Provinsi Madinah (1)

June 6, 2010 at 12:38 am 34 comments

Madinah merupakan salah satu provinsi di Arab Saudi yang terletak di sebelah barat negara itu, di sepanjang pantai laut merah.

Memiliki luas wilayah 151.990 km ² dan populasi 1.512.724 (Sensus 2004), dibagi menjadi 7 governorat (muhafazat): Al-Madinah, Al-Hinakiyah, Al-Mahd, Al-Ula, Badar, Khaibar, dan Yanbu al-Bahr.

Ibu kotanya adalah kota suci al-Madinah (atau Madinah).

***

Kota Madinah Al Munawarah

Al-Madinah Al-Munawarah merupakan kota suci kedua umat Islam setelah Makkah Al-Mukkaramah.

Padanya terdapat masjid nabawi dan makam beliau shalallahu’alaihi wa sallam, komplek percetakan al qur’an Raja Fahd, dan masjid yang pertama kali dibangun pada pemerintahan islam yaitu masjid Quba’.

Perlu diketahui, mengunjungi kota suci ini bukanlah termasuk dari manasik haji atau umrah.

Madinah mempunyai 95 nama, termasuk Taibah, Tabah, Qubbat Al-Islam, Al-Mu’mina, Al-Mubarakah, Al-Mukhtarah, Dar Al-Abrar, Dar Al-Sunnah, Dar Al-Akhyar, Dar Al-Fateh, Dhat Al-Hirar, Dhat Al-Nakhl, Al-Barrah dan Al-Jaberah.

Al Madinah Al Munawwarah adalah sebuah oase padang pasir dengan dikelilingi gunung-gunung dan daerah berbatu.

***

Objek-objek Penting yang Ada di Kota Madinah

Masjid Nabawi

Kompleks masjid nabawi inilah dulunya adalah kota Madinah itu sendiri pada zaman Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup …

Keutamaan masjid nabawi seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah:

صَلاَةٌ فِيْ مَسْجِدِي هَذاَ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيْماَ سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ (فَإِنَّهُ أَفْضَلُ


“Shalat di masjidku ini lebih utama dari seribu shalat di masjid-masjid yang lain kecuali Masjidil Haram, (karena shalat di Masjidil Haram lebih utama).” (HR. Bukhari-Muslim)
Di dalam masjid ini terdapat suatu tempat yang disebut dengan Raudhah (taman surga) yang merupakan salah satu tempat dikabulkannya doa kepadaNya …
Sebagaimana sabda Beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam :

ماَ بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِياَضِ الْجَنَّةِ


“Antara rumahku dan mimbarku merupakan taman dari taman-taman jannah (surga).” (HR. Bukhari)

Raudhah …

Di dekat masjid ini, sisi sebelah timur, terdapat pemakaman Baqi’… yaitu tempat dimakamkannya para sahabat dan sahabiyat penduduk kota madinah
pada waktu itu..

kompleks pemakaman Baqi’
***
Padang Badar

Sumur di padang Badar
gambar diambil dari   sini
Tempat terjadinya perang Badar antara kaum muslimin dengan orang kafir Quraisy pada bulan Ramadhan… dan dimenangkan oleh kaum muslimin.
Terletak 32 km  arah barat daya dari kota Madinah …
***
Makam Syuhada’ Uhud

Kalau ini pic hasil bidikanku saat umrahku yang pertama dulu…
Di depan itu adalah gunung Uhud, dan area kotak berwarna kuning itu adalah kompleks pemakaman para syuhada’ Uhud, termasuk makam paman Nabi Shalallahu’alaihi wasallam, Hamzah radiyallahu ‘anhu …
Terletak 3 km sebelah utara dari kota madinah
***
Masjid Quba’

Masjid Quba’ adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh kaum muslimin, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam sendiri yang meletakkan ‘batu pertama’nya …

Letaknya sekitar 3,2 km sebelah barat daya kota madinah …
Shalat dua rakaat di sini memiliki keutamaan, sebagaimana sabda beliau shalallahu’alaihi wasallam

”Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian dia mendatangi masjid Quba dan shalat di dalamnya, maka ganjarannya seperti pahala umrah.” (HR. Ahmad, An-Nasai, dan Ibnu Majah).

Sebenarnya banyak banget masjid bersejarah di kota Madinah… tapi aku kurang yakin kalau hanya nyari di internet, tidak membuktikan sendiri… InsyaAllah bila ada kesempatan berkunjung lagi ke Madinah, aku bawakan oleh-oleh pics buat temans semua…

(bersambung… )

source: http://the-saudi.net/, http://id.wikipedia.org/,http://makkah2008.wordpress.com.


***

Hihihi… numpang promosi neh temans, … Pingin tau tentang buah tin?? Klik di sini aja yaa… n … komen di sana pulak, biar rame …

Entry filed under: Saudi Arabia. Tags: , , , .

Siapa yang Mau Lihat … ?? :D Siapa yang Tahu Kabarnya?

34 Comments Add your own

  • 1. Muhammad Joe Sekigawa  |  June 6, 2010 at 2:56 am

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Kota Madinah,, banyak sejarah sepak terjang Rasulullah SAW di sana,,, saya pun bercita2 ingin menginjakkan kaki di Madinah🙂

    Salam semangat selalu Mbak Kembang Matahari😉

    wa’alaikumussalam… amiin semoga terkabul cita2nya…makasih de

    Reply
  • 2. didot  |  June 6, 2010 at 5:16 am

    kapan ya aku dikirim Allah kesana??😛

    iya kapan neh

    Reply
  • 3. alamendah  |  June 6, 2010 at 6:10 am

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Ingin banget sampai ke sana melaksanakan sholat di masjid nabawi dan sebagainya.
    Kapan, ya?

    iya kapan ya lam?

    Reply
    • 4. Masdin  |  June 6, 2010 at 6:48 am

      Semoga dapat terwujud… amiinn…

      aamiiiin

      Reply
  • 5. Nisa  |  June 6, 2010 at 6:42 am

    Subhanallah…

    semoga kelak bisa kupijakkan kaki di bumi Madinah😉

    aamiin

    Reply
  • 6. Pandu  |  June 6, 2010 at 7:08 am

    Pasti suasana disana nyaman dan damai yach…karena dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki rasa cinta dan kasih

    iya de… madinah adem banget meski udaranya panas

    Reply
  • 7. desicandra  |  June 6, 2010 at 7:24 am

    Madinah, tunggulah kedatangan anak-anakku beberapa tahun lagi untuk menuntut ilmu…Insya Allah^^

    aamiiiin..

    Reply
  • 8. Tary Sonora  |  June 6, 2010 at 7:54 am

    baca postinganmu, serasa aku berselancar ke madinah flo, nice post…. ntar info in lagi yah flo ttg makanan khas, pakaian juga kehidupan disana gimana.

    yoi ry…

    Reply
  • 9. Ruang Hati Blog  |  June 6, 2010 at 9:28 am

    kapan yah bisa kesana disa shalat di Rhaudah

    🙂

    Reply
  • 10. kikakirana  |  June 6, 2010 at 9:49 am

    madinah,,, kapan bisa ksana:mrgreen:

    hehehe

    Reply
  • 11. yanrmhd  |  June 6, 2010 at 10:41 am

    mantafff ulasannya🙂
    semoga kelak saya bisa berkunjung kesana…

    aamiin

    Reply
  • 12. Vulkanis  |  June 6, 2010 at 10:50 am

    صَلاَةٌ فِيْ مَسْجِدِي هَذاَ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيْماَ سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

    Salm sukses selalu

    terimaksih

    Reply
  • 13. Vulkanis  |  June 6, 2010 at 10:51 am

    ماَ بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِياَضِ الْجَنَّةِ

    Kalo dengar hadis ini ,,luar biasa

    Reply
  • 14. Asop  |  June 6, 2010 at 11:02 am

    Hiks…. kapan ya saya bisa ke madinah..?😥

    iya … kapan ya Sop..

    Reply
  • 15. Didien®  |  June 6, 2010 at 11:48 am

    saya jadi tau kota madinah…mudah²an kelak saya ada jodoh untuk kesana amin…
    doain ya mbak🙂

    salam, ^_^

    aamiin…

    Reply
  • 16. aby umy  |  June 6, 2010 at 12:43 pm

    tempatnya keren2 mbak
    kapan ya bisa ke sana???😦

    iya de…

    Reply
  • 17. sangnewbie  |  June 6, 2010 at 2:01 pm

    wow….
    termsuk impian saya..berharap bisa hijrah kemadinah menghdap tanah suci Allah swt dengan iklhas..

    salam kenal
    mohon ijin tukeran linknya ya mbak..link anda sudah saya pasang diblog saya, ditunggu kedatangannya untuk bertamu diblog sang newbie yang sangat teramat newbie didunia blogger.

    silahkan de.. ntar aq kunjungi makasih atas kunjungannya

    Reply
  • 18. Den Hanafi  |  June 6, 2010 at 4:18 pm

    postingan mbak sunflo selalu membuat saya “ngiri”.😀 kapan ya saya bisa mengunjungi masjid nabawi??? nanti kalau saya kesana, kita ketemuan y mbak. hehe…

    hehehe kopdar di sana ya?

    Reply
  • 19. iiN greeN  |  June 6, 2010 at 4:50 pm

    wah luas banget ya masjid nabawi itu, indah banget lg..🙂

    hooh

    Reply
  • 20. kang ian  |  June 6, 2010 at 5:24 pm

    keren mbak nov..ahaha kapan saya bisa kesana😀

    iya kapan ya?

    Reply
  • 21. idebagusku  |  June 6, 2010 at 6:29 pm

    belum dikasih kesempatan, masih harus bersabar

    iya de

    Reply
  • 22. darahbiroe  |  June 6, 2010 at 7:04 pm

    wow
    indahnya rumah allah itu yaw

    yup..

    Reply
  • 23. abrus  |  June 6, 2010 at 7:16 pm

    Novi postingannya … jelasss banget …🙂
    Allhamdulillah … aq sdh pernah shalat (fardu dan sunnah) di Masjid Nabawi, shalat sunnah di Raudhah … yg paling terkesan waktu shalat Jum’at (kena sengatan matahari padahal di dalam masjid karena payung ‘kuncup)
    Dan shalat Subuh (aq nangis , sampai ditanya oleh teman 1 rombongan … kenapa? aq bilang, ingin shalat dlm Raudhah. Si teman bilang, kita berada dlm Raudhah, malah kita ini berada di bekas kamar rumah Rasul SAW … air mata semakin bercucuran karena rasa syukur …)
    Btw sayang belum sempat ke masjid Qubah, Uhud dan padang badar …😀

    masyaAllah nice pengalaman brus… ^^

    Reply
    • 24. abrus  |  June 6, 2010 at 7:37 pm

      Ma’af ya … kok Novi seh, harusnya Sunflo …😦
      Subhanallah … saking kangennya sama kota Madinah …

      gpp brus

      Reply
  • 25. nakjaDimande  |  June 6, 2010 at 7:52 pm

    melihat foto-foto itu selalu saja membangkitkan kerinduan.. semoga kita semua diberi kesempatan kesana. Amin

    aamiin

    Reply
  • 26. Delia  |  June 6, 2010 at 7:59 pm

    Ya Allah semoga lia bisa segera kesana.. Aminn..

    Yang Buah tin sudah di komeng mbak🙂

    aamiin, thx lia

    Reply
  • 27. ardee  |  June 6, 2010 at 9:36 pm

    kangen…kangen… kangen…
    mudah2an diberi kesempatan lagi utk ziarah ke kota yg penuh berkah dan damai ini…

    semoga bisa kesana lagi ya dee

    Reply
  • 28. rosenrain  |  June 7, 2010 at 5:48 am

    subhanallah..
    ingin sekali ke sana
    smg ada kesempatan inshaAllah

    aaamiin

    Reply
  • 29. oline  |  June 7, 2010 at 9:56 am

    d sekitar Sumur di padang Badar kaya banyak batu ya d sekitarnya? itu sumur ada airnya ga?

    adooh aq blom pernah ke sondang

    Reply
  • 30. wawansri  |  June 7, 2010 at 10:04 am

    Ya Allah kabulkan aku untuk kesana…
    Aamiin

    aamiiiin

    Reply
  • 31. Ifan Jayadi  |  June 7, 2010 at 11:00 am

    Mudah2an suatu saat nanti aku bisa kesana, menjajakkan kaki d rumah Allah dan merasakan bumi para anbiya

    aamiin…

    Reply
  • 32. bintangtimur  |  June 7, 2010 at 5:29 pm

    Alhamdulillah sudah pernah shalat di Raudhah, tapi di foto ini jauh lebih indah dibandingkan tahun 1988 dulu…hehehe, jadul banget!
    Almarhum kakek saya juga dimakamkan di Baqi, beliau meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji, jadi kangen sama Angku (sebutan saya buat kakek yang orang Minang…)🙂

    masyaAllah… beliau dimakamkan di sana?🙂

    Reply
  • 33. ummufajrul07  |  June 13, 2010 at 11:41 am

    serasa hadir lg di madinah…kangen kurma segarnya.

    masyaAllah

    Reply
  • 34. Abu Usamah  |  June 16, 2010 at 10:50 am

    wah ada yg belum nih mbak sunflo..yakni sebuah universitas dambaan kaum muslimin diseluruh dunia… islamic university of madinah

    iya Ji ntar deh insyaAllah ditayangkan…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

June 2010
M T W T F S S
« May   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: