My 4th Umrah: Nostalgia… Oh … Nostalgi(L)a

April 26, 2010 at 3:56 pm 50 comments

Kisah umrah akan sunflo lanjutkan… ^^

Begini….

Selepas maghrib, kamis tanggal 22 april 2010, kami berempat meluncur menuju Makkah Al Mukarramah… Perjalanan kami tempuh sekitar 5 jam… Sempat berhenti di mahathah (POM bensin) untuk istirahat, shalat dan makan.

Lalu lintas lumayan padat, karena bertepatan dengan waktu liburan sekolah di Saudi, sehingga banyak orang yang akan melaksanakan umrah atau berkunjung ke masjid Nabawi.

Tiba di Makkah pukul 00.30 dini hari dan langsung cari penginapan. Bener kan… kalau pas rame kek gini, hotel-hotel pada naikin harga… :-(   Alhamdulillah, akhirnya dapat hotel yang murah, 75 real per malam, dan dekat dengan masjidil haram.

hmm… bisa dibuat langganan nie… kamarnya bersih dan rapi, gak kek hotel-hotel terdahulu yang pernah kami singgahi ….

Biasanya satu kamar terdiri dari 4 tempat tidur kek gini nie…

(Buat gambaran temans yang mau ke sana… ^^ )

kulkasnya masih baru n ‘jalan’ … :mrgreen:  gak kek hotel terdahulu, yang mana kulkasnya dah rusak masih aja ditaro di dalam kamar…

Akhirnya kami langsung terbuai dalam tidur yang alhamdulillah lumayan lelap setelah didera rasa capek dan ngantuk yang sangat…

***

Pukul 4 pagi, aku dan hubby bersiap-siap menuju masjidil haram untuk menunaikan shalat shubuh berjama’ah dan dilanjutkan dengan melakukan thawaf dan sa’i.

nyali sempat ciut, saat melihat banyak orang yang sudah booking tempat di pelataran masjid…😕 penuh bangetkah??

Alhamdulillah, meski banyak manusia memenuhi masjidil haram, kami bisa ikut shalat di dalam masjid… :-)  Saat itu yang jadi imam adalah syaikh Al Juhny… Langsung aja kupasang hape tuk merekamnya…:mrgreen:

***

Sehabis shalat, kami langsung thawaf… meski sesak, namun kami masih leluasa bergerak… alhamdulillaah… ^^

nie gambar ka’bah yang kuambil setelah selesai melaksanakan shalat sunnah selesai thawaf … di bagian wanita

setelah agak siangan, lengang juga area di sekitarka’bah tuh… (foto kuambil sehabis sa’i)

suasana saat sa’i … pada putaran 1 dan 2, kusempatkan untuk menelpon kembali beberapa teman … hehehe…🙂

Selesai sa’, aku langsung bertahallul, agar dapat mengenakan pakaian yang nyaman lagi (hehehe… pake niqab gtu… :mrgreen:  ), sedangkan hubby cukur rambutnya nanti di salon.

Wah… perut sudah keroncongan nie, tanda minta diisi… :mrgreen:  Akhirnya kami berdua meninggalkan kompleks masjidil haram tuk memenuhi panggilan harian yang musti ditunaikan… (halah, bilang saja mo nyari sarapan gtu..kok mbulet banget bahasanya …  :roll:   )

Perasaan aku pingin banget buah-buahan dech… secara udara terasa panas banget, meski tadi kurasakan sejuk di pelataran masjidil haram…

Maka kami membelokkan langkah menuju pasar Ghaza yang terkenal itu …

banyak barang dijual di sini… berbagai cinderamata dengan berbagai variasi harga…

Tapi tetep aku tak tertarik tuk membelinya…🙄

nie target n sasaranku… toko buah-buahan… serbuuuuuuu!!!:mrgreen:

Seger ‘kan??

hehehe… ada bayam dan kangkung looh… satu ikat besar harganya cuma 1 real…:mrgreen:

Aku langsung saja minta hubby buat ambil tuh barang…. Maklum… lama ga makan bayam n kangkung nuuiii…😆

Tuh… berbagai macam buah di sana… Kami beli anggur hijau dan merah saja… Mo beli semangka or melon, ga bawa pisau siih…😦

Dah… akhirnya kami kembali ke hotel untuk sarapan dan istirahat, sebelum berangkat lagi menuju masjidil haram tuk mengikuti shalat Jum’at…

***

Aku pribadi meniatkan shalat jama’ qashar, dhuhur dan ashar… Pas shalat Jum’at, khatib dan imamnya… waoww… subhanallah, ga nyangka…euy!! Syaikh As Sudays!! MasyaAllah walhamdulillaah… soalnya mimpiku tuh, pingiiiiin banget denger suara beliau langsung…:mrgreen:

Akhirnya setelah selesai jum’atan, kami langsung bertolak meninggalkan masjidil haram tuk melanjutkan perjalanan pulang kembali ke Buraidah.

Nie ada pemandangan favoritku:

merpati-merpati di tanah haram… lucuuuuu…:mrgreen:

***

Sebelum menuju Buraidah, kami melakukan beberapa kunjungan ke masyaa’iril haram (tempat-tempat syi’ar Islam di Makkah: Mina, Musdalifah dan Arafah)… Sembari menguntai kembali kenangan waktu hajian kemarin… Nostalgia-lah ceritanya nieee…:mrgreen:

Apa saja tempat yang kami kunjungi? Simak yuu’:

ini adalah gunung tempat malaikat Jibril menyeret kambing sebagai pengganti Nabi Ismail ‘alahissalam… namanya Majarral  Kabs.

inilah jamarat… tempat untuk melempar jumrah… letaknya di Mina

Lihat jalan yang naik itu… dulu sewaktu hajian, aku dan rombongan jama’ah haji dari Al Qasim, bolak-balik di sana untuk melempar jumrah…

Hehe.. setelah lengang ga ada orang, kok ya gtu tempatnya yaa…:mrgreen:

ini adalah salah satu teorwongan di Makkah… Arsitektur Jerman nie…. Subhanallah, nie terowongan bener-bener melubangi gunung batu, hingga 1 km panjangnya..!!

nie dia Muzdalifah… Subhanallah, kanan kiri yang terlihat adalah lautan tenda-tenda putih kosong yang tak berpenghuni saat ini …

dulu kami menginap dan bermalam di salah satu tenda ini… pada hari-hari biasa ya kek gini ini… sepiiiii…🙂 tirai tenda dan AC dilepas…

nie dia tendaku di Mina Jadid, pas tikungan jalan di depan itu…

Dulu aku sempat termanyun-manyun pada tanggal 9 Dzulhijjah malam gara-gara kejebak macet dan jalan jauuuuuuh banget tuk menuju ke sini, bayangin dari Muzdalifah ke sini…😦

***

Untuk memudahkan dan meringankan rangkaian manasik haji di sekitar Mina-Muzdalifah-Arafah, pemerintah Saudin akan mengadakan fasilitas kereta api sebagai alat angkutnya

Sekarang ini baru tahap pembangunan landasan relnya… Seperti yang terlihat di bawah ini:

hmm.. kapan ya bisa naik haji sambil naik kereta api di sana…?? 🙄

***

ini adalah masjid Namirah, dan di sebelah depannya tampak sebuah saluran mirip saluran sungai… namanya wadi ‘Uranah… Disunnahkan tuk berdiamdiri di masjid ini apabila memungkinkan pada waktu hari Arafah

Di Saudi banyak sekali wadi (sungai) yang kering… Nanti mendekati akhir zaman, wadi-wadi ini akan kembali dialiri oleh air… tidak lagi kering seperti ini, manusia akan melihat sungai mengalir di daratan Arab yang sekarang ini gersang… wallahu a’lam …

ini adalah salah satu sisi padang Arafah … tempat untuk wuquf…

***

Setelah itu kami bergerak menuju ke jabal ar Rahmah… yang khas dengan tugu putihnya….

Dan inilah….

……………………….

bener-bener aku dibuat ngekek karenanya…

:lol:  :lol: 😆

Ini yang namanya nostalgi(L)a ..

Lihat dulu aksi temen-temen hubby di bawah ini, baru aku cerita dech…😆

pak syamsudin… kek juragan minyak

kang sholeh yang heboh minta dipotret ma ummu Yahya… (panggilan kerenku di sana… :mrgreen:  )

cool pisan dah si pak syamsudin… anggun gtu… secantik onta yang ditungganginya…😆

Kang Sholeh sang Saudagar Minyak yang Kocak …😆

:lol:  :lol: 😆

Kok bisa-bisanya kek anak kecil ajah ngebet mo naik unta-unta cantik itu yaa…:mrgreen:

Begitu kami turun dari mobil, langsung diserbu ma para pengendali unta itu… Bapak-bapaknya langsung didandani pake simagh (kerudung merah tuh) dan udeng-udeng hitam (hehe.. kalu ini aku yang nyebut … bukan nama aslinya… lupa sih namanya apa, itu loh yang lingkaran hitam di kepalanya orang Arab…😆 )

Hubby juga jadi sasaran… tapi hubby menolak … Ah, kagak kepikiran dan kagak tertarik tuh naik unta cantik itu…. :roll:  Aku malah mikir, “Kasihan kamu, unta, dikerjain manusia… Inginnya aku, kamu hidup bebas di padang rumput sana, kek yang sering aku lihat di sepanjang perjalanan…” :-(  Sungguh tak berperikeuntaan tuh orang-orang Badui…🙄

Naik unta hias itu dihargai 5 real dengan diajak keliling beberapa meter ke lapangan dan jalanan yang ada, kalau mo foto harus bayar 10 real per lembar foto …

pemandangan di lapangan sekitar jabal ar Rahmah… orang-orang sono gie demen ma motor kecil kek gtu…🙄

nie jabal ar Rahmah… banyak orang yang naik ke atasnya.. dengan berbagai maksud dan tujuan… semoga mereka ke sana bukan untuk kebathilan …🙄

***

Di sepanjang perjalanan, kan aku suka ambil gambar pake hape… nah, hubby nyeletuk, “Ntar nie reporter mo ambil gambar… besok pasti langsung terbit nie…” saat aku minta berhenti sebentar tuk ambil pemandangan…

Akh Sholeh, temen hubby yang heboh dan kocak itu langsung nyeletuk, “Wah… nanti saya pesen, fotonya dipasang di cover depan ya… hehehe, pak syamsudin yang ditaro di halaman belakang” 😆

“Orang ini mau saya publish ke seluruh dunia o’ , Pak… di internet, ntar orang sedunia bisa lihat fotonya bapak,” jawabku…

Hah… ??!!! 😯

mereka shock sejenak sebelum akhirnya ketawa bersama …😆

***

Perjalanan terakhir kami singgah ke saluran air bersejarah….

Saluran Air Zubaidah

Zubaidah adalah istri khalifah Harun Ar Rasyid (hidup 1244 tahun yang lalu). Saat beliau melaksanakan haji, beliauu tersentuh hatinya karena melihat para jama’ah yang kekurangan air selama perjalanan dari Irak menuju Makkah, bahkan banyak yang meninggal karenanya.

Beliau terketuk hatinya tuk membuatkan saluran yang melimpahkan air antara Irak-Makkah. Beliau memerintahkan para ahli bangunan di zamannya untuk membangun saluran tersebut.

Harta yang beliu keluarkan untuk membangun saluran itu adalah sekitar 5.950 kg emas.

Saluran air itu melintasi jarak antara Irak-Makkah-Mina-Muzdalifah-Arafah, panjang banget kan?

situs peninggalannya masih bisa kita lihat di sepanjang perjalanan Arafah-Mina-Muzdalifah

di dalam bangunan yang memanjang itu, terdapat saluran air yang kini telah mengering airnya…

***

Maghrib menjelang… akhirnya kami bertolak menuju Buraidah… Hmmm… bersiap-siap dengan perjalanan panjang selama 11-12 jam nie… dengan segala rasa dan rintangan yang ada. Termasuk saat kami berhenti di tengah gurun karena ada gangguan mesin.

Aku sempat turun dari mobil dan duduk di tengah gurun malam yang gelap… kurasakan angin kencang yang membawa hawa dingin menusuk tulang… kontras banget dengan keadaan siangnya yang fanasnya ga ketulungan, subhanallah… inilah yang dinamakan iklim gurun, temans…

Alhamdulillah, kami tiba kembali dengan selamat di Buraidah pada pukul 5 pagi, Sabtu, 23 April 2010 dengan membawa sejuta rasa sepulang dari mengunjungi haramain …

Dan inilah kisah yang sunflo bagi untuk kalian semua, semoga dapat menambah wawasannya yaa… ^^

***

Entry filed under: kisahku di saudi, umrah dan haji. Tags: , , , , .

My 4th Umrah: Menyusuri Madinah Sebenarnya Aku Tuh Bingung … :-?

50 Comments Add your own

  • 1. firdausfarisqi  |  April 26, 2010 at 4:07 pm

    klw ada waktu doa’in saya juga ya biar suatu saat juga bisa bertamu ke Tanah Suci .. Amiin🙂

    insyaAllah de aq doain.. semoga dipermudah jalan bagimu tuk ke sana yaa… aamiin

    Reply
  • 2. Afif logicprobe10  |  April 26, 2010 at 4:45 pm

    keduax.. luar biasa.. kapan yah saya bisa kesana?:D

    makasih… insyaAllah kelak menyusul ya

    Reply
  • 3. ismi  |  April 26, 2010 at 4:48 pm

    😆 seruuuuuuuuuuuuuu

    masyak syiiih…😆

    Reply
  • 4. ismi  |  April 26, 2010 at 4:48 pm

    pengen liat mbak naek unta🙄

    ga buleeh… mamnu’… saru…🙄

    Reply
  • 5. ismi  |  April 26, 2010 at 4:49 pm

    kalu nggak naek mobil2an kecil itu deeeh😎

    iki meneh… rakaru-karuan….🙄

    Reply
  • 6. bintangtimur  |  April 26, 2010 at 5:22 pm

    Nambah wawasan banget…hehehe…baru sekarang nih baca kata ‘ngekek’ lagi disini…😛
    Perjalanan yang menyenangkan, menyenangkan pembuat posting dan menyenangkan penulis komentar…😉

    sunflo suka banget nekek sih sis..😆

    Reply
  • 7. Dan (TlsnKhdpn)  |  April 26, 2010 at 5:23 pm

    masya Allah…
    Subhanallaah…

    semoga Allah selalu menjaga & melindungimu Mbak… dan keluarga…

    terimakasih dan..aamiin

    Reply
  • 8. hanif  |  April 26, 2010 at 5:39 pm

    Salam buat Pak Syamsudin, Hubby sama akh Soleh. Foto mereka sudah kulihat olehku yang di Jogjakarta Indonesia. Semoga aku bisa mengikuti jejak kalian ke sana.
    ..Rindu sangat…

    insyaAllah… semoga Allah mudahkan jalan bagimu tuk ke sana ya

    Reply
  • 9. nakjaDimande  |  April 26, 2010 at 6:15 pm

    bundo reguk saja berulang kali.
    nikmatnya, Alhamdulillah

    makasi nouf sayang.

    iya bundo say… ^^ sama-sama… alhamdulillaah…

    Reply
  • 10. Julina Purwaningsih  |  April 26, 2010 at 8:35 pm

    Mudah2an aku dan suami juga bisa kesana ya mbak.. amiin😀
    pengen bangeeet…

    aamiin… iya de’… ^^

    Reply
  • 11. Asop  |  April 26, 2010 at 8:52 pm

    Alhamdulillah….🙂

    🙂

    Reply
  • 12. M Mursyid PW  |  April 26, 2010 at 10:36 pm

    Tetap menarik saya ikuti kisah perjalanan umrah ini. Terutama pada foto2nya, sy suka.

    terimaksih pak… ^^

    Reply
  • 13. yanrmhd  |  April 26, 2010 at 10:37 pm

    sebuah negeri yang diberkahi, subhanallah…
    begitu dekat dgn ka’bah…wah, sebuah kebahagiaan
    sunflo, aku jd semakin rindu tuk pergi kesana.. *hiks..**

    Ya Allah ijinkanlah…

    alhamdulillaah negeri yang berkah,aamiin

    Reply
  • 14. mahesapandu  |  April 26, 2010 at 11:32 pm

    perjalananmu, membuatku ingin
    menjadi Sunflo

    masyaAllah… ^^

    Reply
  • 15. sedjatee  |  April 27, 2010 at 6:56 am

    kapan kesempatan kami yak…
    insyaAllah niat baik akan selalu diberi kemudahan..

    sedj

    aamiin… bener, mr… ^^

    Reply
  • 16. bundadontworry  |  April 27, 2010 at 8:02 am

    masih belum kenyang bunda , mengunyah semua hidangan yg lezat disini .
    salam

    silahkan dinikmati, bunda…^^

    Reply
  • 17. marisa  |  April 27, 2010 at 8:10 am

    suasana saat sa’i … pada putaran 1 dan 2, kusempatkan untuk menelpon kembali beberapa teman … hehehe…<————sekali lagi,saya ditelpon sama seleb buraidah..mba sunflo… ^^..🙂

    mba,jadi pengen nih umrah…..🙂
    kapan ya???
    saya doakan semoga mba dan suaminya bisa naik haji..🙂
    amin..insya allah…

    eia mba,pengen banget nelpon mba…🙂
    tp saya takut ganggu mba…
    soalnya kita punya waktu beda…
    takutnya pas mba sibuk atau tidur…
    brp jam ya mba bedanya buraidah-indonesia??
    dan kapan aja,pas mba sibuk yang kirqa-kira bisa saya telpon…
    plus waktu indonesia tengahnya…hehehehe….

    saya udah update,,,🙂

    alhamdulillaah kami berdua dah naik haji de’… telpon ajah gapapa… ^^ kalu aq sibuk paling ya ga kuangkat… hehehe… insyaAllah ntar ke blog risa dech

    Reply
    • 18. abu faiz attubany  |  April 27, 2010 at 8:26 am

      selisih waktu buraidah-WIB kurang lebih 4jam, y kan mbak sunflow🙂

      ya betul..

      Reply
      • 19. marisa  |  April 27, 2010 at 10:14 am

        berarti 5jam dengan WITA..
        makasih..🙂

  • 20. abu faiz attubany  |  April 27, 2010 at 8:22 am

    masyaAllah…. seru abiz mbak cerita perjalanannya..🙂
    cerita yg seru ditambah dengan gaya penulisannya yg segerrr (kocak banget maksutnya… hehehe). gambarnya OK-OK lagi, HPna N khomsah tis’in kluaran terbaru ya….hiks🙂
    klo orang jawa bilang COCOG IWAG NDOG pokoknya, hehehe😀

    alhamdulillah… ga, hape jadul ini, SE K750 i… sy udah ga gila ma hape lagi… yg penting bisa dipake…🙂 terimaksih…

    Reply
  • 21. langit11  |  April 27, 2010 at 8:32 am

    untung ga ada razia kamera ya mbak, jd postingannya bisa full gambar…hehehe.
    Ya Allah, undang aku ke sana ….

    iya alhamdulillaah… kecuali di masjid nabawi… harus umpet2an ma petugas nie… ^^

    Reply
  • 22. zipoer7  |  April 27, 2010 at 10:19 am

    Salam Takzim
    Rasanya ikut umroh nih sama sunflo habis lengkap banget refortasenya, sukses ya sunflo dan terima kasih atas sajiannya sehingga bertambah wawasan saya tentang negeri orang
    Salam Takzim Batavusqu

    alhamdulillaah semoga makin menambah wawasan ya bang… ^^

    Reply
  • 23. bintangtimur  |  April 27, 2010 at 11:11 am

    Selamat siang, Sunflo…belum ada posting baru ya…balik lagi ah😛

    blom nie jeng…🙄

    Reply
  • 24. cempaka  |  April 27, 2010 at 11:16 am

    huhaha. berasa cempaka yang moto2😀

    tengkyu ya mba,, udah di share.. banyak hal yang cempaka akhirnya ketahui….

    btw. sunflo dimna?? *celingak celinguk* udah dua episode,,, tak nampak juga.. huks hiks heksss

    kekekeke… sunflo sembunyi di sini… ^^

    Reply
  • 25. bluethunderheart  |  April 27, 2010 at 11:57 am

    semanagt y,kawanku
    salam hangat dari blue

    trimaksih blue… paling pinter kalu kasih semangat nie..

    Reply
  • 26. Berdebu  |  April 27, 2010 at 12:13 pm

    fotoku kok ndak ada di situ???🙂

    hehehe… lupa diambil gambarnya…:mrgreen:

    Reply
  • 27. bloqaditaaz  |  April 27, 2010 at 2:47 pm

    wah tu lucu ya ontanya, ok juga mbak jadi raja minyak untuk beberapa saat

    kalau ingat jadi kek gini dech 😆

    Reply
  • 28. deny marisa  |  April 27, 2010 at 2:56 pm

    mbaku sayang…
    maaf ya..tiba-tiba pulsa drop…😀 😀
    mati deh..hehehehe…🙂
    ntar kita sambung lagi ya..🙂

    gpp de’ … kalau nelpon dr indonesia emang ngorot pulsa…😦

    Reply
    • 29. marisa  |  April 28, 2010 at 7:09 am

      ah.. biasa itu.. ^^
      gpp..🙂
      sebenarnya ada cara yang bisa bikin murah..
      cuma kamren pengen langsung denger suara mba aja…
      merdu ato serak..
      hiohihihi…😆

      terus? gmana? merdu atau serak??😛

      Reply
      • 30. deny marisa  |  April 28, 2010 at 12:14 pm

        hmm…anu..
        ini…aduh..hihihi…😆

        kok anu…anu…😕

  • 31. Tanti  |  April 27, 2010 at 4:00 pm

    Subhanallah…. ceritamu seperti seakan2 aku berada disana mbak…
    Semoga Kami bisa segera mengunjungi tanah suci itu.. amin

    aamiin… semoga Allah mudahkan langkah menuju ke sana ya..

    Reply
  • 32. melly  |  April 27, 2010 at 4:12 pm

    Subhanallah
    jadi pengen kesana, membaca ini aja berasa ada disana..
    seperti membaca cerita jaman nabi klo baca tentang kek gini.

    alhamdulillaah.. iya mell… ^^

    Reply
  • 33. delia4ever  |  April 27, 2010 at 5:20 pm

    Ibu lia kalo kesana pasti nggak lepas photo dengan Unta..
    sampai2 langganan ama salah satu nya dan dapat diskon.. :)…heheheh …

    😆 … sgtunya ya De… ^^

    Reply
  • 34. Goda-Gado  |  April 27, 2010 at 6:45 pm

    sekedar saran:
    cerita panjang ini sebenarnya akanl ebih indah jika dibikin satu per satu…

    jd ga memanjang gini…

    semoga judul pd postingan ini tdk berarti Umrah = nostalgia yang GILA

    *pamit rumiyin………..

    hehehe… thx masukannya… sualnya pingin cepet ganti tema postingan siih…😛

    Reply
    • 35. Goda-Gado  |  April 28, 2010 at 9:39 am

      sabar lah, dikit2…
      dibikin maraton per pekan satu…
      khan asyik tuh

      hiks… udah terlanjuuuuuurrrrr…😥 😦

      Reply
  • 36. achoey  |  April 28, 2010 at 2:47 pm

    Suhanallah ummi
    Jarakmu dengan ka’bah lumayan dekat
    sementara aku hanya isa melihat fotonya saja🙂

    insyaAllah kau juga akan bisa ke sana choey… ^^

    Reply
  • 37. isil  |  April 28, 2010 at 9:19 pm

    makasih banyak untuk foto – fotonya mbak….
    bener 2 buat sil ngiri dan segera bisa kesana dan ngajak orang tua…
    amin

    aamiin.. sama2 Sil,… ^^

    Reply
  • 38. Kakaakin  |  April 30, 2010 at 6:19 am

    Subhanallah… lagi2 seru nih perjalanannya.
    Ooh… ternyata tenda2 itu tetap berada disana ya… kirain dibongkarin gitu, hehe🙂

    hehehe kalu dibongkari ya cuape’ dech…😆

    Reply
  • 39. kikakirana  |  April 30, 2010 at 6:41 am

    Aaa,,, jadi tau kek gimana di sana itu😀 sepertinya berat sekali ya mbak… dari satu tempat ke tempat yang laen terlihat sangat jauh…
    tapi juga kek nya seru banged gitu… mendatangi satu tempat ke tempat lain… kpan QK bisa naik haji:mrgreen:

    makasih buat semua gambar”nya ya mbak…😀

    HIDUP!!! ^_^

    alhamdulillaah sama-sama kika… ^^

    Reply
  • 40. yani  |  April 30, 2010 at 7:16 pm

    ummu Yahya, udah berapa koleksi fotonya?? ckckck.. isinya poto semua😀 btw, nginep di hotelnya berapa hari mba?

    hehehe….cuma semalam… sualnya hari sabtunya udah dines lagi…. ^^

    Reply
  • 41. aisyah  |  May 5, 2010 at 9:18 pm

    kapan ya..kesana…dah mimpi neh

    insya Allah someday… ^^

    Reply
  • 42. sifa  |  May 16, 2010 at 11:49 am

    pengen beli kangkung di pasar ghaza..hehhehe…. kapan yaa… liat pemandangan2 seindah itu secara langsung…🙂

    semoga bisa kesampaian yaa de’

    Reply
    • 43. sifa  |  May 17, 2010 at 5:28 am

      amin..

      ^^

      Reply
  • 44. mikha_v  |  May 20, 2010 at 11:02 pm

    yapp..dan makanan tak pernah lepas dari posting mbak. Hihii.
    Oiya kalo di situ, bebas ya berfoto-foto?

    Dan burung merpatinya boleh dipelihara / ditangkap ngga?

    di tanah suci.. salah satu larangannya adalah tidak boleh mengusik, memnyakiti apalagi membunuh burung2 tersebut… tapi kalau udah keluar dari tanah suci, boleh ditangkap… ^^

    Reply
  • 45. vicky  |  August 2, 2010 at 3:19 pm

    Assalamu’alaikum wr wb

    Salam kenal mba’ ^^ hehe..reportase perjalanannya luar biasa niee..aku juga sekarang lagi nemenin suamiku di Riyadh..baru 4 bulan sie disini..hehe..kalo boleh tau nama hotelnya apa mba’ waktu mba’ nginep umroh kali ini? Bulan lalu juga alhamdulillah aku umroh, tapi karena lagi musim liburan jadi mahal hotelnya+ jauh dari Masjidil Haram..hehe

    Reply
  • 46. ety  |  August 6, 2010 at 4:09 pm

    Assalamualaikum, Duh… teh sun flow ngeliat dokumentasinya jd pengen banget ke sn, Alhadulliah dgn bgt minimal turut merasakan dimekah tuk ky apa suasananya n kebetulan adik sy jg di arab didaerah DAMAM deket gga dgn Buraidah. w

    Reply
  • 47. Aisyah  |  June 2, 2011 at 1:25 pm

    Hmm… Zubaidah… Zubaidah…
    Dia kan guru mengajiku waktu kelas 1 MI, dia, zaujinya, dan anaknya hafidz semua… Subhanalloh…
    Tapi sekarang dia dah pindah ke Qatar, ninggalin kita semua murid-muridnya, tapi tahun 2010 kemarin ammah Zubaidah datang lagi sama Najiba (putrinya), aduuuh…. Kangennya…

    Reply
  • 48. hery  |  June 20, 2013 at 1:00 am

    Assalamu’alaikum, mohon di share nama hotel murah di Mekah. No telp, nama hotel, etc. terimakasih. Mohon email ke lv41uop@gmail.com. terimakasih.

    Reply
  • 49. mohon info utk umroh 2014  |  July 10, 2013 at 5:23 pm

    bisa di bantu mb,info tmn yg bs jg guide slm umroh?ada renc kami mau umroh mandiri tanpa travel,dr keluar bandara smp nanti plg,msk bandara mb?.mohon email k sy y mb, (imamjogja32@yahoo.com ) matur nuwun

    Reply
  • 50. faisalmarpaung  |  January 24, 2014 at 8:22 pm

    Aslm. Mbak, nama hotelnya apa th yg 75 SAR /malam dekat al haram, klo boleh alamat sama nmr telpnya mbak…
    InsyaAllah sy berminat menginap disana

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: