Kemarin Aku ke Riyadh… ^^

May 14, 2010 at 4:09 am 103 comments

Jumpa lagi ma sunflo… ^^ Tumben nie, 2 hari aku ga apdet… Ada apa gerangan??

Hari Rabu dan Kamis kemarin, Sunflo nemenin hubby ke Riyadh. Hubby ada keperluan untuk melegalisir ijazahnya di Jami’atul Imam ( Al Imam University), induk dari Ma’hadul ‘Ulum (LIPIA) Jakarta.

Ini kali ketiga aku pergi ke Riyadh… ditambah aku telah kenal ngeblog, so… akupun siap tuk jadi reporter bagi temans semua, kemana-mana bawa hape kamera sebagai modal dan jeprat-jepret sana-sini, hehehe …

Pingin tahu gimana serunya perjalananku kali ini??? Simak ceritaku berikut ini, yaak …

***

Mesin Mobilku Ngambek …


Kami berangkat pukul 1 dini hari, pada hari Rabu…

Perjalanan kali ini diwarnai dengan insiden ngambeknya mesin mobil… so kami terpaksa berhenti di 2 tempat dan nungguin lamaaa… banget buat perbaikan. Hmm… cukup membuatku bermanyun ria… Tau ga kenafa?? Fanaasss banget udaranya, temans…😦

Akhirnya… pada pukul 8.30 an… kami berhasil memasuki kota Riyadh… Alhamdulillaah…

Ini pemandangan pertama yang akan dijumpai dari arah Qasim …

Banyak pembangunan di ibu kota KSA ini …

diantaranya adalah taman-taman kota… rumput jadi tanaman wajib di sana… dan untuk menanamnya, butuh biaya yang banyak … terutama biaya buat perawatan dan pemeliharaannya … maklum… tanah berpasir kan, gak kek di indonesia …

sebagai ibu kota negara, Riyadh khas banget dengan jalan layangnya …

namun kita juga akan menjumpai daerah kosong terbengkalai ataupun hendak diadakan pembangunan gedung di atasnya…

Huufph… udah fanas, terik matahari menyengat, tempat berantakan… Hewdeeww… keknya sutris dech kalau aku hidup di kota ini… Hehehe… masih mendingan Buraidah… ga terlalu ramai n semrawut kek gini …

sampailah kami di rumah salah seorang kenalan kami, keluarga Ustadz Eko Haryanto, Lc. Alumni LIPIA yang sekarang menyelesaikan S2-nya di Jami’atul Imam …

Temans… tempat inilah kali pertama sunflo menginjakkan kaki di Riyadh… 13 bulan yang lalu… Sunflo culun datang dari Indonesia… Kalau melihat tempat ini, sunflo pingiiiiinn banget kek dulu lagi… culun n lugu, tanpa tahu dunia semu…. hehehe… tapi ya gak bakalan ketemu ma kalian semua yaak..:mrgreen:

ini pintu masuk sakan (pondokan) mahasiswa Jami’atul Imam, tempat teman hubby  itu tinggal bersama keluarganya…

***

Hubby pergi tuk melegalisir ijazahnya, sambil memperbaiki mobil ke bengkel yang ada… sedangkan aku hanya bisa menunggu di rumah temen hubby tersebut. Waktu kugunakan buat … Zzzz Zzz zz z z … karena kecapean … :mrgreen:  Dan kamipun bermalam di sana …

***

Sunflo Jalan-jalan …

Hari Kamisnya, kami berniat untuk mengunjungi salah seorang kenalan… So, kami pamit dari rumah teman hubby tersebut, pukul 6.30 pagi …

Kamis adalah waktu week end-nya Saudi… Jalanan lengang… karena kebanyakan orang-orang masih pada asyik …. Zzz.. Zzzz … zz..z…

Keuntungan buat kami dong… alhamdulillaah ga kejebak macet …:mrgreen:

***

Sunflo beritahu kepada temans,… bila kita ke Riyadh… yang jadi patokan tuk menyusuri jalanannya adalah EXIT (jalan keluar) dari jalan tol …

Di sana, jalan tol emang dirancang tuk membelah jalan-jalan utama di kota Riyadh … Ada sekitar 39-40 exit keknya… Contoh exit 7 adalah jalan menuju Al Imam University, exit 8 menuju bandara … dst…

ini contoh dari papan penanda yang menunjukkan tanda exit,  yang sebelah pojok kanan adalah penanda pintu keluar (exit) 5 …

dan ini adalah pintu keluarnya (yang dilalui mobil merah itu) …

***

mobil kami melaju menuju pusat kota …

khas ibu kota negara…, banyak gedung bertingkat di sana …

Yang aku tunggu dan kucari-cari adalah bangunan yang ‘awesome’ ini … ^^

tuh dia dari kejauhan … tau ga, apaan tuuh??😕

Yup… Kingdom Tower … ikon kota Riyadh …:mrgreen:

dari kejauhan… di sepanjang gedungnya dihiasi dengan kerlipan lampu … indaaaah banget dech… secara dindingnya tuuh kek haluuuss banget.. n bisa buat ngaca gedung sekitarnya … ^^

ada lagi di sebelahnya, 500 meter dari kingdom tower adalah Faisaliyah Tower

oooppss… waktu ada di bawahnya… jepretanku terhalang ma pohon kurma ini neeh… :roll:  padahal kami cuma sekali aja lewat jalan ini …😦

bangunan gedung tinggi lainnya yang menghiasi Riyadh City… kebanyakan bangunan-bangunan megah itu disewakan ...

ada pula sisi kota Riyadh yang sejuk dan rindang… banyak pepohonan di sana…

ini gedung olahraga (stadium) Riyadh … sering diadakan pertandingan sepak bola di dalamnya … secara orang sono demen banget ma sepak bola…

ketemu lagi ma jalanan rindang … ^^

***

Karena kami gagal mengontak teman yang akan kami kunjungi… maka kami memutuskan untuk jalan-jalan lagi… Kali ini tujuannya adalah kompleks kedutaan di daerah Safarat … ^^

sebelumnya… kami harus melalui jembatan gantung ini … ^^

kek gini nie kalau dilihat dari samping … (gambar dari google)

dan ini kalau dilihat pada malam hari … (gambar nyari di google)

terus… melintasi jalan yang membelah gunung batu …

dan …

Nyampe dech… di kompleks kedutaan… :mrgeen:

Di Saudi… kedutaan besar negara-negara di seluruh dunia dijadikan dalam satu kompleks… Gak kek di Indonesia ‘kan??  Sehingga, untuk memasuki kompleks kedutaan, kami harus melalui pemeriksaan ketat tentara dan polisi di sana… Pssstttt… aku ga berani motret nuuiii… jadi selama pemeriksaan, aku ga bisa melaporkan pada temans…😦

Lepas dari pemeriksaan ….

inilah pintu masuk utama kompleks kedutaan …

karena sekarang hari libur, bendera-bendera negara lain ga dipasang neh…

banyak taman yang rindang di sana…

Beneran dech… kalau masuk ke kompleks kedutaan ini, serasa bukan di Saudi dech… soalnya idjooo banget!!! ^^

gedung cantik ini berseberangan dengan kompleks KBRI

nie jalan sebelum belok menuju KBRI

tuh gedung KBRI dari luar pagar …

sebelum masuk ke kompleks KBRI, harus lapor dulu ke satpamnya di sini …

tuh bendera merah putihnya kliatan…:mrgreen:

Rencananya hubby mo legalisir ijazah SMA di sini, tapi karena kantor KBRI-nya tutup… so, ga jadi dech … Akhirnya kamipun sepakat untuk melanjutkan perjalanan pulang menuju Buraidah … Udah pegel euy!!

***

Dan Sunflo-pun beraksi …

Alhamdulillaah… mesin mobil mau diajak kerja sama… alias ga ngadat…

kamipun meluncur menuju Al Qasim … menjauh dari kota Riyadh pada pukul 9 pagi … Panas banget temans, tapi alhamdulillaah hari masih pagi, jadi anginnya juga masih seger ….

Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam bila lancar …

sepanjang perjalanan, yang dijumpai adalah kegersangan gurun pasir …

aku banyak menjumpai kelompok-kelompok unta yang sedang merumput … di kejauhan … di bawah teriknya matahari gurun … banyak tenda didirikan oleh orang-orang Arab Badui untuk menggembalakan unta-unta tersebut …

***

Perjalanan siang hari dengan udara panas menyengat… silau akan sinar matahari … membuat mata hubby terkantuk-kantuk dan memutuskan untuk istirahat sejenak dan Zzz Zzz..zz…z… di sini …

di bawah jembatan yang ada kek sungai kecilnya…

Di pergantian musim ini, hujan sering turun… sehingga di tengah gurun, banyak dijumpai danau-danau kecil dadakan… MasyaAllah … indah banget dech, bisa lihat air di tengah gurun kek gini … ^^

***

Setelah kurang lebih 30 menitan istirahat… perjalananpun dilanjutkan …

huuuh… bete banget kurasakan… mataku terasa lelah … karena pengaruh udara yang panas dan angin yang kencang bertiup …

Hmmm…. iseng-iseng … aku nyubain yang ini

..

….

….

…………

taraaaaaaaaaaa ……….. !!!!!


hehehe… pakai kacamata riben punya hubby aah …

jihahahaayy… siapa ini??? Heeiiiii … siapa ini??

gimana diriku, temans??? gimana..gimana?? narsis banget kan?? hmm… sunflo ternyata emang narsis!!!!


Kata hubby, ” Kek jagger euy!!”

Eh… meskipun nakut-nakutin kek gini penampilannya… ini juga manusia looh…:mrgreen:

Pssttt…. tapi beneran… pake kaca mata riben ini, mata jadi adeeemmm banget dech… Hehehe… ternyata enak ya pake kaca mata item tuuh…:mrgreen:

Pada musim panas kek gini, kaca mata hitam di Saudi adalah salah satu peralatan wajib  bagi para pengemudi … untuk menyamankan penglihatan di bawah terik matahari yang menyengat…

***

Karena kaca matanya diminta lagi ma hubby… akhirnya aku pake riben yang lain ….

cadarku 3 lapis… 1 lapis agak tebal, tapi dirancang bisa buat nafas bebas, n 2 lapis kain transparan kek gini… so meski tertutup kek gini, aku masih bisa liat kok plus bisa nafas .. hehehe … :mrgreen:

Kain yang ditutupkan menutup mata ini namanya purdah… bisa multi fungsi loh… buat melindungi mata dari debu, nglindungi mata dari terik matahari dan dari pemandangan yang ga sebaiknya dilihat… kecuali ga sengaja… kan harus menundukkan pandangan neh …  (secara aku hobinya cuci mata… purdah ini bisa meminimalisir diriku ngeliatin co saudi yang keren-keren… halah!!! :mrgreen:  )

ps. ini kali pertama diriku menampakkan diri di muka temans perbloggingan neeh…. meski ga sewajarnya terlihat.. maaf yaaa’… udah jadi prinsip sunflo seeh… jadi cuma kek gini ajah yang bisa sunflo perkenalkan…:mrgreen:

Udah aah…😆

Lanjuuutttt ….:mrgreen:

***

Daerah yang selalu kunantikan adalah Al Ghat … Secara aku sangat terkesan banget pas awal-awal tiba di Saudi, yaitu …

pada tugu berbentuk poci dan gelas raksasanya … ^^

Al Ghat adalah kampung halamannya Raja Fahd (rahimahullaahu ta’ala) …

apalagi kalau udah nyampe celah tebing terjal ini … pertanda Al Qasim udah hampir dekat neh … ^^

hujan yang mengguyur selama ini, menumbuhkan rerumputan di atas pasir gurun yang berwarna oranye… seperti layaknya padang rumput ajah… tapi ya ga sehijau di daerah yang banyak airnya…

tuh lihat jalanan yang lengang … sejauh mata memandang… ga ada rumah kan??? bete ga tuh… makanya sunflo beraksi kek tadi… :lol:  dasar…!!

ada yang menarik… aku sering melihat tanda lalu lintas kek gini… Camel Crossing Pass … Tempat buat nyebrangnya unta …

lihat jembatan di atas jalan itu kan? Nah itu adalah jembatan penyeberangannya unta … hehehe…:mrgreen:

ini adalah danau dadakan yang airnya telah mengering… mengandung garam tuuh…

……….

… dan kalau udah lihat yang ini neh …

Al Qasim University…

nyampe sudah kami di Buraidah … Alhamdulillaah… 3,5 jam perjalanan kami tempuh dari Riyadh menuju Buraidah… dan kami tiba kembali di rumah dengan selamat … alhamdulillaah… ^^

***

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: , , , , .

Aku dan Mertuaku Sunflo Emang Pake Cadar

103 Comments Add your own

  • 1. wrp  |  May 14, 2010 at 4:26 am

    wa…………. bukan sunflo kalo g narsis. wkwkwk..
    masya Allah itu Riyadh.. kota khas gurun yak??? (secara arab emg di gurun). ijo2nya sedikit ya bu? btw tu fto2 kl difoto mobil lagi jalan..kebanyakan keliatan miring2..efek kamera x ya? hehe

    wkwkkwkkkk… motretnya sambil mobilnya lari bin kacanya kotor kena hujan Rez…😦

    Reply
  • 2. Kakaakin  |  May 14, 2010 at 5:23 am

    Mbak, kingdom tower tuk kubilang kayak pembuka botol:mrgreen:
    Duuuhh… banya picu yang keren nih… termasuk mbak sunflo-nya…
    Tempo hari di fb udah nongol kan🙂

    eh… yang ini baru kin, aq ambil fotonya di atas mobil… saat melaju… hehehe

    Reply
  • 3. Kaka Akin  |  May 14, 2010 at 5:30 am

    Jadi KBRI ikutan libur sperti di Indonesia ya??

    hooh.. sabtu libur jeh katanya… ^^

    Reply
  • 4. Andi  |  May 14, 2010 at 5:37 am

    hahaha…. mbak ternyata narsis ya…..
    hmmm kapaaaan saya bisa ke tanah suci ya…. tolong doain ya mbak.

    yuiiii… aq narsis neh de’.. insyaAllah aku berdoa buat temans semua agar tercapai apa yang diharapkannya… ^^

    Reply
  • 5. asih  |  May 14, 2010 at 5:56 am

    waw,,,,hahahahaha fotone tak nek ummi yo….ko tambah endut ci,,,,,ehm,,program diet hanya berlaku di indo x

    ya iya laah… di indonesia kan prihatin dulu… hehehhe…. kek gini kok gendut… sedeng lagi…

    Reply
  • 6. alamendah  |  May 14, 2010 at 5:57 am

    (maaf) izin mengamankan KELIMAAXXXZZZZ dulu. Boleh kan?!
    Wakakakakakak….
    Kaca mata sama cadarnya kelihatan cantik, ya…
    hahahahahahaha

    weh alam teh ampe terbahak-bahak…:mrgreen:

    Reply
  • 7. agoenk70  |  May 14, 2010 at 6:27 am

    hehehe narsis mode On… itu bener2 kota khas gurus pasir yah,,,

    hooh agoeng…. ^^

    Reply
  • 8. Masdin  |  May 14, 2010 at 6:45 am

    Wuihh… foto-fotonya udah mirip jepretan fotografer profesional, sedikit dimprovisasi aja udah gak kalah bersaing ama fotografer profesional, hahaha… ini postingan nih asli panjang bangets😀

    hehehe… buat nyaring siapa yang mau baca n siapa yang hanya komen ajah nuuiiiii…😛

    Reply
  • 9. marisa  |  May 14, 2010 at 7:15 am

    cuit…cuit..kelatak kletok…
    sapa tuh yang narsis??
    gw suka gaya mba…:mrgreen:

    swiiiwwwiiiiiiiiittttt…. hehehe… gmana?? keren ga?

    Reply
    • 10. deny marisa  |  May 15, 2010 at 8:07 am

      keren banget Bo….:mrgreen:
      gemana…geto…ahahahaha
      masih keliatan cantik..^^

      ehm…. ^^

      Reply
  • 11. marisa  |  May 14, 2010 at 7:18 am

    (secara aku hobinya cuci mata… purdah ini bisa meminimalisir diriku ngeliatin co saudi yang keren-keren… halah!!!:mrgreen: )<————– wakakaka…mba ni ya.. bisa juga ya..hihihi…

    emang bener Ris… kece-kece kok… hehehe…:mrgreen:

    Reply
    • 12. deny marisa  |  May 15, 2010 at 8:08 am

      waduh…..
      wah…maaf mba..ga suka cowok cakep…😦
      *takutkalaudigodaceweklain

      hehehe…

      Reply
  • 13. Julina Purwaningsih  |  May 14, 2010 at 7:18 am

    waaa.. seru banget ya bisa jln2 ke sana..
    kok hubby nya ga sekalian di foto dan diperkenalkan mbak:mrgreen:

    hubby dah ditampilin pas umrah kemarin Jul.. lihat gak??

    Reply
    • 14. Julina Purwaningsih  |  May 14, 2010 at 3:42 pm

      liat aaaaaaahh *langsung menuju TKP*… penasaran:mrgreen:

      kemandra?? apa seeh??

      Reply
  • 15. Asop  |  May 14, 2010 at 7:37 am

    Kesan saya ngelihat fotonya, gersang ya.😀

    hooh… bin fanaaaazz….😦

    Reply
  • 16. mahesapandu  |  May 14, 2010 at 8:19 am

    Emang di Riyadh suasananya selalu lengang gitu ya..
    Padahal di Ibu Kota, tapi kesan gurun yang gersang kayaknya malah tenang gitu.

    Untung banget hari ini blogging kesini, bisa liat penampakan Sunflo yang nyaris ga pernah nampak..

    ini kan pas hari libur, mahesa, jadi sepi kek gtu.. hehehe.. inilah penampakanku…😛

    Reply
  • 17. ismi  |  May 14, 2010 at 8:46 am

    ckckckck, narsis e poool iki mbakku siji….

    hooh neeh… *maluuu*

    Reply
  • 18. ismi  |  May 14, 2010 at 8:54 am

    LIPIA kiy cedhak nggon aku mbak, neng jkt..
    keknya baru pindah kesitu opo wes suwi neng kono mbuh, soale lagi di bangun, megah, gedhi, omboo, ga iso weruh soko ndalan, soale di kelilingi tembok

    wis suwi nok… aku malah durung weruh e….🙄

    Reply
    • 19. ismi  |  May 14, 2010 at 3:45 pm

      hooh, wes suwi neng jartane, tapi nggone neng kono juga opo ora, kiy mbuh ngono…

      aq yo ra ngerti e….😕

      Reply
  • 20. kikakirana  |  May 14, 2010 at 10:14 am

    whowhowhowhow……. banyak pic nya… serasa merasakan gersangnya padang pasir >_<

    panas nyaaa…. huff… kek nya gag betah kalo QK di sana mbak… beda banged yauw ma di indo… sepertinya di sana semua berdebuuu .. huuuufff…

    HIDUP!!! ^_^

    yup…. fanas bgt kika…. tapi yang mendinginkan adalah hati dan keimanan kita…😉

    Reply
  • 21. wawansri  |  May 14, 2010 at 10:15 am

    serasa kayak ikut ke sana….
    komplit…
    ditunggu kota lainya…

    btw..
    Kingdom Tower … kok kayak pembuka tutup botol minuman ya…🙂

    insyaAllah… tunggu reportasenya… ^^ hehehe.. cakep loh de’ kingdom tower tuh…

    Reply
  • 22. kikakirana  |  May 14, 2010 at 10:16 am

    ehm… mbak.. mbak… lepas dari postingan ney.. QK mau tanya ah..
    mbak sunfLo dari dulu kemana” pake cadar???
    terus dari sejak belum menikah kah???

    ho ho ho ho…. dari dulu QK penasaran dengan orang: bercadar seperti yang di pic itu… kekekeke😛
    dijawab plis kalo boleh :d

    HIDUP!!! ^_^

    ok kika … seneng kika nanya kek gini, ntar aq jawab pada postingan khusus yaa… nantikan… ^^

    Reply
    • 23. kikakirana  |  May 14, 2010 at 2:36 pm

      oke oke…. pasti QK tunggu nie …:mrgreen:

      HIDUP!!! ^_^

      sip laah.. insyaAllah setelah ini yuaah..

      Reply
  • 24. nakjaDimande  |  May 14, 2010 at 10:23 am

    Aku tahu mata dibalik itu Indah..😀

    hehehe…. bundo tahu kah?? dari fotonya sunflo kah??😕

    Reply
  • 25. desicandra  |  May 14, 2010 at 10:25 am

    Jembatannya kok kayak jembatan suramadu ya??? Jangan2 arsitek suramadu emang nyontek jembatan di Riyadh ya…

    weeh… sunflo ga tau mbak…:mrgreen: blom nanya sualnya… ^^

    Reply
  • 26. yanrmhd  |  May 14, 2010 at 10:30 am

    hm…suasana kota riyadh beda ya…
    lebih panasss keliatannya,
    penempatan kedutaan nya tepat tuh, jadikan satu biar
    akur terus, tak ada wilayah pribadi… *pinter*

    okelah pokokna mah…plus yang narsis2 gtu, hahayyy:mrgreen:
    *kyknya perjalanan yg melelahkan*

    abis riyadh manalagi nih??? ditunggu infonya…😀

    iya yan.. biar kalu ada teroris bisa kedeteksi ….:mrgreen: … doakan selanjutnya adalah JEDDAH

    Reply
  • 27. firdausfarisqi  |  May 14, 2010 at 10:40 am

    stuju sama desicandra , jembatan gantungnya mirip banget dengan suramadu😀 , btw siapa tuch yg bercadar😀 malah jadi semakin penasaran :p

    hehehe… syapa tuh? syapa tuh??😕

    Reply
    • 28. firdausfarisqi  |  May 15, 2010 at 9:31 am

      biar saya tebak sendiri deh kira2 seperti apa wajah di balik cadar itu 😕

      hmmm….

      Reply
  • 29. Tary Sonora  |  May 14, 2010 at 11:27 am

    jalan-jalan terus ya🙂
    doain ku juga ya biar bisa ajak yah ibu ke sono heheheh

    aamiiin… semoga terkabul ya Ry… ^^

    Reply
  • 30. abrus  |  May 14, 2010 at 11:29 am

    Woowww keren – ternyata sang hubby ‘reputasinya bener-bener dah internasiuonal …😛
    btw saya ini boro2 nasional, regional aja belum – baru tingkat RT …😦

    ah ga juga brus… biasa ajah nie…

    Reply
  • 31. abrus  |  May 14, 2010 at 11:33 am

    maksudnya ‘International / internasional (bhs indo) … hehehe
    maaf buru2 – mo shalat Jum’at …🙂

    silahken brus… ^^

    Reply
  • 32. asih  |  May 14, 2010 at 11:38 am

    aku, ummi n bu Iqoh rame2 liat tulisan n gambar2nye,,,halah gubrak mantue…nyong,,,cek ummi teh,,,haha

    weehhhh… kek layar tancep nuuiii… ^^

    Reply
  • 33. jumialely  |  May 14, 2010 at 11:55 am

    Luar biasa .. NGiri mbakkk🙂

    wadoohhh… ^^

    Reply
  • 34. uphiet  |  May 14, 2010 at 12:03 pm

    mbak, salam kenal n numpang mampir ^^
    baru tau kalo yang punya orangnya narsis. Hehe…

    silahkan de’.. kenal juga… ^^ hiihihihiiii..

    Reply
  • 35. Ifan Jayadi  |  May 14, 2010 at 12:39 pm

    Ih…panjang amir tulisan +photo2nya. Btw, di Arab Saudi ada orang miskin nggak mbak? Soalnya dari tadi photo2 nya menggambarkan suasana kemewahan kota riyadh dgn gedung2 bertingkatnya

    ya ada lah fan… pengemis saudi juga banyak kok… cuma aq blom masuk2 ke perkampungan mereka…🙂

    Reply
  • 36. ian abuhanzhalah  |  May 14, 2010 at 1:24 pm

    mantap..keren puoll..hahaha..aya aya wae😛
    tiba tiba ditengah menkmati pemandangan saya terkejutkan dengan penampakan huahaha

    takut ga? takut ga ?? hehehe…. penampakannya ga nyeremin kok… ^.*

    Reply
  • 37. cah lapindo  |  May 14, 2010 at 1:30 pm

    mantap….baca dan lihat2 sampai habissssssss…berasa lagi jalan-jalan sama mbak sunflo…😀 kapan ya giliran saya yang kesanan..??😦

    salam adem ayem

    makasih andie udah menikmatinya… ^^

    Reply
  • 38. ummumarwa  |  May 14, 2010 at 1:37 pm

    subhanallah… ga kebayang panasnya..
    tapi aku pingiiiiiiiiiinnnn sekali ke negeri tempat kelahiran Nabi SAW…
    doakan ya… 😥

    iya mbak… aamiin… ^^ semoga tkabul apa yang dicita-citakan… ^^

    Reply
  • 39. fajar  |  May 14, 2010 at 1:40 pm

    pengen banget ksana tp i don’t have money😀
    pictnya cool mbak😀

    insyaAllah bisa de’ … rejeki Allah tuh luas… makasih yaa… ^^

    Reply
  • 40. rumahsehatafiat  |  May 14, 2010 at 1:52 pm

    riyadh katanya kota yang cantik ya,ditunggu foto-fotonya.
    wah keren juga pake cadarnya. ga nyeremin kok. menjaga hijab lebih baik. salam sehat

    yup.. thx ya dah kasih support… ^^

    Reply
  • 41. sasya  |  May 14, 2010 at 2:14 pm

    jadi pengeeeeeeeeeeeeeeeeeennn ksn dech……..
    hiks..hiks…

    jangan nangis dunk…😉

    Reply
  • 42. nuun  |  May 14, 2010 at 2:23 pm

    kapan ke Riyadh lagi? mau titip salam buat adikku yang kerja di sana..
    Mba, bukannya warna hitam itu penyerap panas yang baik?? Kenapa ga warna yg laen, putih misalnya. Jadi kalo pas cuaca panas, ga panas banget. secara mba kan pake cadar

    ga tau kenapa suka n di sana pake warna item yaak…. ga terlalu panas kok nuun… tenang ajah…😉

    Reply
  • 43. wi3nd  |  May 14, 2010 at 2:26 pm

    jiaaaaaaaaaaaaaahh..
    meski narsis tetap tak tampaklaaa kak..😀

    tapi kacamatanya kereeeeenn😉

    ada kok penampakanku … lihat di … sunflo banget tuuh

    Reply
  • 44. Berdebu  |  May 14, 2010 at 2:30 pm

    ya ampunnn….kapan aku diajak ke riyadh… OR jalan jalan ke luar negri…jadi pengene….😦

    iya kapan ya de??😕

    Reply
  • 45. yangputri  |  May 14, 2010 at 2:33 pm

    wah mbak sunflo harusnya dapat penghargaan dari negara arab, soalnya yang dibahas negara sana terus dan memperkenalkannya lagi ma kita2 yg ada di indonesia……

    halah… halah…:mrgreen:

    Reply
  • 46. Tanti  |  May 14, 2010 at 2:49 pm

    Matamu indah sekali mbakku…
    Lamaaaa akyu memandangnya hehehe:mrgreen:

    xixixi… lihat di mana tanti??:mrgreen:

    Reply
  • 47. didot  |  May 14, 2010 at 3:49 pm

    narsisnya kamu mah tetep aja gak keliatan hehehehehe😛

    kalo kita ketemu di jalan saya gak bakalan ngenalin kamu deh nouf:mrgreen:

    hooh.. cuba intip di sini dech … ^.*

    Reply
    • 48. didot  |  May 14, 2010 at 4:08 pm

      heee itu udah pernah liat,tetep aja gak bakal ngenalin hahahaha😛

      gubraaakk…

      Reply
  • 49. bintangtimur  |  May 14, 2010 at 4:00 pm

    Mau komen yang mana dulu nih…bingung…😦
    Itu aja ah, yang jembatan penyeberangan buat unta…emang unta disana bisa baca ya…sampe dibikinin tulisan Camel Crossing Pass segala…hihihi…😛
    Perjalanan yang menyenangkan buat kita semua, solanya saya juga jadi ikut berasa jalan-jalan setelah baca posting ini…luueengkapp banget!
    Tengkyu😉

    hehehe… buat perhatian para pengendara mah itu jeng… ^^

    Reply
  • 50. bayuputra  |  May 14, 2010 at 4:19 pm

    wah keren … sekali tempatnya …
    bagus postinganya .. lengkap sekali foto – fotonya jadi lebih enak ..

    terimakasih bayu… ^^

    Reply
  • 51. bundadontworry  |  May 14, 2010 at 4:22 pm

    puas rasanya , seolah2 ikut Mbak Flo ke Riyadh.
    foto2nya bagus2 walaupun lebih banyak gurunnya ( ya iyalah, namanya juga Saudi😀 )
    Foto narsisnya lucu banget yg gak pakai kacamata😛
    terimakasih ya Mbak Flo, sudah berbagi hal2 indah dan menawan ini.
    Selalu sehat ya Mbak🙂
    salam

    hikzz…. kok lucu seeh bund…😥

    Reply
    • 52. bundadontworry  |  May 16, 2010 at 2:10 pm

      iya lucu……….gak kelihatan mukanya, ketutupan semua, jadi nebak2 nih, wajahnya Mbak Flo, kayak gimana ya ? 😀
      salam

      ada deh bunda…😉

      Reply
  • 53. setitikharapan  |  May 14, 2010 at 5:29 pm

    Lha jembatan Suramadu sapa yang mindahin kesana mbak…
    Hehehheh..denan foto itu narsisnya makin kelihatan..😀

    huhuuuyyyy…. ^^

    Reply
  • 54. fitrimelinda  |  May 14, 2010 at 6:31 pm

    Wua,keren bgt mbak..Pengen d0nk diajak ke riyadh ma mbak sunflo..

    yuuuu’

    Reply
  • 55. hellgalicious  |  May 14, 2010 at 7:12 pm

    sejak kapan tinggal dia arab?
    waaahh pengen deh maen kesana

    jemabatannya juga keren tuh

    sejak 16 april 2009 hellga.. ^^

    Reply
  • 56. diazhandsome  |  May 14, 2010 at 7:43 pm

    bingung deh… ini emang tinggal di arab atau terdampar di arab?? atau sedang sekolah di arab??

    Reply
  • 57. Coba Diklik  |  May 14, 2010 at 8:04 pm

    Kok ditulisan ini ane nggak menjumpai dari mana asal perginya ya? Memangnya ini perjalanannya dari Jakarta apa dari mana mbak?

    oh… aq udah 1 tahun ini ada di saudi de’… ^^ hehehee… ga ngikutin kisahku yaaa’??

    Reply
  • 58. delia4ever  |  May 14, 2010 at 8:05 pm

    akhirnya bayangan lia tentang mbak sunflo benar..heheheh….

    sesekali narsis gak papa mbak..:lol:

    keren ya Riyadh…jembatan nya itu bagus banget,, ckckckc kapan ya bisa kesana😛

    hehehe akhirnya kliatan juga yaak.. ^^

    Reply
    • 59. delia4ever  |  May 15, 2010 at 9:21 pm

      iya mbak.. ditunggu photo narsis berikutnya😀

      hmmm??

      Reply
  • 60. monda  |  May 14, 2010 at 8:11 pm

    masih belum berani fotoin orang Arab ya ummi Yahya?
    kota sekeren itu kok nggak ada mahluknya ya? z z z z z z semuanya?

    Reply
  • 61. abrus  |  May 14, 2010 at 10:32 pm

    Alhamdulillah, sunflo bisa ‘safar ke kota2 di Saudi …🙂
    InsyaAllah ntar bisa juga safar ke Masjidil Aqso, Cairo, Bagdad, dll dsb … Amin!…

    aamiiin… ^^

    Reply
  • 62. aby umy  |  May 15, 2010 at 12:49 am

    sorry deh mas eh mbak, tak kirain wong lanang (baru belajar ngomong jawa)
    ckckckckck

    makasih dah berkunjung ke blog saya

    gapopo… kan ga ngerti yo… hehehe

    Reply
  • 63. sunarnosahlan  |  May 15, 2010 at 4:18 am

    jauh sekali dengan pantura pulau jawa ya, di situ jalan lebar lengang, kallau pantura penuh dengan kendaraan bahkan beberapa titik tak jarang ada kemacetan

    inilah istimewanya pak… 3 lajur per jalurnya bahkan ada yang 4 lajur… subhanallah

    Reply
  • 64. Meliana Aryuni  |  May 15, 2010 at 5:48 am

    Masih indah Indonesia ya,Mbak…

    iya neh… ^^

    Reply
  • 65. Octane  |  May 15, 2010 at 6:01 am

    Riyadh, kapan bisa kesana ya?

    iya.. kapan ya???

    Reply
  • 66. dreesc  |  May 15, 2010 at 7:47 am

    baca postingan sunflo jadi berasa ngikut jalan jalan ke Riyadh…… hehehehe…. Riyadh cantik juga yah…..

    pagi sunflo….

    yup… pagi dree…^^

    Reply
  • 67. Mamah Aline  |  May 15, 2010 at 8:04 am

    kalau aku bercadar kayak sunflo gak perlu lulur ama sunscreen… kapan saya kesana ya… pengalaman yang pastinya berkesan banget kalo sunflo pulang ke indonesia

    hehehe ada2 saja dech jeng neeh… insyaAllah someday jeng..

    Reply
  • 68. gambarmodifikasi  |  May 15, 2010 at 8:10 am

    waw enak ya bs jalan2

    yup alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 69. d-Gadget™  |  May 15, 2010 at 8:55 am

    sekilas daerahnya gersang banget yah ?

    hooh neh

    Reply
  • 70. Didien®  |  May 15, 2010 at 8:58 am

    kemaren saya juga ke riyadh, kuq ga ketemu yah? heuheueheu… *ngayal.com*
    pakabar mbak novie?

    salam, ^_^

    alhamdulillaah baik2 de’ .. eh, maaf aq susah lagi neh ke blog mu…😦

    Reply
  • 71. Caride™  |  May 15, 2010 at 8:59 am

    kesini hanya ingin sekedar menyapa sekaligus bersilaturrahmi…
    ooo lagi sibuk toh mbak, makanya ga apdet?

    hehehe… ini dah apdet de’… ^^

    Reply
  • 72. Arif R.  |  May 15, 2010 at 9:05 am

    berasa panas sekali.. pingin juga jalan kesana..😀
    salam kenal

    hooh ya neh

    Reply
  • 73. hanyanulis  |  May 15, 2010 at 9:07 am

    Ah..sungguh kaya negara yang satu ini. sampai2 tak terlihat ada pengemis dan pedangan asongan berkeliaran di jalan2 umum. kalau pun ada pun. bisa dipastikan kalo strata ekonomi mereka jauh mengungguli pejabat PNS di negeri kita…Saya suka pic nya mbak, bagus euy, arsitekturnya keren🙂

    ada juga sih pengemis de’, perempuan semua… ga ada yang laki2… makasih yaa… ^^

    Reply
  • 74. achoey  |  May 15, 2010 at 9:20 am

    wah, ummi jalan2 terus nih
    diubek-ubek tuh Saudi
    jaga kesehatan ya ummi🙂

    iya choey makasih yaa…

    Reply
  • 75. melly  |  May 15, 2010 at 10:07 am

    asik bgt, berasa ikut jalan2 juga..
    hoho
    apa kabar mba ? dah lama gk mampir kesini..hihi

    iya neh.. alhamdulillaah baik2 saja mell.. ^^

    Reply
  • 76. ysalma  |  May 15, 2010 at 11:56 am

    iya, mbacanya seakan ikut nebeng jalan sama sunflo🙂
    narsis, harus itu ….

    hooh… betluu

    Reply
  • 77. sifa  |  May 15, 2010 at 11:59 am

    sunflo…
    aq nungguin ebook flanel darimu niiih…
    katanya mau dikirimin ke email…
    aq nungguin tapi belum ada…

    maaf sifa… ane lupa alamat emailmu… aku kirim sekarang yaak… ^^

    Reply
  • 78. yuniarinukti  |  May 15, 2010 at 12:19 pm

    keren Euy… Unta aja dibikinin jembatan penyebrangan sendiri…..

    hohoho… ^^

    Reply
  • 79. Dewi  |  May 15, 2010 at 12:24 pm

    Kapan ya bisa ke jalan-jalan ke Saudi

    iya neh kapan ya dew…😕

    Reply
  • 80. Shanty  |  May 15, 2010 at 1:44 pm

    Senengnya habis jalan-jalan…
    Oleh-olehnya jg lumayan, bisa nyegarin mata untuk memandang SAUDI…
    Kira – kira kek gmna ya rasanya klu ada di SAUDI???

    fanas de’… hehehe… makasih kembali shanty… ^^

    Reply
  • 81. ahsanfile  |  May 15, 2010 at 1:53 pm

    Kapan yah ane bisa ke sana… ??

    naik haji atau umroh maksudnya..

    some day if HE will semoga DIA mengabulkan apa yang engkau cita-citakan aaamiin

    Reply
  • 82. greengrinn  |  May 15, 2010 at 2:53 pm

    waah,. pengennyaa😆

    hehehe…

    Reply
  • 83. rosenrain  |  May 15, 2010 at 3:42 pm

    sudah nge-roll mouse brp kali ya?
    wah, nice info ukh..
    jd pingin ke saudi..

    suka dengan gayanya mbak sunflo, hehe..

    ditunggu reportase berikutnya..
    *smile*
    barakalahhu fiyki..

    aamiin wafiik barakallaahu… fanjang banget yaak… ^^

    Reply
  • 84. Tour, Food, and Health  |  May 15, 2010 at 3:54 pm

    berkunjung…

    silahkan… ^^

    Reply
  • 85. cobaberbagi  |  May 15, 2010 at 4:32 pm

    mudah2an saya kelak bisa ke tanah suci. amin

    aamiin…

    Reply
  • 86. nurrahman  |  May 15, 2010 at 9:50 pm

    keren, keren, keren, salutlah sama pengalaman2 hebat😀

    makasiih… ^^

    Reply
  • 87. yusami  |  May 15, 2010 at 10:31 pm

    jadi ngiri udah sering ke Riyadh, aku cuma pengen 1 kali saja malah belum terlaksana, ya…pengen nunaikan ibadah haji.

    aamiin semoga Allah kabulkan keinginannya… ^^

    Reply
  • 88. asfan  |  May 15, 2010 at 10:45 pm

    wawa kapan yach daku ke riyadh? he2

    iya kapan yaak??

    Reply
  • 89. idana  |  May 15, 2010 at 11:09 pm

    weeh pemandangannya bagus bangettttt

    sunflooo pa kbr ? sory ya jarang2 berkunjung ne, rada2 terlantar blog aku skrg hiks…..

    heeiii dr mana ajah kamu da?? lama ga muncul??😛

    Reply
  • 90. ahsanfile  |  May 15, 2010 at 11:48 pm

    Itu koq kagak ada awan yah langitnya…

    ada seh… tapi yang kejepret pas yang ga da awannya…🙄

    Reply
  • 91. Muhammad Nikmatul Mu'minin Fadly  |  May 16, 2010 at 1:17 am

    wah wah wah..mba sunflo ini.. bener bener mantapp….walaupun saya cuma bisa ngebayangin diri saya terdampar di sana…. haha….

    alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 92. Mvstova  |  May 16, 2010 at 10:31 pm

    keren2 potonya, eh sempet narsis juga ya…. mau ke sana jadinya, kapan ya bisa ke sana…🙄

    iya .. kapan ya top…😕

    Reply
  • 93. bidansmart  |  May 17, 2010 at 9:17 pm

    baru jenguk lagi nie kebun mb’ sunflo…

    ehh..

    di sunguhi adegan jager seleb buraydah….huahuahua….

    jagger narsis kah itu????xixixixixixiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    bangeeedd….uhuk..uhuks…penyebab : “RIBEN pool”

    mba’…dirimu…mau ketawa lagi ah…huahuahuahua…

    salam narsis….xixixi..

    aq aja ketawa setiap kali ngliatnya… apalagi si bidan smart … hmmmm…😆

    Reply
  • 94. bidansmart  |  May 17, 2010 at 9:27 pm

    ya…ngeliat lagi…ketawa lagi ah..huahuahuaaaa…..hihihi..hehehe…narsis poolllllll

    cekakaakakakkkk….😆

    Reply
  • 95. Abu Ghalib  |  May 18, 2010 at 7:40 am

    baru lihat penampilan asli mba sunflo😀

    hehehe…😉

    Reply
  • 96. Shofiyah  |  May 18, 2010 at 10:58 am

    lucu waktu baca ada jembatan penyeberangan khusus unta ^^

    wah pengen suatu saat bisa brkunjung ke kota Nabi…semoga diberi kesempatan…amin ^^

    aamiiin… semoga dimudahkan jalannya oleh Allah

    Reply
  • 97. ariefien  |  May 18, 2010 at 1:09 pm

    hehe narsis bnget wlopun ga keliatan wajahnya…😀
    tpi jujur ifin pngen bnget k tanah arab, kek gmna ya suasanany… jdi pngen k arab….🙂
    trutama Mekkah tu.. mga kesampaian ya Alloh… amin..

    hehehe.. narsis yaa’… amiin semoga Allah mudahkan langkahnya ya de’..

    Reply
  • 98. mio  |  May 18, 2010 at 5:58 pm

    wahhh kerennnn

    mbak spertinya hawanya panas banget yah😦

    tp gedung2nya keren abis😀

    yup… fanas bgt neeh… ^^

    Reply
  • 99. Plesiran  |  May 19, 2010 at 3:37 pm

    Jad pengin kesana lagi deh
    Wah sejatine pengin lihat wajahmu lho nduk he he he
    Salam dari Surabaya

    hehehe.. boten pareng kaliyan hubby pakdhe… maap… ^^

    Reply
  • 100. Rizki Aji  |  May 26, 2010 at 1:05 pm

    untanya tertib yaa, saking kasih sayangnya dan baiknya pemerintah suudiyah, sampai onta pun dibuatkan jalanan tersendiri.

    hehehe.. itulah saudi

    Reply
  • 101. Tanti tea  |  October 26, 2010 at 11:16 pm

    Mba, bagus banget blognya.. Kebetulan lg nyari2 kenalan di Saudi, mau cari info buat kuliah disana. Boleh japri via e-mail atau FB? Trims ya..

    aq dah pulang ke indonesia de, 1 bulan yl… ^^ blm ada rencana balik ke saudi..

    Reply
  • 102. moh andi ka  |  June 12, 2011 at 10:35 am

    yang paling indah malah purdahnya tuh… he he he…
    yang paling menyelesaikan masalah …

    alhamdulillah…
    goooddd
    bravoo

    keep he faith for purdah..

    thx bro..

    Reply
  • 103. Sudibraman  |  November 15, 2012 at 7:03 pm

    Memang bisa legalisir dan terjemah ijazah indonesia di KBRI riyadh ya mbak? Berapa biayanya?
    Employerku minta legalisir, tapi kalau kirim bolak balik ke agen yang ada di jakarta buat kedutaan saudi kok ribet dan mahal ya…..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: