Curhat Bareng Novi

Pingin nanya selain felt or flanel ke aku???

Cobain halaman yang ini deh… Barangkali ajah aku bisa bantu…:mrgreen:

***

119 Comments

  • 1. melani  |  October 8, 2011 at 12:34 pm

    mbaaaa…gimana cara sabar mendidik anak.q cm bdua ma ayahnya.kl sama2 busy…kalaaahhh ma emosi

    bismillah… ini hanya opiniku ajah ya….
    pertama: tetapkan komitmen bersama dengan suami, samakan persepsi, visi n misi dalam mendidik anak atau urusan RT yang lain,
    kedua: sadari tugas n kewajiban suami n istri dalam mendidik anak… bagaimanapun juga porsi ibu lebih besar dalam mendidik anak
    ketiga: sadari, anak adalah amanah Allah, yang mana dalammenjaga, merawat n mendidiknya semuanya merupakan bentuk ibadah kepadaNya, sehingga diharapkan bisa menumbuhkan sikap sabar dalam menjalaninya, cape n lelahnya… karena berharap balasana yang lebih baik dariNya…
    keempat: pandai2 membagi tugas antara suami istri di tengah kesibukannya, dalam menjaga n merawat sang buah hati.. misal kalao ibu belum solat, gantian bapakyang jaga dd biar kasih kesempatan pada ibu buat solat dulu…

    inti dari semuanya adalah kesadaran dari kita de… sabar itu emang perlu, cape.. emosi marah dll, pasti selalu kan menyerta, namun kemudian kembalikan kepada nilai esensinya… anak kita Allah yang punya, kita hanya dikasih amanah tuk merawat n menjaga serta mendidiknya, misa kalau kita emosi, coba kita berkaca ke dalam hati kita… ih, keknya malu deh, kalau aku marah n emosi sama si kecil, sama aja aku jutek ma Allah dong… hehehe…
    satu hal lagi… bagaimanapun juga anak itu perlu perhatian n kasih sayang ortunya, hal ini sangat aku tangkap banget kala aku jadi guru di salah satu SDIT full day school, yang mana kebanyakan wali muridnya semuanya sibuk bekerja (suami istri)

    itu de yang bisa aku kasih buat masukan … barangkali bermanfaat.. ^^

  • 2. sekar  |  October 8, 2011 at 10:59 pm

    mbak aku bingung ngerjain skripsi gak kelar-kelar. trus ortu terus-terusan desak kapan lulus. padahal otak cuma pas-pasan. pusing mbak. jadinya sekarang malah males mau ngerjain skripsi.

    ujian nyelesain ujian akhir di sini neh… rasa bosen, suntuk n males.. aq juga pernah mengalaminya.. giliran liat temen atau adek kelas yang udah dpt tanda tangan n besoknya maju sidang, kita jadi panas n resah…
    mungkin gini solusinya…

    1. emang kudu sabar de, semuanya buruh proses n tahapan,… qta ga bisa memajukan atau memundurkan segala proses kehidupan kita termasuk bikin skripsi… gmana konsekuensi sabar? ya kudu tebel muka, tebel telinga, besar hati n lapang dada…
    untuk ortu coba hadapi dengan santai, wajar lah ortu apalagi yang awam mgk ga sampai mengenyam bangku kuliah, mikir kuliah itu gampang.. nah, kasih pengertian dengan santai, jangan emosi… stay cool girl…

    2. kerja sama ma temen2… jangan sendiri2… kek burung tuh, sukanya bergerombol… jadi, bisa sharing susah n senengnya ngejer2 dosen, revisi, kalau aq dulu ke rental komputer bareng… pokoknya usahakan sebisa mungkin cari barengan deh, jangan sendrian, biar keknya nestapa ini ditanggung bareng-bareng, … ntah nanti kalau dah lulus pada misah sendiri-sendiri… yang penting waktu duka kita ada temennya gtuh…
    gak peduli otak pas-pasann atau yang briliant.. yang otak einstein ajah juga butuh temen buat sharing kok… hehehe…

    itu pengalamanku…. n jangan lupa untuk senantiasa berdoa agar dimudahkan segala urusan ade.. n sabar… sabar tuh kudu n harus…. sabar sambil tetep berusaha… gtuh de..

    kalau masih ada uneg2 bisa sharing ke aq lagi..πŸ™‚

    • 3. sekar  |  October 15, 2011 at 5:00 pm

      hmm..makasih bgt yaa mbak, insyallah q coba deh tipsnya. n tolong doain yaa mbak biar aku segera lulus…amiin

  • 4. okti_bogor  |  October 9, 2011 at 9:42 pm

    mb noooovvv…pngen ikutan curhat…..mb,ada tips gk biar anak qt jadi anak yg penurut. Aq tau mb juga ibu muda jg kayak aq, tp mungkin punya strategi jitu bwt de2nya nanti….hehe

    hehe ayuuu’… iya neh.. baru punya anak, alhamdulillah dah 8 bln… tapi setidaknya aku ambil pelajaran, pengamatan, n kesimpulan selama aku jadi guru di SDIT.. rencananya juga akan aku terapkan pada keluarga/anak-anakku kelak insyaAllah…
    1. doa itu yang pegang peranan paling penting… mohon pada Alah agar dikasih anak yang sholeh/ah… pokoknya yang baik2.. sejak ada di dalam kandungan hingga di kehidupan ini.. aku punya rangakain doa yang panjang untuk anak yang ada di dalam kandungan, tapi masih nyari filenya ada di mana neh…

    2. beri anak makanan yang HALAL.. karena makanan akan diolah dalam tubuh untuk menjadi darah yang akan membentuk hati manusia… lurusnya hati maka luruslah manusia tersebut

    3. tarik ulur… anak jangan sering dikasih larangan.. hendaknya didampingi n diawasi, baik kala dia belum nalar atau sudah nalar.. ketika dia sudah bisa menalar, beri dia pengertian n tanamkan kesadaran.. ajak dialog dari hati ke hati jangan menggurui atau memvonis..

    4. jadilah manusia yang multifungsi bagi anak… sebagai orang tua n teman baginya… terutama teman yang menyenangkan.. sehingga anak akan dekat dengan ortunya.. bukan malah dekat dengan orang lain atau teman2nya, seperti yang kita lihat di sekeiling kita… dengan demikian diharapkan anak akan terbuka dengan kita, gtuh looh…

    hehehe, semoga bisa dengan sukses menerapkan tips ini bagi keluarga kita yaah…πŸ˜‰

  • 5. Marry  |  October 10, 2011 at 10:42 am

    Mba Nouv,,,q sedih mb…dikantor aku serasa sendiri, temen2 ga suka ma aku. sampe2 aku dibuat bulan-bulanan di forum umum di dunia maya dg tuduhan yg tiap kali aku baca tuh selalu bikin nangis. Di dunia nyata aku difitnah hamil. tapi aku masih bersyukur krna diantara yg jahat msih ada yg baik sama aku yg mau dengerin curhat aku & percaya klo aku g seburuk yg dituduhkan…

    bismillah, kenapa mereka sampai ga suka sama ade? coba dikoreksi n diingat-ingat… kalau mereka ga suka karena sesuatu yang esensi… mungkin kita harus dengan jiwa besar n lapang hati mau meminta maaf n koreksi diri agar lebih baik lagi…kalau ternyata mereka ga senengnya karena sesuatu yang sepele, salah paham, pokoknya yang ga oenting banget… cuekn ajah deh, meski kadang menusuk hati, kalau bisa n kuat, cobalah tuk membela diri dengan memberikan penjelasan yang tegas dan lugas… setelah itu berdirilah dengan tegak di atas keyakinanmu.

    terkadang hanyalah prasangka kita semata, dikarenakan kelembutan hati kita yang lebih mengarah pada sifat sensitif, seolah semua orang di lingkungan kita membenci atau ga suka pada kita… percayalah de, ga semua orang di lingkungan ade seperti yang ade sangkakan, diantara mereka yg emang bener-bener ga suka sama ade, pasti masih banyak yang netral atau malah suka kok… cuma ade yang mungkin terlalu sensitif…

    terus, mari kita sama-saa untuk tidak ngemis perhatian orang lain ya…. biasa saja dalam bergaul gtuh… kalau mereka ga merespon dengan yang qta harapkan, paling tidak kita masih punya keluarga yang dengan tulus n ikhlas mau nerima kita apa adanya… jadi ga usah repot2 mikirin orang lain yang terlalu sangat…

    hadapi fitnah dengan kesabaran, lambat laun bila kita berada pada kebnaran, fitnah itu akan hilang dengan sendirinya, .. malah sbenarnya kasian loh sama orang yang memfitnah tuh… kita mah malah untung, kalau sabar bisa dapat pahala, nah kalao dia? malah dapat dosa n kebaikan2nya akan dilimpahkan ke kita dah… jadi sante ajah dalam menghadapi fitnah, terima dengan sabar dan banyak2 doa.. tak lupa untuk banyak2 istighfar, memperbaiki kesalahan pribadi…

    biarin orang lain reseh, heboh, qta ga usah ngurusi urusan org lain, yang penting urusi diri sendiri dulu, lha wong kita ajah masih banyak dosanya ya kan??

    Percayalah… masih banyak ornag lain yang mau berteman dengan kita, ga semua orang seburuk yang kita sangkakan dan kita ga seburuk yang mereka sangkakan…
    hadapi dengan sabar n hati yang jernih ya… kalau mau curhat yang lebih dalam, kirim msg di FB ajah… OK?? So.. jangan bersedih lagi ya… orangmukmin ga pantes buat bersedih, katanya…πŸ˜‰

  • 6. enie0121  |  October 11, 2011 at 1:33 pm

    huu huu huu…mba novi help me…aq lagi ngerjain proposal penelitian skripsi dan bahan pustakanya pake bahasa inggris semua, walaupun sebelumnya aqudah biasa baca literasi berbahasa inggris tapi kalo kebanyakan gini aq jadi mabok juga mba,ini baru proposal penelitian,gimana nanti pas nyusun skripsinya..mungkin ada tips n trik dari mba novi supaya aq nggak ngantuk n mabok baca literasi-literasi bahasa asing lagi….

    adoooh yang lagi mo kelarin kuliah… kriting jadinya semuanya…πŸ™„
    NAh… mabok tuh karena kebanyakan… Coba deh dilalap satu per satu… dinikmati hingga ke suapan terakhir (halah!!)
    Hehehe … dikit2 de, yang penting kontinyu.. jangan bernafsu ingin cepat kelar ya.. ingat, semua butuh proses n kesabaran. InsyaAllah ade punya skill dalam bidang yang ade tekuni, tapi ya itu.. tekan emosi untuk cepet2 biar kelar .. nikmati ajah ya apa yang seang dikerjakan… janganterlalu tegang…
    Itu saran dari aku.. v^^

    • 7. eni wibowo (@eniWibowo)  |  November 8, 2011 at 2:28 pm

      makasih mba novi saran n nasihatnya..bener banget mba..buru-buru itu kan pekerjaan setan,kalo prosesnya dinikmati pasti ngerjainnya juga nggak kerasa ya..tau-tau tiing…udah beres deh..

  • 8. okti_bogor  |  October 13, 2011 at 11:02 pm

    Mb thanks u/ jwbn curhatan aq yg kmrn…skrg mo curhat lagi…gni lho mbae, insyaAllah dalam waktu dekat aq balik lg k bogor. Disana aq tggl d komplek perumahan gtu. Menurut cerita temen2ku, lingkungannya kurang sehat,dalam artian byk penyakit hati dan mulut yg tidak bertanggung jawab. Cara aman biar terhindar dari itu gmana ya mb? yaaah gk mau juga dibilang gk mau b’gaul/kuper, mengingat qt kn tggl dsana untuk selamanya….tq

    wah.. perumahan/kompleks secara umum mang kek gtuh… sutres deh mikirinya… liat tetangga beli barang baru, langsung dirumpiin, lihat tingkah yang lain rada bikin greget, digosipin.. pokoknya heboh deh!

    pertama: jaga diri baik-baik, usahakan jangan memancing fitnah/gunjingan/gosip yang mengarah ke kita, selametin diri dulu dah…

    kedua: tetep gaul, suka nyapa, ikut ngobrol ma mereka, tapi sperlunya saja, kalau bisa mengingatkan, ingatkan mereka, kalau ga bisa.. berlalulah dari mereka dengan cara yang bijak

    ketiga:bergaullah seperlunya, kalaupun ikut kegiatan rutin, ya pandai2 bawa diri dan iman kita, jgn telibat dalam pembicaraan yang ga karuan

    hahaha. jadilah mrs. Clean lah di hadapan mereka… selebihnya, di rumah aja ngurusi keluarga dengan baik… ^^

  • 9. nadyla  |  October 20, 2011 at 11:47 am

    assalamualikum mbak,, aku mau curhat niy, soal pilihan hidup, aku sekarang bekerja di sebuah perush swasta yang bergerak dibidang lending/pinjaman. aku berkator di kota A sedangkan suamiku tinggal di kota B, sudah memiliki anak usia 2 tahun, mbak,, aku mau berhenti bekerja dan buka usaha, tapi suami ku masih takut untuk ambil keputusan ini, karena status kerja suamiku masih kontrak dan belum ada tangungan kesehatannya, saat ini semuanya dii tanggungkan ke perusahaan ku, mbak,, aku benar2 sudah jenuh dengan peerjaan ini dan ingin resign secepatnya, dan buka usaha sendiri, tapi masih sangat takut untuk memulai semua,, mau menjatuhkan pilihan ke usaha apa juga belum ada dan modal pun juga belum punya?? Ya Allah, aku sangat galau mbak,,,, mohon nasehatnya mbak

    wa’alaikumussalam… di tengah kegalauan coba kita kembalikan semuanya kepad Allah.. adanya keinginan unuk resign itu pasti adalah sinyal yang Allah berikan untuk ade. Ntah karena tempat yangade buat kerja kurang baik untuk kehidupan ade di dunia apalagi di akhirat kelak, atau karena jarak yang memisahkan antara ade dengan suami, sehingga kurang maksimal dalam pengabdian terhadapa suami n keluaraga yang merupakan tugas utama kita.

    aq mendukung ade untuk keluar , dikarenakan alasan fisik atau batin… namunsekali lagi perlu kesiapan hati n niat yang kuat ya de… untuk mnentukan keputusan tersebut. Istikharah, setelah itu, setelah mantab inginkeluar, bulatkan tekad untuk menghadapi segala resiko yang bakal terjadi…

    Jangan ernah galau n takut akan materi, meski kita hidup ini butuh dia. Coba ade buka al qur’an surat al a’raf: 96 dan ath thalaq : 3.
    Barangsiapa yang bertakwa n bertawakal padaNya, maka Allah akan berikan dia rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka, Allah akan mencukupkan rizqi atasnya… tak akan menyia-nyiakannya.

    Intinya adalah takwa padaNya… Coba ade bulatkan tekad, bahwa ade keluar dari kerjaan itu untuk:
    1. optimal dalam ngurus RT…berbakti ada suami, n ngurus anak-anak
    2. untuk lebih mendapatkan penghasilan yang bersih n barakah

    semua diniatkan karena Allah.. setelah itu mantabkan.. bismillah, jalan…

    InsyaAllah Allah akan menolongmu… yakinlah…

    Dicoba ya.. jagan sampai ragu, inti iman itu adlaah keyakinan yang kuat… kalau ragu2 itu artinya kita masih mudah dipengaruhi, n yang suka bikin ragu manusia adalah musuh utama mereka, yaitu setan yang menghembuskan kegalauan ke dalam hati manusia…
    wallahu a’lam..

    • 10. nadyla  |  October 28, 2011 at 4:34 pm

      mbak novi, sampe nangis aku baca jawaban dari mbak, aku terharu karena,, aku tau semua yg mbak katakan itu betul, tp mmg belum cukup keberaianku untuk ambil keputusan yang berat ini mbak, sampai aku rasa aku siap untuk punya penghasilan sendiri, ini semua pun tak luput dari ketidaksiapan dan tidak setujunya suami ku atas keputusanku mbak,, lantaran posisinya yg belum mantap di pekerjaannya,, semua ya berdasarkan materii mba,,,, huhuhuuu….mbakkkk gimana nih,,,,, hikhikss . mbak krn ada keinginan untuk resign ini skrg aku mulai serius beljar kerajinan flanel ini loh mbak,,, walo belum bagus hasilnya dan belum kreatif musti banyak referensinya,,, aku coba belajar dulu,, biar suami ku yakin akan keinginann aku mbak,,, gmn mnrut mbak,,,

      • 11. sunflo  |  October 28, 2011 at 6:16 pm

        ya udah.. ade sabarin ajah, tuk menjalani dulu yang mungkin kalian anggap yang terbaik, sambil tetep berusaha tuk escape. kadang kita musti menjalani sesuatu yang ga sesuai dengan hati nurani kita karena kemaslahatan bersama, kesiapan bersama. Karena keputusan n sikap yang diambil itu musti dibarengi dengan keikhlasan n kesabaran dari kita, karena kalau ga ada keduanya, bakalan cape lair batin, ga dapat pahala, maah dapat murka…

        sambil ade belajar, berusaha mencari peluang lainnya… tak lupa berdoa dan bersungguh-sungguh yah… jangan menyerah.. ingat, masalah n mendung tuh tak akan selamanya.. hanya butuh kesabaran n keikhlasan tuk menjalaninya

  • 12. hessa purwatiningtyas  |  October 27, 2011 at 3:11 pm

    assalamualaikum….

    mbak Nouv, coba tebak, gmna caraku menemukan “sunflower” ?
    jawabnya “blekutak”, iya yang kayak sontong/cumi itu,aku gi cari gambar blekutak di GImages,ketemu deh postingan mbak Nouv about blekutak (kyaknya wktu itu mbak masi di LN).. dan skrg aku jadi rajin baca blog ini & juga nupi-nupi, aku suka ma kreasinya & boleh ga ku contek??
    Mbak, aku pgen resign dr kantor & jadi pengusaha kerajinan, aku suka bikin prakarya, bikin sovenir,flanel,dll. Gimana cara menumbuhkan kepercayaan diriku untuk memualainya? ingin sekali setelah menikah suatu hari nanti bekerja dirumah biar deket sama anak2

    wa’alaikumussalam.. wah.. jadi ingat kenangan waktu di saudi neh de’..😦 btw, moga blog ini bermanfaat deh…
    mmm.. kpercayaan diir itu perlu banget de’… aq nie ajah, sebenernya mah biasa2 ajah.. bukan pakar, tapi karena PD n lebayku tinggi, hahah, baca ajah tulisan2ku… suka narsis, nampilin hasilkaryanya, so.. orang lain anggap aq ini kek hebat banget gtuh,…

    cara numbuhkannya, cuek ajah, yang penting kita tampilin karya kita, mau dinilai OK atau ga, itu urusan belakangan.. terus sambil terus n tekun berlatih, improve skill dengan suka ngintip2 blog or karya tetangga gtuh…

    nah .. ini lagi , mumpung belum nikah, pasti stok PDnya masih fresh, masih ting ting.. ga kek aku…

    ayo, dicoba yah.. berkreasi, trus tampilin karyamu di blog atau di FB… gmana?πŸ˜‰

    • 13. hessa purwatiningtyas  |  October 28, 2011 at 12:12 pm

      SETUJU!!!! maturnuwun ya mbak,, bismillahirohmanirohim, aku bisa!!

  • 14. mimi  |  October 28, 2011 at 6:27 pm

    mbak gmn carax qt tau berat barang yang mo dipaketkan?
    n biasax kan transfer brang OL tu kan haruz lunas setelah barang siap di kirim,kadang juga customer minta jumlah keseluruhan biaya barang n ongkos kirimx dalam jumlah keseluruhan gt. apa harus menyediakan timbangan di rumah? kalau mbak novi gmn biasax thanks?

    • 15. sunflo  |  October 28, 2011 at 7:06 pm

      aq langganan via jne… biasanya aq sediakan kemasan plastik 5 kg untuk barang biasa, di bawah 1 kg tetep diitung 1 kg. Nah dengankemasan itu bisa diisi 150 pcs, itungannya 1 kg. tapi kalo yang volumetrik dah ada rumusnya.. pxlxt dibagi 6000 terus dikalikan ongkir per kg nya…

  • 16. ika_bee2  |  October 30, 2011 at 8:43 am

    assalamu’alaikum….
    mba’, aku dulu pernah baca2 blognya mba’ novi yg laen,,yg isinya nyeritain kisah hidupnya mba’ novi…. aku sempat terharu mba’… mba’ bisa sabar & tawakkal kaya’ gitu……
    mba’…biar bisa sabar ‘n ikhlas tu gimana ya mba’???

    makasih sebelumnya ya mba’….. ^^

    • 17. sunflo  |  November 20, 2011 at 7:53 pm

      wa’alaikumussalam…
      wah.. blog yang mana ya de, n postingan yang mana…
      Sabar n tawakkal serta ikhlas adalah salah satu bentuk keimanan kita… Sebagai wujud konsekuensi hidup bahwa aq mengaku beriman kepadaNya… Karena belumlah seseorang dikatakan beriman jika belum diuji oleh Allah.

      Sabar, ikhlas dan tawakkal adalah sikap yang terbaik jika kita tengah diuji olehNya.. karena insyaAllah pahala dan sesuatu yang indah akan Dia berikan setelahnya… ^^

  • 18. wulan  |  October 30, 2011 at 7:07 pm

    mbak, aq mo belajar bikin kerajinan dr flanel doonk, liat koleksi punya mbak q jadi pengen belajar

    • 19. sunflo  |  November 20, 2011 at 7:53 pm

      silahkan de…

  • 20. Taman Berbagi (Aisyah)  |  October 31, 2011 at 12:52 pm

    Assalamualaikum Mbak…
    Aku mau tanya, gimana sih tips dan cara yang ampuh untuk memurojaah hafalan saat mau lomba?
    Dan supaya tidak gugup di panggung?

    • 21. sunflo  |  November 20, 2011 at 7:56 pm

      wa’alaikumussalam…
      waah.. aq dah tuwa neh..kagak pernah ikut lomba..cuma,kalau caraku ngapalin… menghafalkan bersama dengan artinya… misalnya aq target 1 hari tuh 1/2 halaman …

      kalau masalah demam panggung… beragam tips dah disebarin oeh khalayak… banyak doa, hirup nafas panjang, anggap biasa para hadirin, jangan tatap mata mereka, dll… heheheh

  • 22. flaneyna  |  November 8, 2011 at 9:44 am

    ass mbqu..mybestgumay…sbnrnya dh lammaaaaaaa bgt pgn curhat ma drmu..pi blm da wkt yg tpt….@rindu sll@

    • 23. sunflo  |  November 20, 2011 at 7:56 pm

      masyaallah… curhatlah de, barangkali aq bisa bantu….πŸ™‚

  • 24. N'dzifah  |  November 15, 2011 at 10:00 pm

    asswrwb,mbak maaf ya mau ikutan curhat. piye yo nyikapi perasaan seng jenuh sama aktivitas ibu rt.lan piye yo mbak ben iso ttp jogo iman seng lagi naik turun matur suwun mbak novi.

    • 25. sunflo  |  November 20, 2011 at 8:01 pm

      wa’alaikumussalam.. jenuh tuh karena mungkin terlalu overload, atau menghadapi kemonotonan… kudu ada refresh neh…

      kudu dicari solusinya.. misal.. jalan2, silaturahmi,merombak tatanan barang perabotan, … n keknya memperbesar keikhlasan n kesabaran itu yang paling utama.

      yah.. iman naik n turun… naik karena ketaatan kepadaNya, turun karena banyaknya maksiat yang dilakukan…

      kalau lagi down, segera bangkit lagi… dengan mengingat kehidupan akhirat, bahwa dunia ini hanya sementara, akhirat yang kekal…
      sehingga diharapkan akan tumbuh semangat untuk bangkit lagi… lalu isilah dengan ketaatan padaNya…
      #ininasehatjugabuatdirikusendiri…

  • 26. n'dzifah  |  November 23, 2011 at 9:21 am

    subhanalloh.maksh banyak mbak mengenah banget,n telah mengingatkan ku,tentang keikhlasan n kesabaran.dan semuanya.dan mudah2an mbak ndak bosen dnganku.

  • 27. nina  |  November 24, 2011 at 10:08 pm

    assalamualaikum….
    salam kenal y sblmnya..
    boleh sy share?bgini sy punya siswa yg sk curhat kpd sy , dia mngatakn klo dy lg bingung krn da 2 org cwok yg nembak dy smntara dy tdk mw ptus sm pcrnya n g mw bikin 2 orng tmennya tu kcewa.
    bgmna y mnsehati dy bhwa pcran tu sblm mnikah tdk boleh?? zaman skrng sdh smkin parah .. ingin rsnya mjg ank rmja dr pgaulan bebas agr khomatan n agama mrka tetp tjaga?? mhon jwbannya y . syukron

    wa’alaikumussalam.. knal juga…aq juga pernah mengalami problem ini. Aq dl ngajar kelas 6 SD putri, seriiing banget aq nasehati dengan hati2 dan dengan pendekatan se enjoy mungkin yang bikin mereka jadi enak mikir… Mereka mau nrima sih, tapi.. apalah dayaku… jenjang mereka masih panjang, masih ada SMP, SMA, dst… Saat Mereka dah mulai masuk SMP, sedangkan pendidikan yang mereka jalani ga semisi dengan waktu di SD, sedang yang namanya godaan syaitan itu enak banget dirasa… Jadilah…. mereka terjebak dalam romantisme anak muda…

    Hal ini adalah naluri manusia, dan wajar, mereka suka pada lawan jenis… manusiawi bangt. Dan wajar banget mereka masih melakukannya, karena mereka belum paham atau belum nyadar, atau karena hawa nafsunya, meski telah tau n sadar.

    Naluri seperti itu ga perlu dicegah, yang perlu adalah diarahkan untuk bisa selaras dengan ajaran dien ini.

    Mungkin bisa dilakukan pendekatan secara hati ke hati… atau teruuus senantiasa menegakkan nasehat, karena, meski mungkin mereka belum bisa melaksanakan nasehat kita, setidaknya nasehat kitaakan terekam dalamingatan mereka.

    Nasehat hendaknya terus ditegakkan, jangan henti-henti, meski mungkin belum dilaksanakan, krn kita sadar, hdyah itu Allah yang pegang…

    Biarkan muridnya dengan problemnya untuk menyelesaikannya dengan arahan dari kita, arahkan tuk menyelesaikan masalahnya dengan bijak, dan tugas kita adalah menasehati dia secara pribadi denganbijak tentang kondisi diayang menjalin cinta sebelum menikah.
    Allohu a’lam

  • 28. nina  |  November 25, 2011 at 5:23 am

    syukron y mba..eh af1 manggilnya apa y?emba,ibu atau ap y?coz tkut salah..
    mrid sy tu kls 7, da beberp yg crhat spt itu, sy bngung bgmana mnsehti mrka shalus mngkin spy mrk ttp curhat kpd sy n sy akhirnya sy bisa mbri nshat kpdnya..
    alhamdulilah sy ktmu dg link ini .. stlh di ksih tau oleh tman…
    sblum n sesudah syukron y..

    hehehe bebas ajah… asal jangan manggil pakdhe atau om or sebangsanya… heheheheh

  • 29. nina  |  November 25, 2011 at 6:18 pm

    owh.. klo gtu sy panggil mba ja y… sblumnya syukron y mba….
    sbnernya sy ngjar di skolah yg sbagian besar ank2nya yg bs dbilng bmasalah,dg latar belakang klrga menengah ke bawah, di antara mrka da yg di tnggal pergi ortunya n hidup bsma neneknya,da pula yg ortunya bcerai shngga skolah sring cabut atau bolos, sy dnger crta klo mrka da yg sdh mrokok bhkan smpai minum minuman keras, tidak punya smngat bljr, di kasarin makin kasar, di nasehatin melawan, pernah sy menagis krn mrsa ptus asa mngjar mrka* alhmadulilah ank2 g tau klo sy smpai mnangis*,sy ptuskan jg taun depan utk tdk mngjar di skolah itu tp kpala yayasan bpesan agar sy trus bjuang n btahan ngjar di sana, waallhu alam taun depan sy lanjut or g, mrka lbh senang mnyontek ktimbang mngerjakan sndiri, di skolah sy sbagian besar adalah ank laki2, sy pusing mikirin mrka bgmana crnya agar mrka pnya smngat bljar,da yg memakai clana skolah sobek di lutut,bilang solat tp mlah pergi n g kmbali ke skolah,mendekati mrka scra baik baik smpai dngan sdikit keras n hkuman2 mrka ttp tidak jera2, PR ja slalu g di kerjakan wlau sdah di brikan hukuman berulang ulang, smua yg sy lakukn nihil.. mrka ttp tidak berubah wlaupun sy janjikan hadiah bg anak yg memiliki smngat tinggi, sm skali tidak berubah khususnya kls 8..gmna y mba mndidik mrka mjd ank yg pnya smnagat n berakhlak baik??bingung sy…
    maaf y mba jd sering nanya deh coz slama ini sy cri tman yg bs dpcya yg bisa di ajak share g da , eh ktmu mba deh, ..n sy tmasuk org yg slalu btuh nasehat,,, jazakillah mba……

    • 30. nina  |  November 25, 2011 at 6:23 pm

      af1 da yg berlbihan dr curhatan sy tu.. merka klo di nasehatin g melawan tp msuk kuping kanan kluar kuping kiri, n dstiap kls da ank yg spt di atas yg sy crtakan…

      • 31. sunflo  |  November 26, 2011 at 7:45 pm

        masyaAllah mulia banget tugas ade tuk menangani objek dakwah yang seperti mereka…
        butuh pribadi yang tangguh dan tahan banting… (berasa kek ada di film ajah nie de)

        Ngadepi anak laki2 emang kita kudu tebein semuanya…

        butuh kesabaran tuk mendidik mereka de… pada dasarnya mereka adalah anak2 yang butuh kasih sayang dan oerhatian, disamping itu mereka tengah mengalami proses pencarian jati dirinya.

        dihadapi dengan kebaikan…

        tapi, kalau caraku seh, ini mah caraku ya, mungkin ade ga harus kek gini.

        aq tempuh ketegasan dulu, dengan berbicara dengan mereka dari hati ke hati. artinya, aq ingin tunjukkan powerku, bahwa yang ‘berkuasa’ di kelas adalah aq. Baru setelah mereka mau dengar, aq lunak ma mereka, tarik ulur… aq pernahngajar anak laki2 badung kelas 6 SD. Nah di isni yang beda, ade ngajar kelas 8 sedang aq kelas 6.

        Mungkin metode power itu dah ga berlaku lagi.

        Cobalah ade tetep dengan cool n lemah lembutnya, disamping kita juga bisa ngukur, kapan kita hrs bersikap tegas pada mereka.

        btw, kalau ade emang ga kuat ya janga diterusin… secara syar’i saja, (maaf nie ya dem nie menurut aa yang aq pahami) ade sudah ga bolehngajar anak laki2 yangudah baligh…. akan ada mudharat bagi ade sebagai wanita.

        jadi kalau ade kuat lanjutkan dengan bijak dan menjaga hijab serta menjaga diri. kalau ade ga kuat, mungkin ade harus menghindar dari medan itu…

        Allahu a’lam

  • 32. Fransisca Indrasari  |  November 25, 2011 at 8:21 pm

    assalamualaikum…. salam kenal mbak… gara2 ada tugas kuliah aku jadi nemu blog ini lo… takjub bgt liat prakarya mbak novi… bagus2 n rapi jali… ijin dipraktekin ya… hehe… ^^

    • 33. sunflo  |  November 26, 2011 at 7:46 pm

      wa’alaikumussalaam… makasih de, alhamdulillah silahkan dipraktekin, semoga bermanfaat

  • 34. nina  |  November 26, 2011 at 9:45 pm

    alhmdulilah mba sy udh pke hijab..n sy duh ngji sunah insyalloh strusnya..
    iya c mba,,g sharusnya sy ngjar ank2 yg udh baliq(scra agama), tp sy g bisa mnghindar dr lingkungan sy berada,n krn keadaaan,sy ttp jalani smpai skrng, sbnrnya smpet tlintas dlm pkiran sy utk mlrng mrid sy (laki2) bjabat tngan dg sy,tp lngkungan sy g mndukung krn mayoritas smua orng di sna adalah awam( mba ngerti kn mksudnya?) , n kepseknya prnah btanya kpd sy ‘apkh sy mau bjbt tngn dg siswa lk2 atau g krn dy mlihat pnampilan sy yg ky akhwat( pdhal sbnernya g ko mba , biasa ja).. insyalloh sy akn berusaha utk lemah lmbut tp kdng sy kesel bngt dg ulah mrd sy n dy g sy tegur2 smpe skrng( udh lbih dr 3 hari),pdhal dlm hati pngeen bgt negur..salah y mba?
    n parahnya lg mba, sy ngjar kls 10 jg, bs di byangin lbh susah mndidik mrka, klo kls 10 taun dpan sy g akn ngjar lg…klo smp sy g tau nti lanjut atau g taun ajarn dpan..
    klo mslah ank2, sy lbh suka ank SD( taun lalu sy ngjar SD mba) tp pljrnnya sy g suka,tp krn sy suka pljrn smp or sma jd sy ngjr smp n smk.. krn dr dulu sy ngin jd gru math smp or sma…

    waduh.. mba…mba.. sy jd keterusan nie curhatnya.. jngn bosen y mba dg curhatan sy…mba baik deh…
    syukron y mba,,, sy seneeeeeng bnget ktmu mba….hehe
    jazakillah khoiron katsiro mba…

  • 35. nike  |  December 2, 2011 at 3:55 pm

    mbak..liat niii..
    http://bestrentcar.blogdetik.com/tag/rumah-flanel-kita/

    don’t they belong to you?? I mean, the pictures??
    ;(

    iya de, tapi dia udah sertakan sumbernya… thx ya atas infonya

  • 36. RINA  |  December 7, 2011 at 8:13 am

    huhuhu……
    butuh saranny dong mba…
    bisnis ap ya yg kira2 gak butuh modal banyak…
    pengen bisnis,,biar punya lebih banyak waktu buat ngurus suami …😦
    flanel menjanjikan gak yah ..😦

    flaneeeelllllll n towel cake kali …πŸ˜€ dah itu ajah,,, hehehehe. Gak terlalu menjanjikan seh de, tapi cukup laah….kecuai kalo kitamau profesional…

  • 37. RINA  |  December 8, 2011 at 7:14 am

    heemmm….aq sih pngennya jg gtu mba…
    cm dsini tuh msih agak susah nyari bhan2nya…:(
    trus,,msih bnyak orang2 yg gak ngerti seni..gk kyak kita2 ini hihihi…
    biasanya pangsa pasarnya tuh ibu2 kh mba??,,
    atau abg2 gtu…atau malah anak2 kecil..
    rumah qu yg skarang dket sma TK n SD Islam gtu mba…
    bgusnya bkin bntuk apaan ya biar menarik…
    n kebetulan mertua qu buka warung kecil2an heheheπŸ˜€

  • 38. RINA  |  December 8, 2011 at 8:15 am

    oia mba…tau kain spunbond gak???,,
    klo tau,,biasanya yg jual toko2 ap ya??,,:o

    • 39. sunflo  |  December 10, 2011 at 8:01 pm

      waah baru denger de’.. hhehe, ntar aq tanya kalau pas lagi belanja bahan deh insyaAllah

  • 40. bams  |  December 10, 2011 at 10:11 am

    kak…..saya sudah baca berbagai macam tutorial kk mebuat segala sesuatu aksessoris dengan flanel…..dan berkat ilmu yg kk berikan, saya bisa menciptakan suatu usaha kecil2an…bs dibilang sperti anak yg bru lahir namun tak berbusana [alias…. b……..l] ;p

    tp saya masih mengalami kesulitan dalam membuat lubang ditengah kain…..apalagi cuma sebesar kancing baju……!!!
    lubang yg saya buat selalu mmbuat kain flanel menjadi rusak tak beraturan

    cara yg saya pake dengan meliapat kain menjadi 2 dan mulai menggunting kain tersebut….

    apa kk punya tips yg perfect???
    dan tips mmbuat lubang yg berpola….[seperti bintang]

    • 41. sunflo  |  December 10, 2011 at 8:00 pm

      kalau aq gini de, digunting dikit yang sekiranya gunting tuh masuk then digunting sesuai pola lingkaran atau bintangnya.. mang dibutuhkan ketelatenan n kerapian seh.. itu ajah.. kadang aq juga berkhayal, andai ajah ada pembolong berpola tuk kain flanel hehehe

  • 42. diedien  |  December 10, 2011 at 6:56 pm

    mbak nov… q pux msalah nech yg bkin pusing n tbuh kurus kering…..
    q pux tunangan,qt dah hmpir 3tahun jalin hub…. cwo q i2 cemburuanx sdh stadium 4 mbak. n slam 3 thun i2 dy slalu membwa2 mantanx dlm hub qt. q ksel bgtz mbak. n skarang perhatianx jg berkurang sma aq…. dy lbih sbuk kerja dri pda nemuin aq n tenangin aq……. n skrang q skit mlah d tinggalin….. jnguk sbentar pas pulang…… gmna nech mbak…. pengen putus tp takut sma ortu…. malu sma tetangga2…….. gmna yah mbak… q dah gak kuat……….

    • 43. sunflo  |  December 10, 2011 at 8:10 pm

      mmmm gmana ya? Kalau yang namanya jodoh tuh de, pasti ga ngribetin, ga bikin kita merana, n ga nyusahin kita… Jadi awali semuanya dengan baik tuk menuju jenjang yang lebih serius.

      mmm… kalau yg sampe bikin kurus kering n puyeng kek gini, palagi ga mau jaga perasaan n hati kita kek gini seeh, ditambah lagi sakit malah dicuekin …

      mending ga usah dilanjutin deeeh…. berarti dia belum dewasa de… belum bisa ngemong istrinya kelak, malah makan hati aja yang jadi istrinya ntar…

      tinggalin ajah deh… sambil berdoa kepadaNya, kalau dia emang jodohmu maka mohon uk dipermudah urusannya, kalau bkan, mohon untuk dijauhkan, dan minta ganti yang lebih baik..

      Nikah tuh bukan untuk minan, kalau tunangan mah belum ada apa-apanya menurut kacamata agama… ga ada akad atau perjanjian yang kuat, baik di bumi dan di langit…

      Malu???

      Ini yang kudu dilalui, udah resiko de… daripada ntar kita malu pas udah nikah kemudian cerai??? Palagi kalau dah punya anak, ebih berabe…

      terbukalah ama ortu, konsultasi dengan mereka secara bijak, Tetangga??? Ga usah dipedulikan . Cuek ajah!

      Terus tanyain ke dia, maunya tuh apa? rembugan bareng lah…. Karena jenjang pernikahan itu bukan mainan….
      Itu aja dulu masukan dariku de….

      Jangan menyiksakan n mengorbankan perasaan diri sendiri …… itu pesenku

      • 44. diedien  |  December 11, 2011 at 9:18 pm

        ok mbak!! thanks y……

  • 45. yanti  |  December 13, 2011 at 12:55 pm

    mba. . .
    aku ini pelanggan setia blogmu lho. . .
    ga jarang juga aku niru cara2nya mba wat bikin macem2 flanel. Nah, sekarang ni aku lagi bikin blog. gimana caranya ya mba biar bisa kesaring ma google waktu disearch?

    pake kata kunci yang paling bayak dicari, kreasi flanel …

    • 46. yanti  |  December 15, 2011 at 7:40 pm

      ok, makasih mba. . .

  • 47. mila  |  December 21, 2011 at 9:01 am

    mba ni punya berapa karyawan yang bantu bikin kreasi flanelnya?atau smuanya murni di kerjain sendiri?

    • 48. novi  |  December 21, 2011 at 9:53 am

      dikerjain sendiri de ma pembantuku doang n sebagian temen, blom terjun ke bisnis murni, krn masih udu kasih perhatian ekstra ke dede

  • 49. Ummu aqib  |  December 21, 2011 at 12:45 pm

    Ass. Slm ukhuwah. Sy adl penggemar diam2 m novi. Mau minta pertimbangan+masukan. Sy ibu 3 anak(5th,2.5th,2.5th) bekerja dg gaji sangat lumayan u sorg wanita (ukrn didaerahku). Dlm wkt dekat Berniat resigh dr t4 kerja krn pengin bs fulltime ndampingi tumbuh kmbg anak.sy pengin coba2 usaha kreasi flanel.kreasi flanel sy pilih krn sejalan dg usaha suami(mainan anak). Tp kdng sy bimbang apakah sy bisa sukses di bidang ini. Mohon saran+tipsnya.

    • 50. novi  |  December 26, 2011 at 6:42 pm

      Flanel meskipun sederhana n sepele bila dikerjakan dengan kesungguhan dan keuletan insyaAllah akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Bila mba ingin sukses di bidang ini, mngkin saran saya, perlu disiapkan menejemen yang cukup kuat di bidang produksi, distribusi dan keuangan. Ditopang dengan permodalan, promosi dan sedikit ilmu menejemen….
      MAsalah ang sering saya jumpai di jalan adalah orderan banyak, tapi kita terjegal dengan kendala waktu dan tenaga sehingga dibutuhkan tenaga bantu untukmendukung usaha kita disamping tetap menjaga kualitas, sehingga kita juga perlu kuat di bidang modal… ]Keknya ga banyak2 banget kok mba utk memulai usaha flanel ini…

      hehehe saya duluhanya bermodal 250rb, di okt 2010..

      Dicoba ya … semoga berhasil dan jangan sungkan tukbertanya dan mencari informasi yang mendukung… ^^

  • 51. hessa purwatiningtyas  |  December 21, 2011 at 3:34 pm

    Assalam…

    mbak,, cari flanel motif dimana ya?? di kota ku ga ada mbak, uda muter2, klo beli online gimana & dimana mbak? trus harga kira2 brapa?
    maturnuwun mbak, mohon bantuannya, maaf ya…

    Waalaikum..

  • 53. dee  |  December 23, 2011 at 7:42 am

    Assalamu’alaikum wr wb
    mbak salam kenal yah… saya dee (sok keren euy). saya dah stgh tahun ini belajar flanel. cari tutorial2 di web, ga tahu dr mana aja. trus td malam kebuka lg blog mbak sunflo, kok famiuliar ya.. kulihat2 karyanya.. ternyata 50% belajar bikinnya dr mbak.. mulai dr jepit bunga, cara melapisi jepit sama pisang (krn hsl yg ndak maksimal, byk yg bilang itu bunga tulip. parah ya..)

    hanya dr kenal karya2nya kok jadi akrab ya.. curhat jg ya mbak..

    saya IRT sejati. blm punya baby tp ga kerja. suami dan saya bercita-cita saya utamakan jd istri dan ibu (insyaAllah) dan bekerjanya dr rumah. tp krn skrg msh mengeksplor dan mengembangkan kemampuan diri, jadinya spt istri yg enak2an di rumah. byk yg protes dr keluarga saya maupun keluarga suami. katanya saya enak2an di rumah, padahal suami kerja keras dan srg keluar kota.
    saya tipe wanita rumahan, klo kerja di luar rumah suka stress. baca di situs2 islami jg byk yg lbh suka wanita bekerja jika belum punya baby… kadang saya bertanya2 apa saya yg malas bekerja yah? salahkah jika saya jd istri saja? salahkah saya yang tidak mau klo jadi penyokong keluarga, krn srg melihat istri yg karier, suami lama2 merasa mencari nafkah kewajiban berdua

    trm ksh sebelumnya

    • 54. novi  |  December 26, 2011 at 6:55 pm

      wa’alaikumussalam warahmatulah…
      Siiip masyaallah… mulia banget n hanifah (lurus) banget keinginanmu de.. Ga salah secara syar’i..karena yang berperan utama cari nafkah ya suami,, tinggal kita menyokong dan mendukung usaha suami, memberikan ketenangan dan menghiburnya di kala kesempitan.

      Ade ga malas kok, n kalau kita mau bantu suami dalam hal ekonomi dari rumah , boleh2 sajaa… asal tidak menggeser tugas utama kita sebagai istri.

      So jangan berkecil hati, pandai2 aja ngomong ke mereka yang belum paham dengan cara yang bijak ya .. jangan disertai dengan emosi…

      selamat belajar flanel dan kelak bisa membuka usaha di bidang ini^^

  • 55. sherlockfan  |  December 28, 2011 at 1:29 pm

    halo mbak
    saya mau cerita nih, alkisah saya pengen jdi detektif
    tpi pas ada kasus saya kok ga bs mecahin yak mbak
    temen2 saya kyknya dukung berat saya tpi saya masih bengong pas ada kasus mbak….
    trus ya mbak felt saya kok ga rapi2 ya mbak xD
    oh ya, saya ini kan msih sd mbak, tpi mines saya mata kiri 6,71 mata kanan 5
    sehingga saya pake kacamata tebel. tapi saya ga bs ngilangin hobi saya bermain komp mbak.
    gimana mbak? thx mbak novi pling canteks

    • 56. novi  |  December 30, 2011 at 11:40 pm

      adoooh… #garuk2 kepala …..πŸ™„ (piye olehe njawab kie?? )
      πŸ™‚ gini de….aq juga seneng jadi detektif, tapi gagal ajah neh. tapi suerr sneng ya berlagak kek detektif… Hmmmm, lanjutkan hobi satumu itu dengan banyak latihan biar terasahh jiwa dan naluri serta kepekaan detektifnya… OK??

      Sama ajah dengan ngefelt,kudu banyak latihan juga, biar tangan tuh jadi lentur n lemes sehingga jahitan bisa halus mulus ga kek jaitan pada karung goniπŸ˜†

      Masalah mata??coba minum jus wortel yangbanyak, banyakin makan sayur… pake obat herbal, barangkali bisa mengurangi.Ga ngaruh main komputer ma masalah mata, asala jarak pandangnya yang realistis, ga 10 cm dari layar monitor.. hehehe…

      enjoy your interest, nikmati hari dan kegiatanmu … ^^

      • 57. sherlockfan  |  January 5, 2012 at 8:12 pm

        waduh saya seneng tenan mbak novi jawab :DD oke2 saya coba terima kasih xDD

  • 58. Sary  |  December 29, 2011 at 12:37 pm

    Mbak aku seneng berkreasi dgn kain flanel. Kakak2 dorong aku untuk keluarin bakatku itu. Aku juga kepengen kayak Mbak Novi, bisa sukses karna hobby kita sendiri. Tapi kenapa ya mbak, aku gak PD….Banyak hal yang belum aku mengerti caranya menjahit ataupun menciptakan ide dipikiranku menjadi nyata. Aku pengen belajar banyak……tapi aku gak tau harus mulai dari mana. Selama ini aku hanya mentok pada buku flanel yang aku beli, tapi buat mengembangkannya menjadi kreasi baru aku kurang bisa. Kalo Mbak Novi dulu, bagaimana awal Mbak Novi memulai bisnis flanel ini hingga sukses seperti sekarang. Dan apa yang harus aku perbuat untuk lebih lagi bisa berkarya?

    • 59. novi  |  December 30, 2011 at 11:44 pm

      nah.. ga pede itulah yang menghambat keberhasilan…. (pssssstttttttt orang2 anggap aku hebat karena aq kepedean neeehπŸ˜† ) Jadi buang tuh mindernya….

      Semua bisa dipelajari kok de,ilmu yang tamak mata bisa dipelajari dengan atau tanpa guru… Mmmm, coba ikuti acara flanelku di blog ini dari awal, kamu pasti akan liat perkembangan kemampuan craftingku… Dari yang jelek ampe yang rada mending. Semua butuh proses… Kunciku: .. masalah ide, aku suka iat2 karya orang lain di internet,trus aq utak/ik sendiri, nah… seama masa utak/ik ini kemudian timbul. ide sehingga ga sama persis kek yang kita contek…

      aq beum sukses de,masih juga taraf belajar kok.. ya karena aq kelewat pede,jadi orang2 anggap aq ini guru mereka n ……….. hebat gtuuuh… heheheh

  • 60. nOn_v3  |  December 30, 2011 at 10:22 pm

    Assalamualaikum..
    pengen ikutan curhat nie mbak, mbak aq punya temen cwe bisa dibilang lebih dari sahabat, tp shbt aq nie sering skali mngalami kesusahan n sering bgt nangis, nah aku tuh plobia dgn air mata, gak tega bgt klo liat org nangis jd aq harus gmn? aq slalu bantu hal2 kecil misalnya dgn menghiburnya tp tu aq lakukan lwt sms/chat coz klo ktemu tuh aq gk bisa liat wajahnya atw tatap mukanya, dari raut wajahnya itu dia menyimpan byk skali beban pikiran… aku harus gmn nie mbak???
    Makasih….

    • 61. novi  |  December 30, 2011 at 11:48 pm

      wa’alaikumussalam..

      tetep hibur dia, pelan2 dan coba agar dia mau terbuka tuk ungkapkan bebannya… Nangis itu adalah cara dia tuk ungkapin beban di hatinya, biar sedikit agak lega meski ga memberikan jalan keluar.

      N…coba deh tuk menyingkirkan phobia ma air mata, toh bagaimanapun jua, berhadapan langsung tuk menghibur seseorang itu jauh lebih berarti n bisa membuka jalan bagi dia tuk ungkapkan beban yang dia derita….

      btw…. suruh curhat ajah ma aq… yaaah,mumpung aq lagi hepi neh, n lagi ga peduli ma masalahku… jadi rada fresh nie pikiran.. heheheh

  • 62. Fitri Sang BidanCintaa  |  December 30, 2011 at 10:32 pm

    mbak FB-nya apa??

  • 64. Tri sulies  |  January 7, 2012 at 3:14 am

    mba novi aku mau curhat sedikit ini mengenai aku,kakakku dan kakak iparku (cowok) kakak iparku engga suka sama kucing singkatnya aku dan kakak iparku salah paham melulu puncaknya aku marah sama kakak iparku malam jumat kemaren dan sekarang aku menyesal aku harus minta maaf sama kakakku atau sama kakak iparku atau dengan keduanya? kenapa ya kalau habis marah-marah pasti meyesalnya belakangan?dan bagaimana mengatasi amarah bila amarah itu datang? Makasih Mba udah baca curhatku ini

    • 65. novi  |  January 24, 2012 at 6:58 am

      minta maaf kedua2nya de.. bagaimanapun juga meminta maaf itu lebih baik… meski kita ga bersalah, setau qta, tapi brgkali ada sikap n perkataan kita yang ga disengaja ternyata menyakiti hati org lain.

      emang marah selalu bikin penyesalan.. marah tuh bukan solusi dan bukan pendewasaan… akan lebih baik bila kita bersabar , lapang hati dan bijak menyikapi,.. tapi itu suliiit, butuh kebesaran hati.. tapi bila kita bisa melaluinya, berarti kita mendapatkan satu poin, yaitu.. tmbah dewasa.. maaaf yaaah, telat jawabnya…. semoga dah baikan hubungannya dengan keluarga, bis adimusyawarahkan n dibicarakan kok bila ada silang pendapat..

  • 66. sang pemerhati  |  January 15, 2012 at 5:24 am

    Asalamualaikum, mbak nama saya herlin saya dari Bogor salam kenal. saya sekarang lagi liburan, searching2 buat ngisi liburan timbul keinginan buat kreasi felt, eh ternyata ketemu blog mbak. saya senang sekali bisa berkenalan dgn mbak. . .terima kasih mbak untuk segudang tutornya. . .mbak saya juga tertarik nih buat menjadikan felt sebagai program recruietmen akhwat2 dikampus aku, lumayan siapa tahu bisa menarik mereka hehehe

    • 67. novi  |  January 24, 2012 at 10:51 am

      wa’alaikumussalam… semoga bisa mengambil manfaat yang lebih dari blog ini yah de… bagus juga idenya, mumpung ade masih kuliah, masih panjang jalan n punya waktu banyak…
      jadi silahkan belajar dari blog ini semoga bermnafaat n kembangkan kreativitasnya tuk merambah ke dunia bisnis kecil2an

  • 68. teyafatiah  |  February 12, 2012 at 12:03 pm

    Assalamu’alaikum,,
    Mnak,,saya fatiah salam kenal yaaa
    saya sdg sibuk2 ngurusin skripsi..tapi malez banget..proposal pun belum bikin,rencananya penelitiannya ditempat saya bekerja..
    karena sudah lama ga kmpus,jd males ke sana ke sini cari info..
    sekarang malah semangatnya kerja ketimbang ngurusin skripsi,,tapi klo di liat2 saya ketinggalan sama temen2 yang udah mulai..tapi ngilangin malesnya itu gimana???

    mohon saran nya y mba,,trima kasihπŸ™‚

    • 69. novi  |  February 12, 2012 at 3:10 pm

      wa’alaikumussalam,

      kenal juga de…
      wah keknya harus ditumbuhkan semangat dari dalam diri de.. perangi kemalasann yang ada… mau ga mau kita harus maju…sayang kan tinggal selangkah lagi salah satu kerja kita dalam hidup ini kelar, berganti dengan kerja yang lain..

      ujian akhir selesaikan skripsi sering tersandung dengan ujian itu sendiri yaitu rasa malas, aq dulu juga pernah ngalami. tapi giliran liat temen2 dah pada kelar, kita tambah terpuruk, panas..

      makanya rasa malas yang ada perlu dilawan, ngilanginnya?

      dengan doa de, mohon padaNya agar dihindarkan dari rasa malas itu, berulaang kali, yang kedua, sekuat tenaga menumbuhkan semangat dr diri, misalnya melihat apa yang bisa memotivasi kita, misal: gmana kerja keras n harapan ortu agar kita bisa selesaikan kuliah, sayang biaya yang telah kita keluarkan selama ini, klokita ngalah, …mubadzir namanya.

      terus coba nyari teman senasib n sepenanggingan yang sama2 kerjain skripse, kerja bareng2 sepertinya bisa menimbulkan semangat tersendiri, beda dengan bila kita kerjain sendirian…

      itu dulu deh keknya saranku… dicobain yah

  • 70. Yuniko Galuh  |  February 25, 2012 at 3:48 pm

    Salam kenal mba Novi
    aku cuma mau bilang :
    “your my inspiration and thank you very much for the lesson”
    sekianπŸ˜€

    • 71. novi  |  February 29, 2012 at 1:19 pm

      kenal juga de.. makasiih banget, doain aq selalu yah…

  • 72. bunda ridho  |  February 25, 2012 at 11:38 pm

    mba novi sya ingin banget buka usaha kecil2lan souvenir dari kain fanel,,krn ditmpt saya gk ada yg jual souvenir,,,kalu mau beli luar daerah,,,,,,,saya ingin banget jual souvenir ini,,,,langka2 yg pertama harus lakukan gimana mba tolong donk mba masukanya

    • 73. novi  |  February 29, 2012 at 1:18 pm

      belajar berkreasi dulu, PD ajah ga perlu minder, selalu mencoba hal2 baru dalam hal felt craft, terus mencoba masarin di lokal ajah dulu, baru coba pasang kreasinya di FB, trus add temen2 yang banyak, rajin aplod kreasi… dah itu dulu tipsnya.. aq dulu bermodal awal 250rb dah jadi kreasi, terus aq pasarin di anak2 sekolah sekitar rumahku.

      • 74. bunda ridho  |  March 11, 2012 at 8:07 pm

        allhmdulilah sedikit2 bisa saya pelajarin,,,dan saya jg ikut saranya mba nov,,,jual ketemen2,,skrng lg pasang diifb,,,masalhnya mba disni bahannya mahal banget,,diinternet hanya 16 ribu permeter tp dinunukan harganya sampe 35 ribu permetrnya,,,,terus kalu diinternet blja ongkirnya yg mahal ,,jd binggung sendiri mba,,,,ya saya jg modal gk banyak mba,,,,semuanya saya lakukan butuh dgn kesabaran,,,,,pelan2 asal kelakon heheheheheheeh,,

  • 75. indrachan  |  March 1, 2012 at 11:53 am

    assalamuallaikum mbak… salam kenal ya… kmarin pernah comment sich… hehe.. mbak gmna caranya agar bisa lebih bersabar.. aku kan dah nikah hampir 6 bulan ini tapi blm juga ada tanda2 mw hamil padahal dah pengen buanget… aku dah nglepasin kerjaanku biar bisa banyak istirahat soalnya kalo malam masih kuliah.. kmrn smpet dah telat 10hari tpi ternyata masih m juga… pdhal dah geer gitu… hiks hiks.. aku tau Allah lebih tau yang terbaik untuk kita… tapi yang namanya dah pengen kan mbak g bisa ditolak… jdi sering nangis klo inget hal ini… kasih nasehat dong mbak..

    • 76. novi  |  March 1, 2012 at 12:11 pm

      wa’alaikumussalam.. iya de, emang dah fitrah rang yang dah nikah, pastilah menanti sang buah hati. Sabar de ya… insyaAllah apa2 yang Allah tetapka atas kita itu yang terbaik buat kita saat itu…
      – cobalah tuk banyak sharing ma keluarga yang lama belom dkasih momongan, insyaAlla akan menambah kesabaran kita, masih ada yang adi bawah kita…
      – coba mengingat mereka2 yang belum menemukan jodoh hingga usia tua, dan bercermin dengan kondisi kita. semoga bisa menambah rasa syukur kita
      – banyak berdoa dan banyakin istighfar, ada dalam surat Nuh tuh, kalau kita beristighfar padaNya, maka Dia kan menambahkan kita anak dan kekayaan yang kita minta
      – isi dengan sesuatu yang bermanfaat… mumpung masih blom ada momongan… perbanyak tabungan materi dan spiritual, mungkin nie.. ngumpul2 buat beli rumah sendiri, biar ntar kalo dah ada buah hati ga kontrak lagi hehehe

      Btw….

      aq menanti buah hatiku selama 11 tahun de….😦
      Alhamdulillah Allah kasih di tahun 2010 kemarin aq hamil, setelah aq off dari kerjaku, dan dibawa refresh oleh suamiku ke saudi.

      Dah banyak omongan yang bikin pedes kuping aq terima, dah tebel muka dan kupingku kalau dengerin omongan org kenapa lama ga punya anak.

      aq isi hari2ku selama penantian dengan hal2 yang bermanfaat.. meski kadang bete juga..

      dan semua banyak hikmahnya… Kala aq masih dalam penantian Allah kasih kenikmatan yang tiada tara nikmatnya…. aq banyak bereksplorasi… dan yang terindah, aq bisa mnunaikan haji dalam kondisi masih fit, ga banyak tanggungan, n masih muda…πŸ™‚

      Dia sempurnakan nikmatNya padaku dengan hadirnya buah hati yang telah lama aq nanti… aqhamil dalam usia kepala tiga neh…. hehehe

      yakinlah semua ada hikmah dan nikmat terindah akan Dia berikan bila saatnya telah tiba nanti… sabar yaaaaaaah… banyak ambil pelajaran dari pasangan yang belom dikaruniai momongan.. ok??

  • 77. indrachan  |  March 2, 2012 at 9:40 am

    jazakillah nasehatnya mbak.. ya.. memang harus lebih bersabar dan berusaha.. semoga aja Allah beri kesabaran yang lebih padaku ( soalnya aq orgnya g sabaran ).. oya menurut mbak apakah perbuatan qta yang lalu2 mempengaruhi masa depan qta? msalnya, Allah belum mengabulkan doa qta karena dulu qta pernah begini atau begitu yang tidak Allah sukai… nanya lagi gpapa ya… hehe

  • 78. shafar atin  |  March 6, 2012 at 8:09 pm

    gimana ya ba’ ketika aku ngerjain tugas hasilnya tidak ada yang bener hingga saya males untuk ngerjainnya

  • 79. ANITA MELAS  |  March 22, 2012 at 9:19 am

    CURHAT AJAH…BNER2 GK ADIL NIH ORG KANTOR..DI SAAT MRK GK BUTUH AQ..AQ D BUANG K TEMPAT LAIN…MRK GK INGET DLU WKT MSIH JAYA BRSM2..MBAK AQ PINGIN PUNYA USAHA SAMPINGAN…

  • 80. thatya  |  April 10, 2012 at 4:43 pm

    mbak,aku mau nanya,aku masih muda,
    tapi aku ingin membuka usaha kecil2 lan.
    apa usaha mbak iinii modal nya besar mbak??

    ga,minimal 250rebu dah dapat de

  • 81. vey  |  April 13, 2012 at 10:59 am

    mbak buat bros dari bulu ga? aku pengen buat mbk tapi ga dpt bahan nya…masak sampe ke bawa mimpi belanja bahn2 bulu banyak bgt…bantuin donk mbk..
    aku juga ad problem mbk klo mau mulai usaha sering takut trauma gagal gitu, ad ga cara biar nyingkirin tu perasaan

    makasih…

  • 82. yani sofiananingsih  |  April 23, 2012 at 3:41 pm

    mbk…. aku pengen ikut curhat. aku punya pacar, awalnya dia perhatian bgt tp sekarang ud g lg seakan aku ud g punya pcr lg. padhl aku ud berusaha nanya alasan knp bs jauhin aku tp dia g mw jawab. aku bingung bgt mbk…..

    waah….itu berarti mulai ada yang lain di hatinya de.. emang pacaran tuh ga adajaminan apalagi garansi.. dan seringnya cewek ada di pihak yang rrentan… krn hatinya lemah. mmm, kamu dah terlanjur sayang n cinta yah.. tapi jgn sampai buta atau dibutakan oleh cinta de. sesuatu yang lepas dr kita tuh, berarti bukan jodoh kita de. meski kita berusaha mendapatkan sekuat tenaga. gini ajah, sekarang cobalah menaa hati, perbaiki gengsi dan jaimna,jgn lah kita menjatuhkan harga di depan cowo.. tetep bergaul api jaga batasan2nya. so, dg demikian kita juga dengan sendirinya akan berharga n disegani, insyaallah akan dapat pasangan hidup yang baik n bertanggung jawab, bukan pengecut ataupun pecundang.

    udaaah ga usah sedih.. dia pergi ya udah suruh aja pergi, berarti Alahh masih jaga kamu, dan akan menggantikan ddengan yang lebih baik. jangan pacaran dulu lah… soanya duka karena cinta, deritanya tiadatara, mending kalau ada yang serius, langsung aja di proses menuju ke arah yang lebih mengikat lagi.. ga bagus ah pacaran lama2 tuh.. atau.. ga bagus ah pacaran tuh… hehehehe

  • 83. ailyvan nirjaf  |  May 30, 2012 at 10:53 pm

    Mbax, aku mw cerita,, aq masih SMP, tapi aq sukaaa bgt bkin kreasi dari flanel, sebelum ketemu blog ini, aku udah mulai jualan pernak pernik flanel brg 2 tmnku di sekolah. Yang beli juga lumayan. Tapi aku kadang ngerasa gimana gitu kalo lihat temen lain juga jualan tapi lebih baik dri punya aku, aku ngerasa tersaingi. Kadang perasaan itu bkin aku minder n bad mood. Apalagi sekolah aku mw ngadain acara, guru aku nyuruh aku buat jualan. Gimana caranya kuat in aku nghadapin dunia bisnis yg rata2 udah dewasa dan ngerti bisnis/perdagangan. Sekian..

    • 84. sunflo  |  September 14, 2012 at 9:45 am

      kuncinya percaya diri n yakin bahwa Alah dah atur semua rizqi bagi para hambaNya. dah itu aja. Maju terus pantang mundur!! tetap berkreasi n mencoba setiap peluang n celah yang ada

  • 85. indri  |  June 16, 2012 at 6:17 am

    mbak pengen taunting cara bungkus topless yg rapi nih… trap bungkus topless sll ngejerendul smua T.T

    • 86. sunflo  |  September 14, 2012 at 9:47 am

      pelan2 de trus ngelemnya jangan sekalian, satu bagian satu bagan ntar aq share tekniknya ya kalo aq dah sembuh n enakan neh

  • 87. Ayu Triyana  |  June 24, 2012 at 2:11 am

    πŸ™‚
    assalamu’alaikum..
    Salam kenal…
    Aku suka bgt sama kreasi2 felt.a!
    Aku pngen bgt jadi pengusaha d bidang kerajinan/souvenir,tp blm ada keahlian…pengen jg jd designer baju muslimah…tp gatau harus mulai dari mana…karena aku jg baru berumur 19…
    Kepingin bgt punya usaha buat modal kuliah…karena cita2 ku slain pngusaha yaitu guru..
    Kira2 hrus gmana ya,Bu Novi yg baik hati?

    • 88. sunflo  |  September 14, 2012 at 9:49 am

      coba tekuni salah satunya dulu. jangan keburu buru pingin bisa semuanya. kunci dari bisnis itu tekun n teaten serta sabar .. coba kursus atau perdalam dulu yah satu hal yang kamu minati

  • 89. Vie  |  July 6, 2012 at 12:31 am

    Aku pengen tanyk mbak bgaimna buat aku sabar dalam ngadapin suami

    • 90. sunflo  |  September 14, 2012 at 9:56 am

      ikhlas nrima segala lebih n kurangnya, ikhas nrima da sebagai pendamping hidup, dan yakin kalo sabar dlm mempergaulinya dengan baik kita akan dapat pahala yang besar dariNya itu aja kuncinya.

      sambil terus berdoa agar ditunjuki mana yang terbaik pokoknya jangan menyandarkan ada diri sendir n manusia, ga akan kuat sandarkan semuanya hanya kepada Allah

  • 91. selvi  |  September 6, 2012 at 9:11 pm

    assalamualaikum mba..
    kyax seru ne mba curhat”an d’sni..
    jd pngen ikut jg, hehe
    aku pux pcar ne mba, insya allah ya jd calon suami jg,hehe
    kita bdua bru” aja mulai usaha” dr kain flanel ne mba, msh kcil”an bngt, n msh biasa” jg bntukx, hehe..
    kdng sih saya krng pede ma hsil karya sndri, hehe
    gimana ya mba supaya usaha kita bdua bisa sukses, n ga ada yg saling egois, bisa sling ngbantu, n smoga usaha ini jg bs bkin kita smakin dkat,amiinn..hehe
    oya sya kan jg msh kuliah ne d’luar kota asal saya, dan cwo saya jg kerja, pastix kita ga pux bnyk wktu mba utk ngbuat karya” kita, jd gimana ya mba supaya saya n cwo saya msh ttp bisa ngjalanin usaha kita bedua walaupun kita ga dlm 1 kota, sdangkan cwo saya jg blm trlalu bisa..
    satu lagi ne mba, gimana sih cara ngelola keuanganx..
    makasih ya mba sbelumx, hehe

    • 92. sunflo  |  September 14, 2012 at 10:05 am

      harus ada komitmen dan kerja keras serta kesungguhan dlm menjalankan bisnis ini
      aq sarankan buat fokus n ga setengah2 karena klo dipandang sebagai sampingan yaa akan terus ke samping melulu hehehhehe…

      ngelola keuangan ?? kudu tertib n tegas de biar ga bolong… secara detailnya mungkin perlu ada sedikit ilmu akunting, tapi klo aq prinsipnya ya kedua hal itu

      • 93. selvi  |  September 19, 2012 at 7:39 pm

        oke deh mba,,
        makasih ya mba saranx..
        mohon doanya ya smoga usaha kami lancar, n kami bisa cpet merid..
        amiiinnnπŸ™‚

  • 94. rea  |  September 17, 2012 at 8:55 am

    mbag q binggung ne mau naxa, ntar sore saya kan mulai ngelesi anag sd kelas 1, tapi saya belum pera ngajar , gmn mbag cara caraanya ,…. makasi

    • 95. sunflo  |  September 17, 2012 at 9:39 am

      yang alami aja kek ngajari adeknya ga usah grogi or gugup

  • 96. eva  |  September 19, 2012 at 9:46 am

    mbak ada jual kain felt nya aja ngak??

  • 97. Ethy  |  September 19, 2012 at 4:06 pm

    Quh lagi brantam nea dngn cowok ku..
    Karna dia nuduh aks selingkuh.
    Padahal quh ndax ada selingkuh.
    Lelaki yang pernah gonceng aku itu haya teman sekelas.
    Tapi dy tetap gak percaya dan dia langsung ngomong kasar ke aku.

  • 98. luthfiyah  |  October 30, 2012 at 10:17 am

    mbak q mau mulai bisnis olshop tp kok rasanya mau campur aduk gmana mbak caranya biar aq legowo?

  • 99. bali free guide,  |  November 6, 2012 at 5:56 pm

    I don’t create a lot of comments, however i did a few searching and wound up here Curhat Bareng Novi « sunflower. And I do have a few questions for you if you don’t mind.
    Is it simply me or does it appear like some of these responses appear as if they are left by
    brain dead folks?πŸ˜› And, if you are writing at additional social sites, I’d like to keep up with anything fresh you have to post. Would you list of all of all your social sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

  • 100. Taman Berbagi  |  November 7, 2012 at 6:13 pm

    Assalamualaikum mbak Novii..
    Sudah lama nih ngga ngobrol dengan mba Novi, apa kabar??
    Gimana kabarnya Bariro? moga selalu sehat ya?, Bariro dah punya adek belum?..

    Mbak, aku mau curhat nih, aku punya 2 temen deket, terus kalau aku deket dengan fulanah 1, fulanah 2-nya kesel gitu deh, ga suka ngeliat aku deket sama fulanah 1, tapi kalau aku deket sama fulanah 2, fulanah 1 juga begitu, aku jadi bingung mbak..

    Padahal mereka itu sama-sama baik akhlaknya, tutur katanya juga.. aku juga ga ngerti kenapa mereka begitu, keduanya saling menyalahkan dan melarang aku dekat dengan ‘dia’ itu karena berbagai sebab..

    Nah, menurut mbak Novi gimana tuh sebaiknya??

    Gitu aja mbak, Jazakallah Khairan,
    salam buat Bariro.

  • 101. ranisa  |  November 11, 2012 at 7:03 pm

    mbak… aku pengen curhat. masalah rumah tangga…

  • 102. shanty.lahat  |  December 5, 2012 at 11:30 am

    mbg ak pngen curhat nuii,,,

  • 103. Risma  |  January 4, 2013 at 10:31 pm

    Apa solusinya mbak?

  • 104. Fera  |  March 29, 2013 at 10:49 pm

    saya mau saranx mbak.
    Kan saya pingin kuliah di luar daerah ni v ortu tdk kasih,dia nyuruh saya kuliah di daerah sendiri v saya pingin bnget kuliah di luar v bapak saya tdk kasih.mohon saranx

  • 105. anggunista  |  May 3, 2013 at 7:43 pm

    Saya org baru di blog ini. Saya mau curhat mba novi…
    Waktu itu ada anak baru di kelas saya. Awalnya sih cuma iseng aja buat taruhan sama teman. ” dalam waktu 2 minggu dia harus udh dekat sama anak baru( tinggi trus itam manis)”. Waktu aku mintain nmorxa sama teman sebangkunya, eh malah aku yg di gosippin suka sama dia. Jadi si A geliatin aku terus tiap hari. Aku sering liat dia curi pandang ke aku. Udh stgh tahun sikapnya ke aku masih kyk gitu2 aj. Aku sih emang gak dekat bahkan gak pernah ngomong sama dia sampe sekarang. 1 bulan yg lalu dia jadian sama sahabatku satu kelas, tapi tiap dia berdua duaan, dia ngeliatin aku terus, kyk mau bikin aku cemburu gitu. Nah, sekarang kan mereka udh putus udh 1 mingguan.
    Sekarang masalahnya si A nembak aku. Jadi aku harus kyk apa sekarang?
    Apa aku harus terima cowok bekas pacar temanku atau aku harus terima karena aku suka sama dia udh lama??

  • 106. Dewi Rani  |  June 7, 2013 at 11:30 am

    Met siang mbak novi,aq(dewi) mau tnya kira2 klo mau buat boneka dri kaini flanel itu cra utk memasang rambutny gmna ya? Trim’s sblumnya

  • 107. n'dzifah  |  June 26, 2013 at 12:27 pm

    assalamualaikum…..mbak novi kangen,

  • 108. vika  |  July 15, 2013 at 11:44 am

    mbk’ aqu bsnis flanel di lampung…
    d lampung 1 meter flanel 17.500, d sana brp ya mbk?

  • 109. Dhelia  |  August 24, 2013 at 8:50 am

    Kak saya lia,saya mau curhat nich kak, saya punya pacar selisih 5 tahun sama saya, saya juga lulusan SMA dan mau kuliah sedangkan kekasih ku hanya seorang kerja pabrik dan dia pernah bilang sama aku dia akan meminta dalam hal tunangan tetapi orang tua saya gak mengizinkan dengan keseriusan dya kak, setiap hari saya coba bicara kalau dengan niat baik kekasih ku untuk meminta ku hanya dengan status tunangan, bagaimana agar orang tua bisa berkata ” Ya di izinkan untuk tunangan ”
    rasanya seneng banget kak. . .
    Tolong kasih solusinya ya kak kita sudah menjalin hubungan sudah 3 tahun kak. . .
    Kita ingin ke jenjang yang lebih serius sampai ke pelaminan kak. . .
    Tolong kasih solusinya ya kak, orang tua saya bersifat berwatak keras sangat kak.
    Terimakasih kak

  • 110. Sabila Adina Ramadhani  |  September 17, 2013 at 12:53 pm

    mbak novi aku mau curhat boleh nggak ? boleh ya….. CEKIDOT…
    mbak aku ini cinta dan seneng banget sama yg namanya KAIN FLANEL tapi aku itu selalu lihat web site2 terus jadi gmn pinternya…. aku coba… coba terus tapi nggak ada hasilnya. gmn cranya? aku itu dapat inpirator ya berguna !!!
    mohon dijawab ya oke….

  • 111. ria  |  October 17, 2013 at 4:42 pm

    mba novi minta sarannya dong biar hobi flanel kita bisa terus tersalurkan,, soalnya aq bikin sesuatu tergantung modd,, aq pengen kayak mba novi n temen2 yang laen yang bisa berkreasi terus dengan flanelnya,, mohon masukannya ya mba. makasih mba novi yang baik hati n tidak sombong…

  • 112. pewe  |  October 20, 2013 at 10:34 pm

    Aslm
    mba Nov, ada yg mau pesen souvenir flanel prnikahan ke aku, kira2 yg hargany 1000 atau 1500 atau 2000 per pcs sprti apa ya mb? mohon bantuannya

    • 113. pewe  |  October 20, 2013 at 10:36 pm

      aduh mba..salah posting ya..bkn tempat curhat flanel.😦 maaf

  • 114. ida_khodijah  |  December 4, 2013 at 8:47 pm

    assalamualaikum mba noviiπŸ™‚ aku mau curhat nih mba, gmna ya cara ngehadepin
    pacar yang cuek ?? aku udah bingung nih ngehadepinnya,, kalau sabar mah udah sering lahπŸ™‚ terus aku juga sekarang lagi pengen banget buat boneka dari fanel,, biar ngisi kesepian aja lah …. mohon bantuannya yaa mba..

  • 115. elvira  |  December 9, 2013 at 12:39 pm

    mbak gimana ya,,, pada 3 hari yang lalu qw sms siih dia, aq cuma bilang ke dia sementara ngak sms dulu karna hp qw rusak,, dan 1 hari yg lalu hp qw sudah bisa dan kemaren mlm qw sms dia 1 pesan, diannya balas tapi lama sekali,, dan qw bilang ke dia sms.nya nanti aja qw mw belajar dulu,, tapi diannya ngak blz sms qw,, dan tadi habis sekolah qw sms dia tapi diannya ngak bales juga,, ada apa ya,,,..

  • 116. desi  |  January 7, 2014 at 10:52 am

    kenapa ya suami saxa males jerja padahal udah punya anak 2 apa solusi dan caranya

  • 117. Mrs.K  |  February 6, 2014 at 1:32 pm

    Salaam. Mba apa kabare??

  • 118. Herna adista lovers  |  February 7, 2014 at 12:51 pm

    mba,qmana ya cra.y biar aku ma pcr aku qak bertngkar trus gra” hal yang sepele

  • 119. hanie  |  February 14, 2014 at 10:22 am

    Bunda novi aku mau tanya baby ku uusia 9 bulan apa sudah boleh di kasih seafood seperti cumi atau blekutak… Makassih


%d bloggers like this: