Narsis-kah Dirimu?

May 7, 2010 at 3:28 am 90 comments

Awalnya aku mo nulis postingan tentang “Fesbuker dan Blogger adalah Mahluk Paling Narsis Sedunia Maya” … Tapi…    stop!!! … aku mikir, aku harus tahu dulu apa arti sebenarnya dari kata  ‘narsis‘ …

Selama ini aku sering dengar dan kadang mengatakan kata ‘narsis’ … pengertian tentang kata ini kuperoleh dari katanya… katanya… alias latah aja ngikutin orang dan arus pergaulan…

Makluuum… di dunia nyata, aku bukanlah tipe orang yang suka bebas bergaul… Pertama kali dengar istilah ini … ya… 1,5 tahun yang lalu… saat dengar murid-muridku yang gaul itu pada ngucapin kata ‘narsis’ …

“Narsis itu apa sih, Nok??”, tanyaku pada salah seorang di antara mereka yang guanjeeennnya puuooolll… “Narsis itu yaa… kek macam kepedean, Bu… terlalu pede atau bangga diri,” kata muridku tersebut sambil nyengir…

Aku hanya bisa berucap, ” Oooooo… ” 🙄

Kala itu dalam benakku nan polos ini, kalau dengar kata narsis tuh, pikiranku langsung tertuju pada sosok ini…

NARSIS = … ini

(lihat gambar di bawah ini) …:mrgreen:

Oh … ini NARJI ya…:mrgreen:

anggotanya grup lawak Cagur… hehehe😆

Beneran dech temans… Sebelum nanya ke muridku itu, narsis tuh kusangkanya narji yang suka ngelawak itu… secara kupikir,  mungkin aktingnya mulai digemari ma masyarakat … jadi masyarakat tergila-gila ma dia … pokoknya ‘doi’ minded gtu… (hehehe… :lol:  )

Akhirnya… aku carilah arti narsis di internet… Dapatnya kek gini …

***

Asal Mula Istilah Narsis

Awalnya aku disuguhi dengan asal muasal sejarah istilah narsis… Ada 2 versi, semuanya dari mitos Yunani punya, kata narsis diambil dari tokoh ini:

Narcissus, seorang pemuda yang sangat cakep, yang sangat mencintai bayangannya sendiri, hingga dia mati tenggelam gara-gara ingin mencium bayangannya di atas kolam, … jadilah dia bunga narsis karena sebuah kutukan…

Nie bunga Narsis… emang ada nyatanya loh…

Tapi yaa… tentunya dia adalah mahluk ciptaan Allah, bukan berasal dari cerita mitos Yunani itu laaaaahhhh…🙄

atau …

Narcissus, seorang wanita yang cantik dari Boetia, Yunani. Dia suka berpenampilan kek laki-laki … sehingga jatuh cinta ma bayangannya sendiri, yang dilihatnya di atas permukaan air, lalu dia mati bunuh diri dengan sebilah pisau … ini juga karena kutukan….

Hwedeeeww…🙄 Namanya mitos, kagak bisa dipercaya deh… n jangan percaya yaaa… hehehe… gak ada konsistensi, doi laki atawa perempuan tuuh …  :mrgreen:  Tapi setidaknya kita tahu, asal muasal kata narsis itu…

***

Pengertian dan Tinjauan Narsis secara Ilmiah

Menurut wikipedia, Narsisisme adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil tokoh dari mitos Yunani tersebut.

Sifat narsisisme ada dalam diri manusia sejak dia lahir. Narsisisme dalam jumlah yang cukup akan menyeimbangkan diri agar tak tergantung pada standar dan prestasi orang lain… Intinya yaa… agar kita bisa menghargai dan menyayangi diri sendiri gtu….:mrgreen:

Setiap orang pasti memiliki rasa kebanggaan terhadap diri sendiri, tidak ada yang salah dengan itu. Tapi kalau rasa itu udah berlebihan… hmmm…. ini yang … danger alias gaswat, temans…😦

Wadaawwhh… dan yang lebih parah ini, … bahwa narsis itu adalah…

kelainan jiwa …!!! 😯

***

Narsis vs PD

Narsis atau yang dalam istilah ilmiahnya Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah penyakit mental dimana seseorang memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi untuk kepentingan pribadinya dan juga rasa ingin dikagumi.

Perasaan seperti itu harus dibedakan dengan rasa percaya diri. Orang yang memiliki percaya diri, mengetahui kualitas diri sendiri, tapi tidak tergantung pada pujian orang lain untuk merasa nyaman, serta lebih terbuka terhadap kritik dan saran. Narsis sebaliknya, mereka butuh dukungan dan perhatian serta pengakuan dari orang lain untuk menjaga kepercayaan dirinya.

Namun jauh dalam hati mereka tersimpan jiwa yang sangat rapuh dan mereka menutupinya dengan menekankan betapa hebatnya mereka yang terbukti dari banyaknya pujian dari orang lain.

Narsis termasuk salah satu dari tipe penyakit kepribadian. Seseorang yang terkena penyakit narsis biasanya diiringi juga dengan pribadi yang emosional, lebih banyak berpura-pura, antisosial dan terlalu mendramatisir sesuatu.

Apakah narsis sama dengan “percaya diri” ?

Beda !

(katanya… :roll:  )

Seseorang yang narsis memposisikan dirinya sebagai objek, sementara seseorang yang percaya diri memposisikan dirinya sebagai subjek. Seorang yang percaya diri tidak terlalu risau dengan ataupun tanpa pujian orang lain karena kelebihan fisik yang dimiliki, dirasakan sebagai anugerah Allah yang selalu disyukuri. Seseorang yang percaya diri lebih fokus kepada “kompetensi diri” ketimbang penampilan fisik.

***

Bagaimana dengan Kita??

Anda Fesbuker??  Suka gini ga??

ambil kamera…

ngaca di depan cermin…

gaya diimut-imutkan…

didekatkan kameranya dengan angle yang tinggi,

sudut bibir sedikit dimonyongkan,

dan mata disipitkan agar mirip artis Jepang…

taraaaaaa… jepreeeeettttt!!!!

Publish dah di FB-nya masing -masing dengan beragam gaya … hehehe… kek foto murid-muridku yang sekarang udah pada ABG nampang di FB mereka masing-masing… :mrgreen:   Heranku… kenapa bibir mereka kok musti dimonyong-monyongkan gtu yaaa??? n… mata disipit-sipitkan gtu??? 🙄

***

Hmmm… kuakui… ada juga perasaan bangga pada diriku sendiri, bangga dan bersyukur atas nikmat dan karuniaNya pada diriku secara fisik maupun batin… dengan kemampuan maupun prestasiku… dan… kadang pula aku ber’narsis’ ria dengan jeprat-jepret diriku di kamera sendirian sambil liatin hasilnya dan senyum-senyum sendirian juga… :mrgreen:  (tapi khusus buat ini gak kupublish… hanya buat koleksi pribadi…^^ )

Wajar sebagai manusia … aku juga senang dipuji… meski aku harus mengendalikan rasa itu agar tak lebay… Karena pujian itu penting bagiku sebagai salah satu penyemangat dan pemacu prestasi dalam diriku…

Tapi … aku juga nyadar kok… Sering malu jadi pusat perhatian, sering jengah kalau dipuji secara berlebihan, nyadar … masih banyak yang lebih di atasku…

So… kalau aku masih seneng bergaya sunflo banget di depan kamera sendirian, sambil bibir dimonyong-monyongkan dan mata disipit-sipitkan… aku bukan narsis yang kelainan jiwa itu kan?? masih wajar kan??

Terus kalau aku posting tentang pengalamanku, tentang kisahku, tentang hasil karyaku… kemudian nungguin temans pada komen setelah postingan itu terbit… masih taraf wajar kan?? Laah… buat apa bikin postingan kalau ga untuk dikomentari… ga ada apresiasi mengapresiaii … ya, tho???:mrgreen:

Hehehe.. karena aku ngerasa dan nyadar bahwasanya aku ini masih….

normal

:mrgreen:

***

hehehe… dapat gambar monyet narsis nan lucuuu…:mrgreen:

Btw… mau diterusin ga tuh postingan tentang “Fesbuker dan Blogger adalah Mahluk Paling Narsis Sedunia Maya”  ???

Hehehe… ga ah… Karena mereka keknya masih wajar n normal kok… Tapi ya harus tetep dijaga tuuuh kaidah-kaidah norma susila dan agama…, terutama bagi para wanita…:mrgreen:

Ga perlu audisi, ga perlu jadi artis… fesbuker dan blogger bisa jadi bak  ‘seleb’ nan narsis …

Apdet status FB yang menggelitik, aplod foto yang diimut-imutkan… Posting artikel tentang diri dan pengalamannya di blog… lalu … nungguin teman-temannya mengomentari status dan fotonya… nungguin komen dari pembaca postingannya …  Seneeeeeeng rasanya kalau banyak yang komen, yang berdatangan… berasa kek artis …:mrgreen:

Emang keknya fesbuker dan blogger adalah mahluk yang paling ‘narsis’ sedunia maya dech… tapi semoga tingkah polahnya ini hanya sebagai sarana tuk mengolah mental dan kepercayaan dirinya untuk melangkah ke arah yang lebih baik lagi dengan saling memberikan manfaat satu dengan yang lainnya…

Setuju, temans??

Gimana dengan kalian?? Narsis-kah dirimu??:mrgreen:

***

source: http://id.wikipedia.org/, detik.com, http://noviaaa.wordpress.com, http://nofieiman.com, http://fotolutu.blogspot.com

Entry filed under: artikel, renungan dan curhatku. Tags: , , .

Huhuhu… Banyak PR Niee… :'( Menulis Pendek

90 Comments Add your own

  • 1. rismaka  |  May 7, 2010 at 3:35 am

    Pertamaxxxxxxxxxxxxxx

    Sepertinya yang punya blog ini narsis🙄
    Sampe2 naik motor dan ngaca😆

    ngece sampeyan, wong aq ga bisa naik motor e…😦 bukan aq itu… :angry:

    Reply
  • 2. didot  |  May 7, 2010 at 4:21 am

    yg naek motor itu narsis kronis hehehehe

    percaya diri karena Allah ,itu yg penting,bukan karena sesuatu yg lain.

    karena semua berasal dari Allah,jadi harusnya dikembalikan ke Allah juga.

    jadi ingat kisahnya rasul yg diancam pedang oleh seseorang,tapi karena tatapan matanya yg penuh percaya diri,pedang itu sampai jatuh dan bahkan rasul kembalikan kepada orang itu🙂

    hehehe… dia aja juga suka narsis… ya didot… lebih diarahkan pada percaya diri ya… itu yg positif… ^^

    Reply
    • 3. hanyanulis  |  May 7, 2010 at 8:06 pm

      Ceile, yang punya motor protes, gara2 ada yang menyaingi kenarsisannya *dilempar kaca spion*

      cethaaaaakkkkk…. !! Awwww!!😥

      Reply
  • 4. sunarnosahlan  |  May 7, 2010 at 5:36 am

    narsis nggak ya, tak tahulah

    wah… keknya iya neeh….😉

    Reply
  • 5. hakim  |  May 7, 2010 at 5:39 am

    mas rismaka comengnya lucu…
    bu guru lebay itu apa ya?

    tau tuh orang … huh…😦 btw, lebay tuh berlebihan.. istilah ini juga aq taunya dari murid2ku..😛

    Reply
  • 6. nakjaDimande  |  May 7, 2010 at 6:16 am

    Bundo narsis juga siyh.. xixi.

    bagian paling narsis dari diri sunflo adalah jari jemarinya😛

    hehehe..bundo tau ajah n sama ajah kek aq…😉

    Reply
  • 7. rumahsehatafiat  |  May 7, 2010 at 6:31 am

    aku di fb malah nga masang fotoku tapi masangnya seeh foto Rumah-sehat afiat masih pemalu seeh. Mohon ijin untuk pasang linknya ilikesunflowert
    .Kami juga mohon link kami diijinkan masuk dalam blogrollnya . Terima kasih salam sehat selalu

    bagus tuuh… jangan pasang foto manusia yang lebay yaa… kalau selain manusia sih buleh2 saja…. hehehe… silahkan saya akan pasang setelah ini … makasiih yaa…^^

    Reply
  • 8. deny marisa  |  May 7, 2010 at 7:22 am

    wah…ngerasa nih saya..😦
    postingan nyang kmrn..😦
    tp klo difesbuk,saya ga pernah foto yang kek mba tunjukkin….
    foto saya ga dipajang..
    cekidot .
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100000928363336&v=wall&story_fbid=115103598530585#!/profile.php?id=100000928363336&v=wall

    emang punya fesbuk??? kok ga nge add aq??

    Reply
    • 9. marisa  |  May 7, 2010 at 12:16 pm

      apa mba fb ne??

      udah ku add…

      Reply
  • 10. deny marisa  |  May 7, 2010 at 7:24 am

    mba…..
    saya ga bisa posting lagi nih…
    tollbar “visual” ga bisa di “klik”
    ga tau nih…udah 2 hari ini…
    padahal mau posting…gimana ya mba??
    toolbarnya ke “HTML”
    ga bisa dipindah ke “visual”
    hiks..hiks..hiks…

    heeeiii jangan seddiiiih… itu pernah aq alami…. terus aja klik visual… terus dan terus….. beneran… ganti halaman post juga gapapa… ga tau tuh kenapa si WP jadi kek gtu…😕

    Reply
    • 11. marisa  |  May 7, 2010 at 12:17 pm

      iya mba…^^
      mbaku sayang…
      saya ada nelpon 2x..gag diangkat….sibuk ya??

      lagi tidur…^^

      Reply
      • 12. abrus  |  May 8, 2010 at 12:01 am

        coba telpon @brus tea, pasti diangkat … halahhh narsis …🙂

        🙄

    • 13. abrus  |  May 8, 2010 at 12:03 am

      mangkanya cepat pindah ke ‘dot.com …🙂

      enakan di sini o’

      Reply
  • 14. wiwin9  |  May 7, 2010 at 7:48 am

    narsis di blog gak pa2 deh,kan bisa sharing. kalo di fesbuk?????lebay mungkin…hehehehe

    hehehe… itu masih taraf wajar namanya win9…😉

    Reply
  • 15. wawansri  |  May 7, 2010 at 9:41 am

    yg naik motor sambil ngaca itu piaraannya bukan….???
    kok narsis BGT…

    bukaaaannn… itu nyatut punya orang… aq seneng ma gambar2 lucu ajah tuuuh n kebetulan pas ma tema artikelku ini…

    Reply
  • 16. ismi  |  May 7, 2010 at 9:44 am

    deziiiiig…
    gw narsis abis booo…
    kalu di belakang layar gini…
    tapi di depan layar….
    haduuuh, yg keringet dingin lah, gagap lah, jadi pemalu lah, jadi pndiem lah……

    aslinya emang gw pemalu and pendiem getho kok…😳

    ini dia…. segen ma aq pastinyaa….😛 ga heran… ^^ btw, deziiig ki apa sih is?? gif mi a plen plis…😦

    Reply
    • 17. abrus  |  May 7, 2010 at 10:15 pm

      jiahaaaaa … ‘ismi aslinya pemalu and pendiem …😳
      (itu diluar rumah … kalo didalam rumah, jangan ‘dikate …)

      Reply
  • 18. desicandra  |  May 7, 2010 at 10:26 am

    My opini: narsis itu sama dengan ujub, bangga diri yang tercela dalam Islam. Karena perilaku ujub menyebabkan seseorang meremehkan orang lain dan menganggap keberhasilannya/kehebatannya/kelebihannya adalah miliknya atau karena usahanya semata-mata. Orang yang ujub biasanya dia sombong, melupakan bahwa Allah ada di balik semua pencapaiannya/penciptaan dirinya.
    Di sisi lain, bila kita menulis atau up date status hanya supaya dikomentari manusia, saya kira itu namanya tidak ikhlas/kurang ikhlas. Karena kita mengharapkan sesuatu itu dinilai (juga) oleh manusia bukan Allah. Bukan berarti postingan/status yang banyak komentarnya bisa dipastikan penulisnya tidak ikhlas. Karena ikhlas tempatnya di hati. Yang terpenting adalah: mari kita menulis/up date status dengan niat kita berbagi pengalaman, berbagi ilmu sehingga amalan menulis ini termasuk dalam tabungan amalan akhirat, tanpa terlalu memikirkan apakah tulisan kita akan dipuji atau dicaci, dikomentari atau tidak. So, mari saling meluruskan niat sehingga kita ikhlas dalam menulis dan jauh dari sifat ujub/narsis. Dowone rek……….

    yup… alhamdulillaah … makasih mbak atas tambahan opininya nieee… ^^ alhamdulillaaah semoga kita2 dihindarkan dari sifat narsis sebenernya… tapi kalu bergaya narsis gimana… keknya itu yg sedang melanda generasi kita dech… aq sih juga berusaha meluruskan niat… ada ga ada yang komen, posting jalan terus… tapi kalau banyak yang komen … hehheehee… seneng juga kaaaaaaaaannnn… b*.^

    Reply
    • 19. ian abuhanzhalah  |  May 7, 2010 at 12:57 pm

      narsis beda dari ujub😀
      kalo narsis itu hurup awalnya n kalo ujub itu u ( g nyambung kan hehe )
      kayanya narsis itu tidak lebih dari sekedar ingin ada pengakuan atas dirinya..
      kayanya kalo di blog ga gitu menampakkan ke narsisannya deh…
      namanya juga cerita-cerita ya sesuai kapasitas keilmuannya dan itu hak nya blogger itu sendiri dalam menulis dan mengelola blognya
      yang penting ada control diri agar tak melampaui batas

      saya disini sedang menjadi manusia biasa yang membutuhkan sedikit rasa narsis😛

      yup aq juga butuh sedikit rasa narsis… i love me… asal ga melampaui batas ya ian… ^^

      Reply
  • 20. asepsaiba  |  May 7, 2010 at 11:10 am

    Tumben.. Nulisnya ada gaya-gaya seriusnya gitu…😀

    Gara-gara narsis, banyak ABG jadi korban tuh.. Emang tuh si Narsis gak bertanggung jawab banget ya…🙂

    Oya, kiriman yang kemaren udah mejeng loh…
    http://asepsaiba.wordpress.com/2010/05/07/bunga-matahari-dari-sahabat/

    weh… org ada kocaknya juga o’ kang….😛 sip… saya akan inspeksi langsung ke TKP… ^^ makasih ya

    Reply
  • 21. senyumanpagi  |  May 7, 2010 at 11:19 am

    kalau saya g termasuk yang narsis ampe di publis,cuma kalau buat foto keluarga,masak buat acra keluarga…wuih…narsis banget…,he..he…
    tapi narsisnya positif lho…foto buat kenangan keluarga & promo masakan…he..he..

    betlu.. betlu… sama kek aq yaaaaaaa… tapi aq ga pernah foto keluarga kok.. cuma foto sendiri di hape… hehehhe

    Reply
  • 22. monda  |  May 7, 2010 at 12:02 pm

    aku jg pernah posting tentang ini,
    tp lebih oke punyanya nouf deh

    http://mondasiregar.wordpress.com/2009/11/18/narsis/

    udah dilihat mbak… ^^

    Reply
  • 23. Julina Purwaningsih  |  May 7, 2010 at 12:12 pm

    waduh,, aku narsis ga ya?:mrgreen:
    artikelnya lengkap mbak.. kereen deh si mbak sunflow ini…😀

    ga narsis kok… makasih Jul

    Reply
  • 24. yangputri  |  May 7, 2010 at 12:32 pm

    menurutmu aku narsis gak mbak…??

    ga kok put… biasa ajah.. ^^

    Reply
    • 25. abrus  |  May 7, 2010 at 10:11 pm

      menurutku … ‘yangputri tea …😉 … sudah itu aja … hehehe

      Reply
  • 26. melly  |  May 7, 2010 at 12:38 pm

    gpp narsis, yg penting gak merugikan org lain😀

    hooh dah… ^^

    Reply
    • 27. abrus  |  May 7, 2010 at 10:09 pm

      mell … saya se7 tuh … banget deh!

      Reply
  • 28. ian abuhanzhalah  |  May 7, 2010 at 12:52 pm

    saya narsis tapi gak lebay plis😀
    narsis itu penting biar g terisolir dari pergaulan hahaha
    dilihat dari segi apanya dulu..
    alhamdulillah saya tipe cowok pemalu ^^
    ( g salah..???😀 )
    nice posting mbak..ehehehe

    sekarang ian narsis euy… ^^

    Reply
  • 29. dreesc  |  May 7, 2010 at 12:59 pm

    wow lengkap banget…. kupas tuntas yak…. hehehehehe

    ya gtu deh… ^^

    Reply
  • 30. madimuktiyono  |  May 7, 2010 at 1:24 pm

    hahaha.. lucu.. narsis abis..
    saya mah gak narsis..
    hehe

    salam kenal..

    kenal juga… makasih… ^^

    Reply
  • 31. Abu Ghalib  |  May 7, 2010 at 1:40 pm

    kalo menurut sy narsis itu cenderung negatif
    saya lebih senang dg istilah pede

    btw, yg di atas motor itu teman saya lho?
    dia juga seorang blogger😀

    siapa dia???😛 narsis mah ga sama dengan PD de’

    Reply
  • 32. bundadontworry  |  May 7, 2010 at 1:42 pm

    bunda dgn penuh kenarsisan selalu berkunjung kesini ( eh,salah ya …….😦 ).
    gak apa2 narsis sesekali Mbak Flo, dr pada minder khan mendingan narsis😀😛
    salam

    narsis dikiiit aja yaa bund

    Reply
  • 33. dwiewulan  |  May 7, 2010 at 1:46 pm

    seruuu temanya….:)
    narsis menurutku pingin eksis dan dianggap keberadaannya..tapi dengan cara yang terkadang over act… kadang krasa suka gitu… hi hi hi… smg gak lebay…..
    mbae izin aku copy ya… sebagian aja… biar narsis…. hehehe tararengkeuy…

    silahkan jeng… hehehe… narsis dalam kadar sdikit boleh2 saja kok… keknya siih…😛

    Reply
  • 34. cara mengatur keuangan  |  May 7, 2010 at 2:15 pm

    narsis klo mpe mati jgn dey,….
    pede seh bole aja,.. tp klo klewat pede jgn dah,…mabok ntar,..

    yang kelewat n terlalu bin lebay itu pasti ga bagus buat kita kok…

    Reply
  • 35. matanaga  |  May 7, 2010 at 2:41 pm

    setuju..!
    narsis dalam primbon hongkong ialah..
    (beNAR SInting Sekali)
    tapi kalo dalam primbon jawa saya ngga ‘ngeh..?
    kalo saya NARSIS atau NAJIS mbak..??🙂

    ga sampe najis laah… ^^

    Reply
  • 36. Ifan Jayadi  |  May 7, 2010 at 2:50 pm

    Sama dung!:mrgreen: Saya juga kadang sering foto2 diri sendiri di kamar pake kamera HP dengan berbagai gaya yang gitu deh… Habis gimana ya? Suka sih. Tapi seperti yang mbak Sunflo bilang hanya untuk dokumen pribadi. Tidak untuk dipublikasi lho😛

    xixixi.. ga jauh beda ma aq yaa….

    Reply
  • 37. bayuputra  |  May 7, 2010 at 2:52 pm

    oooo begitu yah asal mulanya NARJI eh salah NARSIS … heee.. saya malah baru tau …
    Cihuy ilmu baru nih …

    ya bgtu lah kira2… ^^

    Reply
  • 38. kawanlama95  |  May 7, 2010 at 2:55 pm

    O o sejarah narsis kek gitu ya aku baru tau, tapi aku orangnya ga pede dan ga narsis sepertinya di fb aku ga ada fotonya

    ga ada fotonya?? hmmm… berarti gak narsis tuuh…

    Reply
  • 39. hellgalicious  |  May 7, 2010 at 2:58 pm

    alhamdulillah saya ga narsis
    cuman lebaaay haha

    beda tipis ajah kok…😉

    Reply
  • 40. gerhanacoklat  |  May 7, 2010 at 3:05 pm

    some of them yes
    some of them no

    tapi kadang2 orang2 yang tampil di blog atau fesbuk tak selamanya tampil sama di real world

    itu bedanya flo
    and sometimes you can find many people not as much confident as they are in virtual world

    hehehhee

    wuah… berarti pinter bermain watak n peran ya Jul…😉

    Reply
    • 41. IFAN JAYADI  |  May 7, 2010 at 6:21 pm

      Yuks…

      Reply
  • 42. delia4ever  |  May 7, 2010 at 3:18 pm

    wahh kalo photo imut2 mungkin dah gak jamannya mbak..
    namun lia akui kadang2 narsis ini masih ada… wekkeke

    oh ya mbak…
    awardnya sudah lia pasang dilemari lia…
    makasih ya mbak🙂

    emang udah ga imut2?? hehehe… makasih ya de… ^^

    Reply
  • 43. Afif logicprobe10  |  May 7, 2010 at 3:30 pm

    setuju ma juli, di dunia maya orang bebas berkreasi tanpa dipengaruhi sifat asli di dunia virtual😀

    asalkan kebebasannya yang bertanggungjawab… ga kebablasan gtu…🙄

    Reply
  • 44. Pink  |  May 7, 2010 at 3:43 pm

    Hi… Kunjungan balik nih…

    Hmm… Tau arti kata narsis sih udah dari dulu ya. Tapi aku baru tau mitosnya setelah baca postingan ini.
    Kebetulan aku type cew narsis. Apalagi kalo udah berhadapan sama yang namanya kamera atau cermin. Wiwh, bisa langsung cengar cengir sendiri tuh.

    hehehe… percaya kok… pink gtu loooh, sunflo udah tau sejak awal…😉

    Reply
  • 45. orange float  |  May 7, 2010 at 3:49 pm

    mitos yang pertama yang pernah saya baca mbak.
    wah ngak hanya manusia yang narsis, monyet juga ngak mau kalah😀

    keknya doi ajah yang suka narsis dari kalangan para binatang yaaa…:mrgreen:

    Reply
  • 46. greengrinn  |  May 7, 2010 at 3:55 pm

    hhe,.. menarik ini tulisannya😆 wah, saya baru tau itu perbedaan antara narsis da PD😆 infonya berguna

    thx… ^^

    Reply
  • 47. bayuputra  |  May 7, 2010 at 3:58 pm

    wahhh kalau saya NARSIS atau tida yah ???

    nggak keknya… ^^

    Reply
  • 48. setitikharapan  |  May 7, 2010 at 3:59 pm

    Wah kayaknya saya ndak sampe’ segitunya deh mbak. Biasa ajalah. Cek aja di FB😀

    iya … percaya…😆

    Reply
  • 49. fansmaniac  |  May 7, 2010 at 4:04 pm

    Kalo menurut saya narsis ada sisi positifnya yaitu orang tersebut merasa percaya diri dan tidak malu. Dalam pekerjaan tertentu orang yang narsis ini sangat perlu, apalagi profesi yang berhadapan dengan banyak orang…
    Narsis tidak selamanya kepedean, tergantung mata orang menilai… terkadang kita hanya ingin menunjukkan contoh kepada orang saja dibilangin narsis. Saya pernah bercanda2 dengan mahasiswa saya dengan memuji2 diri sendiri supaya mereka ketawa, tetapi saya justru dibilangin narsis.. padahal maksudnya cuma bercanda. Katrok…😀

    Yah begitulah… nice post sunflo …

    hehehe… intinya, narsis dikit-dikit boleh ya fans… ^^

    Reply
  • 50. anna  |  May 7, 2010 at 4:20 pm

    ah si teteh ada2 aja nih…
    tapi emang kata2 narsis itu sering dipake tidak pada tempatnya. sering disama2kan dengan PD.

    saya setuju tuh .. kalo percaya diri itu harus didasarkan dengan kemampuan yang ada.

    tapi bahaya kalo udah over PD.. ngeri tuh.. malah bisa bikin runyam. buat orang sekitar dan terutama buat si subyek itu sendiri.

    sekali lagi… yang namanya over tuh juelek dampaknya bagi diri…🙂

    Reply
  • 51. satu kata  |  May 7, 2010 at 4:26 pm

    owh gitu sejarahnya

    kalo aku sih gak narsis
    tapi kadang2 nampak narsisnya

    oh ya salam kenal ya bos

    salam kenal juga gan… ^^

    Reply
  • 52. Sapril  |  May 7, 2010 at 4:28 pm

    Saya pikir, tampil ‘bagus’ di dunia publik (maya atau nyata) adalah hal yang wajar. Jadi ga wajar bila dosisnya berlebihan.
    Narsis bukan hanya masalah gaya saya pikir, tapi juga jumlah. Pernah nemu mobile-upload di FB yang jumlahnya sampai 500-an? Saya pernah. Tapi saya ga berani bilang dia narsis, mungkin hardisk komputernya uda ga muat lagi, mumpung ada tempat nyimpan foto gratis di FB *plus pameran tunggal* kenapa tidak? kehkehkehkeh….
    Eh, saya sudah mengenalkan diri belum ya?
    Ya udah, salam kenal ya🙂 Nice post aniway.

    yup sesuatu yang berlebihan itu ga baik n berdampak negatip… thx atas kunjungannya…

    Reply
  • 53. idebagusku  |  May 7, 2010 at 4:33 pm

    narsis dikit bolehkan daripada minder hehe

    iya deh…^^

    Reply
  • 54. omiyan  |  May 7, 2010 at 4:49 pm

    heheheheh narsis dalam bentuk apapun ga masalah…yang penting enak pakai cabe, plus kecap plus telur matang …. itu baru narsis goreng

    heheheheheheheeheh

    kabuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrr

    whoeeiiii jangan kabuurrr!!! pesen nasinya sepiring…😕

    Reply
  • 55. adelays  |  May 7, 2010 at 4:59 pm

    Alhamdulillahnya sayah bukan Fasebuker….
    (Coba deh.. hari gini bukan fesbuker…???)

    istilahnya salah ya de?😦

    Reply
  • 56. hanif  |  May 7, 2010 at 4:59 pm

    Hari ini dan esok aku akan selalu ganteng..ini bagian dari rasa syukurku atas pemberian wajah ini dari Allah swt. He he he ini termasuk narsis g mba?

    ga kok… termasuk org2 yang bersyukur insyaAllah ^^

    Reply
  • 57. agoenk70  |  May 7, 2010 at 5:41 pm

    biasa-biasa aza tuch ga terlalu narsis hehe..
    tapi tulisan dan pembahasannya lengkap bagnet neh sampe di tinjau dari segi ilmiahnya juga hehe…

    baguslah kalau biasa2 saja… ^^ thx ya

    Reply
  • 58. Sitopatop  |  May 7, 2010 at 6:01 pm

    beneran kagetttt liat poto narji..😯

    kenapa harus ada foto dia mbak..😥 <—- shock.

    :mrgreen:

    ya gimana lagi yaaa…😕 kupikir narsis tuh ya narji itu…😦

    Reply
  • 59. hanyanulis  |  May 7, 2010 at 8:08 pm

    Saya agak tergelitik dengan gambar monyetnya. mirip dengan kebiasaan saya. setiap nyampe kantor, pas turun dari motor, seusai melepas helm, saya ngaca dulu di spion buat merapikan rambut saya yang sedikit agak acak2an🙂

    tapi heri ga sama kek dia kan?? tetep beda kan??:mrgreen:

    Reply
  • 60. Kakaakin  |  May 7, 2010 at 8:18 pm

    Sunggug… diriku tidak narsis🙂
    Tapi si monyet memang kocak!!! hehe…🙂

    hooh doi emang lutuuu…:mrgreen:

    Reply
  • 61. tommy  |  May 7, 2010 at 8:43 pm

    wew, dibuat lengkap banget🙂

    eh, ia aku bukan orang yang narsis😛

    bukan yaa… hehehe…

    Reply
  • 62. alamendah  |  May 7, 2010 at 8:47 pm

    saya gak begitu paham istilah narsis, tahunya emang narji.
    Tapi pict yang terakhir keknya narsis abis, deh….

    doi kan termasuk dalam kategori artikelnya alam yaa… kok ucul ke sini sih…😕

    Reply
  • 63. khatulistiwa  |  May 7, 2010 at 9:32 pm

    hmm…terserah sunflo aja deh..gw seh ikut aje..hehehe

    tarik maaang…😉

    Reply
  • 64. mahesapandu  |  May 7, 2010 at 10:05 pm

    sisi lain yang pasti ada pada diri kita, kadang tersipu bersembunyi namun tak jarang tampil nyata, mudah2an itu juga bagian dari rasa bangga dan syukur kita atas penciptaanNya.. Sunflow Makasih awardnya, tapi maaf blm bisa masang, lg da trouble nih ma WPku.. kpn2 pasti tak pasang… makasih banget..

    yup.. makasih juga, pandu.. ^^

    Reply
  • 65. abrus  |  May 7, 2010 at 10:07 pm

    Sunflo, yuhuii … ‘narsis-kah diriku??
    entah iya, entah tidak, entahlah …😦

    btw saya lebih suka sebutan Sunflo : ‘si abrus tea …😆

    bukannya mau diganti jadi teh abrus??😕

    Reply
  • 66. ian abuhanzhalah  |  May 7, 2010 at 10:26 pm

    bagi-bagi ewod..ada ewod di tempat saya khusus buat mbak sunflo🙂

    nta aq jemput dech.. gi sibuk neeh

    Reply
  • 67. yanrmhd  |  May 7, 2010 at 10:57 pm

    lengkapppppp…
    narsiskah???? entahlah..:mrgreen:
    ngakak abis liatin poto narji nya nih…😆

    hehehe…😆

    Reply
  • 68. fitrimelinda  |  May 7, 2010 at 11:10 pm

    wakakak..masak narsis disamain ama narji mbak..

    anyway, kadang2 aku juga rada narsis mbak..🙂

    soalnya narji kan narsis kupikir saat itu… ^^

    Reply
  • 69. Masdin  |  May 8, 2010 at 5:07 am

    Hehehe…. narji.. narji…😀
    Kalau saya sih pada awalnya kupikir istilah ini sama dengan “anarkis” hehehe ternyata beda, tetapi mungkin hanya beda tipis😀

    Hmm… sebenarnya kalau kita merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “narsis” yang berkonotasi “percaya diri buta” itu tidak ada. Akan tetapi, dalam KBBI memang ada kata “Narsis” tetapi artinya hanya satu “tumbuhan berbunga putih, krem, atau kuning, terdapat di daerah subtropis; Amarylidaceae; 2 bunga narsis”. Jadi istilah narsis yang berkonotasi “percaya diri buta” belum diserap secara resmi ke dalam bahasa Indonesia sehingga mungkin belum ada yang menggunakan dalam menulis formal.

    untuk bahasa indonesia EYD keknya blom masuk ya masdin… ^^

    Reply
  • 70. Asop  |  May 8, 2010 at 5:41 am

    Narsis? Oh tidak, terima kasih.😆

    yoi .. sama-sama… ^^

    Reply
  • 71. Ruang Hati Blog  |  May 8, 2010 at 7:05 am

    cari arti di kamus besar bahasa Indonesia apa yah artinya

    Selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta, banyak kebahagiaan dan keindahan di akhir pekan ini buat sobatku tersayang…
    Salam dari ruang hati terdalam

    tengkyu de’

    Reply
  • 72. Plesiran  |  May 8, 2010 at 8:00 am

    Menurut saya, narsis yang proporsional masih lebih baik daripada minder nduk. Nggak apalah narsis2 sedikit. Saya bahkan mengikuti aliran narsis. Apalagi narsis goreng seafood ..enyak..enyak..enyak.

    Salam hangat dari Plesiran, media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikel akan mendapatkan tali asih berupa buku yang menarik dan bermanfaat jika artikelnya di post di Plesiran.
    Silahkan bergabung di Plesiran dan rasakan sensasinya.

    inggih pakdhe… leres…:mrgreen:

    Reply
  • 73. zee  |  May 8, 2010 at 8:58 am

    Setiap orang pasti punya penyakit narsisme ini, even kadarnya beda-beda. Mungkin ada yang mau tp malu, tapi ada pula yang gak tahu malu kekekkee..
    Kalau saya standard saja, sesuai porsi🙂.

    yg bagus ya yg sedeng2 saja yaa…

    Reply
  • 74. achoey  |  May 8, 2010 at 11:23 am

    maaf belum bisa baca2
    hanya menyapa sepintas saja

    salam🙂

    gpp choey.. mo kmana sih??

    Reply
  • 75. irvan  |  May 8, 2010 at 3:56 pm

    narsis itu heboh ya… kayak pingin jadi artis tapi gak jebol makanya gaya nya jadi narsis atau lebih terkenal “lebay”.
    Teman teman sekalian datang ya ke blog ku dan jadi follower ku juga .
    terima kasih teman teman sekalian …
    http://www.word-sqword.blogspot.com

    yup… hooh

    Reply
  • 76. irvan  |  May 8, 2010 at 3:57 pm

    narsis itu heboh ya… kayak pingin jadi artis tapi gak jebol makanya gaya nya jadi narsis atau lebih terkenal “lebay”.
    Teman teman sekalian datang ya ke blog ku dan jadi follower ku juga .
    terima kasih teman teman sekalian …

    Reply
  • 77. irvan  |  May 8, 2010 at 3:59 pm

    untuk melihat blog saya tinggal di klik aja nama nya
    maaf sudah merepotkan teman teman sekalian

    Reply
  • 78. Cempaka  |  May 8, 2010 at 9:53 pm

    Jujur saya over narsis mb, hikz *crying*

    dikurangi yuuuks… ^^

    Reply
  • 79. fajar  |  May 8, 2010 at 11:04 pm

    narsis ?aq jg sk narsis ma tmen2 tp,,,
    slm knl ….

    masih wajar2 aja kan?? kenal juga… ^^

    Reply
  • 80. achoey  |  May 9, 2010 at 10:38 am

    Status saya di FB gak kayak gitu hehe
    Tapi, kadang kalo di foto ma teman2 suka banyak gaya
    Narsiskah😀

    keknya achoey ga narsis deh… tapi kuuuulll…😉

    Reply
  • 81. fajar  |  May 9, 2010 at 2:16 pm

    kang cb baca Link ini
    narsis ga ya…?heheh

    entar ke TKP dulu, Om…

    Reply
  • 82. kikakirana  |  May 9, 2010 at 7:40 pm

    QK narsis nggak yo???😆
    gtau dah,,, hehe..

    ia mbak QK juga pernah baca itu tentang si narcissius dengan mitos Yunani nya..ehm… kalo narsis sama PD sepertinya memang berbeda ya mbak.. Narsis itu lebih tinggi tingkatannya daripada PD…

    lha itu artinya narsis aja kePDan… xiixixixe…

    HIDUP!!! ^_^

    asalkan wajar, ga majalah ya de’…😉

    Reply
  • 83. Meliana Aryuni  |  May 9, 2010 at 9:55 pm

    Kayaknya ga deh,Mbak….Narsisan Mbak hehehe….Klo narsis=kelainan jiwa, ga selalu Mbak, tergantung tingkatannya….Meli rasa Mbak ada di tingkatan yg terendah:mrgreen:

    iya keknya … melly kan kul gtu…😛

    Reply
  • 84. FiyaFiya  |  May 10, 2010 at 12:53 pm

    paragraf akhirnya.. Suka poto imut tuh penyakit?? Suka cerita ttg pglaman pribadi tuh narsis?? Gak stuju kak.

    aku juga ga setuju kok…😦

    Reply
  • 85. nuun  |  May 10, 2010 at 1:40 pm

    blogger juga narsis??? ga mau ah dibilang narsis…

    hooh ya nuun..🙄

    Reply
  • 86. sapta  |  May 11, 2010 at 3:55 am

    untung aku gak terlalu narsis..klo photo mah yg sendirian cuma untuk koleksi pribadi ajah..kecuali photo bareng ma teman2..aku publish ajah… :mrgreen:

    sebenarnya narsis itu bisa bahaya lho klo niatnya sudah salah.. bisa mendatangkan sifat ujub, takabbur, pamer, bahkan sombong gt.. tp gak tau jg sih tergantung dari niat aja.. klo niatnya salah ya bahaya..😀

    yup… innamal a’malu binniyaat yaa…

    Reply
  • 87. bintangtimur  |  May 12, 2010 at 7:20 pm

    Antara narsis dan nggak…hahahaha…bener-bener nggak punya prinsip😛
    Kayaknya kalo yang foto-fotoan di fb atau blog, saya nggak banget deh…males beken dan pada minta tanda tangan…😉
    Tapi buat cerita banyak hal di blog, saya juga seneng kalo banyak yang ngomentarin…so, narsis apa nggak ya kalo kayak begini????
    Nggaaaaaak….

    nggaak laaaah… kita kan sama gtu looh… jadi ga narsis ah… ^^

    Reply
  • 88. idana  |  May 16, 2010 at 12:03 am

    keknya aku masuk kategori narsis deh yaaa….alnya sering pajang2 foto di fb hehehe

    idaaa gtu looh…😉

    Reply
  • 89. Hj.Qoyyimah  |  June 12, 2013 at 2:58 pm

    Like it🙂

    Reply
  • 90. Pasariahcihuyy  |  December 5, 2015 at 10:37 am

    Heheeee..
    Kyeeeen bngt..:-*

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: