Laban: Si Yoghurt Arab

October 20, 2009 at 7:42 pm 18 comments

Produk olahan susu yang beredar di Saudi, banyak macamnya. Salah satunya adalah Laban. Laban adalah produk olahan susu sapi yang difermentasikan, yang sering kita kenal dengan sebutan yoghurt.

Katanya, orang yang pertama kali menemukan yoghurt adalah seorang penggembala domba dari Turki. Ceritanya, sang penggembala domba itu menyimpan susu hasil perahannya pada kantung yang terbuat dari kulit domba. Setelah disimpan beberapa waktu, susu terfermentasi oleh bakteri, sehingga menjadi asam. Teksturnya mengental, tetapi tidak basi. Hasil temuan inilah yang berkembang menjadi yoghurt seperti yang kita kenal sekarang ini.

Saat ini, yoghurt menjadi salah satu bahan pangan yang diterima dengan baik oleh dunia, termasuk di Saudi dan Indonesia, dikarenakan cita rasanya yang khas: lembut, asam, segar dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Yoghurt kaya akan protein yang berguna untuk pertumbuhan sel, vitamin B kompleksnya sangat baik untuk kesehatan reproduksi, kandungan kalsium dan zat besinya yang tinggi dapat mencegah pengeroposan tulang. Dengar-dengar, si laban ini juga bagus untuk kecantikan kulit, baik ketika dalam bentuk minuman ataupun dibuat dalam bentuk olahan lainnya, seperti sabun.

Saat masih di Indonesia, aku suka sekali beli yoghurt yang telah diolah dan dikemas dengan berbagai rasa: melon, stroberi, durian, jeruk dan coklat. Kurogoh uang di saku dengan sukarela untuk sebungkus kecil susu yoghurt asam nan manis itu seharga Rp500,00  di saat jam istirahat sekolah.

Aku sempat tidak menyukai laban atau si yoghurt arab ini. Kenapa?? Pertama kali mencicipi…, kurasakan asem n kuecuuut nian di lidah, tak ada rasa manisnya babar blasss….!! Tak kenal maka tak sayang, bisa karena biasa…begitu kata pepatah. Melihat suamiku yang begitu hobi banget minum laban, pada beberapa kesempatan, aku coba mencicipinya lagi. Kali ini dengan penuh perasaan, sedikit demi sedikit… dan kucampuri dengan ashir (jus) mangga… Hmmmm…… ternyata enak juga…….  =)

Jadilah sekarang aku suka banget sama laban, apalagi diajari variasi cara meminumnya….wooww…semakin deh ketagihan untuk terus…terus… dan terus… menikmatinya.

Beginilah cara menikmati laban ala kami:

laban

Masukkan laban ke dalam kulkas, jangan di freezer karena pernah kami masukkan laban ke dalam freezer malah jadi rusak. Masa kadaluwarsa produk ini adalah 1 minggu. Ada banyak pabrik yang memproduksi laban, namun kami suka produk dari merk ini..

laban n fanta

Carikan pasangan yang match banget ma dia, yaitu fanta merah rasa strawberry…

laban campur fanta

and then… campurkan kedua pasangan sejati itu, aduk rata untuk menikmati manis-asem dan nikmatnya perpaduan mereka,

…atau…

boleh juga gak diaduk… untuk lebih menemukan cita rasa manis di sela-sela nuansa asam yang mendominasinya…

………………

Begitulah tips menikmati laban dari sunflo, semoga bermanfaat bagi sodara-sodara sekalian yang mungkin kelak ikutan terdampar di padang luas nan gersang tak bertepi ini…

Silahkan membayangkan rasanya … ^^

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Mengenal ‘Makanan Rakyat’ Saudi ‘Buah Kaki’ Itu Ternyata…

18 Comments Add your own

  • 1. anny  |  October 22, 2009 at 5:08 am

    Hmmmm yummy…….aku paling suka minum yoghurt, jika ke supermarket yoghurt ini adalah menu jajanan wajib yang harus ada di kulkas, selain buat minuman segar, bisa juga buat campuran masakan berlemak, misalnya steak atau sapi lada hitam dicampur yoghurt yang udah dibubuhi bawang putih cincang hmmm……unik deh

    ini yg lebih expert lagi keknya dech…steak pake yoghurt?? boleh dunk…^^, thx for visiting

    Reply
  • 2. casrudi  |  October 22, 2009 at 10:51 am

    Dooooh… sepertinya nikmat bgt mbaq…😀 Slurrp…

    ho oh…eunak tuenaaan…, kalo blom ada laban, biasanya pake susu bendera sachet, cobain dech…, soda gumbira katanya…

    Reply
    • 3. casrudi  |  October 22, 2009 at 10:53 am

      Klewat, baru lihat fanta versi arab…😀

      sama ajah de’… bedanya cuma tulisannya, pake arabic, n penampilan lebih funky drpada indo punya…^^

      Reply
  • 4. bundadontworry  |  October 24, 2009 at 3:13 pm

    enak ya , saya kebetulan memang suka sama yoghurt.
    kadang2 dapat juga dr teman yg pulang dr sana.
    salam.

    iyach bunda….eunak tuenaan…, coba di indo banyak yang jual kek gtu yach…

    Reply
  • 5. adelays  |  October 25, 2009 at 4:30 am

    Mbak, kalau nanti pulang ke Indonesia, coba cari tau tentang susu yang lagi populer disini. Namanya “CIMORI”.

    Bukan termasuk jenis laban sih…
    udah pernah tau ?

    apaan tuh?? blom pernah tau…ho oh dech, entar dicari sama om gugel…cimori?? mmm…

    Reply
  • 6. bintangtimur  |  October 25, 2009 at 2:14 pm

    Nyesel baru baca sekarang…kalo ke Arab Saudi lagi, kayaknya bisa saya coba deh😛

    hikmahnya…semoga sis sekeluarga bisa kembali mengunjungi saudi, terutama ke tanah suci….aaamiiiiiiin…

    Reply
  • 7. tupaitambun  |  October 31, 2009 at 2:10 am

    hehm…. jadi ngiler saya, mbak… :p
    itu klw di indo beli nya dimana y? ada yang jual ga?? hehe..

    very nice..

    keknya tertarik nyuba yaak? ga tw, coba hunting ajah di swalayan, kek mirip yoghurt gtu…thx

    Reply
  • 8. ant  |  October 31, 2009 at 12:05 pm

    Salaaamm… Tertarik sama Fanta yang Pake huruf hijaiyah hehehe, Coca-Cola n Sprite juga pake huruf hijaiyah ya… waaa di jawa perlu tuh Merek2 luar pake huruf sansekerta hehehe.

    Cara minumnya mirip sama kaya SoGem ya buk… klo pake cola namanya jadi es Mega mendung…. Klo pake Laban apa ya namanya hmmm Es Mega Ndangdut kali yeee…🙂

    Nice tips (sundul tupaitambun)

    cool loh fanta arab….akur dah ma namanya…^^

    Reply
  • 9. Hamani  |  November 2, 2010 at 1:44 am

    Laban memang moi…….aku lebih suka Laban daripada susu, saking sukanya dalam sehari aku dan istri selalu menyertakan Laban ketika makan, bahkan dalam sehari kami bisa menghabiskan Laban 1 Liter lebih. Laban kaya manfaat dan sangat bagi tubuh kita, Laban merek Al Marai adalah Laban Favorit kami. Saya perlu garis bawahi, Yoghurt dan Laban walau sama-sama dari susu akan tetapi mereka berbeda. Yoghurt lebih kental dan asam serta biasa di sajikan dengan aneka juz buah dan lain-lain, sementara Laban lebih cair dan biasa di minum langsung begitu saja dan rasanya lebih gurih dan tidak seasam Yoghurt

    makasih pak, melengkapi postingan di atas nie ulasannya

    Reply
  • 10. Ed  |  January 14, 2011 at 9:24 am

    Pengalaman saya minum LABAN, nikmatnya dicampur produk 7UP yang berwarna bening (pernah diganti produk merk lain yang sejenis, tapi tidak seenak produk 7UP – maaf bukan promosi, tapi hanya pengalaman pribadi). Selama bulan November 2010 di Mekah, saya biasa beli LABAN di Bin Dawood. Saya mengenal LABAN karena istri saya disarankan oleh perawat di kloter kami.

    Mula-mula terasa aneh, karena diminum begitu saja. Setelah dicampur 7UP, nikmat dan segar

    Untuk yang ke Mekah, jangan lupa mencobanya karena tidak ada di Indonesia; beda dengan yoghurt yang ada di Indonesia, Seingat saya harganya SR 7 (2 liter)

    kalo 7up terlalu keras buat saya pak, paling kuatnya cuma fanta… emang laban enak bgt, jadi pingin ke saudi lg neh…

    Reply
  • 11. ganda  |  October 31, 2011 at 10:54 am

    cara buat laban kt teman d qatar susu di tambah garam secukupnya di kocok2 kemudian di biarkan di udara luar terbuka semalaman. mudah2an teman bisa dan tak perlu ke arab saudi.

    Reply
  • 12. Segarnya Laban | muthawif.com  |  November 1, 2011 at 11:42 am

    […] Pengalaman saat pertama minum laban ya hampir mirip seperti apa yang diceritakan oleh penulis dengan nama pena “Sunflo” dalam artikelnya yang berjudul Laban si yoghurt arab. […]

    Reply
  • 13. El Fhivi Arvianto  |  February 8, 2012 at 1:23 pm

    Saya malah muntah minum laban… ketika itu sedang haji th 2011.. saya dapat sodaqoh laban… kirain susu segar.. eh.. mlah kecut mirut kyk minum susu basi… Hueeeeekk… muntah deh… tpi sepulang dari saudi, jadi kangen pngen nicipi laban lagi neh…. Bisa kasih info dmana saya bisa beli laban di indonesia..?

    Reply
  • 14. Segarnya Laban | muthawif.com  |  February 16, 2012 at 10:51 am

    […] Pengalaman saat pertama minum laban juga hampir mirip seperti apa yang diceritakan oleh penulis dengan nama pena “Sunflo” dalam artikelnya yang berjudul Laban si yoghurt arab. […]

    Reply
  • 15. Kulit Domba  |  May 19, 2014 at 4:13 pm

    It’s going to be end of mine day, but before finish I am reading this great piece of writing to increase my know-how.

    Reply
  • 16. Kim Nunnzy  |  January 21, 2015 at 4:28 am

    Laban Nadec ya? Aku suka laban Al-mara’i😀 kalo aku sering pake sama se7Up, Mirinda *-* Fanta juga enak >w<

    Reply
  • 17. Kim Nunnzy  |  January 21, 2015 at 4:32 am

    Hey, ga cuma di Bin Dawood kok =-= di toko-toko kecil juga ada. Di Mustahlek juga ada .-.
    Kebetulan saya tinggal disini :v jadi tau. Laban ga di campur pake apa-apa juga rasanya enak😀

    Reply
  • 18. Sepatu Bayi Dr Flanel - Tips Baju Bayi  |  January 24, 2015 at 1:27 am

    […] Laban: Si Yoghurt Arab | sunflower – Laban: Si Yoghurt Arab October 20, 2009 at 7:42 pm 17 comments Produk olahan susu yang beredar di Saudi, banyak macamnya. Salah satunya adalah Laban. … enak ya , saya kebetulan memang suka sama yoghurt. kadang2 dapat juga dr teman yg pulang dr …… […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: