Sunflo Emang Pake Cadar

May 16, 2010 at 4:01 am 152 comments

Jumpa lagi dengan aku, temans… ^^

Fyuuh… pada postingan ini akhirnya sunflo menampakkan dirinya  yaa’ … :mrgreen:  … dengan gaya kenarsisan ala dia banget… (halah!!)

Yaah… begitulah, temans …. Sunflo yang kalian kenal selama ini … yang ramah (ehm…!!), seru… heboh… dengan gaya kocaknya … ternyata kek gtu ya ‘penampakan’nya… hehehe…

Yup… Sunflo emang pake cadar … Penampilan yang selama ini masih dipandang sebelah mata bin aneh plus menyeramkan bagi sebagian warga negara Indonesia raya tercinta ini … ^^

Huuuuuuuuu… apalagi kalau udah dikaitkan ma teroris … weezzzz … lengkap sudah ketidaksukaannya pada penampilan model kek gini dech … 

Hikz … sunflo kan cuma pingin berteman ma kalian … gak galak… gak serem n gak kejam kok … beneran dech … 

Hehehe… kok jadi merajuk kek gtu …:mrgreen:

Betewe… pingin tau ga tentang gimana seeh sebenernya feremfuan yang pake cadar tuh?? Intip pengalamanku yuuu’ … Seru deh keknya…. ( meng-GR-kan diri neh… ) … biar kalian punya gambaran dan meluruskan imej yang selama ini terbentuk, okeh?? Maree …

***

Sejak Kapan Berpenampilan Kek Gtu??

Aku pake cadar sejak di Indonesia, 9 tahun yang lalu … Qadarullaah… sekarang berada di negeri yang para feremfuannya bercadar… jadi klop dech… alhamdulillaah…🙂

Aku mengenakan ini atas kemauanku sendiri, bukan paksaan dari hubby atau siapapun … Secara aku tahu terjadi perbedaan pendapat tentang masalah cadar… Ada yang mewajibkan dan ada pula yang berpegang bahwa itu adalah sunnah yang diutamakan… Meskipun aku memegang pendapat, bahwa cadar itu sunnah… tapi aku tetep memakainya juga… ^^

Kenapa??

Karena aku merasa nyaman ajah dengan memakai pakaian ini … ^^

***

Tantangan dari Keluarga??

Memutuskan untuk memakai pakaian luar yang berbeda dari kebanyakan manusia, jelas menghadapi banyak kendala dan tantangan.

Awalnya aku terapkan sistem buka tutup di lingkungan keluargaku… sambil memberikan pemahaman tentang prinsip yang kuambil… secara ortuku ya kek orang kebanyakan yang kurang paham akan ajaran-ajaran agama ini.

Alhamdulillaah… hubby adalah menantu kesayangan ortuku, so… apapun keputusan yang dia ambil terhadapku, diserahkan 100% pada hubby… ^^

Dan untuk di kalangan keluarga hubby sih, alhamdulillah kagak ada masalah… Sampai saat ini pun, paman-paman dan misan laki-laki hubby belum pernah lihat wajahku sekalipun sejak aku masuk dalam keluarga besar hubby… hehehe… Meskipun khusus dengan paman-paman hubby, secara mereka orang tuaku juga, aku juga berinteraksi (ngobrol, beramah tamah) dengan beliau-beliau dengan tetap menjaga batasan-batasannya…

***

Tantangan dari masyarakat??

So pasti lah… orang-orang pada usil berkomentar terhadap penampilanku … Sebutan ninja, kura-kura ninja, teroris, aliran sesat … dan yang terakhir mereka bilangin aku ninja hatori ….  :lol:  … sudah jadi makanan pokok telingaku … hehehe

Awal-awal diejek dengan sebutan kek gtu… jelas bikin darahku naik … n kepalaku serasa berasap dech … tapi lama kelamaan kebal juga jadinya neeeh… sante aja lagi … Mereka mo ejek aku dengan sebutan apapun… itu semua tak membuatku melepas prinsip-prinsip hidupku ini kok … hehehe… Anjing menggonggong, kafilah berlalu … katanya…:mrgreen:

***

Tentang Teroris??

Nah … ini dia yang rame … ^^ Maraknya kasus terorisme, khususnya di negeri kita… jelas bikin posisi aku rada tersudut juga neh pada awalnya… Secara penampilan yang sama untuk para wanitanya (bercadar) dan prianya (berjenggot) dari orang-orang yang diduga pelaku ataupun yang mengikuti organisasi terorisme tersebut…

… ???? …

Uuuhhh… aku pernah diliatin oleh ibu-ibu dengan tatapan mata ‘galak’ dan penuh kebencian… dia jalan sambil matanya ga lepas ngliatin aku yang bercadar… melotot… untungnya dia ga nabrak tiang waktu itu yaaak soalnya segitunya banget ngliatinnya …. hehehe…

Dengan adanya isu terorisme itu, aku seeh tenang-tenang ajah… ga takut… Orang aku bukan golongan mereka yang melakukan aksi tersebut kok….

Rambut orang-orang di jalanan sama-sama hitam, tapi … apakah pikiran mereka sama semua?? Penampilan kami dan mereka (teroris) boleh sama.. tapi apakah jadi patokan, kami sama kek mereka??

Justru aku pribadi paling ga setuju dengan aksi pengeboman tersebut … Aahh… pokoknya bukan prinsipku dech soal ngebom-ngebom gtu… secara yang jadi korbanpun ada saudara-saudara sesama muslim juga…

Piss dah… 

***

 

Kok Bisanya Gaul Kek Gini??

Hmmm… gaul yaa’…??

Hehehe… tau ga temans, aku gaul kek gini hanya on the blog ajah…:mrgreen:

Dalam kehidupan nyataku… aku emang gaul, tapi ya … aku pasang rambu-rambu dalam pergaulan…

Aku mulai terbuka bergaul dengan manusia kebanyakan sejak aku berprofesi sebagai guru di SDIT As Sunnah Cirebon… Secara aku harus menghadapi wali murid entah itu bapak-bapak atau ibu-ibu …

Sekolah tempat aku bekerja, kebanyakan guru wanitanya juga bercadar … Sekolah kami sudah dikenal sebagai salah satu sekolah swasta unggulan di kota Cirebon…

Banyak masyarakat umum yang menitipkan putra/i-nya untuk kami didik… Kebanyakan mereka berprofesi sebagai pengusaha, PNS… hehe… banyak guru di sekolah negeri yang menyekolahkan anaknya di sekolahku loh … ^^ dan banyak pula dari kalangan militer (polisi dan tentara) …

Makanya … aku ga takut dengan isu terorisme itu akan berdampak padaku dan komunitasku … dikarenakan kami sudah dikenal baik di kalangan pihak intel di sana… bahwasanya kami aman-aman saja… piss gtu … ^^

Terus yang menariknya… meski kami bercadar… kami para guru wanita, juga sering keluar masuk kantor dinas pendidikan setempat, mengikuti pelatihan-pelatihan dan seminar, tapi emang untuk urusan dinas keluar lingkungan sekolah… tetap guru laki-laki yang dijadikan ujung tombaknya … ^^

***

Masyarakat kota Cirebon sudah mengenal baik eksistensi kami … sehingga sangat jaraaaaaaaaang …. banget mereka ngejek kami …, hanya sebagian kecil saja … yang ada penyakit di dalam hatinya entah benci atau hasad …

Aku dan sobatku juga bebas kemana saja tanpa gangguan yang berarti dari orang-orang usil… makanya aku begitu menikmati hidupku seperti kebanyakan manusia (sebut: wanita) pada umumnya… meski tubuh dibalut pakaian ‘aneh’ kek gini saat keluar rumah…

Shopping… makan-makan di resto, kondangan (menghadiri resepsi), piknik, kemping… juga biasa kami lakukan … sewaktu aku masih kerja dulu…

Tapi emang akunya yang masih berusaha menjaga diri, aku suka menolak acara keluar sekolah selama hubby merantau ke luar negeri… aku hanya mau keluar, kalau ditemenin ma hubby atau setidaknya dapat izin dari doi …. hehehe…


ini sebagian murid-murid SD di sekolah tempat aku kerja dulu pas acara pesantren kilat Ramadhan 1430H, diikuti oleh siswa kelas 3-6…

tercatat sekitar hampir 1000 siswa yang bersekolah di sana dari tingkat Play Grup hingga SMA …

***

Interaksiku dengan wali murid inilah yang membuka wawasan dan kesadaranku untuk bergaul dan berusaha bijaksana dalam bersikap …

Semuanya tergantung pada individu masing-masing kok … Tetep emang… mereka yang hatinya terkait untuk mendalami islam lebih jauh, mereka berusaha untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat…

Jadi kalau mereka terkesan eksklusif… ya mohon dimaklumi ajah yaa… pada dasarnya mereka juga mau bergaul kok n… sekali lagi, kembali pada individu masing-masing … ^^

***

So What Gtu Loh??

Yeah… sunflo coba kasih saran pada temans semua… bila kalian menjumpai orang yang kek sunflo Cs. … baiknya gini:

1. tetep bergaul ma mereka dengan memegang kewaspadaan ( hehehe… suka ga nyangka kan?? Orang mengenalnya dia orang baik… tapi keesokan harinya udah digerebek ma polisi karena disangka teroris… ^^ )

2. baiknya jangan ejek kami yaaak… hehehee… toh kami tak kan bergeming sedikitpun dari prinsip yang kami pegang, meski kami mendapatkan celaan dari manusia…

Soalnya gini, kalau kita turuti hawa nafsu buat ngejek mereka-mereka yang berusaha tuk meyakini apa yang mereka anggap baik dan benar, … meski itu harus berlawanan arus dengan kebanyakan masyarakat, … ujung-ujungnya kita yang akan rugi sendiri… kita ga bisa menjaga lisan kita… kita kotori mulut dan hati kita dengan kata dan perasaan negatif… takutnya malah menyeret kita pada perbuatan dosa… ya gak??:mrgreen:

***

Lagian juga… dengan aku pake cadar… ini bukanlah puncak segala-galanya  dari ajaran islam yang aku berusaha tuk menjalankannya dengan sebaik mungkin… Ini hanya merupakan sebagian kecil dari ajaran dan aturan di dalam islam… masih banyak aturan-aturan lainnya yang perlu dilaksanakan dan ditetapi …

Semuanya ini kulakukan … hanya karena aku…

… ingin jadi hambaNya yang baik …😦

***

Inilah aku …

aku ada di sini … di antara mereka …

… ini adalah keyakinan dan pilihan kami … bukan suatu keterpaksaan …

 

Bagaimana temans?? Ada pertanyaankah??  ^^

***

 

 

Entry filed under: renungan dan curhatku. Tags: , .

Kemarin Aku ke Riyadh… ^^ Duka Seorang Blogger Culun

152 Comments Add your own

  • 1. Kakaakin  |  May 16, 2010 at 4:20 am

    Alhamdulillah diriku mendapakatkan pemahaman tentang purdah ini sejak SMA, dan kaka kelas serta murobbi juga ada yang pake. So, udah biasa aja berinteraksi dengan akhwat yang make purdah🙂

    alhamdulillaah… ^^ ya kin

    Reply
  • 2. 2R  |  May 16, 2010 at 4:38 am

    Dilingkungan tempat mertua Sy tinggal ada beberapa yg memakai cadar spt itu, tp yaa mmg banyak yg pro dan kontra siih

    yup… dimana-mana emang selalu ada pro n kontra sob… ^^

    Reply
  • 3. Kaka Akin  |  May 16, 2010 at 4:45 am

    Ini namanya “gaul on the blog only” hehe… Tapi teteup ada batasannya kan, Mbak😀

    yoooi kin…😉

    Reply
  • 4. wrp  |  May 16, 2010 at 4:49 am

    wikikiww…itu emoticon makin aneh2 aja ya bu..haha..
    btw aku g aneh liat wanita memakai cadar kok.. udah sering😀

    hihihi… biar reza ketawa kok…😉 makasih ya rez..

    Reply
  • 5. didot  |  May 16, 2010 at 5:57 am

    saling menghargai pendapat tentu lebih utama,perbedaan itu adalah rahmat. toh kita gak bisa mengklaim diri kita yg paling benar sendiri kan? kita kan cuma bisa mendekati kebenaran,namun kebenaran mutlak hanyak milik Allah saja.

    semoga Allah merahmati selalu🙂

    aamiiin… btul didot.. yg bisa kita lakukan adalah melakukan yang terbaik untuk hidup kita… thx ya

    Reply
  • 6. Along  |  May 16, 2010 at 7:01 am

    salam hormat.
    selalu bila kita cuba menjadi hamba yang patuh kepadaNya, ada sahaja tanggapan yang serong seperti itu.

    semoga ada kekuatan dalam diri untuk terus memperjuang perintahNya.

    Terima kasih

    aamiin terimaksih kak atas dukungannya.. ^^

    Reply
  • 7. rosenrain  |  May 16, 2010 at 7:10 am

    alhamdulillah,
    sekarang masyarakat sudah lebih dewasa mb..

    makin kagum dengan kak sunflo..
    2 jempol deh..

    betul de’ masyarakat udah mulai dewasa… kalau dulu kekanak-kanakann yaak.. hehehe

    Reply
  • 8. Tanti  |  May 16, 2010 at 7:37 am

    Aq yang besar di jakarta, awalnya sangat aneh melihat yang bercadar, waktu kecil tiap ke tasik dekat rumah eyang ada asrama putri yang sebagian besar bercadar, ta’ liatin teruuss… maksudnya kok dia bisa liat ya padahal di tutup mukanya hehhee… Semakin besar, semakin terbiasa, dan semakin kagum dgn wanita bercadar.
    Smoga Allah SWT selalu melindungi kita dari berbagai godaan dan cobaan. amin..
    Luv U mbak..

    alhamdulillaah… aamiin makasih doanya tanti… waiyyakum

    Reply
  • 9. cempaka  |  May 16, 2010 at 8:52 am

    hehhe… g2 ya …

    dari awal sy tau mbak sunflo… ini…… itu……(?)

    udah ktwan kalo mbak pake cadar g2..hehehhehhe

    😀

    ***sy ga mau kalah… sy kasih 4 jempolll buat mbakl*****

    hehehe…ntar ga bisa berdiri kasih aq empat2nya… makasih ya cempaka

    Reply
  • 10. Masdin  |  May 16, 2010 at 9:29 am

    Ketika melihat perempuan bercadar orang-orang memandang sinis dan bahkan ada yang merasa “jijik”, mengatainya islam garis keras dan sebagainya, tetapi ketika mereka melihat perempuan muslim yang tidak menutup aurat, berpakaian ketat, apakah mereka berkomentar? Tidak… justru mereka menganggap itu biasa-biasa saja, padahal perempuan muslim yang tidak menutup Aurat saat turun ke jalan adalah sebuah dosa Besar, tetapi mengapa orang-orang tidak mempermasalahkannya, dan justru mempermasalahkan perempuan bercadar?

    Yang perlu dilihat sinis dan mendapat ejekan-ejekan menurut saya justru perempuan-perempuan Muslim yang tidak menutup aurat dan justru mengumbar aurat saat keluar rumah. Peace😀

    masyaAllah … mantaabzz komennya masdin… syukran yaak…. ^^

    Reply
  • 11. yani  |  May 16, 2010 at 10:20 am

    beneran deh, ngga kebayang kalo mba ngga cerita sendiri🙂 karena kalo di Saudi kan emang diwajibkan bercadar kalo keluar rumah.. apalagi “gaul”nya dirimu di blog. ternyata memang dunia maya bisa mengaburkan segala sesuatunya nih, hehe.
    aku pertama kali berinteraksi dengan muslimah bercadar saat kuliah. biasa saja, seperti teman2 yg lain.
    kalo di Indonesia dulu, susah ngga mba cari cadar gitu? aku beneran ngga tau lho, kalo mo belanja kemana..

    hehehee… jangan terlalu percaya ma maya yan… menipu kebanyakannya…😉 kalauu di indo aq suka ngejahitin ke tetangga, ada juga seh yang jual, tapi suka ga pas n ga enak dipake

    Reply
  • 12. anna  |  May 16, 2010 at 10:26 am

    teh, saya baru tau kalo si teteh pake cadar.. ketika ngeliat profilnya yang cuma keliatan sendalnya sempat menebak2 sih.. tapi gak terucap aja🙂

    treus terang saya salut lho..
    artinya, karena bisa yakin dan berani dalam mengambil keputusan. apalagi dengan ‘stigma’ negatif terhadap orang yang bercadar.

    saya belum pernah punya teman yang bercadar. kalo jilbab besar sih banyak.. tapi kalo bercadar.. si teteh sunflo lah yang pertama🙂

    saya doakan selalu semoga teteh dan hubby senantiasa bahagia di dalam lindungan Allah .. amin.

    aamiin.. makasih ann… sekarang punya kan, meski on the blog hehehehe…

    Reply
  • 13. achoey  |  May 16, 2010 at 10:41 am

    ummi pakai cadar
    gpp kok, asal bukan niar nyamar hehe

    berarti ummi baik juga ama para pria
    karena menjaga aurat sehingga pria tak menatap seksama😀

    hehehe… nyamar jadi ninja yaak…😀 alhamdulillaaah… ikut berperan serta mengurangi fitnah, choey

    Reply
  • 14. Julina Purwaningsih  |  May 16, 2010 at 10:43 am

    semangad mbakk🙂
    aku juga dah biasa kok ngeliatnya…
    btw, emotionnya lucuuu… gimana cara buatnyaaaahhh??🙄

    hehehe… ngubek di photobucket Jul… ^^

    Reply
  • 15. yanrmhd  |  May 16, 2010 at 11:45 am

    hahayyy…tenang aja lagiiih:mrgreen:
    semoga silaturahmi dan persahabatan tetap
    terjalin baik ‘flo…😀

    tetap semangat!!
    do the best, bismillah…🙂

    thx yan…😉

    Reply
  • 16. ossy  |  May 16, 2010 at 11:53 am

    waaah, akhirnya punya juga teman yang bercadar.. walopun di dunia maya, hohoho
    udah 9 taun berarti waktu ketemu hubbynya n nikah udah pake belum? btw aq juga pernah diledekin ninja hatori, tp gara2nya mataku sipit n katanya mukaku kaya komik ninja hatori
    sunfloo, aq bikin pastel loooh… ayo ayo tengok

    alhamdulillaah… hehehe… ada dech… udah kutengok oss.. nice😉

    Reply
  • 17. udienroy  |  May 16, 2010 at 1:48 pm

    Hmmm, gimana ya? Mau comment apa nih? ? :mikir:
    Ah kapan-kapan sajalah di nyupos yang lain➡

    gafafa… yg penting komen… biar ramee…:mrgreen:

    Reply
  • 18. udienroy  |  May 16, 2010 at 1:50 pm

    Wah anak itu suara ngajinya bagus banget, tuh di tipi ku denger dari kamar sambil ngetik komen ini😀

    hah?? hehehe… keknya roy kebingungan mo komen apa neh… :p

    Reply
  • 19. kikakirana  |  May 16, 2010 at 1:53 pm

    :d jadi semakin banyak pertanyaan yang ada di pikiranku mbak…🙂 asli banyak xixixixe,,,,

    Ditempat QK ada juga koq yang bercadar kek mbak sunfLo gini, ‘n QK juga udah biasa berinteraksi sama mereka secara Qk biasanya dipasar malah ada kejadian yang menurut QK lucu juga sich ,,, (menurut QK loh):mrgreen:

    aih saking banyaknya yang mau di omong malah jadi bingung dah mau ngomongnya gimana😆

    HIDUP!!! ^_^:

    jiaah.. kok jadi bingung?? tanyalah kika… i am here for u…😉

    Reply
    • 20. kikakirana  |  May 16, 2010 at 11:42 pm

      :mrgreen: nggak mbak… cuma bingung aja… eh salah… maksudnya ngerasa aneh aja. sebenernya bukan cadarnya yang menurut QK aneh ‘n bikin penasaran… cuma…

      apa emank yang pake cadar itu warnanya harus item yak…
      kalo Qta lihat dimana” kan mesti pake nya item” tuch…
      bahkan dari poto”nya mbak sunfLo yang di saudi itu (di sana budayanya pake cadar toh…) itu juga bajunya item” gitu:mrgreen:

      HIDUP!!! ^_^

      ocree… pertanyaan yg cantik… dg senang hati aq jawab: gini de’…emang ga musti item… pokoknya warna yang ga mencolok dan ga menimbulkan pusat perhatian kek ada gambar2nya hiasan2 yang lebay bgt… kenapa item??? hehehe… krn aq suka item … itu ajah…:mrgreen: selain item dulu aq suka warna coklat kopi, dan biru donker… tapi sekarang ini trendku lagi seneng warna item … gtu loooh… ^^
      hehehe… menurutku item itu gagah n elegan… eitzzz… tapi bukan itemnya nenek sihir atawa mbah dukun loh yaa’…

      Reply
      • 21. kikakirana  |  May 16, 2010 at 11:46 pm

        Ada lagi mbak… kan kalo yang pake cadar kan wajahnya tertutup toh… sementara warnanya seragam… item gitu….

        gimana bisa dikenali yak….😯

        kalo di jalan ketemu gag isa nyapa donk…
        paling Assalammu’alaikum… itu yang jelas… hehehe…

        HIDUP!!! ^_^ <<< lagi

        itulah de’ keistimewaan yang ga bs dipikir secara nalar, DIA yang berperan dengan mengatur naluri ini.. selama ini ga ketuker kok… suamiku bisa mengenali aq di tengah kerumunan org2 bercadar itu … bgtu pula suami2 yg lain thd istrinya… n kalau misalnya ketemu di jalan, kalau menurut aq siih… aq dulu yang akan menyapa … temen2 or kenalanku suka pesen kek gtu, ntar aq duluan yg nyapa, soalnya aq mengenali mereka, mereka blom ngenali aq dengan jelas..
        biasanya sebagai penanda adalah matanya… hehehe lihatlah mataku …😉

      • 22. kikakirana  |  May 16, 2010 at 11:49 pm

        Adalagi….. kalo ditempat QK… koq QK nggak pernah liat yang bercadar itu ke masjid ya mbak….

        Apa memang wanita” yang bercadar itu nggak pernah ke masjid… maksudnya di rumah aja gitu… ato mereka ada masjid sendiri…

        gag perlu pake mukenah lagi donk ya… kan dah rapet tuch dari ujung rambut sampe ujung kaki… malah harus lepas cadar… lepas sarung tangan ma kaos kika eh kaki dech😀

        sip… wezzz.. hot banget pertanyaanmu, aq suka…:mrgreen: ….
        gini Kika cantik… wanita emang utamanya shalat di rumahnya masing2… itu lebih utama bagi dia, tapiiiii… kalau misalnya dia mau shalat di masjid.. ya ga da larangan, asalkan dia jaga adab-adab atau aturan2nya… misalnya… ga pake wewangian, ga make baju yang menimbulkan fitnah laki2 (tutup aurat) gtu nok… kalau di saudi, pas ramadhan, masjid juga dipenuhi oleh wanita loh… emang harusnya mereka ada masjid sendiri … biasanya di ponpes or di saudi juga di sediakan masjid khusus buat wanita …

        emang de’… bajunya udah nutup aurat… kalau shalat ya pake baju ini, asalkan suci dari najis gtu… cadar n kaos tangannya dilepas… krn kalau shalat harus keliatan muka dan telapak tangannya gtu… kaos kaki dipakai, kalau kainnya bisa nutupi kaki sih, bisa ga pake kaos kaki waktu shalat… ^^

      • 23. kikakirana  |  May 16, 2010 at 11:52 pm

        lhoh… kan… banyak kan mbak…. kekekke,,,,
        makanya tadi QK bingung nanyanya yang mana duluan…
        hahaha…😛

        silahkan dijawab mbak… kalo berkenan… kalo nggak dijawab pun nggak apa”… privacy seseorang… xixixixe,,,,
        tapi kan orang penasaran gpp toh… wkwkwk😉

        HIDUP!!! ^_^

        kika.. aku seneng kok kalau ada yang nanya… akan terbuka diskusi dech… silahkan nanya lagi yaa’ ,aq akan dengan senang hati menjawabnya… hihihi.. makasih atas pertanyaannya yaak…

      • 24. kikakirana  |  May 17, 2010 at 7:16 am

        Pagi….pagi…. ^^ menyempatkan membaca jawaban dari pertanyaan”q…. kekekek ternyata sudah dijawab😀 terima tenkyu…terima tenkyu….😉

        tp masih boleh tanya lagi toh…. wkwkkwkwkw qkqkkq😛

        ya ya ya… QK inget sekarang … terkadang QK juga ketemu dengan mereka pake baju biru ato coklat kopi.. tapi gag pernah ketemu sama yang pake warna putih ato kuning😆😛 QK paling seneng kalo liat yang coklat hehe:mrgreen:

        QK juga pernah denger kalo wanita lebih utama sholatnya di rumah,, bahkan “di sudut kamarnya yang terdalam” hmm bener gag ya ehehe,,:mrgreen:

        Bener juga, naluri… Jangankan suaminya… kalo orang dah biasa berinteraksi sama mereka juga bakal bisa ngenalin dech keknya😀 di tempat QK ada beberapa yg pake cadar yg biasa belanja ke pasar. termasuk ketempat QK. Nah, pertama QK bingung tapi setelah beberapa kali mereka belanja QK jadi agak” inget gitu… yang mana dan yang mana orangnya…
        dilihat dari matanya… yaelah… kan emank yang keliatan itu doank qkqkqkkq😛

        Eh mbak tapi kalo wajahnya tertutup kan jadi nggak keliatan senyumnya toh…. Padahal kan senyum itu ibadah yang paling murah… eh gag paling murah dink… maksudnya paling mudah dilakukan begitu… ^^ nah kalo wajahnya ketutup gimana kita bisa tau kalo orangnya lagi senyum yak…:mrgreen:

        ok.. aq jawab sekarang yaa’… ttg senyum … karena aq pake cadar so kalo senyum (tentunya buat sesama wanita loh) selain emang bener2 senyum… aq juga pake isyarat: entah itu melambaikan tangan atau anggukan kepala sambil kuucapkan salam… dari mata kan juga kliatan kalau aq sedang senyum … gtu kika… jadi intinya … everything is OK dech… hehehe… thx ya, anything else??😉

      • 25. kikakirana  |  May 17, 2010 at 7:22 am

        Busyet dah… Qk banyak amir nanyanya yak😦 huff….mulai dari no.19-24 kekekekke,,,:mrgreen:

        lha daripada bertanya” sendiri…. menimbulkan persepsi” sendiri tar malah jadinya nggak karu”an… kekke mending kan nanya aja…
        malu bertanya sesat di jalan,,,, banyak bertanya memalukan😆

        he he he he….

        HIDUP!!! ^_^

        betul kika say… bertanyalah, aq akan dengan senang hati menjawabnya… ^^ tapi komengmu di atas blom kujawab segera neeh… duuh kewalahan jawab komeng neh… hiks…😦

  • 26. idebagusku  |  May 16, 2010 at 1:58 pm

    wow justru saya malah kagum, dengan keteguhan sunflo untuk memegang prinsip

    alhamdulillaah… makasih de’

    Reply
  • 27. bundadontworry  |  May 16, 2010 at 2:18 pm

    ketika kita mengerjakan kebaikan yg disuruh agama , memang ada saja tantangannya Mbak, dulu bunda juga pernah diledekin sama2 teman2 dan kerabat, kayak nenek gombel lah, kura2 ninja lah , wah pokoknya macem2 deh.
    Yang penting disamping memang kita nyaman mengenakannya, jg kita khan mengikuti perinyahNYA ya Mbak.
    Semoga saja , entah kapan, orang2 yg berpandangan seperti ini, bisa berubah penlaiannya🙂
    Lagi pula seharusnya yg dinilai khan bukan penampilannya ya, tetapi yg lebih penting adalah hatinya (dalamnya)🙂
    salam

    maaf komen bunda kepanjangannya ya😳
    salam

    nggak kepanjangan kok bunda, sunflo senang… komen bunda menyejukkan… terimaksih atas supportnya ya bund… ^^

    Reply
  • 28. Ifan Jayadi  |  May 16, 2010 at 3:36 pm

    Mau komentar apa ya? Biasa aja sih. Soalnya, temanku yang ada di ktr, istrinya memakai cadar juga. Waktu itu aku datang ke pernikahannya yang terpisah antara pria dan wanita. Jadi, aku tidak tahu sosok isterinya itu seperti apa. Tapi, it’s oke. Soalnya, suaminya itu lucu, suka bercanda and suka bantuain aku kalau ada masalah terutama yang berkaitan dgn kerjaan. Oh ya, aku sering lihat di sekitar area stadion di kotaku, tiap sore banyak orang yang jogging naik turun gunung balaikota, dan kulihat ada wanita yang bercadar yang juga ikutan jogging. Tampaknya ia pede aja lho berada diantara banyak orang. Dan orang2 juga tampaknya tidak mempermasalahkan hal itu.

    yup… alhamdulillaah… pas yang dijumpai ma ifan org2 yang udah bisa bijak berpikir… yang kualami itu waktu awal isu terorisme dikumandangkan fan…😦

    Reply
    • 29. Ifan Jayadi  |  May 16, 2010 at 3:40 pm

      Mbak Sunflo eh mbak novi, aku udah liat foto2 nya mbak Sunflo. Tampaknya mbak sunflow ini masih agak2 muda ya. Kupikir umur 40 an gitu lho. Tapi sepertinya masih 30 tahun berapa gitu

      hmmm…🙄

      Reply
  • 30. M Mursyid PW  |  May 16, 2010 at 4:34 pm

    Di Pekalongan sy jg sering melihat prmpn bercadar, biasa saja, gak ada yg aneh. Ini karena memang slogan pekalongan adalah kota SANTRI.
    Lanjutkan, Mbak.

    mantaabzz pak… terimkasih atas dukungannya… ^^

    Reply
  • 31. bloqaditaaz  |  May 16, 2010 at 5:18 pm

    aq juga pernah lihat, pertama aneh, kadang terkejut, tapi lama-lama biasa, tapi ngak pernah berprasangka kalo mereka terorist. kalo aq terserah orang mau pakai pakaian apa. kadang yg ngak pakai pakaian aja disanjung2 ama orang-orang n yang berusaha menutupin dihina emang aneh. baju juga termasuk hak induvidual y🙂

    masyaAllah… sip lah makasih atas dukungannya… ^^

    Reply
  • 32. abrus  |  May 16, 2010 at 7:06 pm

    Ooooo gitu tohhh alasan dan masalahnya … (waktu melarang postingan itu ditayangkan …😦 … padahal bagi saya pribadi wanita berkostum demikian No Problim …

    Bagiku pakaian ibarat HP, hanya KESING doang … jangan lihat luarnya, lihat ‘dalamnya … budi pekertinya …😛

    hehehe… tak 100% bgondro … tapi emang kudunya dua2nya selaras.. luar dan dalam… itu idealnya

    Reply
  • 33. abrus  |  May 16, 2010 at 7:10 pm

    Di komplek tempat saya tinggal ada yg berpakaian demikian, gak ada larangan. Memang ada ibu/bapak yg berpandangan ‘ekslusif/rada miring pada perempuan berkostum ala ‘ninja itu … tapi lama2 biasa, karena mereka sopan2 dan tetangga kita (tetangga adalah saudara sendiri) …

    betul brus.. tak kenal maka tak sayang …😉

    Reply
  • 34. vany  |  May 16, 2010 at 7:17 pm

    weleh…
    lama gak mampir kesini…
    aku br tau kalo mbak sunflo aslinya pakai cadar…hihihi

    kalo di arab sana memang sdh biasa ya, mbak…
    tapi, kalo di ind org pke cadar gt msh dianggap aneh kyknya….hohoho

    kalo aku gak prnh ngejek siyh, mbak…
    cm kdg2 rada takut jg siyh…
    tapi, stlh baca postingan ini aku br sadar kalo wanita bercadar ternyata gak semuanya menyeramkan ya…🙂

    hehehe… buktinya nie sunflo ramah tamah, baik hati, pandai menabung dan gotong royong hehehe… jangan takut lagi yaak… mereka juga manusia kek kita kok…😉

    Reply
  • 35. bintangtimur  |  May 16, 2010 at 7:28 pm

    Saya nggak pernah mempermasalahkan penampilan luar seseorang, Sunflo, karena saya juga tidak suka kalau ‘penampilan’ saya dipermasalahkan…😉
    Casing (minjem istilah Abrus…) adalah bagian kecil dari tampilan seseorang. Masih ada kepribadian, kebaikan hati dan toleransi yang mempunyai nilai lebih tinggi di mata saya.
    Bocoran Sunflo bercadar, hehehe, udah tau berbulan-bulan lalu dan sampai detik ini saya nggak pernah merubah penilaian saya kalo Sunflo itu orang yang enak banget diajak curhat…😛
    Sunflo, kapan ya kita bisa ketemu?🙂

    saya juga menerima jeng apa adanya… sy tak mempermasalahkan casing yang berbeda.. namun hanya doa kebaikan yang bisa saya panjatkan untuk kebaikan kita … ^^ kaan ketemunya yaak?? hhehe… doakan secepatnya yaa…

    Reply
  • 36. Didien®  |  May 16, 2010 at 7:53 pm

    baru tau kalo mbak novie bercadar…..
    kalo ga ada cerita gini pasti ane ga akan nyangka hehehehe…
    tapi ane suka bingung kalo harus berinteraksi sama wanita bercadar, apakah menundukan kepala saat berbincang ato seperti biasa aja?

    salam, ^_^

    ok dien gini… berdasarkan interaksiku dulu di indonesia dengan rekan kerja yang pria… kalau ngomong ya biasa-biasa saja… aq ga melihat ke mata lawan bicara, tetep berhadapan dengan jaga jarak tentunya, menundukkan pandangan bukan berarti menundukkan kepala kok.. hehehe… biasa2 ajah dien, normal… ^^

    Reply
  • 37. Caride™  |  May 16, 2010 at 7:55 pm

    seharusnya memang bagi wanita yg bercadar itu tidak di pandang secara sinis, bgmpun juga mereka adalah wanita seperti kita eh mksdnya sbgamana mestinya wanita, betul kan mbak?

    jiahahaha… iya caride… kamiiiii juga manusiaaa… hehehe…😆

    Reply
  • 38. aldy  |  May 16, 2010 at 7:56 pm

    Saya bukan orang yang pintar dibidang agama dan aturannya jadi saya tidak mampu mengomentari dari sisi agama.
    Buat saya, yang terbaik, terbagus, teraman menurut sunflo adalah adalah pilihan terbaik menurut saya.

    terimakasih aldy atas kepercayaannya… ^^

    Reply
  • 39. lyna riyanto  |  May 16, 2010 at 8:03 pm

    tentang wanita muslim bercadar, memang bisa dihitung jari dilingkungan kami, tetapi mereka tidak diperlakukan beda koq, semua menganggap sesuatu yang wajar.

    Alhamdulillah jika Mbak Sunflo memakai cadar, lingkungannya mendukung ya Mbak🙂 kalau di Arab kan justru harus begitu.

    Saya sempat merasakan bagaimana rasanya memakai cadar…bahagia sekali. Waktu saya melaksanakan ibadah haji saya selalu memakai masker, agar terlindung dari penyakit flu dll yg biasa diderita jamaah haji. Ternyata terasa nyaman, malah ketika saya lupa membawa masker hati rasanya tidak nyaman. Seperti berjalan didepan umum tanpa jilbab. Karena perasaan itu, kemudian saya berniat, jika Allah SWT memperkenankan saya untuk kembali ke tanah suci, bai itu berhaji atau berumroh, maka saya akan memakai cadar selama ditanah suci.

    Alhamdulillah, ternyata bisa berumroh tahun kemarin, akhirnya niat itu terlaksana, saya memakai cadar selama ditanah suci.

    Yang belum kesampaian adalah memakai gamis hitam dan cadar hitam sebagaimana wanita arab🙂 karena waktu umroh kemarin cadar saya berwarna putih agar sama seperti mukena yg selalu saya pakai selama ditanah suci.
    🙂

    subhanallaah sebuah pengalaman ruhani yang berkesan ya mba… ^^ emang damai di hati saat memakainya… panas terik matahari tak terasa … krn hati yang akan mendinginkannya… makasih ya mbak…

    Reply
  • 40. alamendah  |  May 16, 2010 at 8:13 pm

    Saya sih aman-aman saja. Beberapa kali berinteraksi dengan pemakai purdah (betul kek gitu namanya, ya?) gak pernah ada masalah.

    alam gtu… harus membumi dan mengalam yaa’… jangan pilih kasih… hehehe… piss dah

    Reply
  • 41. zhie  |  May 16, 2010 at 8:21 pm

    zhie juga pengen berjilbab kak…

    semoga Allah mudahkan langkahmu ya zhie… aaamiin

    Reply
  • 42. elmoudy  |  May 16, 2010 at 8:25 pm

    sunflo… aku perlu memberi penghargaan yang tinggi buat kamu. karena sudah berani menjalankan dan konsisten dengan keyakinan itu. semua tantangan kamu bisa hadapi.. dengan gaya yang santai gituu hehhee…. eniwe.. apapun itu, yang pasti sunflo yg kukenal… adalah jiwa kamu. lewat tulisan, kata, bisa dirasakan gimana prbadi sunflo itu…🙂

    makasih moudy … kek ksatria cahayamu yaak…😉

    Reply
  • 43. delia4ever  |  May 16, 2010 at 9:10 pm

    wekekekek..
    Kalo ama lia sih biasa mbak.. Jujur di Batam juga lia sering gabung ama teman2 yg berpakaian kayak mbak.. Lia juga pingin tapi belum siap…:D
    Ohya dulu waktu SMU lia hampir pernah pake juga..ahhh jadi panjang ceritanya…

    Intinya lia setuju ama mbak sunflo.. Please deh jangan lihat dari luarnya..Itu hak siapa saja.. kalo kita gak diganggu ngapain sih ngusilin orang..
    Jiayoo mbak ku…..Mudah2an suatu saat ketemu ya… ntar ngintip sdikit ya😆
    kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    udah tau blom de…😉 hehehe…

    Reply
  • 44. Daoz  |  May 16, 2010 at 9:13 pm

    Life must go on,, don’t judge book from it cover,, keep istiqomah.. ^^

    thanks de’… ^^

    Reply
  • 45. kang ian  |  May 16, 2010 at 9:24 pm

    nanti istri saya juga pengennya pakai cadar ( kapan punya istrinya ??😀 )

    yuuuuu’…. aaamiinn semoga mendapatkan istr yang baik dan sholihah ya de’…

    Reply
  • 46. hakim  |  May 16, 2010 at 10:03 pm

    wah ternyata mba sunflo bercadar toh, saya pikir hanya berjilbab panjang aja… kalo saya sudah terbiasa mba melihat hal ini, karena waktu kuliah saya aktif di rohis

    iya de’ hehehe… alhamdulillaah hatimu semoga terikat di masjid yaa’…

    Reply
  • 47. Mvstova  |  May 16, 2010 at 10:35 pm

    saya juga kurang setuju mbak, dengan stereotip kalo teroris itu bla. bla. bla.. pembodohan publik tuh. tp anehnya, hal-hal kaya gitu suka jadi guyonan di kalangan temen2 saya.. misal ada temen yg berjenggot, pasti dibilang.. “wah pengikutnya ini nih..” just for joke.🙂

    moga bisa konsisten dengan apa yg diambil, mbak.🙂

    yuukk..

    aamin makasih de atas supportnya… ^^

    Reply
  • 48. Dan (TlsnKhdpn)  |  May 16, 2010 at 10:40 pm

    masya Allah.. alhamdulillaah… saya bangga dengan Mbak.. saya bersyukur ada Mbak di komunitas kita ini.. semoga Allah senantiasa memberikah Hidayah-Nya pada kita. Semoga Allah senantiasa menjaga & melindungi kita. Amin.

    alhamdulillaah syukran dan… aamiin

    Reply
    • 49. Dan (TlsnKhdpn)  |  May 18, 2010 at 7:51 am

      Mbak.. di komenku itu maksudnya “memberikan” bukan “memberikah”, tolong diedit ya.. afwan..
      Mbak baik deh.. masya Allah..
      afwan…
      aamiin…

      insyaAllah…

      Reply
  • 50. monda  |  May 16, 2010 at 10:41 pm

    di sekolahnya anak2 ada bbrp guru yang bercadar jg,
    it’s fine for me
    udah bs nebak kok say he..he..sejak liat fbnya cuma untuk ladies aja

    berarti sama di sekolah dong mbak… hehehe.. padahal teman2 yang udah add aq juga ada laki2nya… temen2 SD-kerja … plus beberapa blogger… ^^

    Reply
  • 51. an9el  |  May 16, 2010 at 10:50 pm

    mba, aku pengeeen bgt bisa berpakaian muslimah sprti ini, tp panggilan hati belum ada😦

    pelan2 de’… bangun niat yang kuat, kemudian berusaha dan berdoa, agar DIA selalu menuntunmu kepada kebaikan… perbaiki yang ada dulu, pelan-pelan… semoga Allah membukakan pintu hidayah dan taufik kepadamu dan kepada kita semua… ^^ aamiin

    Reply
  • 52. fajar  |  May 16, 2010 at 11:19 pm

    bagi saya sih no problem mau gaul sama siapa sajjjjaa.asal positif aja.heee

    siip laah… makasih ya de

    Reply
  • 53. nakjaDimande  |  May 16, 2010 at 11:54 pm

    sedari awal bundo sudah agak menebak dirimu menggunakan cadar, karena hanya mengizinkan bundo menatap jemarimu ituh..

    I Love nouf.. bundo harus belajar banyak padamu.

    terimaksih bundo.. sunflo juga sayang ma bundo… kita sama2 belajar ya bundo… ^^

    Reply
  • 54. rosenrain  |  May 17, 2010 at 5:37 am

    mampir berteduh lagi mbak..

    yuuu’

    Reply
  • 55. marisa  |  May 17, 2010 at 7:17 am

    mbaku cantik mbaku sayang…🙂
    saya mah udah tau kan sebelum mba kasih tau??🙂
    gimana??indra ke 6 saya bagus tidak??:mrgreen:
    hehehehehe…..

    mba,saya ga pernah takut sih ya klo mau berteman sama orang yang bercadar..asli deh…cm dl heran aja…tp skrng mah seneg aja…disamarinda saya juga ada kenal sama ibu2 bercadar..orangnya baik…banget.pas ngomong sama saya,bcadarnya dibuka..🙂
    seneng deh saya liatnya…ntah knfa…
    keknya cantik2 aja gitu..
    bajunya sih ga mesti item ya…tp coklat,biru,ijo,merah..tapi polos semua…🙂

    eia mba cantik *pasti GR:mrgreen: hihihi
    mba,kalau make baju n juilbabnya ada kembang2nya boleh aja kan??asal ga gambar binatang,manusia ??hmm…
    mba..doakan ya,saya juga mau pake jilbab kek gini…tapi ga bnercadar…maunya sih yang selutut..kira2 gimana??/ hmm….

    masyaAllah.. barakallaahu fiik… semoga Allah mudahkan jalan buatmu ya de’… iya bagus itu yg selutut, ga mesti pake cadar kok… asal jgn berhias saat keluar rumah… kembang2nya jgn terlalu rame n heboh yaaa… yang elegan gto…^^

    Reply
    • 56. deny marisa  |  May 17, 2010 at 10:26 am

      eia,cuma mau berbagi,..
      dulu keluarga aku juga heran banget..pas pagi2 bangun tudir saya pake daster panjang n pake jilbab..
      ditanya mau kemana pagi2 gi..:mrgreen:
      saya jawab,g kmn2..cuma mau pake jilbab aja dirumah..^^
      yah..pernah dipanggil tante sama anak-anak komplek…karena kek ibu2…
      pernah juga disuruh pake jilbab tu nyang cantik//kek jilbab orang kantoran itu lho..lilit sana sini…😦
      saya bilang aja..maaf..ga suka n ga bisa..gitu aja..🙂

      iya de’ … bertahun2 aq pake jilbab di rumahku sendiri, secara ada kakak sepupu laki2 di rumah… emang udah kewajiban yaa.. piss dah

      Reply
      • 57. marisa  |  May 17, 2010 at 12:29 pm

        ho oh..^^

    • 58. marisa  |  May 17, 2010 at 12:32 pm

      ga dijawab..:(
      heee

      ntar neeeh… kewalahan jawab komeng penggemar… (hhalahh!!! ) hehehee

      Reply
      • 59. marisa  |  May 17, 2010 at 12:34 pm

        eh udah ding..hehehe

    • 60. marisa  |  May 18, 2010 at 6:58 am

      okey…
      matanya aja deh yang dikasih celak….kek mata mba..🙂
      cantik gemana…getoh..:mrgreen:

      woww…

      Reply
  • 61. wiwin9  |  May 17, 2010 at 7:34 am

    dulu waktu jaman kuliah disalah satu fakultas tempatku kuliah pernah ada teman kita memakai cadar,awalnya belum bisa diterima karena ditempatku mayoritas umat nasrani.tapi kemudian mereka akhirnya dia bisa mengkuti kuliah dengan mahasiswi lainnya,alhamdulillah ditempatku sangat menjaga hubungan baik antar umat beragama.
    salut sama mbak flo😉 jadi ingat sepupuku yg memakai cadar juga setelah dia menikah🙂
    salam hangat untuk mbak flo yang cantik😉

    keknya lebih berat perjuangan mereka ya win9… oh, wing juga punya sodara kek sunflo juga yaa’… ^^ nice, makasih ya win9… ^^

    Reply
  • 62. dreesc  |  May 17, 2010 at 8:27 am

    dree tetep sayang sunflo…….. just the way u r….hehehehe
    ga penting orang2 mo bilang apa.. yang penting kita bisa jadi diri kita sendiri…. dan tetep teguh ama prinsip dan pendirian kita….. bener kan???

    sunflo juga luv dree… hehehe… secara gambarnya imut banget, hamster yaa’… makasih dree, bener banget tuuh… hehehe

    Reply
  • 63. MU2'  |  May 17, 2010 at 8:28 am

    untuk bisa saling menjaga hubungan yang baik dalam bermu’asyarah bukan wajah yang penting untuk dibuka atau ditutup, tapi lebih pada hati.

    saya hampir membaca semua komentar di atas, saya merasakan senyum ramah sunflo menyapa dan menanggapi setiap pengunjung yang datang. saya merasakan itu meskipun entah berapa jarak yang memisahkan kita. Ini yang membuat saya yakin keluarga dan kerabat sunflo tetap bisa merasakan senyum itu tanpa harus sunflo membuka cadar dan memperlihatkan kepada mereka…😀

    Salam..

    masyaAllah… komenmu bijak banget de’ aku suka… terimaksih yaa… ^^ nice

    Reply
  • 64. Eka JaHe  |  May 17, 2010 at 8:35 am

    tapi nge-blog tetep kan….he..he..he..

    iya dong ka… ^^

    Reply
  • 65. wawansri  |  May 17, 2010 at 9:02 am

    keep istiqomah…(waduh pake inggris barang… )🙂🙂🙂

    yooiii de’ .. makasih semoga bisa istiqamah nie… aamiiin

    Reply
  • 66. ismi  |  May 17, 2010 at 9:30 am

    – pertama dteng ke jakarta, pas lagi jalan bedua sama Biy, ada anak2 remajaan cewek2 berbisik sedikit keras dan matanya sambil melirik ke aku “eh, ada aisyah, ternyata ada aisyah disini” aku hanya😳 tersipu maluu… (ini pas lagi booming2nya film Ayat2 cinta)
    – pernah lagi ada yang treak sambil naek motor “hiiiii, ada hantuuu” akunya diem ajah, sante org aku bukan hantuu (emang yg naek motor nyatain ismi????? iya, soalnya saat itu jalanan sepi just ada aku ma Biy)
    – pernah lagi, pas aku ngelewatin kerumunan anak2 SMP (tau niy anak2 suka tongkrong2 di pertigaan😦 males bgt!!) ada yg nanyi gini “kura2 ninja… turtles” pas waktu itu hanya aku yg lewat jalan itu….

    hhmmm, gpp siy, sok lah org mu manggil apa…. bagusnya c ada yg manggil aisyah lagi:mrgreen:

    hehehe…kalau aq malah pernah dipanggil sakinah,secara ada sinetron ta’aruf di TPI tuh.. weleh…

    Reply
  • 67. wi3nd  |  May 17, 2010 at 9:43 am

    sama ibu masih belon boleh bercadar sist,jadilah klu pergi bermasker ajah😀

    apapun anggapan orang biarkan saja,betul sangad,semua berpulang pada individu masing2🙂

    pelan2 wi3nd… perbaiki dulu yang udah ada dan uah kita jalani, yang lainnya menyusul bisa kok, sesuai dengan kemampuan kita ^^

    Reply
  • 68. wi3nd  |  May 17, 2010 at 9:45 am

    lupa,jangan lupa ikutan kontes fikmin yaa sist..
    kami tunggu,awas ajah kalu engga ikutan!!

    he he

    ehehehe.. ikutan ga yaa??😉

    Reply
  • 69. Rizki Aji  |  May 17, 2010 at 10:36 am

    hehe, mantep mbak nouf..insya Allah istri saya juga mo dianjurkan pake cadar deh sebagaimana istrinya bang Ian Persela..semoga tidak ada penentangan dari keluarga. Kalo keluarga saya sih gak masalah Insya Allah. Statment teroris, siap-siap aja akan melekat erat seperti lem tikus.

    sip..sip..sip… semoga dapat istri yang baik n sholihah yaaak… aah, ttg hal kek gtu.. nyante ajah…

    Reply
  • 70. achoey  |  May 17, 2010 at 10:42 am

    Pokoknya salam ta’jim buat ummi

    makasih a’.. ^^

    Reply
  • 71. oline  |  May 17, 2010 at 11:39 am

    sis… aku seorang kristen.. sy ga peduli tentang perbedaan kita. hehe…tapi aku seneng deh baca blog2 nya anda. udah gitu gaul, bahasanya enak, dan yang pasti… mau berbagi. aduuuuhhhhh,,,sy jelajahi dunia web, susah bgt yang mau berbagi pengalaman cara bikin kain felt… thanx yah ^^

    aq jg ga peduli jeng, n ga terlalu mempermasalahkan… tapi, seringnya mereka yang lari dariku…😦 hehe makasih ya atas atensinya.. silahkan diambil apa2 yang bermanfaat dari blog ku ini.. ^^

    Reply
    • 72. oline  |  May 22, 2010 at 1:30 pm

      hahaha… lari? ga siy…
      sy justru penasaran, secakep apa siy makhluk hawa d balik cadarnya?hehehehe….

      ga cakep kok line.. biasa ajah… standar manusia laah… bukan masalah cakep ga nya, tapi itu adalah prinsip dan keyakinan kami, tiada paksaan dan tiada memaksakan…🙂

      Reply
  • 73. anny  |  May 17, 2010 at 12:02 pm

    Sunflo memang keren abis😀
    bijak dalam bergaul juga dalam bersikap tanpa mengesampingkan syar’i , dua jempol deh buat mba he..he….

    huhuyy terbang dulu.. terbang duluuu… hehe.. makasih ann…😉

    Reply
  • 74. Den Hanafi  |  May 17, 2010 at 12:41 pm

    salut buat mbak sunflo. semoga tidak ada yang manggil ninja hattori lagi ya mbak.

    iya de.. kalaupun ada juga udah tebel nie kufing… hehehe

    Reply
  • 75. Usup Supriyadi  |  May 17, 2010 at 12:46 pm

    semoga tetap diberikan keistiqomahan . amin ya ALLAH

    aamiin… terimaksih usup… ^^

    Reply
  • 76. Shanty  |  May 17, 2010 at 1:05 pm

    Waduh telat aq!!!
    commentna dah penuh…

    Padahal aq mo nanya ma umi Sunflo..
    Umi sejak kecil ta pake’ cadar??
    aq sempet baca postingan umi, klu ga’ salah umi orang solo, apa ga’ ditanyain ama tetangga2 sekitar n gmna tanggapan umi tentang mereka??

    Waduh dah kek wawancara ja nie..
    Terus terang aq tertarik dg kepribadian umi, soalnya unik banget..

    doooohhh jangan difanggil ummi dong… ummi kalau di arab tuh panggilan untuk nenek2.. hikzz..😦
    hehehe… oh ga de… sejak aq nikah… ^^ dan sebelumnya aq juga berlatih pake cadar hehe… pas kuliah gto…

    tanggapan tetangga?? pada dasarnya tetangga tuh ga fafa dengan penampilan kek gini, cuma mereka merasa takut saja… pinginnya mereka, kita yg nyapa mereka duluan, ramah ke mereka duluan gtu… kalau udah biasa akan bergaul kek biasa juga… ^^

    Reply
    • 77. Shanty  |  May 19, 2010 at 12:11 pm

      Ouuwwwwww
      Sory deh, coz ditempatq yg udah naik haji dipanggilnya Ummi.
      Muup ya mbak!!!

      aah gafafa kok… sante ajah… ^^

      Reply
  • 78. Afif logicprobe10  |  May 17, 2010 at 2:23 pm

    waspada itu emang perlu, tapi janga sampai kita selalu berfikir (-) tentang wanita bercadar..😀

    hehehe… sikap yang bijak, afif… makasih ya ^^

    Reply
  • 79. setitikharapan  |  May 17, 2010 at 2:33 pm

    Kalau saya mah dah tau mbak..hheheheheh…
    Gpp mbak, perbedaan kan rahmat. Ketika kita difitnah kan malah nambahin pahala kita. Semangat..semangat..

    edy gtu loh… tau sejak awal hehehe… iya de’ semangat!!

    Reply
  • 80. sedjatee  |  May 17, 2010 at 2:35 pm

    pake cadar bukan berarti gak bisa gaul
    nyatanya bisa kan Flo, walau hanya on the blog
    hehehe… tetep istiqamah ya Flo..
    salam sukses..

    sedj

    aduuuhhh seneng banget baca komen mr ini.. makasih mr… lanjutkaan!! ^^

    Reply
  • 81. senyumanpagi  |  May 17, 2010 at 4:34 pm

    Di keluargaku juga ada yg pake cadar lho…
    Istri Om ku tepatnya…Dulu merasa aneh juga sih…Tapi lama2 biasa aj tuh…
    Tanteku kebetulan juga ngajar di pondok yang sama dengan Om.
    Untuk belanja dan keperluan keluar,Om yang tangani…
    Tante cuma ngajar n urus rumah ma anak2

    weeeh… persis sama kek aku dong gie…. hehehe… salam buat tantenya yaak… ^^

    Reply
  • 82. rosenrain  |  May 17, 2010 at 6:00 pm

    mampir lagi ah..
    seneng ada di sini…

    malam kak sunflo sayaang..

    silahkan de’.. semoga betah ajah yaak…😉

    Reply
  • 83. bintangtimur  |  May 17, 2010 at 6:20 pm

    Hiks…belum ada posting baru disini…😦
    Hai Sunflo, saya udah bikin posting, ditunggu komennya ya…hehehe…baru sekali ini saya ‘maksa’ Sunflo buat komen cepet-cepet…😛

    sipa ke tekapeh Nyah… ^^

    Reply
  • 84. bintangtimur  |  May 17, 2010 at 6:31 pm

    Hehehehe…makasih ya komennya…saya ketawa waktu nama Sunflo muncul, belum dibaca sih, karena langsung meluncur kesini…😀
    Kapan nih bikin posting baru?
    Ditungguuuuuuuu…

    ntar jeng … bernafas duluuuuuuuu… ^^

    Reply
  • 85. rhainy  |  May 17, 2010 at 7:23 pm

    yang jelas, dari postingan ini, kayaknya orang2 gak bakalan manggil mbak novi “mas” lagi kan??? hihihihihi…

    setuju mas eh mbak?

    injiiih pak dhe eh budhe… hehehe… iya mbak… tapi kita liat ajah nanti, kan blom tentu seluruh masyarakat indonesia raya baca nie postingan… ^^

    Reply
  • 86. kikakirana  |  May 17, 2010 at 7:27 pm

    Huaaaaaaaaaaaaaa😛

    ^_^ makasih share nya ya mbak…😉
    QK sebenernya pun dah menduga… mbak sunflo ini bercadar…
    tp Qk waktu itu nunggu”in mbak sunfLo sendiri yang melakukan konperensi pres qkqkqkkq,,,

    Maap yak mbak kalo QK kebanyakan nanya😀

    HIIIIIIIIIIIDDDDDDDDDDDUUUUUUUUUUUUUUPPPPPPPPPP!!!!!!! ^_^

    gafafa kika, aku seneng kooooooooooooooooooookkk…:mrgreen:

    Reply
  • 87. Goda-Gado  |  May 17, 2010 at 7:27 pm

    jauh sebelum km nulis ini, sbenarnya aku sdh menduga kok …
    keliatan dr foto2 yg ditampilin…
    dan lain,nya

    jd ga terlalu kaget sih …

    apalagi wktu ngeliat IP addres Sunflo di Arab Saudi.
    jd ya tmbah yakin klo Sunflo pakai cadar..😀

    hmm tak panggil Ninja Hatori aja ya??
    hehehehe

    klo aku pny temen bercadar juga
    dia nyebut dirinya sendiri dg nama
    “WOMEN IN BLACK”

    ngomong2 soal Cadar,
    aku pernah berencana mau pakai cadar sekedar untuk meraskan gimana sih susahnya pakai cadar dan apa saja tantangan dr msyarakat sekitar
    sehari saja..
    tp urung dilakukan..

    Btw, cadar di Pracis kena denda lho!!

    hah!!!! kamu tuh co or ce sih??😕 … hehehe… alhamdulillaah aq ga hidup di perancis de’… di tetangga jauhnya perancissaja neeh, saudi gtu loh…

    Reply
    • 88. Goda-Gado  |  May 18, 2010 at 10:24 am

      cowok.
      laki-laki
      tulen yg yg suka sama cewek tulen

      :p

      yah, skedar pengin tahu aja gmn rasanya berada dibalik balutan hitam spt itu.
      Kalao aku jln dg slayer menutup mulut dan hidung, rasa2nya sih nyaman. G ada rasa malu.
      Nah, mungkin klo cadar apa gt juga…?
      trus klo masuk bank, suermarket or kantor polisi tuh gimana… dst
      belum lg kalao pas panas.
      Nah, dr pengalaman gokil yg ingin kucoba itu, aku ingin merasakan dan selanjutnya menuliskan…
      ow, begini to rasanya pakai cadar…

      gitu aja.

      secara, klo aku khan pakai celana ngatung tuh…
      pasti dimana-mana diliatin dan pd hafal sm mukaku.
      Sehingga jika suatu saat aku terdetek usaha aksi (bc: terorisme) maka aku lbh mudah diciduk…😦

      Tp, sbgmn kata ibnu taimiyah,
      ما يفعل أعدائي بي ؟ ..
      أنا جنتي و بستاني في صدري ..
      أين ما رحت فهي معي ..
      أنا حبسي خلوة ..
      و نفيي سياحة ..( يعني الترحيل عن البلد )
      و قتلي شهادة ..
      المأسور من أسره هواه ..
      و المحبوس من حبس قلبه عن ربه ..

      hehehe.. ini berarti funya rasa fenasaran yang lumayan tinggi… ya beda atuh de’ pakesyal ma pake cadar lebih diecein yg pake cadar… hehehe… tapi sante ajah lagi…😛

      Reply
  • 89. ekopras  |  May 17, 2010 at 7:52 pm

    salut luar biasa atas komitmennya

    terimakasih eko.. ^^

    Reply
  • 90. fitrimelinda  |  May 17, 2010 at 9:07 pm

    keep istiqomah mbak..🙂

    insyaAllah de’… ^^

    Reply
  • 91. bidansmart  |  May 17, 2010 at 9:24 pm

    Pencerahan yang sangat bijak…..good statement mba’

    makasih de’… ^^

    Reply
  • 92. Nanang  |  May 17, 2010 at 11:04 pm

    Seeep, Mbakku muantaf. Saya sependapat, pakai cadar sunnah tapi lebih utama. Terusin Mbak, hilangkan citra buruk dan asumsi yang tidak tepat dari orang Muslim sendiri kepada wanita bercadar yang mereka anggap kaku, kuper, serem dll. Gpp orang tidak tahu menganggap ky istri teroris/khawarij. Mudah-mudahan terbuka mata hati saudara-saudara kita yang sudah terrasuki liberalisme. Istri saya sendiri tidak pakai cadar Mbak alasan dia belum siap dan kamipun masih minim ilmu (padahal berpakaian syar’i gak harus pinter) tapi gapapa lah yg penting skrng dah berjilbab longgar.
    ***Ma’af Mbak, nyerondol diatas, bekali-kali komen tetep gak nyangkut. Ada award Mbak! diambil ya!

    yeaahh… merdeka!!!! huufph berapi-api bgt neeh komennya…. hehehe… makasih ya de atas dukungannya… iya gafafa, yg penting penuhi yg wajib dulu yaa secara baik dan benar… ^^ okeh aq jemput…

    Reply
  • 93. Oemar  |  May 17, 2010 at 11:17 pm

    Ahahaha.. waktu baca postnya ketawa-ketiwi..
    Kirain yang punya blog orang laki-laki .. ehehe.. ternyata akhwat..😀
    ya.. bercadar memang bagus lah.. bagus untuk menghindari sifat suami yang cemburu bila suami pencemburu.. ihihi

    loh kok?? ga cuma itu ajah de’ yg faling utama ikut berperan serta dalam menjaga pandangan laki2 ke wanita yg bukan mahramnya… hehehe thx ya

    Reply
  • 94. Abu Ghalib  |  May 18, 2010 at 7:42 am

    perlu diketahui bahwa isu teroris itu adalah isu rekayasa orang2 barat untuk memusuhi islam, beberapa cerita dan peristiwa yang terjadi (ttg bom dsb) tidak lepas dari skenario rekayasa mereka.

    i knew that, abu.. tapi kaum muslimin sendiri juga termakan dg isu itu …😦

    Reply
  • 95. julianusginting  |  May 18, 2010 at 8:34 am

    memakai cadarr…mmhh…ga kelihatan mukanya….hehehe…cantik atau ga ga jelas yah…. hihihi…

    cantiknya kan buat suami doang Jul…😉

    Reply
    • 96. julianusginting  |  May 19, 2010 at 12:52 pm

      wekekekee….yah yah yah…mantaff deh kalo gt…😉

      siiippp…

      Reply
  • 97. yangputri  |  May 18, 2010 at 9:17 am

    walah mungkin sekian banyak teman perempuan aku yang memakai cadar cuma mbak sunflo aja kali hehehehe…… tapi diriku seneng….

    alhamdulillah… aq juga seneng b ur freind Put…🙂

    Reply
  • 98. nurrahman  |  May 18, 2010 at 9:56 am

    saya mendukung prinsip yg teguh😀

    terimakasih mas… ^^

    Reply
  • 99. rainbroccoli  |  May 18, 2010 at 10:19 am

    Salut dengan keteguhannya menghadapi kendala dan tantangan. Syukurlah semua datang dari hati, Insya Alloh berkah, amin
    Dan Alhamdulillah saya uda berjilbab juga, meskipun ga pake cadar (sapa yang nanya ?) heheeeee

    alhamdulillaah… ^^ thx ya de

    Reply
  • 100. alisnaik  |  May 18, 2010 at 11:32 am

    selamat pagi.

    saya punya ide, biar senyum bisa tetap terlihat meski bercadar,
    yakni di kain cadarnya itu dikasih stiker/tempelan gambar mulut lagi senyum. pasti keren deh.

    yaah, agak mirip topeng gitu.
    jadi cadar bisa tampak lebih ceria untuk orang awam.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    dezzziiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing… cethaaaaaaaaggg!!!! *aroel dilempar bakiak…*😆

    Reply
  • 101. ariefien  |  May 18, 2010 at 1:03 pm

    menutup aurat itu wajib hukumnya… pake cadar ato ga pake cadar yg pnting aurat tetep tertutup, memang d indonesia msih jarang dan d anggap terlalu…
    tpi saya pribadi menghargai perempuan yg pake cadar,krena niat mnutup aurot dan itu sangat bgus…
    tpi kek’y klu d blog gaul tuh…. (tulisannya)….😀

    makasih dukungannya .. emang sunflo gaul neeh meski on the blog ajah…

    Reply
  • 102. febty  |  May 18, 2010 at 1:29 pm

    mbak novi ‘buka-bukaan’🙂
    bukankah leluwesan juga bisa menjadi ajang buat berdakwah, mbak ?
    jadi maju terus mbak dengan tulisan gaulnya. Fety punya seorang teman yang sehari-hari pakai cadar, tapi tulisannya tentang buku anak-anak, bahasanya gaul dan syari’i..

    salam sayang mbak novi..

    sippp makasih Fet…😉

    Reply
  • 103. hellgalicious  |  May 18, 2010 at 3:41 pm

    weeew
    blogger gahoel ni ye
    baru tau ana kalo ente make cadar

    yasssalam

    hehehe.. iya neh… baru tau yaa..😉

    Reply
  • 104. Dan (TlsnKhdpn)  |  May 18, 2010 at 3:59 pm

    HIDUP CADAR…!!!

    walau lelaki kadang pengin pake cadar juga,.. apalagi kalau di kendaraan umum banyak yang merokok,… hmm.. mungkin masker kali yah bukan cadar.. hehe…

    tapi kayanya cadar tuh yang buat lelaki juga ada kan Mbak?

    kaya yang di pake Caliph the scorpion, salah satu tokoh di game stronghold crusader itu loh.. tapi kalu dia sih jahat… bagusan Saladin the Wise.. 🙂

    weeh… dihentiin ajah yang ngrokok, kalau laki2 pake cadar ya ga rame…😛 aq ga tau tuh game…🙄

    Reply
  • 105. bluethunderheart  |  May 18, 2010 at 4:21 pm

    mau pake cadar or not u sahabat blue,jeung
    semanagt
    salam hangat dari blue

    makasih blue, blue emang bijak kok.. ^^

    Reply
  • 106. abrus  |  May 18, 2010 at 5:32 pm

    Dalam khayalku … alangkah tambah cantiknya perempuan Indo, kalo pake ‘cadar (wanita ninja?) … ‘tidak serba *warna hitam saja …😉 … tapi juga ‘cadar aneka warna – seperti *batik umpamanya, ciri khas bangsa Indo …😛

    walah… ga iso kebayang brus.. pake cadar kok warna-warni ntar dikiranya kek parade n karnaval.. hehehe… tapi kalauu di afrika, cadar mereka warna/i loh.. ga mlulu item… btw, krn aq sukanya item so aq pakelah itu warna…😛

    Reply
  • 107. ysalma  |  May 18, 2010 at 6:06 pm

    sudah menduga dari awal🙂
    dan sudah terbiasa berinteraksi dengan mbak-mbak yang pake cadar dari saya sebelum pakai jilbab.
    Pesan sama yang pakai cadar, jangan dilihat yang ga pakai jilbab atau cadar sebagai orang yang aneh juga ya walau mereka islam, jalannya aja yang belum dan doain ajah😉

    aq pribadi ga memandang sebelah mata pada saudari2ku muslimah yang belum menutup aurat, dan aq tak mengharuskan mereka bercadar, krn kemampuan org tuh beda-beda… secara aq dulu juga kek gtu.. blom menutup aurat, hingga Allah berikan hidayah kepadaku…

    jangankan kepada saudariku muslimah, kepada teman yang berlainan agama, aq pun menghormatinya dan mau berteman dengannya… secara kita adalah manusia mahluk ciptaanNya yang kudu saling menghornati dan menyayangi… ^^
    hidayah hanyalah milik Allah, dan aq hanyalah sebagai pembawa kabar dan menyeru/mengajak saja … tanpa harus memaksakan kehendak atau pemahamanku… ^^

    Reply
    • 108. ysalma  |  May 19, 2010 at 10:06 am

      dua jempol buat sunflo deh..

      makasih salma… ^^

      Reply
  • 109. dykapede  |  May 18, 2010 at 7:38 pm

    Saya pun sering berjumpa dengan wanita yang demikian rupanya ”

    alhamdulillah.. ^^

    Reply
  • 110. bayuputra  |  May 18, 2010 at 9:08 pm

    wah saya malah baru tau …
    memang seharusnya seorang wanita muslim mengenakan jilbab untuk menutupi aurat ,,,,,

    iya bayu, thx…

    Reply
  • 111. abrus  |  May 18, 2010 at 9:21 pm

    Yg sering bertamu kerumah kami sebelah, cadarnya gak item melulu, kadang warna coklat – umumnya item. Kalo lagi selisih jalan, terkadang kami (saya dan wanita ninja?) suka ‘kepergok tatapan mata (habis sih yg kelihatan ‘bola matanya doang) … hehehe … (apa dia ikut tersenyum … gak jelas … hihihi)

    Tapi saya yakin kalo cadar (pakaian) warna warni bukan ‘karnaval, apalagi dirancang modis … yg jelas *tidak ekslusif lagi … itulah ‘pakaian plus cadar khas perempuan muslimah dari Indonesia.

    iya dech…😉

    Reply
  • 112. nanangrusmana  |  May 18, 2010 at 10:14 pm

    sunflo……aku hadiiiiir ……si anak hilang hehe….
    tulisan yg bagus…ttg diri yang mulai terbuka….berani. salut. loh…
    pegang saja keyakinan yang menurut sunflo memang benar, biarkan orang lain memandang aneh dsb dsb….ahh… mereka nggak mengerti dan nggak memahami.

    welkam nanang… thx ya atas supportnya

    Reply
  • 113. Sing Mbaurekso Gubug  |  May 18, 2010 at 10:16 pm

    wow, baru dapat penjelasan yang mangstabs dari mbak SUn!! hehee… iya sih, jujur waktu masih imut dulu, saya juga sering suudlon sama wanita bercadar. ampe iseng2, pikiran saya berkata, “wa, matanya indah, cantik iki mesti! Tapi sayang, menakutkaaan…”
    he…. ya begitulah mbak Sun pandangan orang awam…. tapi setelah baca tulisan Mbak Sun ini, pasti pandangannya langsung berubah kok! dijamin!😀

    ehehehee… makasih de’… ^^

    Reply
  • 114. sunarnosahlan  |  May 18, 2010 at 10:46 pm

    cadar bagiku tak masalah, cirebon adalah tetanggaku kini

    alhamdulillaaah … makasih pak

    Reply
  • 115. vita  |  May 19, 2010 at 12:23 am

    nggak sangka…. bercadar bisa gaul kek gini di blog

    yg penting persahabatannya…

    dan kita ternyata satu kota….

    salam kenal……..

    cirebon juga ya Vit…😉 entar aq kunjungi dech..

    Reply
  • 116. Mamah Aline  |  May 19, 2010 at 8:19 am

    sahabatku di kuliah juga bercadar, orangnya cantik dan ramah gaul juga trus gak risih jalan ama saya yang secara pakaiannya lebih ngebuka …

    sama jeng aq juga ga risih secara hidayah ada di tangan Allah, aq tak terlalu memaksakan, hanya menasehati udah gtu… adapun pergaulan tetep jalan… ^^

    Reply
  • 117. dedekusn  |  May 19, 2010 at 8:31 am

    Apapu keputusan Mbak Sunflo… Insya ALlah … ini yg terbaik, apalagi kalo membuat hati lebihnyaman, lebih tenang, lebih bisa mendekatkan diri pada ALlah SWT
    … jangat takut Mbak… terorist yg sebenarnya adalah yg rela menyakiti sesamanya, yg berani membunuh orang2 yg tak berdosa….

    terimaksih dede atas dukungannya… ^^

    Reply
  • 118. ninok eyiz  |  May 19, 2010 at 11:54 am

    Flo..deep hugs for u…
    Huff..nin malu bacanya..secara cadar bagi nin citacita juga..tapi blum kesampean juga sampe sekarang..-masipakejilbabsegiempat-

    makasih nin… it’s OK kerjakan dulu yang mampu kita kerjakan, sambil memperbaiki dan memperbaharui niat yaak… selalu terbuka kesempatan selama kita masih ada di dunia ini.. ^^ eh, kemana ajah dirimu?? kok aq ga fernah liat yaa??

    Reply
    • 119. ninok eyiz  |  May 21, 2010 at 9:32 am

      kerjaan offline numpuk flo..plus abis dapet sedikit musibah ^_

      Thanks masih mengingatku..#huuuuugss

      oh… aq juga blom main ke blogmu nin….😦 keep fighting ya…

      Reply
  • 120. ok  |  May 19, 2010 at 12:13 pm

    subhanallah jadi mbak sunflo bercadar?semangat mbak menjalankan apa yg mbak yakini, dlu waktu saya berjilbab pun ada kendala2, godaan2 seperti itu hihihihi…

    iya neh de’… hehehe.. syukron atas doa dan supportnya yaa… do it our best lah… ^^

    Reply
  • 121. julianusginting  |  May 19, 2010 at 12:39 pm

    pake cadar atau ga yang penting inner beautynya…🙂

    oke deh..

    Reply
  • 122. marisa  |  May 19, 2010 at 12:41 pm

    belum apdet??

    bloom…😦

    Reply
  • 123. Didien®  |  May 19, 2010 at 12:49 pm

    berarti nanti jika saya berinteraksi dg wabita bercadar akan menundukan mata kebawah…gitu yah mbak?
    semoga tips dari mbak Novie bermanfaat…amin..
    salam buat keluarga..

    salam, ^_^

    yaa ga mesti ke bawah dien… aq ajah kadang ‘jelalatan’, yg penting ga menatap mata lawan bicara ajah… hehehehee…

    Reply
  • 124. melly  |  May 19, 2010 at 2:07 pm

    Aku jg gak nyangka mba sunflo bercadar🙂

    buatku gak masalah asal mereka gk ganggu aku..hehe
    prinsip org kan beda2

    hooh mell… saling menghormati yaak…

    Reply
  • 125. deq  |  May 19, 2010 at 2:13 pm

    boljug pake cadar.. tapi tetep aja ga tau wajahnya *makdarit cewe-cewe di negara timteng pake cadar. katanya biar ga mengumbar nafsu di hadapan yang bukan muslim? benarkah?

    yang bukan muhrim kali deq…😕

    Reply
  • 126. Plesiran  |  May 19, 2010 at 3:41 pm

    Saya pernah melihat orang pake cadar, ketika makan ternyata ada kain yang bisa dibuka di daerah mulutnya, mirip jendela gitu.
    Sebaiknya memang kita jangan suka mengejek kepada siapapun.
    Salam dari Surabaya

    injiih pakdhe… ga buleh saling mengejek yaa… ^^ matur nuwun pakdhe..

    Reply
  • 127. ImUmPh  |  May 19, 2010 at 5:14 pm

    Iya emank,,, wanita di cadar masih dipandang sebelah mata di negeri kita. Tapi klo wanita bercadar itu seperti Aisyah di Ayat Ayat Cinta, semua pria pasti akan menghargai dan menghormati. Insya Allah.

    Klo di tempat Mbak ada yang mirip Aisyah, kasih tau saya yach mbak! hehehe Mohon bimbingannya!😀

    hahaha… banyak de’ yang kek aisyah bahkan lebih baik lagi insyaAllah… ^^ makasih yaa

    Reply
  • 128. Kakaakin  |  May 19, 2010 at 7:04 pm

    Mbaaakkk… kuk nggak update ya🙂

    udah ada tuuh… ^^

    Reply
  • 129. fansmaniac  |  May 19, 2010 at 7:31 pm

    Meski bercadar tetapi sunflo tetap sahabat yang setia dn gk menutup diri kok… senang bersahabat denganmu sobat..
    O ya, akhir2 ini saya emang keluar kota jadi gk sempat posting hehe

    Nice post

    iya fans.. makasih ^^ lagi sibuk yaa…

    Reply
  • 130. ningrum  |  May 19, 2010 at 9:06 pm

    🙂

    hehhee…

    Reply
  • 131. muhasabahcinta  |  May 19, 2010 at 9:21 pm

    Assalamualaikum mbak sunflo

    pakai cadar harus dari hati mbak nggak bisa dipaksakan apalagi kalau pakai jilbab, semoga tetap istiqomah dalam penampilan amin…

    (ceritanya lucu mbak sunflo …😉 )

    Salam kenal, salam hangat, dan salam ukhuwah dari saya mbak muhasabahcinta)🙂

    wa’aalikumssalam warahmatullaah… iya betul de’… aamiiinn semoga istiqamah… ^^

    Reply
  • 132. HALAMAN PUTIH  |  May 19, 2010 at 9:43 pm

    Masing2 kita punya prinsip dan pendirian yang harus dipegang teguh. Itu merupakan hak yang tak bisa diganggu oleh orang lain

    salam,
    HALAMAN PUTIH

    betul de’.. terimaksih…^^

    Reply
  • 133. ardee  |  May 22, 2010 at 12:42 am

    sama sekali tdk ada masalah bagi saya tentang cadar, malah salut ama pemakainya.

    tapi mgkn masih banyak orang yg harus disadarkan ttg hak muslimah dengan pakaian muslimahnya, karena terkadang masih aja ada kabar terdengar seseorang dipecat dari kerjaannya gara2 pake jilbab, pake jilbab aja sdh dipermasalahkan apalagi kalo pake cadar…

    iya ardee bener, sedih deh n prihatin jadinya…😦

    Reply
  • 134. sapta  |  May 22, 2010 at 4:44 am

    hmm.. pake cadar yaa..aku py teman yg make cadar jg..tp ya dianya nyante aja alias cuek klo di ledekin….
    salut dah buat orng yg bercadar, prinsipnya benar2 kuat.. hmm..

    yup.. nyante ajah…🙂

    Reply
  • 135. Oyen  |  May 22, 2010 at 10:38 am

    Alhamdulillah, Oyen seneng baca ini, kawan-kawan Oyen juga banyak yang bercadar kok, sekalipun Oyen enggak

    Oyen posting tentang teroris di http://tariadmojo.com/2010/05/18/cerdas-menerima-informasi/

    selama kita tak melakukan yg bertentangn dengan syariah, gak usah peduliin opini teroris gak mutu, semua hanya opini tanpa bukti memadai🙂

    terimakasih Oyen.. u r so nice…

    Reply
  • 136. Asop  |  May 22, 2010 at 9:43 pm

    Saya mendukung kok, apa yang Mbak Sunflo dan Mbak Rose (haha) lakukan.🙂

    terimaksih sop…

    Reply
  • 137. iin syah  |  May 23, 2010 at 3:01 pm

    gimanapun, sunflo tetep aja nge-sun…….
    bersinar getho… hehe… 🙂

    makasih iin… ^^

    Reply
  • 138. firdausfarisqi  |  May 25, 2010 at 9:35 am

    maaf baru bisa berkunjung lagi ^^…… sebenarnya aneh juga ya masyarakat kita, orang yg menutup aurat di cap teroris lah… aneh lah… sesat lah… tapi jutru yg mengumbar aurat dipuja2….. katanya demokrasi, katanya liberal , lalu kenapa ketika ada orang yg sedikit “berbeda” demi kebaikan justru di cap yg enggak2…. semangat terus ya sunflo ^^

    makasih firdaus.. dooh jadi tharu neh…🙂

    Reply
  • 139. yoriyuliandra  |  June 3, 2010 at 10:57 pm

    Semangat buan Sunflo…
    Kita juga harus menegaskan bahwa ini bukan simbol agama, melainkan sebuah ibadah… Betul…?

    betul yo… ibadah dan keyakinan…

    Reply
  • 140. kartika  |  October 5, 2010 at 9:06 pm

    seneng deh bc blog ny mb ^_^

    Reply
  • 141. hasanah  |  October 16, 2010 at 3:33 pm

    Assalaamu’alaykum Mbak.. baru gabung nih..
    eh iya Mbak,mau ngasih masukan nih tapi yang cm bisa dibaca Mbak aja, bgm ya? kirim kmn gtu? jazaakillaahu khoyroo..

    Reply
  • 142. Hima Chu  |  December 4, 2010 at 10:39 am

    salam kenal mbak sunflo… craftnya bagus2..😀

    kenal juga de’… makasih ya

    Reply
  • 143. nurulizzah99  |  December 8, 2010 at 4:03 pm

    ustadzah2ku juga pada pake cadar…🙂

    masyaAllah… ^^ barakallohu fiikunna

    Reply
  • 144. majalahkutubooku  |  March 23, 2011 at 1:51 pm

    Subhanalloh, ana terharu membacanya, ana juga di sini banyak hambatan gitu kayak mbak Novi selama pake cadar, tapi kan sebagai akhwat yang teguh pada agama, jangan putus asa + patah arang, keep istiqomah, ya, mbak. Ummu Aisyah

    Reply
  • 145. ayu  |  November 15, 2011 at 10:09 am

    subhanalloh.. an jadi pengen ngikut pake cadar tapi… an blum bisa ilmu an masih dikit…. ntar klo ditanya macam bingung jawabnya hehe…
    jilbab agak lebar dikit aja banyak yang tanya ini itu

    Reply
  • 146. n'dzifah  |  December 2, 2011 at 12:34 pm

    hmmm buat mbak novi pokoknya zempol deh,orangnya asik aja gitu,hehehe…..tetep istiqomah,n jadi motivator bagi aq yang belajar tuk memperbaiki diri n prilakuq.

    Reply
  • 147. cirippashoppa  |  December 4, 2011 at 8:55 pm

    alhamdulillah aku bbrp kali berinteraksi dgn wanita bercadar. kebetulan aku bekerja di bank yang harus melihat wajah calon nasabahku utk proses verifikasi data, dan smp saat ini blm pernah ada nasabah yg menolak aku ajak ke ruangan utk membuka cadarnya. tp ada rekan kerjaku yg lagi “apes”, dpt nasabah bercadar dan stlh (dipaksa) membuka cadarnya ternyata berkumis juga😦. org2 spt itu yg menurutku mmbuat komunitas sunflo kadang dinilai negatif. smoga semakin byk terlihat hal2 positif dr komunitas cadar ini, agar luntur penilaian negatif bbrp masyarakat kita. contohnya seperti gumayku yg satu ini, kreatif dan baik hati :)))))

    hwaaaaa… bercadar tapi laki2??!!!!! mo ngapain dia di sana de? jangan2 mo ngerampok… ini nieee yang bikin citra jadi jelek…. hmmmm. Heheheehe makasih ya de…😉

    Reply
  • 148. ernawati  |  April 21, 2012 at 2:24 pm

    subhanalloh, sunflo memang hebat……..

    Reply
  • 149. eka  |  July 3, 2012 at 10:39 am

    mba, aq jg pake hijab. mank g mudh, tp aq ngerasa nyaman dengn baju ni..

    Reply
  • 150. Harga abaya  |  February 22, 2014 at 8:22 pm

    What’s up, I would like to subscribe for this website
    to get most up-to-date updates, so where can i do it please help
    out.

    Reply
  • […] Jumpa lagi dengan aku, temans… ^^ Fyuuh… pada postingan ini akhirnya sunflo menampakkan … Download Sunflo Emang Pake Cadar – sunflower | Blog pecinta sunflower | […]

    Reply
  • 152. devi sari  |  March 14, 2015 at 4:47 pm

    Bebas tapi sopan….
    Walau pk cadar tapi ok..kemana 2 gaul2 ajj dan g katro …
    Itu yang bagus …

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: