kami keluar melewati maqam Rasulullah SAW, saya dibisikin oleh KH.Abdullah Syukri Zarkasyi, MA (pimpinan Pompes Gontor besan keluarga besar Abrus) – mari kita berdo’a di depan maqam Rasul, Abubakar, Umar dan Usman bin Affan.
    Sayang ilmu agama saya (waktu itu) masih ‘tipis banget …

    aq malah blom bs ke raudah Brus…😦

    Reply
  • 15. Eka JaHe  |  April 25, 2010 at 9:38 am

    alhamdulillah semoga ane juga bisa seperti mas…..aminnnn

    mas???!!😕 hoeeii eka, mbak nie… mbak…😯

    Reply
  • 16. abrus  |  April 25, 2010 at 9:44 am

    Oo iya Sunfflo, rombongan kami (keluarga dari PKU dan Gontor) juga ‘nginap di hotel Taibah (kok sama ya …) dan miqat di masjid Bir Ali …
    Hmm … benar2 membuat hati ini ‘sangat ingin dan rindu utk dapat ‘ziarah dan ibadah ke sana … kapan ya, wallahu alam …

    mampir di post-ku : http://abrus.blogdetik.com/2010/04/25/brus-te/

    oh hotel itu emang banyak org indonya ya brus… semoga Allah mudahkan langkah antum ke sana nanti aamiiin

    Reply
  • 17. Bibi Titi Teliti  |  April 25, 2010 at 10:03 am

    mba Sunflooooo…
    Asik euy…umraah lagiiiiii…

    Mauuuuuuuu…..
    *diriku harus berdoa lebih syahdu lagi nih kayaknya*

    hi errrrrrrrrrrrrrrrrrrrr… gmana kabarnya?? hehehe… banyakin doa dan permohonan padaNya ya

    Reply
  • 18. yanrmhd  |  April 25, 2010 at 11:17 am

    membuat semakin rindu,,
    Ya Allah ijinkanlah…

    ditunggu sambungannya..:mrgreen:

    insyaAllah nantikan sambungannya ya de

    Reply
  • 19. yangputri  |  April 25, 2010 at 11:33 am

    subhanallah mbak…..

    kapan aku bisa kesana ya..???

    insyaAllah bisa Put… someday… ^^

    Reply
  • 20. M Mursyid PW  |  April 25, 2010 at 11:56 am

    Membaca post ini semakin kuat keinginan untuk ke tanah suci.

    semoga Allah mudahkan ya pak.. aamiin

    Reply
  • 21. fansmaniac  |  April 25, 2010 at 12:18 pm

    Ya Allah, kapan ya saya bisa Umrah… pengen banget bisa kesana.. kalo sunflo yang dekat enak ya? Dan suasana indah banget ya.. Makasih ya dengan adanya blog Sunflo jadi banyak tahu deh informasi disono.. trims banyak ya?😀

    makasih juga fans, sunflo emang ingin berbagi dengan para pembaca di sini… ^^

    Reply
  • 22. cempaka  |  April 25, 2010 at 12:30 pm

    Subahanallah. pengen banget kesana.. tapi untuk saat ini.. dengan membaca tullisan mbak… rasanya kayak abis umrah juga hauhahahha😀 *ngarep*

    suami mmbak kyaknya tinggi sekali.. 😀

    semoga kelak bisa ke sana ya cempaka aamiin… hehehe… hubby emang tinggi n gede

    Reply
  • 23. berdebu  |  April 25, 2010 at 2:12 pm

    Bismillahirrohmanirrohim. .Semoga suatu waktu ku bisa menginjakkan jempol kakiku di sana. .Amin. .
    Salam kenal ya. . .
    Blogwalking ya. .Mohon kunjungannya semua.
    Salam hangat

    aamiin… semoga Allah mudahkan jalan bagimu tuk ke sana

    Reply
  • 24. abu faiz attubany  |  April 25, 2010 at 3:08 pm

    assalamu’alaikum warahmatullah…
    salam ukhuwah ukhti fillah,
    stelah baca2 postingan di blog ini ana jadi kangen banget dg kota buraidah, dan juga sahabat2 ana yg masih ada di sana. terutama ustadz abdul latif (abu kholil), ustadz di jaliyat markazi, hubaib. yg dulu sering membantu ana jg sering ngobrol bareng di jaliyat maupun di rumah beliau.
    jika berkenan, mohon sampaikan salam ana ke beliau, ana sangat kangen banget sama beliau. (insyaAllah ukhti tahu beliau, setelah ana membaca tulisan2 di blog ini). dan mohon kasih tahu no.HP ana 081703646075 ke beliau agar kami bisa saling komunikasi kembali karena sempat terputus saat no.HP ana dulu hilang.
    jazakumullah khoir. KULLU ‘AM WA ANTUM BI KHOIR

    wa’alaikumussalam warahmatullah… ahlan ya akhi.. insyaAllah akan saya sampaikan nanti.. btw, ust. abu khalil sedang cuti ke indonesia sepertinya… 2 bulan lamanya, insyaAllah kembali lagi ke buraidah… berarti kenal juga ma hubby dan orang-orang yang saya sebutkan di postingan ini ya…
    waiyyaka…

    Reply
    • 25. abu faiz attubany  |  April 25, 2010 at 3:29 pm

      sedang cuti ke madura ya ustadz abu khalil…
      subhanallah,,, berarti ana bisa ketemu langsung sekarang.
      hubby nya siapa ustadzah..? ustadz abu hamzah kah??, insyaAllah knal. soalnya gambar2 yg ustadzah posting insyaAllah ana kenal btul smua. klo boleh foto jaliyat yg dulu sama yg baru dibangun di posting di blognya dong… ^_^
      jazakallah khoir ustadzah…

      jangan panggil saya ustadzah, akhi… sy mah urang biasa2 saja… ^^ hubby is abu yahya al fath dr cirebon btw, jaliyat mana? faiziyah atau khubaib, sekarang hubby ada di jaliyat khubaib tapi induknya tetap di faiziyah

      Reply
      • 26. abu faiz attubany  |  April 25, 2010 at 3:39 pm

        owh… ustadz abu yahya, ana kurang begitu tahu, tp insyaAllah knl klo sudah lihat langsung… ^_^
        di jaliyat markazi yg di hubaib, soalnya ana dulu hampir setiap hari ksini, ngobrol sama ustadz abu kholil, trus pulangnya sering juga mampir di sakan ustadz abu kholil yg di bundaran sadah, tahu kan.. ^_^

        wah sy kudu nanya ke hubby dulu neh, kurang bgtu paham… jaliyat yang di tengah kota khubaib itu kan?? oh ya… bangunan jaliyat yang barunya blom jadi …sy pernah dikasih tau ma hubby… iya pernah lihat juga… rumah beliau dekat ma abu azzam ya

  • 27. bayuputra  |  April 25, 2010 at 3:26 pm

    salam
    wah.. subhanallah, luar biasa sekali
    saya juga pengen kesana
    …. Nunggu ada waktu ehh salah nunggu ada uang/dananya hee..
    minta doanya yah …

    semoga Allah mudahkan bagi bayu tuk ke sana kelak ya… aamiin

    Reply
  • 28. abu faiz attubany  |  April 25, 2010 at 4:00 pm

    btul, yg ditengah kota khubaib… jaliyat markazi.
    owh blom jd juga brarti jaliyat yg baru,
    kayaknya g salah lagi…. ^ ^
    brarti ustadz sm ustadzah tinggal di faiziyah ya..???

    *pokonya ana tunggu tiap hari lah postingan di blog ustadzah ini,
    btul2 bagus dan bisa mengobati kangen ana dg kota buraidah🙂

    i said.. dont call me ustadzah, akh, sunflo aja atawa ukhti keknya lebih enak… dulu saya emang guru, dan di sekolah kami, sy suka dipanggil dengan sebutan bu, bu novi gtu … insyaAllah… semoga bisa mengambil manfaat dari blog saya ini ya.. emang buraidah bikin kangen, sy saja blom mau pulang ke indonesia… ^^

    Reply
  • 29. abu faiz attubany  |  April 25, 2010 at 4:44 pm

    oke lah ukhti “ustadzah”, eh ukhti novi …🙂
    apalah arti sbuah nama, ^^
    ana dulu waktu di buraidah jg dipanggil mutowwa’ sm smua orang dsana,
    baik orang indo, arab atau orang2 dr negara2 lain. sbenarnya jg g mau d panggil ky gtu tp mau gmana lagi masa’ ana harus bilang ke semua jgn panggil ky gtu…. ^^
    smpe’2 hampir tak ada yg tahu nama ana yg asli, soalnya smua pggil gtu…😦
    hmmm….. kayaknya bisa2 gak pengen pulang ke indonesia ya… ^^

    dimana kalimat tauhid ditegakkan insyaAllah saya merasa betah di sana…

    Reply
  • 30. fauza  |  April 25, 2010 at 4:48 pm

    subhanallah…. indah bget mbak….aq juga pengen banget kesana ma keluarga besarku,,,,, salm..kunjungan menjelang magrib nih

    masyaAllah… smoga Allah mengabulkan harapannya ya de’… aamiin

    Reply
  • 31. mahesapandu  |  April 25, 2010 at 5:52 pm

    subhanallah, perjalanan yang lengkap. Perjalanan yang mungkin menjadi keinginan banyak orang…

    Sebuah oleh2 yang sangat berharga Sunflo…

    alhamdulillaah iya mahesa… sangat besar limpahan rahmatNya padaku… terimakasih

    Reply
  • 32. Nanang  |  April 25, 2010 at 7:02 pm

    Alhamdulillah…Mbak Nof bisa umroh, malahan yang ke empat. Nikmat besar yang diberikan Allah dengan mudahnya melakukan umroh.

    iya Nang… alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 33. ismi  |  April 25, 2010 at 7:18 pm

    berarti kubah ijo itu dulunya kamar ato rumahnya Aisyah gtu ya mbak??

    yhup bener banget…

    Reply
  • 34. ismi  |  April 25, 2010 at 7:19 pm

    ust Zainal Abidin sering liat suaranya doang diradio…..
    eh, prnah sekali ding liat di tipi.

    hehehe… pernah liat juga tho?

    Reply
  • 35. ismi  |  April 25, 2010 at 7:20 pm

    hehehehe, suami mbak Arab bangeeeeeet dr belakang….
    gedhe duwuuuur…….😀

    heeh …😀

    Reply
  • 36. bluethunderheart  |  April 25, 2010 at 7:32 pm

    blue masih tetap memiliki niat tuk umroh bersama bunda blue…..
    salam hangat dari blue

    aamiin semoga Allah memudahkannya ya Blue…

    Reply
  • 37. Masdin  |  April 25, 2010 at 7:36 pm

    hehehe… foto makanan tetap ada dong😀

    Mudah2an suatu saat ini Allah memberikan “kekuatan” kepada saya untuk dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci.

    aamiin aq juga berharap demikian pada saudara2 ku yang ada di tanah air, masdin… ^^

    Reply
  • 38. Ruang Hati Blog  |  April 25, 2010 at 9:06 pm

    wah lengkap sekali postingannya, trims yah dah berbagi

    yup… sama2 de’

    Reply
  • 39. delia4ever  |  April 25, 2010 at 10:57 pm

    Kemarin melihat photo2 kakak disana mbak…
    semakin kuat hatiku ingin menginjakkan kaki disana…

    doain ya mbak…🙂

    insyaAllah didoakan de’… ^^

    Reply
  • 40. setitikharapan  |  April 26, 2010 at 12:01 am

    Subhanallah, enak ya mbak kalau tinggal di saudi. bisa sering-sering umrah. dan menyusuri jejak-jejak Rasulullah.
    DOain ya mbak biar adek bisa kesana.🙂

    iya de’ alhamdulillaah suatu nikmat tersendiri…semoga engkau termasuk org yang dikehendakiNya tuk mengunjungi rumahNya kelak…aamiin

    Reply
  • 41. aldy  |  April 26, 2010 at 12:47 am

    Luar biasa, tanah yang gersang dan tandus berubah menjadi pemandangan yang indah.

    alhamdulillaah iya Dy… penuh berkah

    Reply
  • 42. marisa  |  April 26, 2010 at 7:12 am

    Kutelpon keluarga dan beberapa temanku di sini… seneng banget, apalagi mereka adalah sobat blogger yang baru kukenal… belum pernah ketemu, cuma dengar suaranya saja…<————saya kebagian nih ditelpon mba sunflo.,..🙂
    alhamdulillah…terima kasih ya mba udah didoakan…🙂
    jazaakallahu khaer…🙂

    semoga saya juga bisa kesana ya mba..:)
    dan kita bertemu..🙂
    hehehehe

    wkkk… dapat telpon dari seleb yaa…😉 waiyyaki… makasih juga ya…

    Reply
    • 43. marisa  |  April 26, 2010 at 2:21 pm

      iya mba.. seleb buraidah..😀

      hohoho…😆

      Reply
  • 44. Agus Siswoyo  |  April 26, 2010 at 7:18 am

    Alangkah beruntungnya mereka yang berkesempatan menginjakkan kaki di tanah Rosul. Wah, saya jadi deg-deg an pengen nyusul.

    aamiin semoga bisa tercapai ya…

    Reply
  • 45. Asop  |  April 26, 2010 at 8:31 am

    Alhamdulillah… udah 4 kali umroh….🙂

    alhamdulillaah Sop… ^^

    Reply
  • 46. vany  |  April 26, 2010 at 8:42 am

    perjalanan umrah yg menyenangkan, mbak…
    dari dulu aku jg pgn umrah brg keluarga, mbak…
    tapi, blm kesampaian sampai skrg….
    hehehehe

    semoga kesampaian ya vann… ^^

    Reply
  • 47. achoey  |  April 26, 2010 at 9:18 am

    ummi semakin betah saja di sana🙂

    alhamdulillaah…,choey… ^^

    Reply
  • 48. Kakaakin  |  April 26, 2010 at 9:40 am

    Subhanallah…
    Jadi pengen kesana banget nih😦

    alhamdulillaah.. peganglah mimpimu Kin… insyaAllah kan terwujud, bi’idznillah

    Reply
  • 49. anny  |  April 26, 2010 at 10:53 am

    Subhanallah betapa perjalanan yang sangat mengesankan dan banyak diimpikan banyak orang🙂
    Mudah2an aku bisa nyusul ya mba he..he…kapan ya?

    semoga Allah mudahkan langkahmu tuk ke sana ya ann…^^

    Reply
  • 50. wawansri  |  April 26, 2010 at 11:37 am

    subhanallah….
    1 aja blm pernah…mudah2 bisa nyusul.Aaminn

    aamiiin semoga Allah mudahkan langkah menuju ke sana kelak..

    Reply
  • 51. bundadontworry  |  April 26, 2010 at 1:14 pm

    Subhanallah, tak mampu menahan air mata melihat masjid Nabawi melalui foto disini,
    aku rindu padamu ya Rasul…….. 😥 😥

    terimakasih banyak krn telah berbagi kisah yg indah ini Mbak.
    Salam

    masyaAllah kerinduan bunda yang menggebu tuk kembali ke sana ya bund… semoga Allah menjawab kerinduan bunda… sama2 bunda… ^^

    Reply
  • 52. ImUmPh  |  April 26, 2010 at 1:20 pm

    Keren.. sumpah pengen banget bawa ortu berangkat haji.
    Pengen ke mesjid Quba, truz metik buah kurmanya, boleh ga yach? hehehehe

    buleh ajah…:mrgreen:

    Reply
  • 53. bintangtimur  |  April 26, 2010 at 5:13 pm

    Maaf Sunflo, telat hadir…😦
    Ceritanya menyenangkan buat dibaca, saya jadi ngebayangin gimana ya kalo saya keliling masjid Nabawi sendirian…ah, kayaknya nggak berani deh…
    Satu lagi tuh, nasi gorengnya bikin saya tergoda, apalagi lagi puasa kayak gini…hehehe…benteng pertahanan serasa nyaris runtuh😛
    Bersyukur Sunflo, bersyukur banget Sunflo bisa mewujudkan harapan yang dulu mungkin berupa impian. Tapi kini, wah, malah bisa berbagi banyak cerita lewat posting di blog Sunflo ini…
    Thanks!

    sama2 jeng… ^^ eh udah bisa OL, wah inetnya udah mesra lagi yaaa… ah, insyaAllah jeng berani, di rumah Allah serasa kek rumah sendiri loh… ^^

    Reply
  • 54. ismi  |  April 27, 2010 at 2:37 pm

    liat kubah ijo, jadi inget kisah ini…
    aku pernah baca di buku. bner gak c??
    mbok2 aku yg salah.
    gini…
    kan yg di makamkan di rumah Aisyah kan Nabi Muhammad, Abu Bakar, and Umar bin Khatthab.
    setelah ada makamnya Umar tsb, Aisyah jadi pake jilbab (hijab) di dalem rumahnya. soalnya ada laki2 yg bukan mahramnya di rumahnya.
    emang bner ya mbak??knp c mbak???
    give me penjelasan ….

    sik tatakok hubby, jawabannya takirim via FB insyaAllah

    Reply
  • 55. monda  |  April 27, 2010 at 10:50 pm

    nggak pernah bosan baca perjalanan umrohnya sunflo, serasa ikut juga

    alhamdulillaah… semoga bermanfaat ya mbak… ^^

    Reply
  • 56. kikakirana  |  April 30, 2010 at 6:23 am

    wah panjang bener posting nya😀 tapi QK tetep baca koq…
    seru eh baca ceritanya mbak sunFLo,,
    kapan QK bisa umrah juga?
    eh tapi naik haji lebih bagus lagi xixixix…

    HIDUP!!! ^_^

    iya kika… long story….😛 aamiin semoga Allah kabulkan ya…

    Reply
  • 57. yani  |  April 30, 2010 at 7:13 pm

    bagiku yg belum pernah umroh, sangat takjub pastinya saat bisa ke sana juga untuk umroh atau haji. namun bagi orang Arab, apakah rasanya seperti itu ya? kalo mba novi gmn yg udah 4 kali ke sana? dan sering pula ambil foto2😀 seperti “jalan2” dunk… hehe

    org arab mah malah jarang yang terpanggil ke sana, mereka takut ditegur lgs di sana, aq paling berkesan ya pas umrah pertama, umrah selanjutnya terasa biasa saja, tapi aq selalu merindukan tuk kembali ke sana… terus dan terus… ^^

    Reply
  • 58. ardee  |  May 1, 2010 at 1:40 am

    baru tahu kalo “Aturan di Madinah, tinggi bangunan-bangunan di sana, tak boleh melewati tinggi menara masjid nabawi..” thx infohnya mbak…
    kalo di makkah mgkn beda ya, karna hotel yg sdg dibangun di samping hilton itu, kayaknya lebih tinggi dari menara masjidil haram.

    anyway, cara menjabarkan perjalanan umrah nya lengkap sekali, mbak… mgkn bisa jadi mutthawwif umrah atau haji…

    iya ardee, itu hanya peraturan pemerintah kota madinah saja, kalau di makkah mah… huuuu, ada hotel yang tinggiiiiiii bgt di samping masjidil haram… hehehe jadi pemandu haji gtu???😉

    Reply
  • 59. fety  |  May 1, 2010 at 1:38 pm

    mbak novi, senang bgt baca tulisan ini. Semoga suatu saat bisa ke sana bersama orang-orang tercinta, amin yah Allah. Fety bisa melihat wajah mbak novi he..he..

    aamiin semoga Allah mengabulkan… ^^ hehehe.. mo liat aq yaaa…

    Reply
  • 60. sifa  |  May 17, 2010 at 2:32 pm

    sunflo.. kubahnya itu warna hijau yaa..? di foto keliatan seperti warna hitam.
    Oooh masjid nabawi seperti ini ya.. agak kuning keemasan… indahnya.. hmmmm kapan ya sholat di sana…🙂
    sunflo,,, sekali2 ceritain dunks tentang percakapan dengan bahasa arab,,, percakapan klo lagi jual beli misalnya.. maklum pengen bisa bahasa arab nh…🙂

    masak seeh sif?? idjo aah…🙄 iya indah bgt yaaa’.. ^^ sayang bgt sifa .. bahasa yg digunkan di sana bahasa pasaran… bukan bahasa fushah…. farahnya lagi.. diriQ ini kagak bisa bahasa arab hikzz…😦

    Reply
  • 61. lublin imprezy  |  December 17, 2010 at 7:56 pm

    Took me half a hour to read all theremarks, but I truly understandthe post. It proved to be veryworthwhileto me and I am sure enough to almost all of the commenters here!

    Reply
  • 62. Aisyah  |  June 2, 2011 at 1:10 pm

    Assalamualaikum Mbak Novi, aku juga punya paman orang sana, aku sih panggilnya Ammu Badri, nama lengkapnya… ga tau sih, ammu itu adiknya abi, tapi sekarang lagi pulang ke Indo, dan katanya kenal juga kok sama Ust. Aunur Rofiq…
    Coba deh tanyain ke zauji mbak, kenal ga sama ammuku?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: