Provinsi Al Jouf

April 29, 2010 at 9:23 pm 54 comments

Al Jouf adalah gerbang utara Arab Saudi, provinsi paling utara ini menghubungkan Suriah dan Irak dengan semenanjung Arabia, merupakan tempat lahirnya kebudayaan Nabatean dan Asyiria. Luas wilayah Al Jouf sekitar 58.425 km², yang meliputi dataran tinggi, lembah dan dataran yang subur. Dengan 3 daerah semacam kabupaten: Sakaka, Qurayyat dan Dumat Al Jandal… dengan Sakaka sebagai ibukotanya. Dan Al jouf merupakan salah satu wilayah kerajaan Arab Saudi yang terkaya dalam hal barang antik dan monumen arkeologinya.

***

Sakaka

Kota Sakaka terkenal akan karpet tenunan tangannya…

industri karpet tenunan tangan di Sakaka, al jouf

salah satu sudut kota sakaka

kota sakaka dilihat dari salah satu bangunan bersejarah di sana

***

Beberapa Peninggalan Bersejarah di Sakaka

Masjid Umar bin Khatthab,  dibangun pada 17 Hijriyah  di Domat al Jandal, Sakaka. Masjid ini dibangun oleh khalifah Umar bin Khatthab saat perjalanan beliau ke Baitul Maqdis, Palestina.


Dumat Al Jandal adalah sebuah kota kuno dalam sejarah dan muncul dalam catatan sejarah Asyiria. Duma adalah anak keenam Nabi Ismail ‘Alaihissalam… Di daerah ini juga terdapat bangunan kuno bersejarah, yaitu:

Qasr (benteng) Ma’arid dengan tinggi 2000 kaki, dibangun sekitar 2000 SM, dibangun kembali oleh Nawwaf bin Nuri bin Shalan di tahun 1913 …

bagian dalam benteng Ma’arid

bangunan berbentuk silinder ini adalah sebuah lorong yang menghubungkan benteng Ma’arid dengan masjid Umar bin Khatthab…

***

Benteng Za’abal yang dibangun pada abad ke 7 SM

Batu berdiri di Ar Rajajil, merupakan peninggalan bersejarah pada zaman megalitikum, diperkirakan umurnya sekitar 5000 tahun, dibangun sebagai alat untuk penunjuk waktu, semacam jam matahari…

***

Source: http://www.galenfrysinger.com, http://www.splendidarabia.com, http://www.the-saudi.net

Entry filed under: Saudi Arabia. Tags: , , .

Peliharaanku Rollcake Felt Craft Tutorial (Kreasi Flanel Rollcake)

54 Comments Add your own

  • 1. ismi  |  April 29, 2010 at 9:37 pm

    berape lama ya nenun karpet segede itu pake tangan🙄

    lama keknya makanya harganya muahaallll…🙄

    Reply
  • 2. ismi  |  April 29, 2010 at 9:38 pm

    huraaaaaaaaaaaaaaaay fertamaxxxxx……..

    **emaaaak, gw daped fertamaxx niiiiy:mrgreen:

    selamet..selamet .. selamet dech…:mrgreen:

    Reply
    • 3. Masdin  |  April 29, 2010 at 11:57 pm

      Karena pertamax sudah habis… saya premium aja dah😀

      Di Arab Saudi sebenarnya ada berapa propinsi mbak sunflo? Terus propinsi yang paling rame itu yang mana?

      ada 13 provinsi, masdin… yang paling rame?? relatif yaa…. ini aku lagi mengulas satu per satu niee…

      Reply
  • 4. Indo Hijau  |  April 29, 2010 at 10:23 pm

    Seperti peradapan timur tengah yang paling banyak tersisa hanya di arab saudi.

    ga juga keknya Dy.. cuma krn aq ada di sana ajah

    Reply
  • 5. Aldy  |  April 29, 2010 at 10:25 pm

    SunFlo,
    Budaya Nusantara sebenarnya tidak kalah, kalahnya dalam hal perawatan. Kalau di Indonesia, sudah habis dicuri😳

    iya aldy indonesia juga kaya … trgantung pada anak2 bangsa tuk memeliharanya tuh

    Reply
  • 6. yanrmhd  |  April 29, 2010 at 10:31 pm

    mantafff:mrgreen:
    ternyata ada megalith juga ya disana??

    jadi pengen menyusuri negeri2 ‘diatas gurun’ itu euy..
    asik menyusuri sejarah plus menantang krn medannya kali ya😀

    dimana-mana ada kukira yan… ^^

    Reply
  • 7. Ifan Jayadi  |  April 30, 2010 at 4:50 am

    Tidak menyangka, bagaimana orang jaman dulu dengan segala keterbatasannya mampu membangun peradaban yang unik hingga bisa dinikmati sampai sekarang (melalui foto2 diatas)

    iya fan…. subhanallah… ^^

    Reply
  • 8. cempaka  |  April 30, 2010 at 5:33 am

    hah?? karpet ditenun pake tangan?? *mata terbelalak****

    di indonesia ada ga?? kalo tikar sih wajar pake tangan >_<

    makanya itu…. cape’dech..😛

    Reply
  • 9. kawanlama95  |  April 30, 2010 at 5:55 am

    Peningalan sejarahnya masih tertata dengan baik dan terawat dengan rapi.cermin masyarakat yang baik dan teratur. menjaga situ2 sejarah. aku yakin penduduknya terbuka dan ramah. Bener ga

    bener de’… tapi ya namanya manusia … ga semua kek gtu… sama kek kita ajah dech… tapi aq pikir lebih ramah2 org indonesia kok…

    Reply
  • 10. marisa  |  April 30, 2010 at 7:00 am

    wah…gersang sekali ya…🙄
    pasti panas..:mrgreen:
    ni mba yang moto semua??🙄
    fotografer handal…🙂

    bukan aq yang moto de’…. aq cuma mengambil info dari inet…😛

    Reply
  • 11. bundadontworry  |  April 30, 2010 at 7:02 am

    peninggalan sejarahnya bagus2 ya Mbak.
    apalagi yg jam mataharinya, keren .
    itu karpet yg handmade, pasti bagus dan muahalll 🙂
    salam

    alhamdulillaah iya bunda… mahal keknya… ^^

    Reply
  • 12. Kakaakin  |  April 30, 2010 at 7:34 am

    Subhanallah… masing2 daerah ada khasnya ya…
    Hehe… beruntung banget karena memiliki banyak peninggalan bersejarah, jadi objek wisata deh🙂

    iya Kin… ^^

    Reply
  • 13. kikakirana  |  April 30, 2010 at 7:35 am

    Dimana” koq sepertinya terlihat berdebu ya mbak…
    tapi ya namanya padang pasir sich hehe…

    btw,,, bangunan silinder yangmenghubungkan benteng Ma’arid dengan masjid Umar bin Khatthab… itu apa kek sumur gitu ya??❓

    HIDUP!!! ^_^

    yup.. aq juga kira itu adalah sumur…. hehe.. wong namanya juga padang pasir..😛

    Reply
  • 14. Asop  |  April 30, 2010 at 8:33 am

    Pasti panas.🙂

    kan ada AC..:mrgreen:

    Reply
  • 15. alief  |  April 30, 2010 at 8:39 am

    wah,berapa bulan ya buat nenun karpet itu?

    tau tuh, blom nanya aq…🙄

    Reply
  • 16. achoey  |  April 30, 2010 at 9:43 am

    Masjid peninggalan Umar itu menambah indah kota Sakaka🙂

    yeahh….. ^^

    Reply
  • 17. firdausfarisqi  |  April 30, 2010 at 10:20 am

    peninggalan sejarahnya itu yang bikin saya pengen terbang ke sana ya… tapi kapan ?😦 mbak.. klw ada waktu awardnya silahkan diambil di tempat saya🙂 .

    semoga kelak bs ke sana, iya de’ makasih ya tuh udah dipajang… ^^

    Reply
  • 18. Mamah Aline  |  April 30, 2010 at 10:26 am

    Karpert tenunan tangan pasti mahal harganya ya, soalnya prosesnya pasti rumit dan makan waktu… seperti wilayah arab lainnya provinsi Al Jouf juga penuh dengan banguann terbuat dari batu sepeti benteng bersejarah itu

    hampir semua tanah arab kek gtu bangunan peninggalannya sis…🙄

    Reply
  • 19. matanaga  |  April 30, 2010 at 10:38 am

    ternyata di arab saudi ada provinsi juga tho!
    kapan gue bisa kesana..
    mau latian perang..??🙂

    ngece sampeyan…😛 hehehe mo latihan perang kok jauh2 ke sondang, di kebon singkong terdekat ajah…:mrgreen:

    Reply
  • 20. setitikharapan  |  April 30, 2010 at 11:02 am

    Wah jam waktu dari batu. Cara kerjanya gimana tuh mbak. Mantap..mantap. jadi pengen buat.😀

    doohhh aq blom belajar e…🙄

    Reply
  • 21. orange float  |  April 30, 2010 at 11:43 am

    duh…. enaknya mbak SunFlow bisa jalan-jalan ke sana. oya karpetnya bisa selesai berapa lama itu

    wah… aq ndak jalan2 ke sondang de’…. ga tau tuh kelar belama lama..😕

    Reply
  • 22. yuniarinukti  |  April 30, 2010 at 1:55 pm

    duh senengnya… eh Mba jadi pengen tau lebih dalam, ngomong-ngomong mba itu tinggal disana gitu ya, trus dalam kesempatan apa ke sana koq ga plkam ke Indo?
    Subhanallah… rasanya seperti pengen banget ke sana, ngliat foto-fotonya koq serasa aq sedang disana gitu ya…
    Jelasin ya mba, cos aq seneng banget ngliatnya…..

    okei… aq tinggal di Buraidah, ibukota prov al Qasim (blm aq bahas), dalam rangka tinggal ajah sama hubby, hubby kerja di sana, nah aq sebagai IRT, nie postingan kubuat by surfing, ga ke sana langsung, dalam rangka memperkenalkan prov2 di saudi dengan kekhasannya masing2… bgono ceritanya Yun… ^^

    Reply
  • 23. zipoer7  |  April 30, 2010 at 2:07 pm

    Salam Takzim
    Alhamdulillah bertambah lagi pengetahuan saya, duh senangnya bisa menimba ilmu di rumah mbak sunflo, makasih ya
    Salam Takzim Batavusqu

    semoga bermanfaat bang, makasih dah berkunjung…. ^^

    Reply
  • 24. elmoudy  |  April 30, 2010 at 2:08 pm

    wauuu… fotonya eksotik..
    khas padang pasir..
    banyak pasirnya pulaa
    hehee

    iya dong… namanya juga padang pasir..😛

    Reply
  • 25. Yui  |  April 30, 2010 at 4:10 pm

    tulisan kamu bisa menjadi rekomendasi backpacking nih,, hehehe

    salam kenal….

    YOSHHH!!!

    apaan tuh ya??😕

    Reply
  • 26. Bang Dje  |  April 30, 2010 at 4:16 pm

    Bikin kepingin berkunjung …😦

    semoga kelak bisa ke sana juga ya bang….aamiin

    Reply
  • 27. Afif logicprobe10  |  April 30, 2010 at 6:09 pm

    Foto masjid umar bin khatab diatas, dimana tempat shalatnya yah?🙂

    ya dibelakang mimbar imam atuuh de’…🙄

    Reply
  • 28. zhie  |  April 30, 2010 at 6:13 pm

    walaupun zhie masih sedikit nakal😛
    tapi di lubuk hati zhie, zhie ingin ke tanah suci kak…

    kakak kok nggak main ke blog zhie lagi???😦

    oh maaf zhie… dah ada postingan baru ya? maap ya gie sibuk ma dlm negeri hati niee…

    Reply
  • 29. rhainy  |  April 30, 2010 at 8:31 pm

    duh, makasih yaaa….foto2nya bagus2….jadi pingin kesana? hehehehe…doin ya…(idih, dateng2 minta didoain? hahaha)

    maaf ya baru mampir2 ….abis kena penyakit males…hehehehe…ini baru mulai mau rajin lagi…hahahaha….jadi malu….

    aku ijin nge link yaaaa…

    eh mbak…. ^^ lama tak sua nie… aq juga lama ga ke blog mbak… silahkan mbak, kita tukeran link yaa…. insyaAllah kan kudoakan nanti…. ^^

    Reply
  • 30. sunarnosahlan  |  April 30, 2010 at 9:09 pm

    banyak sekali bangunan bersejarahnya

    iya pak… ^^

    Reply
  • 31. delia4ever  |  April 30, 2010 at 11:59 pm

    Indah banget mbak…🙂
    photo mbak sunflonya kok gak ada ya (pura2 nggak tau alasannya..😆

    aqnya di sini… depan leptop…😛

    Reply
    • 32. delia4ever  |  May 2, 2010 at 12:46 pm

      wekekekeke,,
      ahhh nggak kelihatan.. cam nya idupin dong…
      hihihihi

      xixixi.. penasaran?? intip ajah di sini ..😛

      Reply
  • 33. wawansri  |  May 1, 2010 at 7:47 am

    serasa udah kesana…
    komplit…
    aku suka yg ini :
    ” bangunan berbentuk silinder ini adalah sebuah lorong yang menghubungkan benteng Ma’arid dengan masjid Umar bin Khatthab…”
    msh bisa dilewati tdk ya ???

    weeh… aq ndak tau, wong blom pernah ke sana e…😕

    Reply
  • 34. agoenk70  |  May 1, 2010 at 8:07 am

    wuahh foto2nya bagus banget, dan itu bentuk nya atrtistik dan bersejarah banget yah.. kapan yah bisa kesana..

    semoga Allah mudahkan tuk ke sana yaa…😉

    Reply
  • 35. adelays  |  May 1, 2010 at 8:38 am

    Ternyata Propinsi Aljouf ada juga daerah Ijo royo royonya..
    Dulu aku berpendapat semua arab saudi sama aja.. kecoklatan karena gurun, maklumlah bleum pernah kesana (mudah2an diberikesempatan oleh Allah untuk bisa Haji dan atau umroh ke tanah suci amiiin)

    Ternyata ada lumayan ijo termasuk juga gambar petanya…heheh
    Karpetnya bagus… bentengnya cool..
    Bagian dari sejarah yang dipertahankan dan diperbaiki tahun 1913 (ck ck ck.. aku belum lahir aja udah dipugar.. )

    Mantaff.. sharingnya… sebagai kelanjutan dari propinsi2 di KSA yang pernah diposting sebelumnya

    aamiiin… keinginan ade bgtu kuat tuk ke rumahNya … semoga Allah beri kemudahan langkah menuju ke sana… aamiin

    Reply
  • 36. yangputri  |  May 1, 2010 at 9:14 am

    serasa jalan-jalan akunya mbak….

    hooh put.. aq jugaaa… ^^

    Reply
  • 37. ian abuhanzhalah  |  May 1, 2010 at 11:19 am

    nice info mbak..^^

    alhamdulillaah… b^^

    Reply
  • 38. Fanz  |  May 1, 2010 at 2:10 pm

    jepretan sendiri mbak??🙂

    nggak fanz… ngumpulin di net…😛

    Reply
  • 39. deq  |  May 1, 2010 at 3:04 pm

    al jandal? tak kira sandal .. hihi😀 .. Ternyata saudi ga seperti yang Ayas bayangkan, masih ada juga pohon-pohon

    hehehe… aja ngece sampeyan, deq…😎

    Reply
  • 40. Tary Sonora  |  May 1, 2010 at 3:31 pm

    bagus banget ya flo karpetnya, gak kebayang bikinnya gimana heheheh
    oya flo aku pasang linkmu di rumah baruku ya, kl gak keberatan mohon di backlink. tq flo

    yup ry… silahkan dan akan aku pasang balik dech…😉

    Reply
  • 41. bayuputra  |  May 1, 2010 at 5:27 pm

    SELAMAT BERAKHIR PEKAN BERSAMA KELUARGA TERCINTA …

    makasih bayu… di sana wik en nya kamis jumat e…😉

    Reply
  • 42. fansmaniac  |  May 1, 2010 at 7:00 pm

    Makasih banget sunflo atas informasi ini, ternyata disana juga banyak provinsinya ya? kalo di Indonesia satu pulau yang gede kayak kalimantan aja provinsinya dikit banget…

    Nice info sobat😀

    ada 13 prov, fans… aku akan bahas satu persatu insyaAllah… ^^

    Reply
  • 43. Vulkanis  |  May 2, 2010 at 6:45 am

    Betul indah dan luar biasa

    iya bang…

    Reply
  • 44. abrus  |  May 2, 2010 at 8:24 am

    Sunflo… Subhanallah masjid Umar bin Khatab, serasa saya ikut shalat di dalamnya … alangkah ‘syahdunya.

    weeh… keknya malah ga berpenghuni o’ brus…😕

    Reply
  • 45. ian  |  May 2, 2010 at 11:13 am

    keren, keren, keren…

    bisakah suatu hari ntar saia kesana?

    insyaAllah bisa de’.. bi’idznillaah… ^^

    Reply
  • 46. nurprasetia  |  May 2, 2010 at 11:42 am

    btuul btuul… kapanya aku kesana….???😉😉😉

    kapan ya pras?? kemana aja selama ini?

    Reply
  • 47. Siti Fatimah Ahmad  |  May 2, 2010 at 2:44 pm

    Assalaamu’alaikum

    Foto yang memberi banyak keterangan yang tidak bisa diungkap dengan kata-kata. Ternyata tanah dan pasir punya kekuatan tersendiri untuk dibina sebagai satu bangunan yang punya cerita tersendiri. ini menunjukkan betapa manusia dikurniakan akal yang mantap dan ajaib bagi mengekalkan sejarah dan tinggalan sejarahnya.

    Salam manis dan sayang selalu buat mbak Floku yang semakin mantap tulisannya.

    wa’alaikumussalam warahmatullah… iya sis, terimakasih… salam sayang juga dari sunflo… ^^

    Reply
  • 48. zhie  |  May 2, 2010 at 4:34 pm

    belom apdet lagi kak😕
    ntar kalah loh sama zhie😀

    pssttt … lagi berkutat ma hobi lama n nyenengin ati nuuiii… liat postingan anyarku… ^^

    Reply
  • 49. ossmed  |  May 2, 2010 at 5:59 pm

    terima kasihbanyak buat infonya^^

    mampir dong
    penyakit GO:yang menular melalui hubungan seksual

    yuuiii… makasih juga telah berkunjung… ya ntar aku kunjungi… ^^

    Reply
  • 50. bintangtimur  |  May 2, 2010 at 10:26 pm

    Informasinya luar biasa, Sunflo…apalagi lihat benteng-benteng disana yang kokoh seperti itu…duh, bertolak belakang dengan kerajinan karpet yang (pastinya) perlu ketelitian serta kelembutan…🙂

    semoga bermanfaat ya jeng…😉

    Reply
  • 51. Tanti  |  May 3, 2010 at 3:25 pm

    Widiiihhh salut ama pengrajin karpet ituh… berapa lama jadinya, so pasti muahaaal banget.
    Wiih..penasaran ama masjidnya khalifah Umar ra.

    aq blom nanya e tant…😉

    Reply
  • 52. JANGAN DIKLIK  |  May 4, 2010 at 6:52 pm

    Kapan ya aku bisa ke situ gan?

    gan?? diriku Nyah jeh… hehe

    Reply
  • 53. okta  |  August 23, 2010 at 5:35 am

    i’m staying there…T_T

    Reply
  • 54. Mahobi desert | Alleycats  |  June 5, 2011 at 7:13 am

    […] Provinsi Al Jouf « sunflowerWednesday, Nov. 17, Traveled up the Muddy 4 miles stopped until 12 o’clock. Filled kegs and cans with water and started onto the desert. Traveled until ten in the evening and camped for the night. Good feed, good road, fine weather. […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: