Nektarin: Si Peach yang Mulus

November 3, 2009 at 11:25 am 17 comments

Jalan-jalan lagi ke Hyperpanda, kali ini buah gebetan baruku adalah nectarine (nektarin). Mo nyoba, kek gimana sih rasa salah satu anggota klan Prunus ini?? He..he.., biasa…ajian mumpung yang jadi alasannya..^^ Waktu itu sekotak kecil nektarin isi 11 buah dihargai 11,5 real….

Sampai di rumah, mulailah kucoba kucicipi rasa buah itu. Sebelumnya meraka wajib mejeng dulu sebelum kueksekusi:

DSC08135

Bentuk buahnya mirip apel, mulus banget. Kubelah dia buat tahu kek apa dalam-dalamnya, tapi… hhufh…kok susah sekali misahin biji dari daging buahnya??!! Ini beneran pa becanda neh?? Akhirnya sebagian daging buahnya berhasil juga kupisahkan dari bijinya, walau dengan iris paksa, kek gini:

DSC08187

Bukit tanda tanya tak mau runtuh dari benakku, setelah kumakan, aku jadi semakin heran…kok rasanya kek gini banget?? Aromanya khas Prunus, tapi daging buahnya kok agak keras dan kalo dimakan ada sensasi kriyes-kriyesnya?? Rasanya…??!! Hmmm…gak manis-manis banget, rada asem, tapi seger… malah aku jadi ‘ketakutan’ sendiri sama buah ini (he..he..) Ini buah apaan?? Salahkah daku membelinya??

Akhirnya untuk memupus rasa penasaranku, aku putuskan bergoogling ria. Alhamdulillah aku dapat informasi yang kubutuhkan, sekalian ku share di sini untuk nambah wawasan kita semua, setuju??

Nectarine

(Prunus persica nucipersica)

peach%20on%20tree

Deskripsi:

Nektarin adalah salah satu jenis buah dari keluarga Prunus,  famili Rosaceace, masih ada hubungan kekerabatan ma peach, tepatnya merupakan salah satu varietas dari peach. Nama latinnya ada yang menyebut dengan Prunus persica var. nectarina. Ciri khas yang membedakannya dengan peach adalah tidak adanya bulu-bulu halus di permukaannya. Secara bulu-bulu halus pada permukaan buah ini merupakan ciri khas dari peach itu sendiri.Terkadang, saat bunga peach mengalami polinasi, maka akan dihasilkan dua jenis biji, satu jenis yang akan tumbuh menjadi pohon nektarin dan jenis yang lainnya akan tumbuh menjadi pohon peach itu sendiri. Malah bahkan, di satu pohon peach akan muncul nektarin dan di pohon nektarin akan muncul buah peach!! (Subhanallah…)

Secara fisik, pohon nektarin mempunyai penampilan yang sama dengan pohon peach. Buahnya berwarna merah kekuningan (kuning gading), antara buah yang matang dengan yang belum matang tak dapat dibedakan warnanya, namun rasa manis buahnya diperoleh seiring dengan tingkat kematangannya. Daging buahnya berwarna kuning dengan semburat warna merah jambu di bagian tengah dekat dengan bijinya. Aroma buahnya khas seperti yang dimiliki oleh keluarga prunus lainnya. Rasanya lebih enak dibandingkan dengan peach karena agak keras, tidak lunak dan tidak juicy banget… (ahh..perasaan lebih enakan peach deh, tapi ya ga tau pasti… barangkali yang kubeli ini kualitasnya berada di bawah nektarin yang dirasakan orang-orang yang emang dah akrab ma buah ini).

peachesxBuah nektarin dibedakan menjadi 3 jenis: nektarin tanpa biji (freestone), ini adalah jenis yang paling oke buat dimakan seger-seger, tanpa harus terganggu keberadaan bijinya; nektarin dengan biji yang melekat (clingstone), dimana bijinya melekat kuat pada daging buahnya, merupakan jenis yang paling oke buat dikalengkan dan digunakan untuk masakan karena daging buahnya yang keras, kriyes-kriyes gtu… (oohh… baru tau, yang kubeli ini ternyata masuk ke dalam jenis clingstone … ) dan jenis yang ada di antara keduanya (semi-freestone), keknya bijinya gak nempel banget-banget pada daging buahnya kali yaa…

Asal-usul:

Seperti halnya peach, nektarin berasal dari Cina, 2000 tahun yang lalu, dan telah dikembangbiakan di Persia, Yunani dan Ruma sejak kala itu. Pada abad 17, mulai dikenalkan di Inggris, dan dikenalkan di Amerika oleh orang-orang Spanyol. Kata ‘nectarine‘ itu sendiri artinya semanis nektar, yaitu cairan serupa madu yang terdapat pada bunga yang rasanya manis sekali.

Kandungan nutrisinya:

Nektarin mempunyai kandungan kalori yang rendah, merupakan sumber vitamin A dan C, beta-karoten dan Kalium.

Pengolahannya:

Nektarin yang belum matang bisa diperam pada suhu ruangan, dan yang matang bisa disimpan di lemari es dengan batas penyimpanan maksimal selama 5 hari. Buah ini dapat dimakan secara langsung atau dibuat sebagai campuran salad. Bagi yang mau, bisa juga digunakan sebagai salah satu menu sarapan, dimakan seger-seger dengan irisan-irisan tipis, campur pake yoghurt dan sereal (weekss…makanan orang mana nie..??!!). Biasanya juga bisa digunakan sebagai topping untuk wafel atau pancakes. Bisa juga buat ditambahkan untuk mengolah daging (weleh…untuk lebih jelasnya, silahkan nanya ke om gugel ajah…^^)

Wookkeeii… sekian dulu, semoga postingan ini dapat menambah wawasan bagi kita semua…^^

Entry filed under: artikel, pertama kali. Tags: .

Bulan November Itu… Cara Mantap Nikmati Halawiyat

17 Comments Add your own

  • 1. Ismi Humairo  |  November 3, 2009 at 12:41 pm

    wah, jdi biz jalang2 ke hyper???
    *mulane tak msg g bls2….*

    buah apa lg ntu sista……………, kesemek aja aq lom nemu2, skrg gnti yg ni!!!

    cari dulu kesemek mpe dapat n kasih laporannya yaak…, nie buah dari keluarga prunus, inget ya… prunus bukan primus…^^

    Reply
    • 2. Ismi Humairo  |  November 3, 2009 at 2:23 pm

      ooooooooo prunus… bukan primus??? apanya timus???

      timus?? ga tau si primus suka ga ma yg satu ini…=)

      Reply
      • 3. andry sianipar  |  November 3, 2009 at 7:19 pm

        salam super,,
        ini kunjungan pertama saya..
        blog yang informatif neeh,,,
        saya suka

        weleh…mas sdh 2 kali berkunjung ksini lho…semoga bisa mengambil manfaatnya yaa..

  • 4. sunubiz  |  November 3, 2009 at 1:53 pm

    Hmmm, buah apa tuh? baru liat mba…rasanya gimana??

    katanyaa siih muaniiiiiissss buanget sis, tapi beneran, yg qrasakan kemarin mah…biasa2 ajah, masih enakan buah plum, manisnya berasa banget…^^

    Reply
    • 5. vina  |  January 25, 2013 at 7:00 pm

      mank enak buanget buah ni….
      kl yg kualitas ny OK lbh enak drpd plum n peach…
      muanissss n seger…

      Reply
  • 6. bintangtimur  |  November 3, 2009 at 4:28 pm

    Hehehe…makin banyak aja buah-buah ‘ajaib’ yg mejeng disini😛
    Swear, baru denger dan lihat juga lo, di Indonesia pastinya nggak ada ya…atau ada tapi saya nggak tahu…?
    Btw, hebat banget, rajin survey yg unik2 u/ diposting disini, lengkap dg informasi dari oom google lagi…jadi seneng deh yg baca!

    alhamdulillaah bila bisa memberikan manfaat nih sis…maklum lah sis, betapa ilmu manusia terbatas sekali, makanya harus saling tukar wawasan, ya ga’…yuuk semangat membagi pengetahuaan…^^

    Reply
  • 7. Triunt  |  November 3, 2009 at 4:54 pm

    Ijin Klimaks ya….!!
    Aman..?? Alamendah style….:mrgreen:

    Nektarin, kayak nama obat anti jamur ya.
    Dagtarin…hehehe *ngasal*

    weleh…emang yunt suka ngasal…=)

    Reply
  • 8. Halaman Putih  |  November 3, 2009 at 5:24 pm

    Belum pernah dengar nih. Tapi kayaknya enak juga tuh…

    Salam,
    HALAMAN PUTIH

    semoga dg membaca postingan ini jadi lebih tahu, siapa tahu nie buah bisa mejeng di indo juga…

    Reply
  • 9. kakaakin  |  November 3, 2009 at 5:45 pm

    Beberapa waktu lalu saya pernah lihat buah ini di supermarket. Pengen beli, tapi harganya mahhall banget…🙂 Tapi memang lebih murah dibanding peach. Gak jadi beli deh…
    Ntar nunggu kalo buah nectarine-nya di-sale aja deh, baru beli…:mrgreen:

    yup kalo di indo mahal harganya, tp kalo di saudi kerasa murah, masih kejangkau untuk semua kalangan…^^

    Reply
  • 10. alisnaik  |  November 3, 2009 at 6:59 pm

    sungguh sangat amat disanyangkan sekali, mbak sunflo……

    koneksi internet saya lagi rewel. gambar buahnya nggak mau keluar.

    jadinya saya hanya membaca penjelasan melalui kata kata dan berimajinasi seprti apa bentuk buah nektarin tersebut.🙄

    ntar kan nongol lagi, mang kudu sabar ma si net…tunggu beberapa saat, fakhrul datang lagi…

    Reply
    • 11. alisnaik  |  November 3, 2009 at 7:09 pm

      alhamdulillah.
      gambarnya udah muncul.
      ternyata memang mirip apel ya.
      hmmm… yummi:mrgreen:

      ummm. maaf, saya nggak baca penjelasan buah tersebut yg dapat dari google/wikipedia. cuma baca penjelasan dari mbak Sunflo aja.
      gak apa apa ya?😳

      maksudq tuh, kalo mo lengkap tau gmana cara ngolah nektarin, silahkan nanya gugel, tapi sebagian besar berbahasa inggris… mmm…keknya postinganku ini jadi pioneer rujukan nektarin yg berbahasa indonesia neh….^^

      Reply
  • 12. melianaaryuni  |  November 4, 2009 at 1:34 pm

    Saya pernah lihat bentuh buah yang hampir mirip sama nektarin, yaitu buah plum, bijinya juga melekat dibuah, rasanya ga begitu manis…Kayaknya enakkan anggur, lengkeng, mangga, jeruk, melon, etc. Apa plum n nektarin juga satu family ya,Mbak ?❓

    sama de’, satu keluarga….hmmm kalo ade’ rasain plum eropa, yg warna kulitnya ungu…mmm…muaniiiizz buangetz, mungkin itu plum oriental, warnanya kek nektarin gtu…

    Reply
  • 13. zipoer7  |  November 6, 2009 at 6:38 am

    Salam Takzim
    si buah yang mengundang lapar dan haus, terasa manis dimulut tetapi kurang baik bagi penderita asam urat seperti saya hehehe
    Salam Takzim Batavusqu

    sayang sekali, tapi bisa diganti ma buah yang lain, kesemek misalnya…pernah nyoba yg satu ini??

    Reply
  • 14. motik  |  April 5, 2010 at 11:52 am

    buah nektarin di indo dijual di supermarket mana ya?aku coba cari kok tdk pernah ketemu..
    apa sama dengan buah plum?
    thx.

    keknya blom masuk ke pasaran indonesia yaa… baru sebatas buah plum ajah keknya.. harganya muahaal amiir kan??? hehehe… kalu di saudi alhamdulillaah gampang tuk dapetin buah dr keluarga prunus ini, secara gie musimnya… tp keknya ntar lagi bakalan langka, krn pergantian musim…😦

    Reply
  • 15. jamie  |  June 16, 2010 at 7:12 pm

    Tiap minggu aku pasti belanja buah di “all fresh” mall ambasador. Nah td ngelihat buah yg namanya Nektarin, tapi harganya 117rb per kg. Karena penasaran ya akhirnya beli juga😀
    Trus td googling tentang buah ini akhirnya nemu blog ini😀
    Rasanya gak trlalu manis, tapi jd pengalaman lah, udah pernah nyicip, hehe..
    Thanx bngt atas info tentang buah Nektarin nya..

    sama-sama.. semoga bmanfaat

    Reply
  • 16. amy  |  April 3, 2011 at 11:47 pm

    ass…
    aku jg dh nyoba sist, krn penasaran, tp rasa ny biasa aj tuch..
    btw kasiat ny apaan sich…?

    Reply
  • 17. Erik  |  May 5, 2012 at 8:47 pm

    Bijinya napa ga di tanem, kali aja berbuah, kalo mau tau caranya nanem (Menyemai), ambil bijinya, trus di pecahin pelan pelan dari urat atasnya pake martil, nah nanti dapet deh bijinya kaya kacang kenari, trus ambil wadah yg ada tutupnya (yang bening bekas obat puyer biar keliatan) di kasih kapas basah trus taro deh bijinya di situ (kaya nanem kacang hijau buat kecambah tauge,) trus taro deh di kulkas, bukan di frezernya yah, diemin deh sampe 2 – 4 minggu biar muncul kecambahnya, trus kalo dah berkecambah pindahin deh ke polibag yg ada komposnya, trus pelihara deh biar besar. dah aku coba bisa tumbuh di jkt. tapi ga tau berbuah apa ngga heheheh.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: