Haruskah Ada Sekat?

January 15, 2016 at 12:04 pm 2 comments

image

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على خاتم النبيين محمد وعلى آله وصحبه أجمعين، وبعد:

Setiap muslim maupun muslimah hendaknya memegang prinsip-prinsip muamalah dengan akhlaq mulia berdasarkan keumuman sabda Rasulullah:

اتق الله حيث ما كنت وأتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن

Bertakwalah kamu kepada Allah, iringi keburukan dengan kebaikan yang akan menghapusnya (keburukan tersebut), dan pergaulilah manusia dengan akhlak mulia. (HR Ahmad, Abu Daud, At Tirmidzi, dan lain-lain dengan sanad hasan)

Prinsip muamalah islami adalah yang dibangun di atas asas persaudaran iman, persatuan, kepedulian, saling menghormati hak sesama, saling berbagi kebaikan, menahan diri dari menyakiti yang lain, saling berlapang dada atas kekurangan atau kesalahan yg lain, saling tolong menolong dalam kebaikan, saling sapa, saling salam, dst.
Nabi bersabda:

مثل المؤمنين في توادهم وتراحمهم وتعاطفهم مثل الجسد، إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالسهر والحمى

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling cinta, saling sayang, dan saling berlemah lembut bagaikan satu tubuh, apabila ada satu anggota tubuh yg sakit maka akan menjalar ke seluruh anggota tubuh yg lain dgn tidak nyenyak tidur maupun demam. (HR. Ahmad dan Muslim)

Beliau juga bersabda:
لا يؤمن أحدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه
Tidak sempurna iman seseorang diantara kamu hingga dia menyukai untuk saudaranya apa yg dia sukai untuk dirinya sendiri. (Muttafaq ‘alaihi)

Itu yg bersifat umum, baik yg kaya maupun yg miskin.

Adapun yg bersifat khusus untuk masing-masing adalah sebagai berikut:

Untuk org kaya hendaknya perhatikan sabda Nabi berikut ini:
هل تنصرون وترزقون إلا بضعفائكم؟
Tidaklah kalian diberi pertolongan dan rezki kecuali melalui perantaraan org2 yg lemah di antara kalian? (HR. Al Bukhari)

Dalam riwayat lain:
هل تنصرون إلا بضعفائكم؟ بدعوتهم وإخلاصهم.
Tidaklah kalian diberi pertolongan kecuali melalui perantaraan orang-orang lemah di antara kalian? Dengan do’a dan keikhlasan mereka. (Lihat shahih al jami’ no 7034)

Artinya org kaya perlu paham bahwa tidaklah Allah berikan rezki kepada mereka tanpa sebab adanya orang-orang miskin dan lemah.

Untuk orang miskin:
Hendaknya bersabar dan menerima keadaan tersebut sebagai takdir Allah yang mana di balik itu ada hikmah, dengan tetap berusaha mencari penghidupan yg halal yang dapat mencukupi kebutuhan mereka dan keluarga.

Jangan berprasangka bahwa dengan kekurangan rezki tersebut Allah telah menghinakannya dan bahwa orang yang berlimpah rezki berarti telah dimuliakan Allah.

Jangan buruk sangka kepada Allah. Tetaplah bersyukur kepadaNya dan harus yakin bahwa di tempat lain ada orang yang lebih parah keadaannya dan lebih mengenaskan.

Dengarlah sabda Nabi berikut:

انظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم، فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم
Tengoklah kpd org yg lebih rendah keadaannya darimu dan jangan menengok kpd org yg ada di atasmu, krn itu lebih pantas agar kamu tdk meremehkan nikmat Allah atasmu. (HR. Muslim)

Dan tidak usah merasa rendah diri di hadapan orang kaya, karena mereka juga hamba Allah yang punya kewajiban sama untuk beribadah kepadaNya dan akan dimintai pertanggungjawaban atas amal-amalnya nanti di hari akhirat. Berasal dari bahan yg sama yaitu setetes air yg tiada arti.

Maka tersenyumlah, jangan bersedih, tetap berusaha, bersabar, qana’ah, perbanyak bersyukur, berdzikir, dan berdo’a untuk diri sendri dan saudara-saudaranya yang kaya agar diberi rahmat dan agar dijauhkan oleh Allah dari sifat ghill (kedengkian) terhadap saudara-saudaranya yang beriman:

ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم.
Ya Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yg telah mendahului kami beriman, dan jgn Engkau jadikan dalam hati kami ghill (kedengkian) terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha pengasih lagi Maha Penyayang.

Wallahu A’lam.

Semoga bermanfaat.

– Al Faqiiru ilaa Rabbihi –

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , , , , .

Ada Apa antara “Aku dan Mertuaku” Paket Lebaran 2016 Kreasi Flanel

2 Comments Add your own

  • 1. adelays  |  February 2, 2016 at 11:12 pm

    super sekali sunflo… bner bgt: Dan tidak usah merasa rendah diri di hadapan orang kaya, karena mereka juga hamba Allah yang punya kewajiban sama untuk beribadah kepadaNya dan akan dimintai pertanggungjawaban atas amal-amalnya nanti di hari akhirat. Berasal dari bahan yg sama yaitu setetes air yg tiada arti.

    Reply
  • 2. jualkembanggoyang  |  February 8, 2016 at 8:42 pm

    Salam Persahabatan dari Kami
    Jajanan Arek Suroboyo

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2016
M T W T F S S
« Jul   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: