Andai Para Pemulung ke Saudi…

June 4, 2010 at 12:26 am 53 comments

Ada apa lagi neh?? Macam-macam ajah pemikiran si Sunflo tuh…

Pemulung di negeri kita kan banyak, ya kan temans… Sampai-sampai dulu aku paling phobi ma yang namanya pemulung… Soalnya, sambil nyari barang bekas, mereka suka nyambi ngegaet yang lainnya seh…🙄

sendal  yang masih dipake yang kebetulan lagi parkir di depan rumah …, payung di depan rumah, tanaman hiaspun ga luput dari pulungannya… secara waktu itu lagi booming adenium di daerahku …

Kembali lagi ke topik …

Coba deh temans perhatikan sebagian barang bekas yang ada di rumahku, dari sebagian besar barang-barang yang akan menjadi bekas di mall-mall Saudi …

Cekidot, frens ….

***

Barang Bekas yang Berkualitas

wadah kaca daun anggur … hanya satu dua yang kumanfaatkan untuk wadah gula pasir … selebihnya seringnya kubuang ke tempat sampah …

wadah telur ini selalu dibuang secara kalau beli telur di sana minimal sewadah ini …

Jadi ingat saat di indonesia, waktu beli telur sewadah ini, n keesokan harinya, saat mau beli lagi harus membawa wadah ini ke pedagangnya lagi buat ditukar… dooohh…

botol jus yang mantabzz plastiknya… kuat banget … selalu terbuang percuma…

Awalnya dulu aku paling rajin ngumpulinnya, secara waktu di indonesia suka sayang kalau mau buang wadah yang bagus ….

Setelah sering beli jus kek gini, lama kelamaan kok jadi males tuk ngumpulinnya lagi… menuh-menuhi tempat …😦

wadah jus yang terbuat dari kaca, mantaabzz juga bahannya … sering terbuang percuma …

di sana ga ada refill minyak goreng dan ga ada minyak goreng curah … selalu saja wadah minyak goreng yang bahannya juga OK punya terbuang percuma …

botol pengharum pakaian ini, lagi-lagi bahan pembuatnya juga bagus … harus rela menghuni tempat sampah kalau udah habis … ini mah masih mending, cuma isi 2 liter… lhah aku pernah membuang botol buueeessaarr isi 4 liter 2 kali ke tempat sampah dengan pandangan menyayangkan …😦

plastik pembungkus …

untuk urusan yang satu ini, saudi sangat jor-joran kalau urusan bungkus membungkus belanjaan… sekali belanja kadang aku mendapatkan 7-10 buah plastik pembungkus ukuran besar dan sedang.

Miris kalau ingat dulu aku belanja bulanan di salah satu pasar swalayan di kotaku… kan barang belanjaanku banyaaaak banget, berat gtoh… cuma dikasih plastik 2 biji … mo minta lagi ke kasirnya kok malah diomeli … 🙄

kini di saudi … plastik kresek ini sangat memenuhi lemari penyimpanan barang bekasku … sampai ada yang kubuang meski rasanya kok eman banget …

***

Aku hanya kepikiran … Kenapa Saudi tuh terlambat mikir tuk menghemat sumber energi yang dia miliki… Kenapa ga disediakan refill (isi ulang) dari produk-produk yang sebenarnya bisa disediakan isi ulangnya, kek minyak goreng, pengharum pakaian dan yang lainnya …

Apa mungkin karena lagi banyak duitnya yaa?? Jadi konsumennya masih rada gengsi tuk beli yang kek gtuan… Padahal, kalau disediakan isi ulangnya, keknya akan menghemat pembuangan barang-barang bekas yang berkualitas itu kaliii…

Tapi kabarnya sekarang saudi lagi mulai giat mencari sumber penghasilan dari sektor lainnya, secara sumber minyaknya udah mulai menipis… Menurut hitungan matematisnya hanya untuk bertahan selama 60 tahun ke depan …

***

Jadi ingat para pemulung di Indonesia … kalau saja yang dikumpulkan adalah barang-barang bekas sebagus ini … keknya fulus yang dikumpulkan akan semakin banyak pula …

Tapi di Saudi juga udah ada pemulung kok… yaitu pekerja-pekerja yang ngambilin sampah (baladiyah) yang notabene orang-orang Bangladesh …

Hihihi… sunflo ngimpi, seandainya ada visa pemulung ke saudi … keknya para pemulung indonesia akan ramai-ramai ke saudi deh… Barangnya mantaabzz-mantaabzz bo’ …

***

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: , .

Pecel Lele Arab ala Sunflo — Edisi Maksa … Siapa yang Mau Lihat … ?? :D

53 Comments Add your own

  • 1. Hariez  |  June 4, 2010 at 12:50 am

    wahhh…lama libur ngeblog rupanya saya ketinggalan cerita nih😀 apa kabar Mbak ?? semoga tetap dalam lindungan Allah SWT Amien..😀

    seandainya memang bisa, pasti pemerintah bangladesh bakal menampung banyak pengangguran lagi donk:mrgreen: akibat pemulung Indonesia ngungsi semua hehehe dan Indonesia bakal buanyakkkk sampah yang bertebaran dimana-mana karena pemulungnya punya lahan yang lebih menjanjikan😀 kembali ke Kuasa Tuhan YME karena menciptakan semuanya dengan adil seadil-adilnya kan Mba😀

    salam hangat

    iya de udah banyak ceritanya… ya Allah Maha Adil …

    Reply
  • 2. masndol  |  June 4, 2010 at 1:37 am

    boleh jg ada lowongan kerja baru keknya usul ke depnaker nih buat urusin visa pemulung wkwkwkkwk🙂

    tertarik mas?? … ^^

    Reply
  • 3. nakjaDimande  |  June 4, 2010 at 5:13 am

    xixi, bundo tau itu perasaanmu nouf.
    sayang klo dibuang.

    Bundo juga gitu, tinggal dikampung ga ada pertokoan besar disini.. jadi pas lagi ke Jakarta atau Bandung klo dapat tas belanjaan yang lucu-lucu pasti Bundo simpan. si Adek sampe hapal dan juga suka nyimpenin tas belanjaan dia buat Bundo. kan lumayan tas kecil yang lucu2 itu bisa Bundo pake buat bawa bekal ke Puskesmas. gak mubazir.

    naluri wanita kalee ya bund…. :p

    Reply
  • 4. ahsanfile  |  June 4, 2010 at 5:41 am

    Ya udah, novi ndirikan perusahaan pengumpul barang bekas saja, ntar diekspor ke indonesia. Lumayan lho. Di indonesia pasti masih ada nilai ekonomisnya pasti banyak yang siap menampung. Siapa tau ntar jadi pengusaha kaya di saudi….

    Hayoo mau gak ?
    Lumayan buat sampingan

    gubraaak.. ngompori opo kompor asli neh

    Reply
    • 5. ahsanfile  |  June 4, 2010 at 8:19 pm

      kompor gas pakenya biodiesel
      pokoknya api yang keluar panas banget…

      Reply
  • 6. idebagusku  |  June 4, 2010 at 5:53 am

    kayaknya jadi pemulung disana sama seperti orang kaya kalau di indonesia, alangkah malangnya negeri ini

    haha.. ga juga de… itu hanya khayalanku… whoeeii…

    Reply
    • 7. cempaka  |  June 4, 2010 at 6:54 am

      xixiixixiix

      Reply
  • 8. aby umy  |  June 4, 2010 at 6:45 am

    elit kalo jadi pemulung di sana yah
    boleh juga tuh,,,

    tertarik by??

    Reply
    • 9. aby umy  |  June 4, 2010 at 9:26 pm

      boleh juga
      tapi gak ada modal mau ke sana
      ongkosin ya mbak??
      hehe

      wadooh aq ajah pingin fulang ke indo o’

      Reply
  • 10. cempaka  |  June 4, 2010 at 6:59 am

    wah… gileee…. botol minyakknya matabbb hahha

    😀

    keknya emang pemulung klao tinggal disana langsung mendadak tajir… v jg mendadak bangkruttt ya🙂 xiixix

    entahlah… itu hanya pemikiran gajeku cemp…🙄

    Reply
  • 11. marisa  |  June 4, 2010 at 8:00 am

    wah……
    iya ya…
    selain ga hemat,bungkus2 itu mengotori dunia..
    lebih tepatnya sampah..😦

    hooh…

    Reply
  • 12. Mamah Aline  |  June 4, 2010 at 8:00 am

    iya tuh jeng, sayang kalo dibuang masih bagus-bagus. Di indonesia jangankan yang bersih dan bagus, wadah plastik dekil dan kotor pun diburu pemulung

    nah itu dia jeng… andai ada visa pemulung..:mrgreen:

    Reply
  • 13. Masdin  |  June 4, 2010 at 8:08 am

    kalau disini tuh barang-barang masih laku banget… belum patut disebut sampah tuh. tetapi setidaknya produsen tidak boros menggunakan bahan2 seperti itu yah, karena berkontribusi juga bagi pencemaran.

    itu yang kukamsudkan, masdin

    Reply
  • 14. ismi  |  June 4, 2010 at 8:24 am

    sesok nek bali indon,digowo ae kuwi😆
    =======

    nek kresek, biasane aku lipet2 jadi segitiga kecil ngunu mbak, tak taroh di toples, kan dadi ringkes,, malah kancaku pas dolan mengira nek kuwi panganan😆
    neng jakarta, [khususnya carefour] nek pas aku blonjo, kasir’e murah meriah e’ ngasih kreseknya itu.. trus mesti tak ringkes meneh, iso lebih tuh kresek yg dr kasir mau…
    ========

    iyo, yo mbak,,, mosok refil nggak nganggo plastik ae gitu…🙄

    halah!! yen aq kok mung tauwel-uwel…🙄

    Reply
    • 15. marisa  |  June 4, 2010 at 12:46 pm

      habis ntu plastinya mba ismi jual kan???:mrgreen:
      buat tambah2an…🙄:mrgreen:

      Reply
      • 16. ismi  |  June 4, 2010 at 1:01 pm

        tuh kaan… dimandra2 otak dagangmu jalan terus den…
        herman….
        ckkckckcck…
        =============

        gini loh mbak nup,,,
        masa si Den minta oleh2 dr banyumas, trus ntar katanya mo dia jual di Samarinda mbak…😥

        ojoh nangis nok, perlu didukung, dirimu pasang tarif untung dong…🙄

      • 17. ahsanfile  |  June 4, 2010 at 8:26 pm

        Nggo buntel tempe mendoan juga cocok !

        ono opo tho??😕

  • 18. ismi  |  June 4, 2010 at 8:27 am

    tumben nulis komeng dowo😆

    sekali-kali nyah

    Reply
    • 19. kikakirana  |  June 4, 2010 at 12:56 pm

      biasane akeh tapi sepotong”..
      qkqkqkqkkq😆

      Reply
      • 20. ismi  |  June 4, 2010 at 1:02 pm

        biasane sithik tapi dowo…

        haiyah,ngemeng ape ceh gewe…??

      • 21. monda  |  June 5, 2010 at 12:00 am

        ismi kok kena suspend?

        tau tuh mbak…

  • 22. Aldy  |  June 4, 2010 at 8:44 am

    Kirim ke saya saja mbak ( nggak enak manggil sunflo ), ntar alamatnya saya kirim menyusul via email ? gimana halal ?

    just call my name, aldy… novi or sunflo, lebih aq sukai… dan keknya aqnya yang harus manggil mas neh… muaap ya selama ini telah njangkar padamu…

    Reply
  • 23. oline  |  June 4, 2010 at 10:21 am

    mba nopuf yg mulai dunk… kalo belanja2 bawa plastik2 yg kemaren sempat d pakai. bilang ke kassa nya : “ente tak usah kasih ane flastik, ane ude bawa dr rumah”… hihihi, tapi bener lho mba Nouf, kalo ga ada yg mulai kea kita2 ini. apa jadinya bumi kita? setuju???

    weeh… lhah ntar ngisin2i noooo… ogah aah…😯

    Reply
  • 24. wawansri  |  June 4, 2010 at 11:19 am

    wah…bakal ada TKI baru lagi nih…
    ato2 jgn2 malah impor barang bekas lagi…

    mo daftar??

    Reply
  • 25. kang ian  |  June 4, 2010 at 11:22 am

    kayanya saya harus segera ke saudi nih mau jadi juragan rongsokan kekeke

    sip dah

    Reply
    • 26. marisa  |  June 4, 2010 at 12:47 pm

      cocok banget..
      daripada di indonesia diganggu maho..:mrgreen:

      Reply
      • 27. kang ian  |  June 4, 2010 at 4:39 pm

        siapa tahu maho arab ganteng ganteng kekeke
        parah lo den😛

  • 28. Chef Lamanda  |  June 4, 2010 at 12:03 pm

    Wah bnyk yg mau jadi juragan BB yah..
    ikut dund..

    tertarik neh??

    Reply
  • 29. elmoudy  |  June 4, 2010 at 12:40 pm

    betapa enaknya ya hidup di arab saudi..
    semuanya serba ada.. dan gak akan berkekurangan seprtinya.
    bagus2 emang barangnya…

    mantabbz ajah moud.. bahannya kuat2…

    Reply
  • 30. kikakirana  |  June 4, 2010 at 12:57 pm

    mencemari lingkungan kek nya qkqkkqkq,,,
    sayang yow,,,, koq ya gag dibikin hemat aja…
    ternyata di sana semua serba kemasan😀

    HIDUP!!! ^_^

    saudi gtoh..

    Reply
  • 31. dreesc  |  June 4, 2010 at 1:25 pm

    mao dong jadi pemulung di arab…. pasti bisa tajir…. wkwkwkwkwk

    jiiaaah…😯

    Reply
  • 32. Ifan Jayadi  |  June 4, 2010 at 1:27 pm

    Dari gambar2 diatas, aku bisa simpulkan kalau mbak Sunflo ini orangnya rapi dan awet banget. Sesuatu disusun dan disimpan dengan amat detail. Bagus juga buat aku sebagai pembelajaran agar tidak serampangan

    duuh terbang dulu, bisa saja kamu fan…

    Reply
  • 33. vany  |  June 4, 2010 at 1:41 pm

    hehehhe…
    bener juga, mbak…
    botol2nya msh bagus dan keren euyy…😀

    iya van… ^^

    Reply
  • 34. ardee  |  June 4, 2010 at 2:05 pm

    out of topic, mang daun anggur dibikin/dimasak apa, mbak? baru kali ini tau ada daun anggur…

    dibikin makanan dee, namanya stuffed grape leaves kek sushie tuh isinya nasi berbumbu atau daging

    Reply
  • 35. indra1082  |  June 4, 2010 at 2:13 pm

    keren juga penelitiannya sampai ke negeri arab😀

    terdampar nie ndra…

    Reply
  • 36. BlogCamp  |  June 4, 2010 at 2:16 pm

    sayapun bermimpi seandainya ada pemulung yang punya blog dan membaca postingan ini pasti mereka akan kopdar pemulung di saudi. Acara dilanjutkan memulung di rumah sunflo yang banyak barang bekas.

    Nduk nduk…jangan2 barang2 bekas itu sudah diirim ke Indonesia ha ha ha ha

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara ” Ungkapkan Opini Anda” dan ”The Amazing Picture ” dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.

    iya pakdhe, ada ga ya pemulung yang jadi blogger??😕 maturnuwun invitationnya pakdhe, sampun dijenguk

    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    Reply
  • 37. Delia  |  June 4, 2010 at 3:22 pm

    Memang sayang ya mbak..
    kalo dinegara kita bisa dimanfaatin untuk banyak hal…

    kalo plastik disini malah setiap hr sabtu gak no plastic bag for save earth campaign…..

    tapi mungkin TPA nya ada pengolahan sampah mbak.. soalnya lia gak dngar ada masalah sampah disana🙄 cmiiw

    iya sih de.. ^^

    Reply
  • 38. rumahsehatafiat  |  June 4, 2010 at 4:00 pm

    Wah bisa kaya dan cepet kaya kalo mulung ke sana. Yuuk liat foto silahkan klik di foto-foto-dr-m-ali-toha-pada-seminar-islamic-medicine-2010-phbi-kedokteran-usu-medan

    iya mungkin..

    Reply
  • 39. Shanty  |  June 4, 2010 at 4:10 pm

    Wahhh..
    Ide bagus mbak!!!
    Tap mo dijual kmna?? klu bawa barangnya ke Indonesia pajaknya jg mahal sama ja donk!!!

    hehehe … tetep ajah gaje ya..

    Reply
  • 40. ummurizka  |  June 4, 2010 at 4:12 pm

    mbak..kalo di Indonesia memang banyak sayangnya barang bekas apalagi masih bagus kalo dibuang jadi yang jelek-jelek dibuang, tapi di negara lain seringnya sekali pakai..karena mereka ikut aturan kesehatan botol plastik seringnya hanya untuk sekali pake🙂🙂

    berarti bagusan saudi ya dr indonesia??😕

    Reply
  • 41. gerhanacoklat  |  June 4, 2010 at 4:12 pm

    wahahhaa
    berarti di saudi rich people more donk
    soalnya ga ada pemulung ya flo

    org saudinya sih ga mau jul… kecuali mungkin yang badui2 kali

    Reply
  • 42. melly  |  June 4, 2010 at 4:22 pm

    tapi kasian mba, jauh dari Indonesia cuma jadi pemulung🙂

    yang fenting kan fulusnya…😛

    Reply
  • 43. muhasabahcinta  |  June 4, 2010 at 5:22 pm

    wah mbak sunflo klw ditangan yang bener2 kreatif habis tuh mbak dibuat jadi kerajinan tangan… dan dijual… ^^

    weleh..😕

    Reply
  • 44. Si Paijah  |  June 4, 2010 at 8:28 pm

    waa mbk e di saudi yo ?, banyak banget nyimpen barangnya kalo dijual laku banyak tuh mbk

    hehehe… ogah aah

    Reply
  • 45. HALAMAN PUTIH  |  June 4, 2010 at 9:04 pm

    Kalau banyak pemulung Indonesia datang ke saudi, pasti deh itu pemulung tergolong kategori pemulung kaya. Sejenis importir barang2 bekas atau sampah yang dulu pernah diimpor itu kali ya??? Kalau seperti itu sih jelas, levelnya pengusaha…

    ssippp.. pemulung berdasi tuh de

    Reply
  • 46. monda  |  June 4, 2010 at 10:26 pm

    lalu … gimana cara mereka urus sampahnya?

    entahlah.. pokoknya rapi bgt mbak… aq blom pernah mendengar ada masalah sampah di sana…

    Reply
  • 47. tommy  |  June 5, 2010 at 2:43 am

    🙂

    😕

    Reply
  • 48. rosenrain  |  June 5, 2010 at 8:43 am

    ah, sayang juga melihatnya..
    di sana tdk ada byk usaha kerajinan daur ulang spt di indo ya?

    blom ada de…

    Reply
  • 49. fety  |  June 5, 2010 at 10:26 am

    mbak novi, klo di jepang justru sedang gencar dengan reuse, recycle. semuanya dipikirkan pemakaian barangnya. belanja di supermarket udah mulai mesti membawa plastik sendiri. Kita memang harus lebih sayang dengan bumi, begitu slogannya.

    berarti saudi masih ngerasa banyak duitnya neh fet..

    Reply
  • 50. lyna riyanto  |  June 5, 2010 at 6:10 pm

    sampah yang cantik dan lucu
    dan setahu saya memang terbuat dari bahan yg berkualitas
    hihi emak2 emang bawaannya sama
    smua disayangin
    tau-tau lemari dapur udah penuh dg barang bekas🙂

    dasar emak2 ya mbak… ^^

    Reply
  • 51. bintangtimur  |  June 7, 2010 at 5:34 pm

    Waduh, kemasannya keren-keren banget, mana bersih-bersih lagi…iya sih, kalo semua dikumpulin, bkal menuh-menuhin tempat😛
    Semoga Saudi bisa mendaur ulang semua sampah plastik itu dengan baik ya!

    suatu saat mereka pasti nyadar ya jeng

    Reply
  • 52. Kakaakin  |  June 10, 2010 at 11:38 am

    Beneran… bagus2 banget kemasannya🙂
    Sayanga banget ya kalo dibuang. Jerigennya tuh padahal kalo di Indonesia bisa dipake penjual bensin eceran😀

    banyak kin wadah kek gtu dibuang …. entah diapain setelahnya…

    Reply
  • 53. Abu Usamah  |  June 16, 2010 at 10:49 am

    lha di saudi mobil bekas aja teronggok dipinggir jalan khan bu? seandainya ada pengepul barang bekas disana, pasti barang bekas paling banyak berasal dari rumahnya..

    makanya …adakah yang mo daftar jadi femulung?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

June 2010
M T W T F S S
« May   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: