Resep Bothok Mlanding

January 11, 2011 at 7:40 am 14 comments

Xiiixiiiiiixiiiiiiiii… iseng ah …. :mrgreen:  Beberapa kali buka dashboardku, beberapa kali pula menjumpai tulisan “bothok mlanding” yang di-search beberapa pengelana maya… N nyasarlah ke sini… Tapi sayang aku ga sertakan resepnya yaa…

Tentang perbothokan aku lumayan berani bicara neeeh… Sualnya dulu… duluuuuuu banget waktu aku masih SD ampe kuliah… ibuku jualan bothok (hehehee… buat nambah-nambah uang jajan kami neeh…), otomatis setiap hari aku liat cara bikinnya…

N sekarang setelah aku dewasa… (ciee…😆 ) aku suka mraktekin resep bothok turun temurun ala ibuku punya…

Sejenak rehat… para sunflower’s blog lovers… (halah!!!) ngemeng-ngemengin tentang perbothokan yuuu’… Hehehe barangkali ajah resepku ini laku di pasaran… Ga hanya topping-topping flanelku ajah…:mrgreen:

Nie die resepnaa…

***

Biasanya kalau mo bikin bothok aku siapkan bahan (ukurannya dikira-kira sendiri ajah deh… ) :

  1. daun bawang
  2. daun melinjo
  3. cabe ijo
  4. cabe merah
  5. tomat
  6. bisa juga ditambah kulit melinjo
  7. kelapa parut yang muda
  8. ikan teri
  9. mlanding or lamtoro  … xiixiiixiiii… biasanya ibuku suka ganti nie bahan dengan pete… :mrgreen:  Tapi aku ga suka petehe loooh… beneran!!
  10. air kelapa kalo ga da juga gpp…

bahan ini diiris halus sedeng… (kecuali kelapa, mlanding n air kelapa tentunya… :roll:  )

Bumbu Halus:

  1. cabe merah
  2. bawang merah
  3. bawang putih
  4. terasi

semuanya diuleg yaa…

Alatnya:

  1. daun pisang
  2. biting or lidi buat bungkusin bothoknya
  3. daun salam

Cara ngebikinnye….

  1. setelah bumbu dialusin, n bahan diiris halus… campur daam satu wadah/ baskom terus diaduk-aduk gtu, tambahi garam, gula, nnnnnn…. vetsin… hehehe… Eh, air kelapa yang dituangkan dikit ajah yaa…. hanya untuk  bikin basah campuran ajah…
  2. terus kalo dirasa rasanya dah muanteeeebbbzzzzz… lalu dibungkusi deh pake daun pisang yang udah dikasih daun salam biar sedep
  3. n then dikukus ampe mateng 25-30 menit pake kompor gazzz…

N jadinya kek gini… berubung aku ga praktek, jadi gambarnya minjem ajah yaaa… ^^

Aku paling lahap makan kalo ada lauk ini loooh… Wezzzz mantabbbzzz niaaaan… Btw… jadi berasa laper neeh…🙄

***

Entry filed under: kuliner. Tags: , , .

Membuat Topping Semangka dari Kain Flanel Tutorial Membuat Kreasi Nanas 3 Dimensi dari Flanel

14 Comments Add your own

  • 1. senyumanpagi  |  January 11, 2011 at 4:44 pm

    Apalagi nasine anget…mantabb…aku juga suka ni Flo…^_^

    Reply
  • 2. alamendah  |  January 11, 2011 at 9:21 pm

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Beberapa minggu yang lalu saya baru dibuatkan bothok ini oleh emak saya.

    Reply
  • 3. papadanmama  |  January 12, 2011 at 9:24 am

    Wah enak tuh kelihatannya, bisa kirim ke rumah ya😀

    Reply
  • 4. Duta Aurora  |  January 12, 2011 at 10:57 am

    mantep tenan.. jadi kepengen makan siang pake bothok plus kerupuk rambak.. Maknyuuss PuoLL, Piye kabare mba.. udah lama ga bertegur sapa, heheee..

    Reply
  • 5. Julina Purwaningsih  |  January 12, 2011 at 1:23 pm

    udah lama ga makan ini.. jadi ngileeerr..
    apalagi pake cabe rawit, mak nyuuuss:mrgreen:

    Reply
  • 6. bintangtimur  |  January 13, 2011 at 9:42 am

    Weiiits…ada botok disini, boleh nyicipin kan, mumpung belom sarapan nasi nih…😛
    Sunflo, bithing itu sekarang kayaknya banyak yang diganti tusuk gigi deh, soalnya tinggal nancepin aja, nggak perlu motong-motongin lidi…hehehe…
    Gambar bothoknya mantap!

    Reply
  • 7. Kakaakin  |  January 13, 2011 at 9:14 pm

    Semoga saya sempat juga mempraktekkan bothok ini😀

    Reply
  • 8. fety  |  January 14, 2011 at 10:22 am

    mbak novi mmg jitu bikin orang ngiler🙂 *membaca tulisan mbak novi sambil makan siang*

    hehehe…

    Reply
  • 9. ummuahmad  |  January 14, 2011 at 11:17 am

    bener nih bisa dimakan mbak?? ntar yg nyangkut di gigi malah flanel,,,, *ada mosi tidak percaya nih*

    Reply
  • 10. ummuahmad  |  January 14, 2011 at 12:14 pm

    beneran bisa dimakan nie mbak? ntar yang nylilit malah flanel,,, (ada mosi tak percaya,😉 )

    halah!!🙄

    Reply
  • 11. sandalilang  |  January 31, 2011 at 12:42 pm

    wah.. ada resep bhotok juga…🙂

    Reply
  • 12. irna  |  February 3, 2011 at 10:57 pm

    dari flanel jadi kuliner nhe…hehe5…

    Reply
  • 13. sobeautifullife  |  February 7, 2011 at 9:46 pm

    makannya pakai nasi yang masih panas…plus teh manis…Subhanalloh maknyuss deh ^^

    Reply
  • 14. mila dita  |  March 10, 2011 at 10:18 pm

    mb,, post resep2 lagi donk..
    soalna aq suka masak..:-)
    makasi y mb..

    weeh… ntah neh seleramasakku kok ilang ya selama di indo ini…😦

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2011
M T W T F S S
« Dec   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: