Pengobat Rinduku, KSA-1, Channel TV Saudi

October 19, 2010 at 6:11 am 10 comments

Emang inilah manusia, senantiasa mobile hatinya….

Dulu, saat aku di Saudi… Begitu kuat rasa rinduku pada Indonesia, hingga seakan-akan aku tak betah tinggal di sana…

Namun sekarang, setelah 1 bulan aku berada di tanah air, rasa rindu pada  Saudi seolah menari-nari di sebagian ruang hatiku…

Sebagaimana suatu proses adaptasi yang harus aku alami, kenapa ya… aku kok merasa ‘asing’ berada di negeri sendiri ini?

***

Keterasingan yang kurasakan ini berkenaan dengan kondisi sosial budaya yang banyak berubah, yang kujumpai di negeri ini … setelah aku tinggalkan selama 1 tahun lebih.

Penipuan, musibah, kemacetan, ketimpangan sosial, pencurian, perampokan dan bentuk-bentuk kezhaliman lainnya… Selain itu kerusakan moral, baik yang kujumpai di dunia nyata apalagi di dunia maya… Manusia semakin tak tahu malu…

Semuanya membuat hatiku menangis … Kemarin, selama 1 tahun 5 bulan, pemandangan dan kondisi tersebut terminimalisir dari mataku… Meski tidak bisa kita pungkiri, bahwa kebaikan dan keburukan selalu menyerta di manapun kita berada, selama kita masih hidup di dunia…

***

Di tengah kondisi alamnya yang ekstrim dan gersang… namun, sebenarnya aku menemukan ketenangan hati di sana…, hanya kesendirian dan keterasinganlah yang selama ini menjadi musuhku di sana… di Saudi.

Intinya aku kangen Saudi, kangen dengan segala hal yang menimbulkan ketenangan hati… Dan inilah relativitas… setidaknya merupakan hak individu masing-masing manusia tuk berkesan dan berasa… Boleh n sah-sah ajah kan?

***

Selama 3 bulan aku terputus dari internet, dan hanya berdiam diri di rumah, dengan segala kejenuhannya ( hehehe… temanku bilang kek ada di sebuah akuarium), salah satu hiburanku adalah TV.

Meski tersedia antena parabola plus receiver yang akan menyediakan ratusan channel TV, tapi aku pilih yang normal ajah, tanpa peralatan apapun bisa ditangkap oleh pesawat TV.

Hanya ada 2 channel, yaitu KSA-1 dan KSA-2… KSA-1 menampilkan beragam acara, sedang KSA-2 hanya menampilkan acara olahraga (sebelnya, hampir 80% menampilkan sepak bolaaaaa mluluuu…🙄 yang sering ditampilkan berulangkali kek mau ulangan harian ajah…😦 , paling seneng aku lihat acara olahraga berupa pertandingan bola tangan… yang aku baru ‘ngeh’ cara mainnya saat lihat acaranya di Saudi )

***

Pertama kali lihat acara TV di KSA-1, aku merasa senang… hehehe… akhirnya aku bisa ngliat ‘orang/manusia’ …😛 meski bahasanya aku tak paham, terkadang aku puyeng dibuatnya… hanya menyimak gambar tanpa tahu apa yang diomongkan mereka… :(  (selama hamil muda aku harus ada di rumah, kebiasaan jalan-jalanku terpaksa dihentikan, untuk menjaga kehamilanku… sehingga otomatis full aku habiskan waktuku di dalam rumah saja).

***

Sekilas Acara di Channel KSA-1


Yang Aku Suka

Di channel KSA-1, aku paling suka lihat berita, lebih seneng lagi lihat berita tentang aktivitas raja/kerajaan Saudi Arabia… (hehehe… lebih konyol lagi, tertarik banget lihat acara tradisional Saudi, aku heran, geli n ngerasa lucu dengan gaya nari mereka… Apalagi kalau Malik Abdullah dah ‘beraksi’ … welehhh… :P  )

Ada juga acara yang menampilkan tentang kota-kota di Saudi, ini juga aku suka… karena bisa mengenal lebih dekat, tanpa harus ke sana… Sayangnya aku tak paham bahasa yang disampaikan oleh presenternya…🙄

Paling suka kalau lihat siaran langsung sholat wajib dari Masjidil Haram, sekalian sebagai obat rinduku, karena tak bisa lagi mengunjunginya setelah kehamilanku…

Satu acara humor yang aku suka selama bulan Ramadhan kemarin, namanya Saktum Biktum… yaitu drama kocak tentang realita kehidupan di sana… Hehehehe… tapi kalau ada hubby aku ga boleh nonton acara itu… Laghwun…😛

Ada juga sinetron tentang kisah para sahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, pada masa kekhalifahan Abu Bakar hingga Umar bin Khattab Radhiyallaohu ‘anhum…

***

Paling ga suka lihat sinetronnya…. Karena Saudi udah berani masukin sinetron dari luar ( Mesir, Libanon, Uni Emirat Arab) yang artis-artisnya pada tabarruj

Sebel kalau lihat acara kuliner yang kalah banget ma acara kuliner di Indonesia… Makanannya ga nyantol di lidah sih…

Ga suka juga lihat acara bincang-bincang (dan orang sana senengnya dengan acara yang banyak ngobrolnya ini…) secara aku ga paham bahasa mereka…😦

***

Satu sisi aku ingin ‘reuni’ an sama budaya Saudi yang pernah aku rasakan beberapa waktu lalu…

Sisi lain, hatiku merasa miris juga ngliat Saudi dah mulai open kek gtu… Terutama kalau ngliat hijab para wanitanya yang dah mulai menampakkan auratnya… Yang tutupan rapet ya rapeeet… yang buka-bukaan ya dah mulai ada…

Inilah fitnah akhir zaman….

***

Inilah Channel KSA-1

Pingin lihat kek apa sih acaranya? Klik aja di sini …. Meski masih sangat sederhana, tapi aku nilai masih rada mending-lah daripada acara TV di Indonesia (menurut penilaianku loh…).

Kuposting di sini, karena aku ingin lihat acara berita, budaya dan kondisi alam di sana yang kurindukan saat aku kembali berada di tanah air.

Ambil yang bermanfaat, buang yang ga da faedahnya buat hidup kita …

***

Entry filed under: renungan dan curhatku, Saudi Arabia. Tags: , , , .

Akankah Jadi Blog Kreasi Flanel? Strawberry Mouse Cake Felt Craft Buatanku… ^^

10 Comments Add your own

  • 1. Goda-Gado  |  October 19, 2010 at 8:23 am

    mungkin memang normalnya lebih baik kran itu dibuka sehingga kita tahu keadaan sebenarnya yg terjadi mbak..
    dengan demikian, kita menjadi tahu dan ngeh untuk mensikapinya..

    jika sesuatu keburukan senantiasa tertutupi terus menerus, rasa-rasanya kita seolah hidup dalam dunia sandiwara dimana yg nampak di mata hanya kebaikan semata. Sehingga keburukan yg tdk segera terbuka itu justru semakin menggurita (*halah)
    padahal ketika suatu saat Allah membuka tabirnya kagetlah seluruh masyarakat betapa dibalik hijab dan tabir itu penuh dg keburukan yg andai saja berbau, baunya akan mematikan.

    welcome to Indonesia mbak,🙂
    negara dimana kebaikan dan keburukan sangat tipis dinilainya.
    diperlukan hati dan akal untuk lebih mencernanya.
    negeri yg ‘jujur’ apa adanya.
    jangan kaget lho mbak…😀

    inilah lahan dakwah mbak untuk menyinari nya
    xixixixixixi

    sekali lagi
    welcome back

    Reply
    • 2. Asop  |  October 19, 2010 at 3:27 pm

      Iya ya, kebaikan dan keburukan yang tipis sekali…😦

      Reply
  • 3. Asop  |  October 19, 2010 at 3:26 pm

    Walah walah, Mbak Novi bisa bahasa arab yah?😀

    *pertanyaan yang udah jelas jawabannya*

    smp skarang ga bisa sop

    Reply
  • 4. alamendah  |  October 19, 2010 at 6:06 pm

    (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Baru satu bulan sudah kangen. Apa bawaan si kecil, Mbak??

    ga jg sptnya… ada alasan tertentu, lam

    Reply
  • 5. monda  |  October 20, 2010 at 2:38 pm

    ya gitu deh nof, kita nggak bisa memiliki semua yang kita pengen

    Reply
  • 6. Kakaakin  |  October 21, 2010 at 7:16 am

    Oo… ini yang sering nyiarin sholat itu ya…
    Maklum gak ngerti kalo nama chanelnya KSA🙂
    Ternyata ada sinetronnya juga ya…

    Reply
  • 7. kikakirana  |  October 21, 2010 at 2:32 pm

    yang hilang yg dirindukan….
    ya iya donk mbak… masa yg di depan mata dan bisa di raih masih di rindukan juga hehehe…

    welcome back mbak😉

    HIDUP!!! ^_^

    Reply
  • 8. fety  |  October 22, 2010 at 9:31 am

    kangen yah, mbak sama saudi?:) kayaknya ada niatan balik ke sana lagi, mbak? hmm, bagaimanapun, negeri kita juga butuh kita mbak. apapun perbaikan yag kita lakukan, InsyaAllah bermanfaat untuk Indonesia. *yg ttp cinta Indonesia*

    Reply
  • 9. bintangtimur  |  October 25, 2010 at 6:32 pm

    Sunfloooooo…permisi!
    Apa kabar?
    Kangen Saudi kah?
    Iya…biasanya kita suka begitu kalo baru pindah ke tempat baru. Yang nggak enak-nggak enak di tempat lama, justru mengundang rasa rindu. Dan tempat baru yang kita tinggali, malah menyisakan rasa asing…hehe, berkali-kali rasa itu saya alami, obatnya hanya satu, menikmati semua yang harus kita jalani…😀
    Tapi, boleh juga bocoran acara tv Saudi-nya, kebayang ya acara masak tapi jenis masakannya aneh di mata plus asing di lidah…hehehe, top markotop dan mak nyus pasti nggak ada juga yaaaaaa….😛

    Reply
  • 10. miyosi  |  December 1, 2010 at 4:49 pm

    udah kembali ke indonesia ya mbk, wahh selamat

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

